Cara Menggunakan Kartu NFC Untuk Kartu ATM

Jaman sekarang pasti sudah banyak kan orang-orang yang memiliki smartphone akan tetapi sebagian orang masih belum tahu apa itu sebenarnya kartu NFC apalagi cara menggunakannya terlebih cara menggunakan kartu NFC untuk kartu ATM. Jadi sebenarnya fitur di NFC itu ada banyak sekali ya kegunaanya. Misalnya bisa untuk mengirim file, bisa untuk ngechek saldo e-Toll maupun e-Money, dan bisa juga untuk  akses informasi pada smart card.

Pengertian NFC

Apa itu NFC? NFC merupakan singkatan dari Near-field Communication atau jika di Bahasa Indonesia kan NFC itu sebagai aturan untuk  berkomunikasi jarak dekat, nah fitur ini ditemukan oleh seorang bernama Charles Walton pada tahun 1983.

Jadi biasanya kartu NFC ditanamankan pada beberapa jenis atau merk smartphone, akan tetapi tidak semua smartphone itu ada fitur NFC ini.

Fitur ini memiliki beberapa keunggulan dalam mengakses perangkat seperti Bluetooth, sebenarnya jika diliat dari fungsinya fitur NFC lebih canggih dari Bluetooth namun sayangnya gak semua smartphone meng-suport fitur ini.

Sebelum kita mengetahui cara menggunakan kartu NFC pada kartu ATM, alangkah baiknya kita cari tahu dulu apa sih fungsi dari NFC itu.

Fungsi NFC

Nah sebenarnya fungsi utama kartu nfc itu untuk melakukan transfer atau memindahkan data dari sebuah perangkat ke perangkat yang lain dalam waktu singkat tanpa perlu menggunakan kabel atau semacamnya.

Selain itu dapat juga digunakan untuk melakukan pembayaran secara digital atau cashless. Ini yang paling menarik sih, di jaman sekarang kan apa-apa semuanya harus digital ya jadi bisa dikata fitur NFC sangat berguna untuk sebagai alat pembayaran.

Terkait:  Cara Menggunakan Rekber

Ada lagi nih fungsi kartu NFC, jadi kartu NFC itu bisa digunakan untuk mengechek saldo pada kartu ATM dan sejenisnya. Dengan menggunakan fitur ini kamu juga bisa melakukan pengisian saldo kartu e-Money atau e-Toll yang kamu miliki.

Fitur NFC juga mempunyai kecanggihan yang luar biasa yaitu ada fitur LBS ( Location Based Service). Jadi, kamu bisa menandai lokasi tertentu dengan hanya menempelkan NFC tag khusus.

Jika kamu memiliki NFC tag di rumahmu, kamu juga bisa membukanya loh dan bisa mengaktifkan aplikasi-aplikasi tertentu secara otomatis.

Misalnya NFC tag yang mempunyai program untuk memutar music, nantinya tag card tersebut dapat membantumu mengaktifkan aplikasi music favoritmu cukup dengan sekali pencet saja. Sangat menarik ya!

Fitur ini juga bisa kamu gunakan untuk chek-in ataupun chek-out di suatu tempat, bahkan di beberapa perkantoran sudah ngesupport untuk absen menggunakan NFC.

Kira-kira kantor kamu sudah memakai fitur canggih ini belum?

Kelebihan dan Kekurangan NFC

Jika dibandingkan dengan para sesepuhnya, NFC itu jelas memiliki beberapa kelebihan, contohnya NFC tidak perlu membutuhkan daya yang sangat besar saat menggunakannya dan juga kecepatan tersambungnya perangkat di fitur ini juga sangat cepat sekali, bahkan bisa dikata kurang dari 10 detik. Amazing bukan?

Namun meskipun begitu NFC juga memiliki kekurangan, bak ibarat kata manusia punya kelebihan dan kekurangan teknologi juga memilikinya. Hehe

Jadi jika dibandingkan dengan Bluetooth, kecepatan transfer NFC lebih lambat. Selain itu belum semua smartphone memiliki fitur ini meski pengguna smartphone sudah banyak, sehingga kurang maksimal dibanding dengan Bluetooth yang ada pada setiap smartphone bahkan smartphone keluaran lama sudah ada.

Kecanggihan Fitur NFC

Nah dengan menggunakan fitur canggih ini, kamu tidak perlu lagi mendatangi bank atau tempat-tempat sejenisnya untuk melakukan pengisian saldo kamu.

Terkait:  Cara Menggunakan VPN di PC

Namun sebelum itu kamu harus mengetahui apakah smartphone kamu sudah memiliki fitur NFC atau tidak. Kamu bisa chek di Settings > Wireless dan Networks nah disitu kamu bisa melihat ada menu NFC atau tidak.

Kecanggihan teknologi saat ini bisa melakukan berbagai macam kegiatan terutama smartphone salah satunya bisa chek saldo ATM kamu. Selain itu, cara chek ATM di smartphone bisa dilakukan dengan jauh lebih cepat dengan memanfaatkan fitur NFC yang ada di smartphone kamu.

Cara Menggunakan Kartu NFC untuk Kartu ATM

Cara Menggunakan Kartu NFC untuk Kartu ATM
Cara Menggunakan Kartu NFC untuk Kartu ATM

Bagaimana cara menggunakan kartu NFC untuk kartu ATM?

Setelah mengetahui penjelasan diatas mengenai apa itu NFC dan juga fungsinya, kita kan lanjut membahas bagaimana cara menggunakan kartu NFC untuk kartu ATM yang ada pada smartphone kamu. Gunanya untuk apa? Nah para pengguna fitur ini akan dapat memaksimalkan kecanggihan yang ada di fitur NFC. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu pengaturan pada smartphone kamu
  • Pilihlah NFC
  • Buka aplikasi terkait, misal aplikasi Mandiri Online
  • Tempelkan kartu ATM pada bagian belakang smartphone kamu

Nantinya perangkat kamu akan mendeteksi secara otomatis dan menyarankan aplikasi apa yang bisa digunakan untuk mengakses informasi kartu tersebut.

Nah mudah bukan? Dengan melakukan langkah-langkah di atas, maka aplikasi akan menampilkan jumlah saldo pada kartu e-Money ataupun e-Toll kamu menggunakan bantuan dari NFC.

Cara Cek Saldo Melalui Kartu NFC

Sekarang ponsel NFC dan kartu uang elektronik sudah ditangan. Selanjutnya aplikasi apa yang dapat digunakan untuk mengchek dan mengisi uang saldo pada ATM mu dari beberapa bank di Indonesia.

Simak langkah-langkahnya:

  • Cara Check E-Money Menggunakan Android dengan Mudah

Kecanggihan teknologi saat ini bisa melakukan kegiatan apa aja di smartphone kamu salah satunya chek e-Money ataupun e-Toll.

Caranya juga praktis tidak memakan waktu ketimbang kita harus pergi ke ATM atau minimarket terlebih dahulu. Terlebih dengan menggunakan fitur NFC di Smartphone kamu, dijamin jauh lebih cepat.

Terkait:  Cara Menggunakan Telegram

Hanya dengan kurang dari satu menit kamu bisa melihat secara akurat dan terperinci, gimana sangat bermanfaat kan.

  • Cara Check Sisa Saldo E-Money Mandiri Online

Rata-rata smartphone saat ini sudah dibekali dengan fitu Near Field Communication yang biasa disebut NFC untuk mengirim file atau mengechek uang elektronik.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah 1 – download dulu Aplikasi Mandiri untuk chek saldo e-Money
  • Nah, jadi disini kamu harus dan wajib mengunduh aplikasi ini yaa agar bisa menggunakannya
  • Langkah 2 – Aktifkan Fitur NFC yang ada di Smartphone kamu
  • Lalu kamu bisa mengaktifkan fitur NFC, kamu bisa tinggal swipe down notification dan aktifkan NFC dengan mengetuk ikon yang tersedia.
  • Langkah 3 – Chek Saldo e-Money
  • Caranya kamu tinggal buka aplikasi Mandiri Online dan tempelkan kartu ATM mu pada bagian yang berloggo NFC di bagian belakang smartphone. Otomatis akan keluar normor kartu dan informasi sisa saldo yang tersedia temen-temen.

Namun sayang sekali di Indonesia fitur NFC belum populer banget, padahal NFC memiliki fitur yang memudahkan kegiatan kita sehari-hari.

Sekedar tips aja, jika kamu ingin membeli smartphone baru pastikan smartphone inceran kamu yang akan kamu beli sudah memiliki fitur NCF ini sehingga kamu bisa dapat menggunakan fitur-fitur canggih yang ada di Kartu NFC.

Nah, jadi gimana temen-temen sudah jelas kan  mengenai cara menggunakan NFC untuk kartu Atm ? Semoga kamu mulai dapat memanfaatkan fitur NFC di smartphone kamu dengan lebih optimal yaa! Semoga bermanfaat.

Ulasan Baru:

Related posts