Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca

Flashdisk adalah memori eksternal portabel yang bisa digunakan dengan sangat mudah. Kehadiran flashdisk saat ini masih terbilang sangat dibutuhkan walaupun sekarang sudah masuk era digital. Mengingat setiap data bisa di simpan dalam penyimpanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox. Disini kita akan membahas cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca.

Walaupun begitu, tetap keberadaan flashdisk masih sangat dibutuhkan terutama bagi orang-orang yang selalu menyimpan berbagai macam data penting pada flashdisk.

Read More

Yang menjadi kelemahan dari flashdisk yaitu rawan terjadi kerusakan, sehingga data yang ada di dalamnya menjadi tidak terbaca. Dengan begitu, data-data yang ada di dalamnya tidak bisa dibuka.

Mengingat keberadaan flashdisk masih cukup penting, bagi kalian yang lebih menyukai media penyimpanan flashdisk dibandingkan dengan penyimpanan cloud. Tentu saja, kalian wajib mengetahui beberapa hal penyebab flashdisk tidak terbaca hingga cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca.

Penyebab Flahsdisk Tidak Terbaca

Ada beberapa penyebab kenapa flashdisk tidak terbaca oleh komputer atau laptop, yaitu :

1. Driver USB Bermasalah

Permasalahan ini merupakan permasalahan umum yang terjadi jika flahsdisk tidak terbaca ketika di masukan pada lubang port usb komputer atau laptop. Jika hal tersebut terjadi, lebih baik cek terlebih dahulu flashdisk tersebut melalui Device Manager. Kemudian lihat pada bagian opsi universal serial bus controller apakah bermasalah atau tidak.

Terkadang jika dimasukan pada lubang port usb komputer lain akan terbaca, tapi tidak terbaca pada komputer lainnya. Mungkin satu-satunya cara adalah dengan format flahdisk tersebut dengan menggunakan mode quick format.

2. Port USB atau Konektif Flashdisk Kotor

Port usb atau konektor flashdisk yang kotor menjadi salah satu penyebab flahdisk tidak terbaca. Dengan begitu agar terhindar dari kotoran, selalu rutin cek kondisi flashdisk terutama konektornya hingga bisa dipastikan flashdisk bersih saat digunakan.

Kebiasaan buruk menyimpan flashdisk di sembarang tempat adalah kebiasaan yang kurang baik, apalagi berada di lingkungan yang berdebu. Selain itu agar hati-hati juga jika flahsdiks terkena air, karena besar kemungkinan flashdisk tidak akan terbaca dengan baik.

3. Virus dan Malware

Kelemahan dari flahsdisk adalah akan cepat terserang virus maupun malware, sebenarnya wajar-wajar saja jika flashdisk terkena virus dan malware. Karena flashdisk disambungkan ke berbagai perangkat baik komputer pribadi atau komputer milik orang lain.

Virus yang masuk pada flashdisk akan membuat file yang ada pada flashdisk disembunyikan oleh virus. Lebih parahnya lagi file-file milik kalian benar-benar rusak dan tidak bisa dibuka walaupun di coba dengan menggunakan perangkat yang lain.

4. Harus Flashdisk Asli

Tidak sedikit flashdisk yang beredar di pasaran berasal dari merek-merek terkenal seperti Sandisk, Kingstone, HP, dan lain sebagainya. Namun pertanyaannya, apakah benar flashdisk yang kalian beli merupakan produk asli? Untuk memastikannya, sebaiknya beli di toko-toko resmi yang menjual berbagai macam flashdisk asli. Tujuannya agar terhindar dari kerusakan fatal pada flashdisk yang mengakibatkan flahsdisk tidak terbaca dan tentunya file-file di dalamnya tidak akan bisa dibuka.

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca
Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca

Jika kalian mengalami kondisi serupa, flashdisk yang tidak terbaca saat digunakan, maka ada beberapa cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca. Untuk mengatasinya, kalian bisa mencoba beberapa tutorial berikut :

1. Membersihkan Flashdisk Kotor

Salah satu penyebab flashdisk tidak terbaca adalah karena kotoran, maka dari itu coba bersihkan bagian portnya terlebih dahulu. Karena bisa saja kondisi ini bisa memperbaiki masalah flashdisk yang tidak dapat terbaca. Kalian bisa membersihkannya dengan menggunakan lap halus lalu usapkan secara perlahan-lahan pada bagian kuningannya. Inilah pentingnya menjaga kebersihan flashdisk.

Apabila sudah dipastikan bersih, selanjutnya tinggal sambungkan ke perangkat komputer untuk di cek apakah sudah bisa terbaca atau masih belum bisa terbaca.

Namun jika masih belum bisa terbaca, besar kemungkinan flashdisk tidak terbaca karena ada kesalahan sistem pada drive nya, atau flashdisk kalian terserang virus.

2. Pemeliharaan Flashdisk

Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca berikutnya yaitu dengan pemeliharaan flashdisk. Tujuannya adalah agar terdeteksi jika ada driver yang error, selanjutnya kalian dapat melakukan optimalisasi defragmentasi. Jika melakukan cara ini dan ternyata berhasil, maka kalian tidak perlu melakukan format ulang dan tidak perlu juga memindahkan file-file yang sudah ada pada flashdisk. Adapun langkah-langkahnya bisa kalian ikuti di bawah ini :

  • Sambungkan terlebih dahulu flashdisk pada perangkat komputer.
  • Kemudian jika sudah tersambung dengan komputer, masuk pada file explorer lalu klik kanan pada bagian flahsdisk.
  • Setelah itu ,akan ada muncul beberapa opsi, kalian pilih opsi properties.
  • Ada kurang lebih 8 tabs pada bagian properties, kalian cukup pilih tab Tools.
  • Pada bagian tab tools akan ada 2 opsi untuk memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca.
  • Silakan untuk pertama bisa melakukan error checking terlebih dahulu, klik tombol check. Akan ada pemberitahuan pada layar bahwa kalian akan melakukan proses scanning dan memperbaiki drive. Silakan klik bagian tersebut. Tunggu beberapa saat hingga proses pengecekan berakhir hingga ada tulisan bahwa flahsdisk berhasil di scan. Terakhir klik tombol Close.
  • Tools yang kedua adalah optimalisasi dan defragmentasi frive, klik tombol optimize. Lalu pilih flashdisk berdasarkan letak posisinya di drive mana. Silakan untuk klik ‘Analyze’ terlebih dahulu, kemudian jika sudah selesai klik ‘Optimize’.
  • Karena proses defragmentasi cukup lama, kalian boleh meninggalkan prosesnya beberapa saat. Apabila sudah selesai maka akan terlihat bahwa proses deragmentasi telah 100 % berhasil, lalu klik tombol ‘close’.
  • Setelah kedua tools tersebut di praktekkan, selanjutnya tinggal cek flashdisk kembali apakah sudah bisa terbaca atau masih belum bisa terbaca.

3. Format Ulang

Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca selajnutnya adalah dengan melakukan format ulang. Hal ini dimaksudkan untuk berjaga-jaga juga bila flashdisk terkena virus sehingga menyebabkan flashdisk menjadi tidak terbaca. Langkah-langka melakukan format ulang cukup mudah, yaitu :

  • Sambungkan flashdisk pada perangkat komputer.
  • Tunggu beberapa detik hingga flashdisk terkoneksi pada komputer.
  • Setelah itu buka file explorer, klik kanan pada bagian flashdisk lalu pilih opsi Format.
  • Selanjutnya pada jendela format, pilihlah file system NTFS. Jika ingin menamai flashdisk, silakan tuliskan namanya pada kolom Volume Label.
  • Di bagian bawahnya, ada pilihan format (Format Options) yaitu Quick Format dan Create an MS-DOS startup disk. Agar proses format tidak lama, lebih baik gunakan opsi Quick Format saja.
  • Setelah semua pengaturan selesai di atur, selanjutnya tinggal klik tombol ‘Start’ yang ada di bagian bawah.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses format berhasil di lakukan.
  • Silakan cek kembali flashdisk kalian maka biasanya akan terbaca kembali.

Itulah beberapa cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca, lakukan urutannya seperti yang telah dijelaskan di atas sebelum menggunakan cara pamungkas yaitu format ulang flashdisk. Dengan metode ini, maka masalah flashdisk yang tidak terbaca dapat diatasi.

Related posts