Cara Kerja Proxy Server

  • Whatsapp

Internet di era saat ini menyediakan ruang untuk semua orang. Ada bisnis, LSM, portal pemerintah, individu, agen pemasaran, dan banyak jenis organisasi dan individu lainnya. Internet juga memberi mereka beberapa tools luar biasa sehingga kamu sebagai pengguna dapat meningkatkan keamanan dan privasi. Nah disinilah letak pentingnya untuk mengetahui cara kerja proxy server yang semuanya lengkap dibahas di artikel ini.

Daftar Isi

Cara Kerja Proxy Server

Cara Kerja Proxy Server
Cara Kerja Proxy Server

Berbeda dengan database server yang digunakan untuk menyimpan data, proxy server bertugas untuk menyembunyikan IP asli sebuah perangkat saat terhubung ke internet.

Read More

Proxy Server dan Fungsinya

Proxy server adalah semacam gerbang antara perangkat pengguna dan situs web yang ingin kamu akses misalnya aplikasi Discord. Perangkat ini menyembunyikan alamat IP asli sebuah perangkat. Hal yang biasanya terjadi adalah perangkat dan jaringannya akan mengirim permintaan ketika mereka ingin mengakses situs web dan HTTP memvalidasinya dan kemudian pengguna dapat mengakses situs web tersebut.

Server proxy dapat memproses permintaan yang dibuat oleh pengguna dan dapat menyembunyikan informasi sebenarnya dari pengguna. Aksi ini dapat meningkatkan privasi dan juga memungkinkan pengguna untuk mengakses situs yang mungkin tidak dapat diakses secara normal.

Ada beberapa proxy server yang memberikan kecepatan tinggi namun juga ada beberapa opsi yang gratis yang biasaya lag. Sangat disarankan kepada pengguna untuk menggunakan server yang memberi kinerja dan keamanan terbaik dalam jaringan mereka.

Dalam batasan fungsinya, proxy server sangat sering digunakan dan disukai oleh banyak perusahaan multinasional untuk tugas marketing online mereka. Cara kerja proxy server dapat membantu perusahaan ini dengan banyak hal seperti penandaan geografis konten pemasaran untuk perusahaan.

Terkait:  Cara Kerja Gardan Mobil

Jenis Proxy Server

Jika diklasifikasikan berdasarkan cara kerja proxy server, maka jenis-jenis yang tersedia saat ini berjumlah lebih dari 21 jenis proxy server. Namun untuk saat ini hanya tiga jenis yang lazim digunakan di jagad internet.

Forward Proxy Server
Jenis proxy server ini umumnya digunakan dalam jaringan internal. Sebuah server proxy web akan bekerja secara berbeda dengan forward proxy server. Di sini, ketika permintaan dikirim oleh klien untuk terhubung ke situs web tertentu untuk menjelajah atau tujuan lain, opsi ini akan datang ke server proxy yang diteruskan terlebih dahulu.

Permintaan ini diperlukan untuk melewati forward proxy server. Kemudian akan diambil keputusan apakah permintaan klien akan berlanjut atau tidak. Jika ya, maka permintaan koneksi akan langsung masuk ke server eksternal. Jenis server yang satu ini tidak akan melihat alamat IP klien tetapi hanya melihat permintaan koneksi yang dikirim dari forward proxy server.

Menggunakan server proxy jenis ini akan membuat sistem menjadi lebih teratur dan sepenuhnya administratif untuk mengontrol koneksi jaringan lokal. Asumsi terdekatnya adalah firewall atau perisai yang membantu administrator membatasi akses ke sumber daya web yang tidak diinginkan atau berisiko untuk diaksess oleh klien jaringan internal. Jenis server proxy ini biasanya sering digunakan di sekolah dan universitas.

Reverse Proxy Server
Server proxy ini tentunya berbeda dari forward proxy server. Jenis server ini beroperasi di sisi situs penyedia web yang berfungsi menyembunyikan alamat IP dari pengguna eksternal di dalam jaringan internal. Server proxy ini memiliki tanggung jawab untuk membuat keputusan apakah pengguna web akan dapat melihat konten situs web atau menggunakan layanan web tertentu atau tidak.

Terkait:  Cara Kerja Call Center

Ada sejumlah manfaat dari jenis server proxy ini. Reverser proxy server memberikan keamanan tambahan ke server dan mempersulit peretas atau penjahat dunia maya dan lainnya untuk menyerang server internal. Selain itu, server ini juga bertindak sebagai penyeimbang beban untuk menyebarkan data yang disimpan di antara server internal. Tugasnya juga mencegah permintaan koneksi yang berlebihan dan menjaga situs web atau layanan web tetap berjalan.

Opern Proxy Server
Server proxy jenis ini punya cara kerja yang memungkinkan penerusan permintaan oleh pengguna internet. Di sisi lain, cara kerja proxy server ini juga berfungsi dalam menerima tanggapan dari situs web. Layaknya mail server, server ini menyembunyikan alamat IP asli pengguna dari web. Pengguna nantinya tidak memerlukan otentikasi dan mencegah penyalahgunaan, malware, dan infeksi lainnya.

Proxy Server Vs. VPN

Jika berkaca pada cara kerja proxy server, maka server jenis ini dan VPN (Virtual Private Network) punya cara kerja yang sangat mirip. Keduanya memungkinkan klien untuk menyembunyikan alamat IP mereka, lokasi dan memungkinkan akses ke situs web yang dibatasi.

Satu-satunya perbedaan adalah bahwa proxy server  tidak mengenkripsi lalu lintas data pengguna sementara VPN melakukan hal tersebut. Perbedaan lainnya adalah tidak ada yang dapat melacak aktivitas pengguna VPN sedangkan aktivitas pengguna server proxy dapat dilacak.

Dalam banyak kasus, proxy server hanya bisa digunakan di level aplikasi saja sementara, VPN dapat berjalan di level operating system yang satu tingkat diatasnya. Secara keamanan, VPN juga tergolong jauh lebih aman ketimbang cara kerja proxy server.

Related posts