Cara Hemat Listrik Mesin Cuci

  • Whatsapp

Kehadiran alat mesin cuci memang sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, khususnya untuk mencuci baju kotor. Terlebih lagi jika semua anggota keluarga harus bekerja di luar rumah. Walaupun sangat membantu, tapi pada kenyataannya mesin cuci berpengaruh terhadap penggunaan daya listrik yang cukup besar. Inilah pentingnya kenapa Kamu harus mengetahui cara hemat listrik mesin cuci dengan bijak.

Fungsi mesin cuci memang sangat banyak, namun tak dapat dipungkiri jika mesin cuci pun memerlukan deterjen, lebih banyak air, hingga daya listrik yang cukup besar daripada mencuci menggunakan tangan. Sehingga jumlah pengeluaran untuk memakai mesin cuci tersebut bisa membengkak apabila Kamu tidak secara bijak memanfaatkan alat elektronik ini.

Efisiensi dan efektivitas alat mesin cuci harus dioptimalkan agar pengeluaran fiansial bisa ditekan karena mecuci sebenarnya adalah aktivitas yang dilakukan oleh setiap orang dan setiap hari. Lalu, bagaimana cara hemat listrik mesin cuci?

Cara Hemat Listrik Mesin Cuci

Cara Hemat Listrik Mesin Cuci
Menghemat Listrik Mesin Cuci

Menghemat Listrik Mesin Cuci

Dengan menghemat listrik artinya Kamu juga bisa lebih hemat biaya, sehingga pengeluaran bulanan dapat diminimalisir jika Kamu cermat menyiasatinya. Selain mengikuti cara hemat listrik, Kamu juga bisa menghemat penggunaan mesin cuci agar tagihan listrik dan air di rumah tidak membengkak.

Guna menghemat penggunaan listrik untuk mesin cuci, ada beberapa tips menghemat listrik mesin cuci di rumah berikut ini :

1. Sesuaikan Kebutuhan Dengan Kapasitas Mesin Cuci

Ketika Kamu membeli alat mesin cuci, maka harus menyesuaikan kapasitas mesin cuci dengan kebutuhan terlebih dahulu. Misalnya saja jika Kamu memiliki keluarga kecil, sebenarnya tak perlu memilih mesin cuci berkapasitas tinggi. Dimana hal ini berhubungan dengan besarnya tenaga yang harus dikeluarkan. Selain itu, mesin cuci yang berkapasitas tinggi lebih banyak memerlukan daya listrik. Jadi penggunaannya lebih boros.

Terkait:  Cara Cek Kuota XL Axiata

Mesin cuci berkapasitas tinggi mungkin tidak masalah jika anggota keluarga di rumahmu cukup banyak. Akan tetapi, besarnya konsumsi daya listrik dapat diminimalisasi apabila anggota keluarga di rumah hanya sedikit.

Dengan memilih mesin cuci berkapasitas rendah, tentu bisa menghemat biaya penggunaan listrik sebab daya listrik yang diperlukan lebih kecil. Adapun sisa pakaian yang wajib dicuci memakai tangan dapat Kamu selesaikan sembari menunggu proses pencucian dengan mesin cuci. Sehingga seluruh cucian dapat diselesaikan dengan tepat waktu tanpa membuat daya listrik lebih boros.

2. Efektifkan Penggunaan Air

Jenis mesin cuci tertentu yang hemat air ialah jenis mesin cuci front loading. Melalui pemakaian air mesin cuci yang lebih irit, maka pengeluaran finasial untuk kebutuhan rumah tangga dapat diminimalisir.

Apabila aliran air memakai tenaga listrik, bukan dari PDAM, ini artinya biaya pemakaian listrik juga dapat lebih hemat. Jenis mesin cuci front loading juga umumnya harganya dibanderol cukup mahal, namun daya hemat dan kekuatannya justru lebih besar. Di samping lebih hemat uang, juga penghematan air akan sangat berguna bagi lingkungan sekitar.

Dengan cara hemat listrik mesin cuci ini, selain menghemat daya listrik Kamu juga bisa lebih menghemat pemakaian air di rumah.

3. Pilih Tipe Mesin Cuci Hemat Air

Sebenarnya ada banyak tipe dan merk produk mesin cuci yang dijual di pasaran, setiap produk tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jika Kamu memilih mesin cuci yang bisa lebih hemat air dan listrik, harganya biasanya lebih mahal. Tapi harga tersebut akan terbayar dengan besarnya penghematan atau efisiensi penggunaan air dan listrik yang ditawarkan.

Jadi ketika ingin membeli produk mesin cuci, biasanya penjual memberikan paparan tentang kekuranga dan kelebihan dari tiap tipe produk. Sehingga calon pembeli dapat lebih memahami tipe dan karakteristik dari mesin cuci yang cocok sesuai kebutuhan.

Terkait:  Cara Epoxy Lantai

Selain itu cara hemat listrik mesin cuci dalam pemilihan mesin cuci ialah harus survey toko terlebih dahulu melalui media internet. Kamu bisa mencari mana tipe mesin cuci yang lebih hemat penggunaannya.

Silahkan lakukan riset kecil-kecilan di situs resmi atau forum-forum tertentu untuk meyakinkan dan membantumu membeli mesin cuci tanpa kesalahan.

4. Lakukan Pengaturan Suhu Mesin Cuci

Untuk menghemat listrik mesin cuci, hal yang harus diperhatikan adalah teknik pencuciannya. Contohnya, temperatur 54 derajat celcius digunakan untuk bahan kain seperti handuk, seprai maupun baju yang terkena cipratan minyak atau oli. Tapi, sebelumnya cek label baju terlebih dahulu apakah tidak masalah memakai air panas saat pencucian atau justru bisa menyusut.

Temperatur kurang dari 23 derajat celcius umumnya digunakan pada pakaian yang berbahan lembut dan luntur, seperti bahan katun, sutra, wol, dan stocking. Selain lebih menghemat listrik, cara hemat listrik mesin cuci ini juga dapat tetap menjaga agar serat kain tidak mudah rusak dan tetap terjaga kelembutannya.

5. Cek Durasi Perputaran Mesin Cuci

Cara menghemat listrik mesin cuci berikutnya ialah tetap memperhatikan durasi perputaran pada mesin cuci. Mesin yang putarannya lebih lama mungkin lebih murah, tapi perlu waktu lama untuk bisa membersihkan pakaian yang dicuci. Sehingga, penggunaan daya listriknya cukup tinggi.

Jadi sebaliknya, perputaran mesin cuci yang cepat dapat menghemat penggunaan listrik lebih baik tapi kekurangannya ialah harga tipe mesin cuci ini yang relatif mahal. Demi mengatasi penggunaan listrik tinggi, maka Kamu dapat mengatur waktu 5-10 menit untuk proses pembilasan, khususnya untuk jenis dalaman dengan bahan lebih tiipis.

6. Gunakan Pengering Alami dan Jangan Gunakan Washer Dryer

Cara hemat listrik mesin cuci lainnya ialah sebaiknya pakai pengering mesin cuci alami tanpa memakai washer dryer. Kamu memang tidak harus selalu menggunakan pengering pada mesin cuci untuk mengeringkan pakaian yang dicuci. Siklus proses pengeringan bisa menghabiskan energi lebih banyak, karena mesin cuci biasanya harus memanaskan temperatur di dalam tabung.

Terkait:  Cara Hitung Diskon

Sesudah air cucian di mesin cuci mulai tiris menggunakan putaran sedang, selanjutnya Kamu dapat menggantung baju secara langsung untuk dijemur di bawah terik matahari. Oleh karena itu, hindari pemakaian mesin cuci sampai pakaian mengering.

7. Mencuci Baju Seminggu 2 Kali

Banyak orang yang sering menyepelekan hal ini. Kebanyakan mereka mencuci memakai mesin cuci setiap hari. Padahal tanpa disadari aktivitas tersebut membuat penggunaan daya listrik menjadi meningkat. Sebaiknya lakukan aktivitas mencuci dengan mesin cuci 1-2 kali seminggu, khususnya bagi yang memiliki anggota keluarganya sedikit.

Cara hemat listrik mesin cuci tersebut dapat menghemat listrik serta tidak boros penggunaan air. Atau bisa juga menentukan jadwal mencuci dengan mesin cuci secara rutin, seperti mesin cuci dapat menampung baju kotor sampai 3 hari, jadi kamu bisa mencuci memakai mesin cuci 3 hari sekali.

Aktivitas menggunakan listrik dengan bijak memang harus sudah dibiasakan dari kecil agar hasilnya bisa lebih maksimal. Adapun manfaat cara hemat listrik mesin cuci tidak hanya berguna dalam hal irit biaya saja, tetapi Kamu juga dapat menjaga peralatan elektronik menjadi lebi awet serta penggunaannya menjadi lebih lama.

Related posts