Cara Belanja di Blibli

Bagaimana cara belanja di Blibli? Apakah belanja di BliBli itu sulit? Apa saja langkah agar bisa berbelanja di BliBli?

Berbicara soal layanan e-commerce, mungkin saat ini kita sudah banyak sekali menemukan beragam jenis e-commerce yang kerap digunakan untuk aktivitas jual beli antara pembeli dan penjual. Selain itu, e-commerce di Indonesia sendiri saat ini cukup banyak, dan bisa diaksess dari mana saja dan kapan saja.

Selain itu, kemudahan yang diberikan layanan e-commerce sendiri memang membuat para pembeli lebih mudah mendapatkan atau membeli produk mereka secara online, dengan harga yang cukup terjangkau dan juga dengan tambahan dikson atau promo yang kadang diberikan oleh pihak e-commerce itu sendiri.

Adapun salah satu e-commerce yang juga cukup banyak digunakan oleh masyarakat indonesia adalah BliBli. Sebagaimana kita tau, e-commerce yang satu ini memang tak hentinya memberikan kepuasan untuk para penggunanya.

Mulai dari layanan gratis ongkir, voucher cashback, potongan harga, atau bahkan yang lainnya, semua bisa didapatkan untuk para pengguna setia blibli ketika mereka melakukan pembelian produk. Selain itu, produk yang ditawarkan di BliBli sendiri cukup beragam.

Seperti misalnya kategori keperluan Anak, keperluan rumah tangga, keperluan fashion laki laki dan perempuan, keperluan elektronik, gadget, smartphone, otomotif, dan lain lain, bisa kamu temukan didalam BliBli.

Selain itu, kalian juga bisa mengaksess layanan BliBli dengan 2 metode, yakni melalui desktop atau browser, dan juga melalui Aplikasi BliBli itu sendiri. Selain itu, aja juga Blibli rewards yang mana dikhususkan untuk pengguna baru yang mungkin baru saja menggunakan layanan BliBli.com

Untuk itu, apabila kamu penasaran dengan layanan dan juga penawaran menarik yang diberikan oleh blibli, kamu bisa langsung saja menjadi pengguna terdaftar di blibli, dan mulai mengikuti cara belanja di BliBli.com untuk kamu yang belum mengetahui caranya. Berikut adalah ulasannya.

Cara Belanja di Blibli

Cara Belanja di Blibli
Belanja di Blibli

Daftar / Buat Akun di Blibli

Langkah pertama adalah kalian diharuskan terlebih dahulu memiliki akun di BliBli sebagai pengguna terdaftar. Sebenarnya, jika untuk melihat lihat produk yang tersedia saja, tentu kamu bisa melakukannya tanpa harus melakukan pendaftaran akun. Namun ketika ingin membeli produk tersebut, kalian jelas harus memiliki akun atau mendaftar terlebih dahulu. Caranya

  • Buka situs blibli.com atau juga kamu bisa mengunduh aplikasi blibli di smartphone android ataupun iOS
  • Lakukan registrasi dengan menggunakan email atau bahkan akun google dan juga sosial media lainnya
  • Isi data yang dibutuhkan seperti Nama, Email, Password, dan lain sebagainya

Setelah prosess pendaftaran selesai, kalian tinggal melakukan verifikasi dengan memeriksa email masuk dari blibli dan mengklik link tersebut untuk menyelesaikan prosess registrasi. Jika mungkin pada saat memeriksa email ternyata tidak ditemukan email dari blibli, maka kalian bisa melakukan request verifikasi ulang.

Lengkapi Profil

Setelah prosess pendaftaran dan juga verifikasi nya selesai, maka selanjutnya kalian bisa langsung masuk seperti biasa menggunakan data login yang sudah didaftarkan sebelumnya tadi. Dan setelah itu, kalian bisa langsung untuk melengkapi profil BliBli kalian.

Adapun tujuan dari melengkapi profil disini adalah untuk mempermudah kalian ketika ingin melakukan pembelian produk di BliBli, sebab kalian kalian tidak perlu lagi mengisi data ketika akan melakukan checkout. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke bagian profil dari BliBli kalian
  • Lengkapi profil dengan beberapa data yang dibutuhkan, seperti
    • Foto Profil
    • Nama lengkap
    • Alamat lengkap
    • Nomor telfon yang bisa dihubungi
  • Setelah itu klik pada tombol simpan dan kalian sudah berhasil memperbarui data profil kalian.

Nah, selain itu kalian juga bisa menggunakan alamat yang berbeda pada kolom alamat. Misalnya, kalian memiliki 2 alamat, yakni dirumah dan juga dikantor. Maka pada opsi alamat penerima, isi dengan alamat rumah kalian terlebih dahulu, dan kemudian tambahkan alamat lain (kantor) untuk opsi pengiriman.

Setelah itu kalian tinggal memilih salah satu alamat yang akan digunakan, sebagai alamat utama. Dengan menggunakan fitur alamat utama ini, kalian tidak perlu lagi sibuk menuliskan alamat ulang ketika akan membeli produk. Cukup memilih alamat yang akan digunakan, dan otomatis sistem blibli akan mendeteksi nya.

Pilih Produk yang akan dibeli

Setelah profil berhasil dilengkapi, maka kita sudah bisa mulai untuk mencari produk yang akan kita beli atau kita inginkan. Disini, kamu bisa langsung menggunakan fitur pencarian dari blibli itu sendiri, atau bahkan mengurutkan sesuai kategori produk yang tersedia.

Sedikit tips untu kalian yang akan membeli produk di blibli, usahakan produk yang dipilih memiliki rating atau penilaian diatas angka 3, selain itu pastikan juga produk yang akan dibeli memiliki ulasan yang positif dari para pembeli sebelumnya.

Pastikan juga seller atau toko yang menjual produk tersebut menuliskan deskripsi produk yang jelas tentang produk yang mereka jual. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pembeli ketika ingin membeli produk yang dijual tersebut.

Atau, kamu juga bisa kok melakukan chatting personal dengan penjual untuk menanyakan stock, pilihan warna, ukuran, atau bahkan kesesuaian produk dengan kebutuhan kalian. Pastikan seller memiliki waktu pembalasan pesan yang cukup fast respon. Jika mungkin waktu balas dari seller cukup lama, pertimbangkan kembali untuk membeli produk tersebut.

Dan jika sudah menemukan produk yang tepat, maka kalian bisa langsung memasukannya kedalam troli atau keranjang belanja, tapi apabila kalian sudah yakin, langsung saja klik pada tombol beli.

Lakukan Pembayaran

Nah barulah kita tinggal melakukan prosess pembayaran. Disini, kalian bisa melihat beragam pilihan pada menu checkout atau pembayaran, biasanya akan tertera beberapa poin seperti berikut

  • Jasa Pengiriman
  • Metode Pembayaran
  • Kode Voucher (jika ada)

DIsini kamu tinggal memilih jasa pengiriman atau ekspedisi yang sesuai dengan ongkir yang harus dibayarkan, dan juga memilih metode pembayaran yang paling mudah. Kamu bisa menggunakan beragam pilihan metode pembayaran, seperti bank transfer, Indomaret, Alfamart, dan lain sebagainya. Silahkan sesuaikan dengan pilihan metode pembayaran yang paling sesuai denganmu.

Konfirmasi Pembayaran dan Tunggu Produk Sampai

Ketika prosess pembayaran sudah dilakukan, maka kalian tinggal melakukan konfirmasi pembayaran baik melalui aplikasi BliBli yang biasa nya menampilkan notifikasi status pembayaran, atau juga kalian bisa menghubungi pihak seller atau penjual dengan menyertakan bukti pembayaran yang sudah dilakukan sebelumnya.

Jika seller sudah merespon, maka kalian tinggal melhat status pesanan kalian, biasanya akan ada 3 status yang muncul

  • Dikemas
  • Dikirim
  • Telah Tiba

Kamu tinggal memeriksa secara berkala untuk status pemesanan, dan juga memeriksa resi atau melakukan pelacakan jika produk sudah dalam status dikirim. Dengan begitu, kalian bisa mengetahui sudah sampai mana paket kalian diantarkan.

Itulah tadi beberapa cara belanja di BliBli yang bisa kalian coba, semoga artikel ini bisa menjadi refernsi yang baik untuk, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi