Cara Flash HP Oppo

Oppo, merupakan salah satu merek smartphone ternama yang cukup menarik perhatian bagi masyarakat Indonesia. Tidak heran, kalau perusahaan satu ini selalu menghadirkan produk andalan yang bisa bersaing dengan brand lainnya. Tetapi, namanya juga alat. Suatu saat, user pasti membutuhkan cara flash hp Oppo. Kalian, dapat mempelajarinya terlebih dahulu disini!

Kejadian tidak terduga seperti hp yang tiba-tiba mengalami error pada sistem, atau adanya virus yang masuk melalui browsing. Tentu, akan menghambat segala aktivitas harianmu, Hal tersebut, disebabkan karena banyak masyarakat yang selalu mengandalkan ponselnya untuk menyelesaikan berbagai kegiatan. Mulai dari pekerjaan, komunikasi, bahkan keuangan juga.

Kegunaan Flash HP Oppo

Flash hp sendiri, dapat didefinisikan sebagai suatu keadaan dimana perangkat mengalami kondisi instalasi ulang pada bagian sistem operasinya (OS). Hal tersebut, bisa dilakukan via stock maupun ROM yang di-custom. Tujuan dari kegiatan flash hp, yaitu mengembalikan kinerja perangkat agar dapat beroperasi seperti semula. Prosesnya, terbagi menjadi 2 metode.

Ada yang menggunakan bantuan dari laptop/PC. Lalu, cara yang kedua adalah dengan stock recovery seperti yang sebelumnya sudah disebutkan di atas. Biasanya, kalau kalian lakukan flashing dengan jenis hard reset. Maka, proses perlakuannya akan sama pada setiap jenis hp yang beredar di pasaran teknologi. Kalau soft reset, tergantung dari pengaturan di ponselnya.

Cara Flash HP Oppo

Cara Flash HP Oppo
Cara Flash HP Oppo

Cara Flash HP Oppo A3S

Merek Oppo yang beredar luas di masyarakat Indonesia, merupakan hasil garapan dari usaha teknologi yang berpusat di negara China. Pertama kali masuk ke pasar tanah air, pada tahun 2013. Hingga kini, banyak pengguna yang terus menerus menunggu produk keluaran terbaru dari Oppo tersebut. Kamu bisa temukan Oppo Find X5 Pro 5G, ada series A96, Reno 7 series.

Terkait:  Cara Reset Epson L3110

Cara flash hp Oppo A3S, buat kalian para pengguna setia Oppo dengan produk klasiknya. Ya, kamu tidak perlu pusing kalau ingin melakukan flashing tanpa bantuan dari perangkat PC. Ini, bisa dilakukan secara mandiri tanpa perlu dibawa ke konter hp untuk diperbaiki. Langkah-langkahnya sangat sederhana, dan mudah untuk dipraktekan. Ikuti selengkapnya berikut ini:

Flash HP Oppo A3S Melalui QFIL

QFIL merupakan perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan untuk proses flashing hp. Apalagi, kalau kendala yang terjadi pada smartphone kalian, disebabkan oleh firmware ponsel. Terutama, hp yang di dalamnya masih menanamkan teknologi chipset Qualcomm. Tentu, hal ini sangat pas dengan spesifikasi yang dimiliki oleh hp Oppo A3S tersebut. Berikut caranya:

  1. Mulai ekstrak seluruh data dari hasil unduhan sebelumnya (Qualcomm Driver, QPST/QFIL, Firmware Oppo A3S (CPH1803), dan Firmware A3S (CPH1853))
  2. Posisikan data-data tersebut, dalam 1 folder yang sama
  3. Pasang atau install Qualcomm USB Driver di PC/laptop
  4. Install juga QPST/QFIL, pada perangkat PC/laptop yang kalian gunakan sebelumnya
  5. Lanjutkan dengan run software QFIL
  6. Lakukan operasional QFIL via directory: kalian yang menggunakan Windows 32 Bit C:\Program Files\Qualcomm\QPS\bin\QFIL.exe; user Windows 64 Bit operasionalnya melalui C:\Program Files (x86)\Qualcomm\QPST\bin\QFIL.exe
  1. Beranda software QFIL terlihat, klik “Select Build Type”
  2. Ketuk pilihan “Flat Build”
  3. Lanjutkan dengan pilih “Browse” pada menu “Select Programmer”
  4. Silahkan kalian temukan file berikut: “prog_emmc_firehouse_89XX.mbn”, ada di hasil ekstraksi firmware dari hp Oppo A3S
  5.  Ketuk “Load XML” > klik file berikut: rawprogram_unsparse.xml, serta patch0.xml
  6. Pilih tombol “Open” > turn off ponsel Oppo A3S kalian
  7. Sambungkan ponsel ke komputer dengan kabel USB Driver
  8. Kemudian, pilih “Download” pada software QFIL
  9. Proses Flashing berlangsung, diamkan sampai prosesnya berhenti
  10. Tunggu notifikasi “Download Succed”
  11. Lepaskan kabel USB dari perangkat > turn on hp Oppo tersebut.
Terkait:  Cara Reset Wifi Indihome

Apabila selama pengerjaan, terjadi kondisi bootloop dalam proses flashingnya. Maka, kalian hanya perlu mengulang tahapan demi tahapan dari apa yang telah dijelaskan di atas. Jangan sampai ada langkah yang tertinggal.

Cara Flash Hp Oppo dengan ColorOS Recovery

Peralatan tambahan yang kalian butuhkan kali ini, bukanlah perangkat PC/laptop. Melainkan, kartu memori sebagai media penggantinya. Berdasarkan dari hasil penjelasan yang dikutip melalui hackathonmatirim.id. Card memory yang digunakan, minimalnya memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 8 GB. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini:

  1. Unduh Firmware OTA Oppo A3S melalui browser
  2. Move file ke kartu memori. Kemudian, pasangkan SD Card ke ponsel
  3. Masuk ke menu ColorOS Recovery atau mode perbaikan
  4. Press button power + volume bagian bawah dalam satu waktu
  5. Setelah ColorOS Recovery terlihat, ketuk opsi “Bahasa Inggris” dengan tombol Power untuk memilhnya
  6. Klik opsi “Install From SD / Storage Device”
  7. Pilih data firmware yang sebelumnya telah kalian salin ke kartu memori
  8. Klik format data zip > tekan “OK”
  9. Proses flashing sedang berjalan, tunggu hingga berhenti sendiri
  10. Terlihat notifikasi “Updating Succesfully” > pilih “Back” ke beranda ColorOS Recovery
  11. Silahkan kalian “Restart” melalui pilihan “Reboot” ponsel.

Booting ini, biasanya akan berlangsung lebih daripada ketika kalian hanya reboot normal saja. Oleh sebab itu, diamkan ponsel sampai prosesnya selesai. Setelah itu, ponsel akan kembali menyala dalam keadaan pengaturan pabrik. Sama halnya, saat kamu pertama kali melakukan pembelian hp Oppo A3S tersebut.

Cara Flash HP Oppo A37

Series Oppo lainnya yang tidak kalah menarik, yaitu A37. Desain klasik nan elegan, dengan dilengkapi oleh layar 5 inci. Membuat tampilannya, semakin digemari oleh masyarakat. Bisa juga digunakan untuk memainkan permainan ringan, karena sudah menggunakan Quad Core Prosessor.  Pertama kali rilis di bulan Juni, tahun 2016. Wajar, kalau kameranya masih 8 MP.

Terkait:  Cara Lock 4G Oppo

Cara flash hp Oppo A37 melalui metode MSM. Buat kalian yang ingin mengembalikan hp ke kondisi semula. Mirip ketika pertama kali melakukan pembelian di counter. Maka, kamu perlu tahu beberapa tahapan flash berikut ini:

  1. Lakukan pemasangan aplikasi MSM di PC/laptop untuk flashing
  2. Perangkat yang digunakan, sudah terpasang dengan USB Driver Qualcomm
  3. Lanjutkan dengan “Extract File Firmware”, serta “MSM” ke PC
  4. Posisikan ponsel Oppo A37 dalam keadaan mati. Press and hold tombol bagian volume (atas+bawah) dalam waktu yang bersamaan
  5. Hp Oppo A37, dihubungkan ke PC/laptop menggunakan kabel USB
  6. Operasikan “MSM” > pilih “Start” untuk memulai cara flash hp Oppo
  7. Otomatis, proses flashing berjalan dengan sendirinya
  8. Apabila sudah selesai, terlihat tulisan “USB Download Complete”
  9. Lepaskan sambungan kabel USB dari kedua device
  10. Hidupkan hp Oppo A37 > diamkan beberapa saat sampai booting process selesai.

Tidak jauh berbeda dengan cara flash hp Oppo yang dilakukan terhadap series A3S. Kalian dapat menentukan sendiri, ingin menggunakan bantuan dari perangkat tambahan (PC/laptop). Atau, bisa juga cukup dengan menambahkan SD Card ke dalam ponsel yang akan di flashing. Bedanya, kalau di A3S minimal kapasitas memorinya 8 GB. Kali ini, cukup 4 GB saja.

Sekian penjelasan mengenai cara flash hp Oppo di kesempatan kali ini. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat. See you on the next topics. Have a nice days, and good rest. Bye…

Related posts