Cara Mengetahui Nomor Token Listrik yang Hilang

Token listrik adalah sejenis listrik prabayar dari PLN. Dengan token listrik ini, jumlah kuota listrik kalian akan diketahui sesudah membeli pulsa serta memperoleh nomor token. Adapun token listrik terdiri atas 20 digit angka dan kalian akan memperolehnya usai membeli pulsa token listrik. Lantas, bagaimana cara mengetahui nomor token listrik yang hilang?

Tentu saja sayang sekali jika nomor token yang sudah kita beli ternyata hilang begitu saja. Apalagi jika kalian membeli pulsa token dengan nominal yang besar. Namun jangan khawatir, ada beberapa metode cara mengetahui nomor token listrik yang hilang yang dapat kalian coba. Dengan demikian, kalian tetap dapat mengisi token tersebut untuk menambah daya listrik.

Read More

Seputar Token Listrik

Token listrik adalah pulsa listrik yang digunakan untuk menambahkan jumlah listrik pada meteran listrik prabayar dalam bentuk KwH. Biasanya token listrik ditandai dengan nominal angka dalam bentuk KwH sesuai harga token listrik yang tersedia.

Harga dari token listrik sekarang ini telah tersedia lewat berbagai nominal yang bisa disesuaikan berasarkan besarnya penggunaan listrik di rumah. Adapun harga token yang dikeluarkan PLN diantaranya mulai dari Rp. 20 ribu, Rp. 50 ribu, sampai ada yang Rp. 1 juta.

Besaran nilai pada token listrik tersebut terdiri dari materai, KWH dan Pajak Penerangan Jalan. Untuk pembelian token sebenarnya tidak perlu repot lagi, sebab ada banyak pilihan server yang menawarkan penjualan token listrik.

Setelah membeli token listrik yang di hubungkan dengan ID PLN nya, maka akan muncul 20 nomor unik yang harus di masukkan pada meteran listrik di rumah. Kalian harus memastikan dengan benar ketika memasukkan 20 angka unik tersebut agar proses penambahan KwH berhasil.

Salah satu ciri jika penambahan KwH berhasil ketika menekan tombol enter pada meteran listrik, yaitu pada layar meteran akan ada tulisan ‘benar’. Bahkan ada penambahan KwH sesuai dengan pembelian.

Pertanyaannya sekarang, bagaimanan jika nomor token listrik yang berjumlah 20 angka unik tersebut ternyata tiba-tiba hilang? Jika kalian mengalami kondisi serupa, jangan khawatir. Karena kami akan membahas cara mengetahui nomor token listrik yang hilang.

Dilema Membeli Token Listrik Secara Konvensional

Bagi kalian yang sering membeli token listrik secara online, tentu tidak perlu khawatir terkait nomor token listrik. Sebab biasanya nomor token tersebut tersimpan otomatis di aplikasi saat membeli token listrik. Misalnya saja, jika kalian memakai layanan m-banking untuk pembelian token listrik, maka kalian akan mendapatkan riwayatnya.

Hal ini juga berlaku ketika kalian membeli token listrik di aplikasi e-commerce yang sudah mendukung layanan pembelian token listrik. Kalian bisa melihat riwayat pembelian secara langsung, ketika tiba-tiba hp yang kalian pakai ngehang.

Akan tetapi riwayat pembelian yang berisikan token listrik tersebut tidak dapat kalian temukan jika melakukan pembelian token secara konvensional, di minimarket atau outlet tertentu. Sebab biasanya nomor token listrik yang didapatkan berbentuk struk token listrik.

Bagi kalian yang secara kebetulan membeli token listrik secara konvensional seperti ini, maka ada beberapa hal yang perlu di persiapkan, yaitu :

  • Nomor meter listrik atau IDPEL (ID Pelanggan) yang tersedia pada meteran listrik.
  • Tanggal dan waktu pembelian ketika membeli token listrik pada kios atau minimarket tertentu.

Cara Mengetahui Nomor Token Listrik Yang Hilang

Cara Mengetahui Nomor Token Listrik yang Hilang
Tutorial Mengetahui Nomor Token Listrik yang Hilang

Sebenarnya, ada beberapa cara mengetahui nomor token listrik yang hilang selain mempersiapkan beberapa persyaratan di atas. Berikut ulasannya :

1. Melakukan Print Ulang Struk Token Listrik

Jika membeli token listrik di minmarket yang kebetulan jaraknya berdekatan dengan rumah kalian, maka kalian bisa mencoba meminta print ulang struk token listrik yang sudah dibeli. Dengan begitu, kalian bisa menggunakan nomor token tersebut.

Kalian cukup mendatangi tempat pembelian token listrik, lalu jelaskan bahwa sebelumnya struk berisi token listrik hilang. Nanti, pihak minimarket akan melakukan print ulang struk token listrik dengan syarat yang wajib kalian berikan yaitu IDPEL dan tanggal pembelian tadi sebelum struk hilang.

Sumber : blogspot.com

Namun, jika seandainya minimarket tersebut cukup jauh dari rumah, maka cara ini bukan menjadi solusi terbaik walaupun sebenarnya masih bisa di usahakan. Jika seandainya kalian cukup kerepotan harus mendatangi tempat awal pembelian token listrik, bisa dilakukan dengan cara lainnya.

2. Menghubungi Call Center PLN

Cara mengetahui nomor token listrik yang hilang berikutnya  yaitu bisa menghubungi call center PLN di nomor 123. Akan tetapi, jangan langsung menekan angka tersebut pada dial telepon, melainkan harus di sisipkan kode areal tempat kalian tinggal.

Sumber : portal-uang.com

Contoh :

  • Jika seandainya kalian tinggal di Kota Jakarta dengan kode area 021, maka jika ingin menghubungi call center PLN bisa menghubunginya ke nomor : 021 123.
  • Jika seandainya kalian tinggal di Kota Bandung dengan kode area 022, maka jika ingin menghubungi call center PLN bisa menghubunginya ke nomor : 022 123.

Setelah terhubung ke call center PLN, jelaskan keluhan kalian mengenai nomor token listrik yang hilang. Selanjutnya, pihak call center akan memberitahukan nomor token listrik dengan mengkonfirmasi data diri kalian terlebih dahulu, termasuk IDPEL milik kalian.

Bagimana jika melalui Whatsapp? Saat ini kalian bisa dengan mudah menyampaikan keluhan selain dengan menghubungi call center PLN. Karena kalian juga bisa mengirim pesan online menggunakan Whatsapp melalui nomor 08122 123 123. Selain keluhan nomor token listrik yang hilang, juga kalian bisa menyampaikan keluhan terkati gangguan kelistrikan PLN lainnya.

3. Menggunakan Aplikasi PLN Mobile

Kini PLN juga telah mengeluarkan aplikasi PLN Mobile yang bertujuan untuk mempermudah pelayanan kepada para pelanggannya. Sehingga para pelanggan PLN tidak harus mendatangi kantor unit/cabang PLN ketika ingin mengakses layanan PLN. Kalian bisa menggunakan aplikasi PLN Mobile dengan mendownloadnya terlebih dahulu di Play Store maupun di App Store.

Penggunaan PLN Mobile selain bisa mengakses berbagai fitur di dalamnya, juga dapat melihat riwayat pembelian token listrik. Dengan demikian, nomor token listrik bisa didapatkan dan kalian bisa mengisi pulsa listrik pada hari itu juga. Silahkan ikuti panduan cara mengetahui nomor token listrik yang hilang  dengan aplikasi PLN Mobile berikut :

  • Download terlebih dahulu aplikasi PLN Mobile.
Sumber : infobrand.id
  • Selanjutnya, jika sudah terpasang pada perangkat, buka aplikasinya.
  • Di halaman utama aplikasi, kalian akan di suguhkan 4 pilihan menu, yaitu Permohonan, pengaduan, Informasi, dan Pembayaran. Karena tujuannya ingin melihat nomor token listrik yang dibeli sebelumnya, maka pilihlah menu Informasi.
  • Selanjutnya kalian akan mendapatkan 2 opsi, yaitu Informasi Tagihan dan Token Listrik. Pilihlah Token Listrik lalu masukkan ID pelanggan kalian yang muncul pada layar. Isikan IDPEL yang sama terera pada meteran listrik.
  • Tunggu beberapa saat, setelah itu akan muncul informasi mengenai pembelian token listrik terakhir yang berjumlah 20 kombinasi angka unik.
  • Segera isi token listrik kalian dengan memasukkan 20 digit nomor tersebut pada meteran listrik.

4. Mendatangi Kantor PLN Terdekat

Sumber : putrasionmandiri.co.id

Mungkin cara ini bisa kalian lakukan jika seandainya letak rumah cukup berdekatan dengan kantor cabang PLN yang melayani berbagai macam keluhan. Salah satunya, dapat mengecek nomor token listrik yang hilang. Silakan pergi ke kantor PLN. Lalu, sampaikan keluhannya agar nomor token listrik bisa segara kalian dapatkan kembali.

Silahkan pilih salah satu cara mengetahui nomor token listrik yang hilang  di atas agar kalian bisa mengakses nomor token listrik untuk menambah daya listrik di rumah kembali!

 

Related posts