Cara Kredit di Tokopedia

Tokopedia kini tidak hanya menjadi platform belanja online, melainkan telah menjelma sebagai e-commerce raksasa yang menawarkan banyak fitur. Adapun salah satu layanan yang tersedia di Tokopedia ialah kredit pinjam meminjam. Tokopedia menawarkan berbagai macam fitur pinjaman. Lalu, bagaimana cara kredit di Tokopedia?

Mengenal Sistem Kredit di Tokopedia

Sebelum membahas cara kedit di Tokopedia, Kamu harus tahu bahwa ada 2 jenis pinjaman/kredit yang ditawarkan oleh Tokopedia, diantaranya :

  • Kredit pembiayaan untuk pembelian produk di Tokopedia. Saat pengguna melakukan checkout pembelian barang, marketplace ini menediakan metode pembayaran secara kredit. Adapun jargon untuk sistem kredit ini ialah “Buy Now Pay Later”.
  • Pinjaman modal usaha dan uang tunai, yang diberikan secara murni sebagai KTA (Kredit Tanpa Agunan). Kredit ini tidak berkaitan dengan proses pembayaran kredit pembelian produk di Tokopedia.

Cara Kredit di Tokopedia

Cara Kredit di Tokopedia
Metode Kredit di Tokopedia

Metode Kredit di Tokopedia yang Harus Kamu Tahu

Tokopedia menawarkan beberapa metode kredit yang bisa Kamu manfaatkan tergantung kebutuhan. Berikut4  cara kredit di Tokopedia yang dapat dicoba :

1. Cicilan Dengan Kartu Kredit

Pengguna di Tokopedia dapat memakai kartu kredit untuk pembayaran semua jenis cicilan. Biasanya bank penerbit credit card menyediakan cicilan sebesar 0% mulai dari tenor 3 bulan hingga 24 bulan. Kamu bisa melihat ada banyak pilihan penerbit kartu kredit di Tokopedia. Walaupun disebut cicilan 0% namun cicilan menggunaka kartu kredit terdapat biayanya. Dimana biaya tersebut ditambahkan diawal dan biasanya akan semakin besar jika masa pinjamannya semakin lama.

Bagi Kamu yang belum memiliki kartu kredit, marketplace yang satu ini telah menyediakan layanan pengajuan aplikasi credit card. Tokopedia memberikan halaman khusus untuk mengajukan kartu kredit dari berbagai bank yang ada di Indonesia.

2. Cicilan di Tokopedia Dengan Kredivo

Cara kredit di Tokopedia lainnya ialah dengan menggunakan layanan Kredivo. Kredivo sendiri sudah terkenal sebagai salah satu penyedia layanan pinjaman tanpa DP dan tanpa kartu kredit untuk berbelanja online dengan mudah di marketplace. Sebenarnya cara kerjanya sama saja dengan kartu kredit.

Limit pinjaman maksimum yang ditawarkan oleh Kredivo di aplikasi Tokopediaialah senilai Rp. 3 juta. Selan itu, pilihan tenor pinjaman di Kredivo ialah sekali bayar untuk 30 hari atau kredit selama 3, 6 hingga 12 bulan. Sedangkan bunga setiap bulan yang ditawarkan Kredivo yaitu 0% jika sekali bayar, sedangkan 2,95% jika kredit dengan tenor pinjaman.

Kredivo sendiri sudah tersedia hingga di 150 lebih merchant online. Meraka nampaknya fokus di e-commerce, baik itu di Bukalapak, Tokopedia maupun marketplace lainnya.

Lalu, bagaimana cara kredit di Tokopedia via Kredivo?

Kamu harus melakukan pengajuan melalui aplikasi Kredivo, aplikasi ini tersedia di IOS dan Google Play Store secara gratis. Selanjutnya tinggal lakukan pendaftaran pada aplikasi dengan melengkapi semua ketentuan dan syarat yang berlaku.

Apabila sudah disetujui, pengguna pun bisa memperoleh limit kredit yang dapat dipakia saat berbelanja di Tokopedia. Adapun persyaratan untuk mengajukan kredit Kredivo di Tokopedia ialah WNI yang dibuktikan dengan KTP, usia kisaran 18-60 tahun dan berpenghasilan Rp. 3 juta per bulannya.

Ada 2 alur proses cicilan Kredivo dengan ketentuan berbeda, diantaranya :

  • Cicilan Express, Kamu tidak perlu lagi menyediakan berkas bukti slip gaji dan tempat tinggal. Tapi harus memberikan akses pada 1 akun marketplace yang telah digunakan bertransaksi, dalam hal ini Tokopedia. Selain itu, kamu juga harus memberikan akses ke satu akun layanan internet banking pada rekening gaji.
  • Cicilan Reguler, menyertakan 2 bukti dokumen tempat tinggal dan 2 bukti penghasilan baik dari rekening koran maupun slip gaji.

Selanjutnya Kamu dapat membeli barang/produk di Tokopedia, lalu pilih cara kredit di Tokopedia dengan Kredivo. Adapun persyaratannya ialah sebagai berikut :

  • Kamu harus sudah memiliki akun Kredivo berstatus aktif dengan memiliki limit kredit tertentu.
  • Berlaku minimal untuk satu barang seharga Rp. 1,5 juta dengan nilai transaksi maksimal Rp. 20 juta.

3. Cicilan di Tokopedia Dengan Home Credit Pembiayaan

Cara kredit di Tokopedia dengan Home Credit bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan tepat. Home Credit sendiri merupakan perusahaan pembiayan dengan menawarkan kredit tanpa menggunakan kartu kredit. Pembiayaan tersebut dapat dimulai dengan kisaran Rp. 500 ribu dan tenor cicilan selama 3 bulan sampai 12 bulan.

Sedangkan untuk pengajuan kredit di Home Credit sendiri cukup menyertakan KTP. Selanjutnya selama 2 hari Kamu sudah mendapatkan keputusan disetuji atau ditolaknya penyajuan kreditmu.

Menggunakan Layanan Home Credit di Tokopedia

Jika Kamu ingin mengajukan cara kredit di Tokopedia dengan Home Credit, berikut langkahnya :

  • Pertama-tama, silahkan kunjungi situs web mitra online shop dari Home Credit, kemudian pilih item produk yang ingin dibeli.
  • Pilih layanan Home Credit Indonesia untuk dijadikan pilihan pembayaran, kemudian ikuti petunjuk pengisian form aplikasi.
  • Silahkan tunggu notifikasi persetujuan kredit.
  • Ikuti instruksi selanjutnya untuk melakukan konfirmasi kontrak dan lakukan pembayaran DP atau uang muka
  • Barang kredit akan langsung dikirim ke alamat rumahmu.

4. Cicilan di Tokopedia Dengan BRI Ceria

BRI Ceria termasuk salah satu produk kredit yang ditawarkan bank BRI guna melayani para nasabahnya untuk berbelanja di marketplace atau merhant yang sudah bermitra dengan BRI. Adapun salah satu merhant online tersebut ialah Tokopedia.

Menariknya lagi, walaupun termasuk produk bank, namun BRI Ceria sendiri tidak memberikan persyaratan kartu kredit dalam pengajuan permintaan buat akun. Biasanya BRI Ceria akan muncul sebagai metode pembayaran yang tersedia di Tokopedia. Bagi yang sudah memiliki akun dari BRI Ceria, Kamu bisa memakainya secara langsung untuk bertransaksi.

Fitur Pinjaman BRI Ceria

Ada 2 pilihan fitur pinjaman BRI Ceria, diantaranya :

  • Limit pinjaman sekitar Rp. 500 ribu hingga Rp. 20 juta.
  • Tenor cicilan dari 1 bulan hingga 12 bulan.

BRI Ceria menawarkan limit kredit yang dapat digunakan untuk berbelanja. Kemudian jika Kamu sudah melakukan pembayaran, limit kredit akan kembali lagi. Menariknya, kredit dengan memakai layanan BRI Ceria ialah bunga yang ditawarkan hanya 1,42% saja per bulannya atau sekitar 26,95% setahun. Tanoa biaya administrasi dan hanya bunga kredit saja.

Cara Kredit di Tokopedia Dengan BRI Ceria

Pengajuan kredit di Tokopedia dengan BRI Ceria sebenarnya sangat mudah, Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi BRI Ceria di PlayStore. Jika sudah, lengkapi persyaratan sesuai yang diminta.

Ada 2 langkah cara pengajuan kredit di BRI Ceria, diantaranya :

  • Melakukan pendaftaran dengan membuka pengajuan aplikasi kredit di BRI Ceria. Kamu juga cukup menirimkan kode OTP dari HP dan lakukan pendaftaran PIN. Jika sudah selesai, bisa lanjut ke dalam tahapan pengajuan pinjaman.
  • Mengajukan pinjaman di BRI Ceria. Untuk mengajukan pinjaman, pertama-tama Kamu bisa melakuka verifikasi rekening sebagai nasabah BRI. Lalu isi informasi data diri keluarga dan bukti penghasilan, foto KTP dan proses digital scoring. Jika pengajuanmu sudah disetujui, Kamu pun akan memperoleh limit kredit. Silahkan ketuk “Terima Penawaran”.

Adapun persyaratan pengajuan kredit di BRI Ceria ialah penghasilan lebih dari Rp. 3 juta, menyertakan e-KTP asli, kartu ATM BRI dan rekening gaji BRI.

Nah, itulah 4 metode cara kredit di Tokpedia yang bisa Kamu coba, baik menggunakan produk perbankan atau aplikasi pinjaman pihak ketiga. Semoga bermanfaat!

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019