Cara Komplain Tokopedia

Tokopedia termasuk salah satu website online shop yang telah berkembang pesat dengan jumlah pengguna yang cukup banyak di Indonesia, entah itu dilihat dari sisi pembeli maupun penjual. Menariknya lagi, Tokopedia kerap menyediakan program cashback dengan banyak keuntungan yang ditawarkan. Selain itu, cara komplain Tokopedia juga sangat mudah. Hal ini dilakukan untuk memanjakan para pelanggan Tokopedia agar dapat berbelanja dengan aman dan nyaman.

Berbelanja online memang tak selalu menyenangkan. Terkadang bisa saja produk yang Kamu pesan salah kirim atau dalam kondisi yang rusak. Inilah terkadang kita dituntut untuk memilih toko online terpercaya yang menyediakan layanan komplain atau keluhan terhadap barang atau pengiriman barang itu sendiri. Seperti halnya Tokopedia yang menawarkan layanan komplain secara responsif.

Menariknya lagi, selain cara komplain Tokopedia yang mudah para pembeli juga dapat memantau progress keluhan dengan mudah. Jika Kamu sedang mengalami kendala terkait pengiriman produk atau kondisi barang yang tidak sesuai di Tokopedia bisa melakukan komplain melalui panduan di bawah ini!

Cara Komplain Tokopedia

Cara Komplain Tokopedia
Bagaiman Cara Komplain di Tokopedia?

Pengajuan Komplain di Tokopedia Mudah

Tokopedia menawarkan banyak pilihan seller yang dapat dipercaya, baik perihal pengirimannya atau kualitas barangnya. Akan tetapi, tak jarang pula banyak seller terpercaya yang justru keliru melakukan pengiriman barang atau kondisi barang dalam keadaan cacat. Menariknya, Tokopedia menawarkan kebijakan untuk retur barang bagi produk/barang yang tidak sesuai atau rusak.

Pembeli dapat mengajukan komplain mengenai masalah di atas ke Tokopedia apabila produk yang diterima dalam kondisi cacat, rusak dan tak sesuai pesanan. Selain itu, komplain pun dapat diajukan apabila seller mengirimkan jumlah produk yang kurang atau salah kirim. Cara komplain Tokopedia yang mudah inilah sangat membantu para pembeli ketika berbelanja.

Saat produk yang dikirim seller kurang sesuai, pembeli dapat mengajukan komplain. Sebagai jembatan antara buyer dan seller terpercaya, Tokopedia pastinya selalu memproses keluhan tersebut. Ada beberapa solusi yang biasanya diberikan oleh Tokopedia, diantaranya melakukan penggantian barang, pengembalian uang sebagian atau seluruhnya dan mengirimkan kekurangan produk.

Tahapan Cara Mengajukan Komplain Tokopedia

Cara komplain Tokopedia sebenarnya tidak sulit. Kamu sebagai pembeli tak perlu lagi khawatir kehilangan uang saat berbelanja karena pengiriman barang yang salah atau harus terpaksa menerima produk yang rusak. Di bawah ini ada beberapa tahapan untuk mengajukan komplain Tokopedia lewat aplikasi Tokopedia, diantaranya :

1. Mengajukan Komplain Saat Produk Belum Dikirim

Pembeli dapat mengajukan komplain atau keluhan ke Tokopedia apabila pesanan tidak dikirim segera selama 5 hari lebih. Komplain tersebut biasanya disertai oleh permintaan pengembalian dana atau refund. Pertama-tama, silahkan masuk ke dalam aplikasi Tokopedia via smartphone dan gulirkan ke opsi Pembelian lalu masuk ke dalam “Status Pembelian”.

Kamu tinggal memilih “Ajukan Pembatalan” pada invoice pembelian produk yang akan dibatalkan. Kemudian, dalam opsi “Pengajuan Pembatalan Pesanan”. Silahkan tekan “ajukan” kemudian tunggu respon pihak Tokopedia dalam waktu 2 x 24 jam. Selanjutnya uang yang Kamu bayarkan untuk pembelian produk akan dikembalikan dan masuk dalam saldo Tokopedia.

2. Komplain Saat Produk yang Diterima Rusak

Cara komplain Tokopedia selanjutnya apabila pembeli menerima barang yang cacat, rusak, kurang atau salah, maka dapat mengajukan komplain/keluhan ke Tokopedia. Kamu bisa mengajukan komplain barang yang diterima dengan kondisi tidak sesuai dapat dilakukan pada aplikasi Tokopedia di Smartphone.

Langkah pertama, silahkan buka terlebih dahulu aplikasi Tokopedia kemudian pilih “Notifikasi” di samping kanan bagian atas layar. Setelah itu, pilih opsi “Sampai Tujuan” pada kolom transaksi. Jika menu transaksi sudah terbuka, Kamu dapat memilih transaksi yang ingin dikomplain. Dalam invoice, ketuk komplain pada invoie yang mengalami masalah.

Setelah itu, Kamu akan mendapatkan tampilan kategori pesanan. Selanjutnya pilih opsi “Pesanan Telah Diterima”. Lalu akan muncul opsi masalah serta pilihlah opsi “Produk Tidak Sesuai Dengan Deskripsi”. Silahkan beri tanda di bagian produk yang berkendala atau bermasalah dan isikan jumlah item yang dikomplain, lalu tekan “Lanjut”.

Langkah cara komplain Tokopedia selanjutnya, Kamu akan diminta Tokopedia untuk menjelaskan deskripsi permasalahan. Silahkan isi permasalahan di kolom yang telah tersedia lalu ketuk “simpan”. Setelah itu, tekan “Ya, Ajukan Komplain” lalu proses pun selesai dilakukan. Selain itu, pastikan pula untuk memasukkan gambar atau foto barang yang bermasalah. Ini nantinya dijadikan sebagai bukti komplain tambahan.

3. Mengajukan Komplain Produk Karena Jumlahnya Kurang

Barang yang dikirim juga bisa saja jumlahnya tidak sesuai dengan yang Kamu pesan. Namun jika hal ini Kamu alami saat berbelanja di Tokopedia, Kamu dapat melakukan cara komplain Tokopedia. Caranya ialah masuk ke dalam aplikasi Tokopedia via smartphone. Lalu pilih opsi “Notifikasi”. Pada kolom transaksi, ketuk opsi “Sampai Tujuan”.

Di dalam daftar invoice, silahkan pilih invoice yang terkendala lalu ketuk “Komplain”. Setelah itu, pilih opsi “Produk Sudah Diterima” kemudian lanjutkan dengan cara memilih kendala “Produk Kurang/Tidak Lengkap”. Setelah itu, pembeli pun akan langsung diminta melakukan pengisian kolom masalah lalu mengunggah video atau foto bukti produk tadi yang kurang. Ketuk “Simpan” lalu tunggu sampai pihak Tokopedia melakukan verifikasi.

4. Cara Mengajukan Komplain Selisih Ongkir

Ongkos pengiriman pun kerap menjadi masalah sebab berpotensi mengalami perbedaan ongkir. Jika hal ini terjadi, Kamu dapat melakukan cara komplain Tokopedia di Smartphone. Cara pertama ialah ketuk “Notifikasi” lalu masuk ke dalam kolom transaksi dan setelah itu pilih “Pesanan Tiba”.

Setelah itu, Kamu tinggal pilih  transaksi pembelian produk yang dikomplain dalam list transaksi lalu pilih “lacak”. Di invoice yang mengalami masalah, tekan “Ajukan Komplain” lalu buka opsi “Pesanan Telah Diterima”. Selanjutnya Kamu akan mendapati banyak pilihan masalah yang munul, silahkan  ketuk “Terdapat Masalah Biaya Pengiriman”.

Di menu selanjutnya, inputkan jumlah selisih biaya pengiriman dan uraikan alasan mengenai perbedaan ongkos kirim dan bukti berbentuk video atau foto. Kemudian ketuk “Ajukan Komplain” serta ketikkan “Ya”. Silahkan ajukan komplain di menu konfirmasi.

Tips Agar Terhindar dari Kendala Berbelanja Online di Tokopedia

Agar terhindar dari masalah saat berbelanja online dari Seller di Tokopdeia, ada beberapa hal yang wajib dikomunikasikan bersama seller sebelum Kamu memutuskan membeli produk :

1. Pastikan Foto Sesuai Dengan Produk

Terkadang seller mengunggah foto  produk sangat menarik. Jika Kamu pembeli yang cerdas, sebaiknya tanyakan apakah produk yang dikirim bentuknya sama seperti foto yang dipasang oleh seller. Kamu bisa bertanya langsung apakah warna produk akan sama seperti yang dipasang atau apakah barang yang dipajang difoto adalah barang yang dikirimkan nantinya. Silahkan tanyakan semua hal tersebut supaya Kamu tidak salah dalam membeli produk.

2. Cek Ketersediaan Produk

Kamu dapat menanyakan ketersediaan produk keada seller. Apakah produk masih tersedia atau bisa juga menanyakan jumlah produk yang tersedia untuk dibeli. Hal tersebut penting sekali agar menghindari terjadinya kekurangan jumlah pengiriman produk.

3. Packaging

Bagi produk-produk pecah belah, peralatan elektronik, maupun makanan ringan sebaiknya ditanyakan terlebih dahulu tentang packaging-nya. Kamu dapat meminta seller untuk melakukan pengemasan produk dengan memakai packaging yang kuat atau bubble wrap.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan jika Kamu tidak ingin mengalami masalah atau kendala terkait produk yang dibeli. Selain itu, pastikan benar-benar memahami cara komplain Tokopedia dengan benar agar pengajuan komplainmu di respon.

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019