Cara Kerja GPS Mobil

Pemakaian teknologi track atau pelacakan kendaraan seperti pada mobil atau motor, sekarang ini memang sudah banyak digunakan para pengguna dan pemilik kendaraan. Cara kerja GPS mobil tidak hanya bemanfaat untuk melacak kendaraan saja, melainkan menawarkan sejumlah manfaat lainnya.

Mengenal Sistem GPS Mobil

GPS mobil biasa disebut sebagai GPS tracker, ialah alat yang mempunyai sistem pelacakan pada kendaraan dan biasanya diletakkan di kendaraan roda empat atau roda dua untuk kebutuhan pemantauan kendaraan secara live atau real time.

Read More

GPS mempunyai kemampuan untuk mengirimkan informasi mengenai lokasi terakhir kendaraan yang sudah dipasangi oleh GPS tracker. Dimana informasi ini bsia berbentuk gambar 2D, titik koordinat dan lainnya.

Jadi melalui informasi dari titik koordinat inilah, setiap kendaraan bermotor yang dipasangi GPS bisa diketahui lokasi keberadaannya dengan cepat. Entah itu menggunakan aplikasi pelacak dari provider GPS itu sendiri maupun aplikasi Google Maps.

Cara Kerja GPS Mobil

Cara Kerja GPS Mobil
Bagaimana Cara GPS Mobil Bekerja?

Bagaimana Cara GPS Mobil Bekerja?

Cara kerja GPS mobil sebenarnya sama seperti cara kerja GPS untuk navigasi umumnya, yang bekerja melalui bantuan satelit. Namun melalui kecanggihan teknologi GPS saat ini yang telah berkembang, penggunaan navigasi GPS mempunyai fungsi khusus sesuai kebutuhan tracking kendaraan.

Agar lebih jelas, berikut ulasan cara kerja GPS mobil :

1. GPS Tracker Berkomunikasi Dengan Satelit GPS

Langkah pertama GPS tracker mulai bekerja dengan cara berkomunikasi bersama satelit GPS sebagai satelit pengorbit bumi yang berlangsung hingga 24 jam.

2. Sinyal Satelit Menyampaikan Informasi Pada GPS

Frekuensi sinyal dari satelit yang telah terhubung GPS tracker kemudian akan menginformasikan GPS mengenai semua informasi koordinat GPS.

3. GPS Mengirim Informasi Data ke Server GPS

Sesudah menerima informasi mengenai posisi GPS pada kendaraan, setelah itu GPS akan mentransfer informasi data kepada server GPS lewat tower-tower milik operator.

4. Server Menerima Seluruh Data dari GPS

Cara kerja GPS mobil berikutnya yaitu server selanjutnya menerima seluruh data yang telah dikirim GPS untuk diolah, kemudian disimpan di database server.

5. Semua Data Diolah dan Disimpan Dalam Server GPS

Semua data mengenai lokasi koordinat mobil/motor akan diolah lalu disimpan dalam server GPS. Baru kemudian dikirimkan pada pengguna apabila ada permintaan yang datang dari pihak pengguna server.

6. Data Ditampilkan di Aplikas Bawaan GPS

Setiap informasi data yang didapat user bisa ditampilkan lewat aplikasi bawaan dari GPS, maupun aplikasi desktop dan lainnya.

Bagaimana Mengetahui Koordinat Mobil?

Setelah mengetahui cara kerja GPS mobil, selanjutnya untuk membuat permintaan mobil yang ingin dilacak, biasanya parapengguna bisa melakukannya lewat berbagai macam cara.

1. Dengan SMS atau Panggilan Telepon

Cara yang bisa dilakukan pertama kali untuk pelacakan kendaraan yang sudah dipasangi oleh GPS Tracker ialah dengan menghubungi atau melakukan panggilan telepon ke alat tracking yang sudah dipasangi di mobil.

Dimana panggilan telepon tersebut ditujukan untuk melakukan permintaan posisi kendaraan kepada GPS, kemudian GPS tracker akan meresponnya melalui pengiriman titik koordinat posisi kendaraan ke pengguna lewat SMS.

2. Mengakses Web Tracking

Langkah berikutnya ialah mengakses web tracking yang sudah disediakan provider penyedia layanan untuk bisa diakses lewat komputer, smartphone atau laptop para user.

Biasanya tiap penyedia GPS tracking, masing-masing mempunyai situs web yang bisa diakses para penggunanya saat ingin melakukan tracking pada kendaraannya.

Selain itu, setiap pelanggan akan diberikan ID oleh perusahaan untuk mengakses web tracking. Untuk tiap pengguna tentu saja mempunyai ID berbeda dari user lainnya untuk mempermudah pelacakan.

GPS Mobil Memudahkan Pelacakan Kendaraan

Pemakaian GPS untuk kendaraan, sekarang ini memang kian marak digunakan. Entah itu dipasang untuk kendaraan pribadi atau perusahaan. Lalu, apa saja sebenarnya keuntungan memakai GPS mobil?

Untuk perusahaan, GPS mobil yang digunakan di semua armadanya bisa memudahan pelacakan dan pengontrolan pemakaian kendaraan itu sendiri. Sehingga pihak perusahaan selalu mengetahui secara real time posisi kendaraan dan kemana saja mobil digunakan.

Di samping itu, seiring kecanggihan teknologi GPS sekarang ini tak hanya menampilkan posisi koordinat mobil saja, melainkan juga bisa menampilkan informasi berbagai macam data pendukung. Adapun data pendukung tersebut diantaranya seperti kecepatan, jarak tempuh, dan lainnya yang bisa dijadikan referensi oleh perusahaan guna kepentingan dalam perbaikan operasional dan lainnya.

Adapun untuk pemakaian di kendaraan pribadi, biasanya GPS mobil bisa mempermudah para pemilik mobil untuk melacak mobil mereka terutama saat dipakai orang lain. Dengan begitu, pemillik kendaraan merasa lebih nyaman dan tenang, bahkan bisa langsung bertindak apabila terjadi sesuatu hal.

Pemakaian GPS Tracker kendaraan juga bisa dijadikan sebagai asistem pribadi ketika berkendara. Sebab bisa menjadi penunjuk jalan paling akurat untuk sampai ke tempat tujuan, sekaligus bisa terhindar dari kondisi macet.

Faktor yang Mempengaruhi Kinerja GPS Mobil

Apabila Kamu menemukan aplikasi GPS mobil dengan kinerja yang kurang maksimal, jangan berkecil hari. Kamu bisa mengatasinya dengan mengobservasi beberapa hal yang mempengaruhi cara kerja GPS mobil itu sendiri, berikut ini :

1. Sinyal Satelit

Mengingat semua informasi data yang diproses GPS berasal dari satelit, oleh karena itu kinerjanya pun akan tergantung dari hal tersebut. Sinyal adalah salah satu faktor utama penentu cara kerja GPS mobil. Beberapa hal yang dapat mempengaruhi kuat atau tidaknya sinyal GPS satelit ialah keberadaan lokasi atau posisi apakah di kota besar atau di desa, kondisi yang dapat menghalangi sinyal seperti kaca mobil dan lainnya.

Dengan mengetahui faktor ini, Kamu tentunya bisa menghindari dan mencegah beberapa hal yang mempengaruhi kekuatan sinyal GPS mobil itu sendiri.

2. Kesalahan Orbital Satelit

Tak jarang GPS mobil melaporkan lokasi yang tidak akurat dan tidak sesuai degan kondisi lokasi kendaraan yang sebenarnya. Hal ini ternyata bisa diakibatkan oleh kesalahan dari orbital satelit saat melaporkan lokasi.

Adapun maksud dari kesalahan orbital ini ialah kekeliruan satelit saat melacak lokasi mobimu berada. Fenomena tersebut terjadi biasanya karena banyaknya data informasi yang masuk serta dilaporkan GPS.

Kendalanya ialah bisa saja data yang telah terkirim terjadi kesalahan akibat tertukar atau kesalahan sinyal tanpa solusi. Jika hal ini dibiarkan, tak menutup kemungkinan perangkat GPS-mu akan rusak dengan sendirinya.

3. Kondisi Geografis

Faktor penentu cara kerja GPS mobil lainnya ialah isa dipengaruhi oleh kondisi geografis. Dalam hal ini biasanya berkaitan dengan kekuatan server dan keberadaan tower seluler tertentu yang menghubungkan GPS dengan satelit.

Apabila Kamu dan kendaraanmu terletak di lokasi terpencil yang jauh dari lokasi pemukiman penduduk, kemungkinan akibat ketersediaan tower dari seluler yang kamu gunakan sangat minim. Hal tersebut tentunya akan berpengaruh pada kelancaran kinerja GPS untuk menerima dan mengirimkan data.

Itulah cara kerja GPS mobil yang harus Kamu ketahui. Penggunaan GPS tracker untuk mobil memang dirasa cukup penting, terutama bagi Kamu yang menjalankan bisnis jasa rental mobil untuk mengecek keberadaan mobil yang disewakan.

 

Related posts