Cara Kerja Admin Gudang

  • Whatsapp

Sebenarnya apa saja sih tugas dan cara kerja admin gudang? Profesi staf administrasi sendiri memang sudah tak asing lagi ditelinga. Tugas administrasi juga berbeda-beda tergantung bidang yang ditekuninya. Salah satu staf administrasi yang ada di sebuah perusahaan ialah staf admin gudang. Mungkin diantara Kalian ada yang tertarik menjadi staf administrasi gudang, dan tentu saja Kalian harus tahu apa saja tugas seorang admin gudang.

Biasanya administrasi gudang adalah unit administrasi yang seringkali dibutuhkan di dalam perusahaan dagang maupujn produksi. Adapun tugas staf admin gudang pada umumnya tak berbeda jauh dari seorang admin biasa yang bertugas di perkantoran. Namun ada beberapa yang membedakannya, misalnya dalam hal pelaporan dan pencatatan.

Berapa Kisaran Gaji Menjadi Staf Admin Gudang?

Sebelum masuk ke cara kerja admin gudang, Kalian harus tahu, berapa sih kisaran gaji staf admin gudang? Rata-rata pendapatan yang diterima seorang admin gudang sendiri sekitar Rp. 3,5 jutaan. Nilai tersebut tentu saja di atas angka rata-rata pendapatan/upah nasional. Selain itu nilainya cukup besar, sebab pihak perusahaan juga mempertimbangkan jenis pekerjaan dan tanggung jawab seorang admin gudang memang cukup rumit.

Tapi untuk bonus dan tunjangan, biasanya menyesuaikan aturan serta kesanggupan perusahaan tempat pemberi kerja itu sendiri. Setiap perusahaan biasanya menerapkan berbagai bonus dan tunjangan yang berbeda antara satu dengan yang lain. Ini biasanya tidak termasuk dalam prestasi pekerjaan karyawan berdasarkan kinerjanya itu sendiri.

Terkait:  Cara Kerja Adsense

Gaji karyawan yang berprofesi sebagai admin gudang biasanya nilainya di atas penghasilan helper gudang. Ketentuan tersebut berdasarkan pada tanggungjawab admin gudang yang lebih tinggi.

Kualifikasi Admin Gudang

Jika Kalian tertarik menjadi staf admin gudang, ada beberapa kriteria dan kualitfikasi yang harus dipenuhi saat melamar pekerjaan ke perusahaan yang menyediakan lowongan staf admin ini. Berikut kualifikasinya :

1. Tingkat Ketelitian Tinggi

Kenapa staf admin gudang harus memiliki ketelitian yang tinggi? Sebab tugas seorang staf admin gudang biasanya dituntut untuk mengecek ketersediaan stok produk dan menghitungnya dengan teliti. Kemudian menghasilkan atau membuat laporan secara akurat.

2. Dapat Mengoperasikan Komputer

Kualifikasi ini memang yang paling dasar harus dimiliki oleh calon admin gudang. Kalian harus bisa mengoperasikan komputer berikut beberapa program Ms. Office, seperti Word, Excel hingga data entry. Poin ini wajib karena admin gudang nantinya melakukan tugas-tugas terkait pendataan produk-produk di gudang dan inventory melalui komputer.

3. Bisa Bekerja Dalam Tim

Seorang admin gudang juga dituntut untuk mampu bekerja dalam tim. Karena akan selalu berhadapan dengan semua staf pergudangan agar mengoordinasikan semua pekerjaan pergudangan, baik itu pemesanan produk, barang keluar, barang masuk dan lain sebagainya.

4. Komunikatif

Kualifikasi yang satu ini rasanya harus dimiliki oleh setiap karyawan. Karena setiap bidang pekerjaan akan memerlukan kualifikasi komunikatif supaya semua aktivitas pekerjaan yang mereka lakukan bisa berjalan secara optimal.

5. Mempunyai Perencanaan yang Baik

Staf admin gudang juga harus mempunyai perencanaan yang matang untuk mengatur semua rencana administrasi serta pengelolaan pergudangan.

Cara Kerja Admin Gudang

Cara Kerja Admin Gudang
Jobdesk Admin Gudang

Jobdesk Admin Gudang

Jika dirasa Kalian mampu memenuhi kualifikasi dan gajinya sesuai dengan yang Kalian harapkan, tak ada salahnya mecoba peruntungan untuk melamar sebagai admin gudang. Apa saja sih jobdesk admin gudang?  ini dia ulasannya :

Terkait:  Cara Kerja Flow Switch

1. Mencatat Orderan Barang

Kita tahu bahwa gudang adalah tempat penyimpanan barang-barang dari hasil produksi perusahaan sekaligus barang pembelian pihak lain yang akan didistribusikan setelahnya. Selain itu, tidak lupa pula harus menyertakan semua bukti transaksi orderan barang supaya lebih mudah saat hendak mengirimkan barang ke konsumen. Dari situlah cara kerja admin gudang dibutuhkan untuk mencatat arus keluar masuk barang, seperti pemesanan.

Adapu catatan ini dibuat melalui 2 cara, yaitu memakai perangkat komputer dan secaara manual. Tujuannya ialah untuk mempermudah bagian manajemen untuk menganalisa penjuualan. Beberapa unsur yang harus dicatat, meliputi jumlah total stok barang di gudang, mencatat klaim pembayaran pembelian barang serta pemesanan.

2. Memasukan Data Inventory

Setelah mencatat semua aktivitas barang masuk dan keluar gudang, langkah berikutnya ialah masukkan data inventory. Jobdesk admin gudang ini adalah pekerjaan yang memerlukan ketajaman analisis dan ketelitian, karena harus melakukan verifikasi perhitungan yang telah ada dalam catatan beserta stok barang.

Jika hasil analisa berikut verifikasinya sama, maka dapat dipastikan pendataan sudah akurat. Namun sebaliknya, apabila ada ketidaksesuaian antara barang dan data, bisa saja akibat kesalahan perhitungan. Dari sinilah, cara kerja admin gudang diperlukan dan wajib melakukan pemeriksaan ulang terhadap catatan dan barang sebelumnya.

3. Pembuatan Laporan Kondisi Barang dan Gudang

Seperti halnya administrasi dalam perkantoran, maka laporan adalah hal paling pokok dan penting dilakukan. Apalagi di gudang ada banyak pekerjaan yang dilakukan seperti penyimpanan, pembongkaran barang, pengiriman dan lainnya yang memerlukan pencatatan secara mendetail. Wajar jika selalu terjadi perubahan kondisi dan jumlah stok produk di gudang.

Inilah peranan seorang admin gudang dalam pembuatan laporan mengenai arus barang yang dilakukan berkala. Terutama laporan harian, laporan mingguan, bulanan hingga tahunan. Apabila laporan sudah lengkap di setiap periodenya, Kalian akan lebih gampang melakukan perhitungan elemen lainnya terkait arus uang dan barang.

Terkait:  Cara Kerja Mesin Diesel

4. Mengecek Peralatan Gudang dan Stok Barang

Jobdesk admin gudang lainnya ialah melakukan pengecekan stok produk dan peralatan gudang. Karena aktivitas di lingkungan pergudangan sagat ramai dan padat, apalagi miliki perusahaan dagang dan produksi.

Jadi setiap hari, akan selalu ada barang keluar masuk yang akan didistribusikan ke pelanggan atau konsumen. Selain itu, pihak administrasi sudah seharusnya memantau segala bentuk aktivitas dengan baik sekaligus memastikan barang yang ada di gudang selalu siap dikirim. Belum lagi, staf admin gudang juga harus mengecek kondisi peralatan gudang agar bisa digunakan dalam kondisi yang baik setiap waktu.

5. Melakukan Pengepakan Barang Tertentu

Cara kerja admin gudang lainnya ialah membungkus barang-barang tertentu untuk disimpan di gudang, halaman penyimpanan atau ruangan penyetok. Sebenarnya tugas ini bisa dibilang penting dilakukan, apalagi jika kekurangan karyawan di bagian pergudangan. Dengan demikian pekerjaan tersebut dapat teratasi lebih efisien dan cepat.

6. Mengatur Jadwal Staf Pergudangan

Seorang admin gudang juga biasanya harus mengatur jadwal kerja shift karyawan gudang dengan baik, supaya semua tugas pergudangan dapat berjalan secara optimal. Selain itu, profesi ini juga memungkinkan untuk memberikan arahan ke karyawan gudang agar mempermudah pekerjaan karyawan pergudangan antara satu dengan yang lain.

7. Melakukan Penyimpanan Dokumen Dengan Baik

Seorang admin gudang juga harus bisa mengelola berbagai dokumen pergudangan sekaligus menyimpannya dengan benar. Oleh karena itu, Kamu harus menyimpan dokumen secara terorganisir, teliti dan rapi dalam mengerjakan semua dokumen.

Itulah 7 cara kerja admin gudang yang harus Kalian pahami saat hendak melamar pekerjaan sebagai admin gudang atau saat menunggu jadwal wawancara penerimaan karyawan admin gudang di perusahaan yang Kalian tuju.

 

Related posts