Cara Riset Pasar Online

Cara Riset Pasar Online
Cara Riset Pasar Online

Jika kamu ingin berjualan online dan bisnis kamu laku di pasaran, maka hal terpentig yang harus dilakukan adalah cara riset pasar online terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui apakah produk yang kamu jual memiliki banyak kompetitor atau tidak.

Cara Riset Pasar Online

"<yoastmark

Read More

Riset pasar memiliki peranan yang begitu penting, yakni dapat membantumu untuk mlihat peluang, mengetahui tren, serta untuk melakukan evaluasi bisnis. Bagi pelapak pemula, tentu saja riset pasar online dapat dilakukan secara mudah.

1. Tujuan Riset Pasar

Sebelum kamu memulai proses riset pasar secara online, maka penting sekali mempunyai tujuan bisnis yang jelas. Pastikan untuk bisa menjawab pertanyaan siapa saja target pasar kamu? apa saja yang ingin kamu ketahui? Informasi apa saja yang kamu butuhkan?

2. Menentukan Sumber Data

Sebenarnya ada beberapa sumber data yang tersedia secara online, mulai dari survei online, forum online, publikasi akademis, web perusahaan dan laporan industri. Kamu bisa memilih sumber data tertentu yang paling tepat dan sesuai tujuan dari riset pasar kamu.

3. Mengumpulkan Data

Cara riset pasar online selanjutnya, jika sudah menetapkan sumber data, selanjutnya kumpulkan data berdasarkan pada tujuan riset kamu. Silakan buat catatan tentang data yang telah dikumpulkan beserta sumbernya.

4. Analisis Data

Jika semua data telah terkumpul, kamu hanya perlu menganalisa data untuk melakukan ekstrak informasi sesuai yang dibutuhkan. Kamu bisa memakai software analisa data yang dapat membantu kamu untuk proses ini.

5. Membuat Laporan

Jika kamu sudah melakukan analisa data, maka buat laporan dengan merangkum hasil dari riset pasar. Laporan tersebut harus mecakup rekomendasi dari hasil temuan dan kesimpulan yang kamu buat.

6. Evaluasi

Jika laporan sudah selesai dibuat dan melakukan riset pasar di atas sudah dilakukan, selanjutnya kamu hanya perlu melakukan evaluasi dari hasil riset yang dilakukan. Gunakan temuan tersebut untuk memperbarui teknik marketing strategi. Jadi, jangan ragu melakukan riset lebih lanjut apabila kamu membutuhkan tambahan informasi.

Kamu harus ingat jika riset pasar secara online tentu bukan cara satu-satunya untuk mendapatkan informasi pasar. Kamu juga bisa melakukan riset lewat wawancara secara langsung bersama konsumen atau bisa lewat survey. Akan tetapi, riset pasar secara online merupakan cara paling efisien dan efektif untuk mendapatkan informasi penting mengenai pasar.

Mengapa Riset Pasar Sangat Penting Dilakukan?

Kamu harus tahu bahwa riset pasar harus dilakukan untuk mengetahui 3 hal di bawah ini :

  • Pesaing bisnis serupa
  • Potensi laku atau tidaknya profuk maupun layanan di pasaran
  • Sebagai cara terbaik mengembangkan produk maupun layanan

Riset pasar sebenarnya sangat penting. Kamu bisa memakai informasi yang dikumpulkan berdasarkan riset pasar, kamu bisa menyusun beberapa strategi penjualan secara efektif.

Kesimpulan

Melalui riset yang baik, bisa terhindar dari yang namanya kerugian. Karena, kamu bisa lebih memahami apa yang konsumen butuhkan, sehingga dapat menjual produk atau barang yang diperlukan. Di samping itu, kamu juga bisa lebih memahami bagaimana harus bersaing bersama kompetitor lain.

Contohnya saja, kamu ingin menjual produk masker. Kamu dapat mengecek terlebih dahulu tentang tren penjualan produk masker di pasaran secara online.

Melalui cara riset pasar online ini, kamu bisa mengetahui apakah pembeli benar-benar memerlukan masker tersebut ataukah tidak. Kamu bahkan bisa mengetahui jenis masker apa yang sangat digemari. Berikut kisaran harga, konten iklan dan target pasar yang bisa menarik pembeli nantinya.

 

Related posts