Cara Kerja Gosend

  • Whatsapp

Gojek adalah aplikasi moda transportasi online yang menawarkan banyak kemudahan dalam layanannya. Setelah sukses lewat layanan ojek online-nya, Gojek telah mengekspansi layanannya dengan menghadirkan sejumlah fitur dan layanan lain. Salah satunya adalah Gosend. Cara kerja Gosend sendiri sama seperti layanan ekspedisi barang pada umumnya.

Gosend memungkinkan pengiriman barang para pelanggan Gojek bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Biaya ekspedisi Gosend juga cukup terjangkau bila dibandingkan jasa ekspedisi lainnya. Kamu bisa cek ongkir Gosend, jika penasaran dengan tarif ongkos kirim layanan pengiriman dari Gojek ini.

Jenis Layanan Gosend

Demi memaksimalkan cara kerja Gosend, aplikasi pengiriman yang satu ini menawarkan 3 pilihan layanan guna menangani setiap proses pengiriman barang, diantaranya layanan Sameday, Intercity, dan Instant. Dimana setiap layanannya menawarkan kecepatan pengiriman yang berbeda. Jika penasaran, cek ulasannya berikut :

1. Layanan Gosend Sameday

Layanan ini memungkinkan proses pengantaran/pengiriman barang pada hari itu juga, dengan waktu yang dibutuhkan sekitar 6-8 jam pengiriman untuk tiba di tempat tujuan. Dengan catatan, pelanggan Gojek yang menggunakan layanan ini harus ada di wilayah Jabodetabek. Adapun waktu booking pengiriman Gosend Sameday mulai dari jam 8 pagi sampai jam3 sore.

2. Layananan Gosens Instant Delivery

Layanan pengiriman di dalam kota berikutnya selain Sameday adalah Gosend Instant Delivery dengan waktu yang lebih cepat dibandingkan Sameday. Hal ini dikarenakan, kurir hanya membutuhkan waktu untuk pengantaran barang ke tempat tujuan dengan perkiraan 1-2 jam saja. Tak ayal jika layanan pengiriman Gosend ini adalah salah satu ekspedisi tercepat di Indonesia yang bisa digunakan para pelanggannya selama seharian penuh.

Terkait:  Cara Kerja Fingerprint

3. Layanan Gosend Intercity

Selain pengiriman cepat di hari yang sama, Gosend menyediakan layanan pengiriman barang ke luar kota lewat Gosend Intercity. Layanan ini sebenarnya hasil kerjasama antara Paxel dengan pihak Gosend. Gosend Intercity bisa dimanfaatkan di kota-kota besar yang ada di Indonesia untuk keperluan pengiriman barang atau dokumen dengan ongkir yang cukup terjangkau.

Cara Kerja Gosend

Cara Kerja Gosend
Cara Menggunakan Gosend

Bagaimana Cara Menggunakan Gosend?

Syarat mutlak untuk bisa menggunakan layanan Gosend adalah Kamu sudah berlangganan aplikasi Gojek dan tentu saja sudah menginstallnya di Hpmu. Selain itu, syarat cara kerja Gosend lainnya yaitu berat dan dimensi barang yang akan Kamu kirimkan berdimensi 70 x 50 x 50 cm dengan berat kurang dari 20 Kg. Sebab bila ukuran paketnya terlalu besar, bisa membahayakan driver Gojek saat mengantarkan barang. Sementara jarak antar pengirimannya pun dibatas oleh Gojek untuk tidak melebihi jarak 40 km.

Lalu, bagaimana jika ingin mengirimkan paket di atas kapasita Gosend? Kamu bisa mencoba layanan GoBox. Karena layanan besutan Gojek ini biasanya mengantarkan paket dengan kendaraan mobil box atau pickup. Selain itu, Kamu juga bisa mengirimkan paket dengan dimensi, berat lebih besar dan jarak lebih jauh.

Cara Memesan Layanan Gosend Untuk Pengiriman Barang

Langsung saja kita masuk ke pembahasan cara kerja Gosend, untuk lebih jelasnya simak langkah-langkah berikut :

  • Buka platform/aplikas Gojek di Hpmu. Lalu tekan “Go Send” setelah masuk ke dashboard aplikasi Gojek.
  • Selanjutnya Kamu akan dibawa ke pemilihan opsi lokasi tujuan pengiriman barang. Namun pastikan terlebih dahulu bahwa statusmu di sini sebagai pengirim barang atau penerima barang. Bagi pengirim, lokasi tujuan adalah alamat rumah dari si penerima, dengan kata lain konsumen yang membel produkmu. Tapi jika Kamu sebagai penerima, maka lokasi tujuan ialah alamat rumahmu berada.
  • Jika ingin mengatur alamat tujuan, Kamu dapat mengetikkan alamat pengiriman/tujuanmu, seperti toko, nama instansi dan nama yang telah tertera lewat Google Map. Selain itu, Kamu juga dapat memilih peta kemudian tentukan alamatnya sendiri.
  • Cara kerja Gosend berikutnya, Kamu harus isi detail pengiriman barang. Mulai dari catatan nama penerima, rumah penerima hingga nomor kontak yang dapat dihubungi. Apabila Kamu sebagai penerima, Kamu bisa centang opsi “Pakai Nomor Saya”.
  • Setelah itu, atur detail alamat untuk pengambilan paket/barang. Caranya sendiri sebenarnya sama seperti Kamu setting alamat tujuan. Bagi pengirim, Kamu tinggal ceklis opsi “Pakai Nomor Saya”.
  • Silahkan konfirmasi pesananmu. Lalu tambahkan dengan deskripsi barang yang Kamu kirim. Selain itu, Kamu harus tahu bahwa Gojek tidak memperkenankan Kamu untuk mengirim paket berupa benda hidup seperti kucing atau lainnya, barang terlarang, paket yang nilainya puluhan juta, serta paket yang bersifat mudah meledak seperti kembang api atau petasan.
  • Kamu juga bisa memilih menggunakan Asuransi Gosed Premium yang telah disediakan pihak Gojek. Tenang saja, karena nominal pembayaran biaya asuransi ini hanya 500 saja. Selain itu, perlu diingat bahwa Gosend sendiri sebenarnya telah diasuransikan, hanya saja untuk barang yang nilainya di atas 1 juta seperti HP, jadi baiknya Kamu ceklis asuransi tersebut.
Terkait:  Cara Kerja Grab

Keunggulan Memakai Gosend

Setelah membahas cara kerja Gosend di atas, tentu Kamu penasaran dengan kelebihan layanan Gosend. Gosend menawarkan kelebihan tersendiri yang bisa dinikmati para penggunanya.

1. Menyediakan Layanaan Live Tracking

Menariknya pengiriman dengan Gosed, Kamu akan mendapatkan fasilitas tracking secara live baik untuk pelacakan kurir atau barang. Setiap membeli produk secara onlin atau order melalui Gojek, Kamu langsung mendapatkan link tracking dan bisa melacak secara realtime.

2. Asuransi Paket Pengiriman

Demi keamanan dan kenyamanan para pelanggannya, Gosend telah menawarkan asuransi pengiriman untuk kehilangan dan kerusakan paket yang nominalnya hingga Rp. 10 juta. Sementara untuk pemesanan khusus di Tokopedia, akan mendapatkan asuransi dengan maksimal sebesar Rp. 1 juta. Pembeli wajib menyertakan bukti atau struk pengiriman untuk melakukan klaim.

3. Cepat Sampai

Setiap pembeli barang online, tentu saja berharap agar produk yang mereka pesan cepat sampai. Akan tetapi, pada kenyataannya beberapa diantara kita terkadang harus menunggu sekitar 1-3 hari hingga barang tiba di tempat tujuan. Akan tetapi, berbeda jika Kamu memakai layanan pengiriman Gosend, Kamu bahkan bisa mendapatkan barangmu langsung di hari yang sama.

4. Lebih Hemat

Kamu juga tak perlu khawatir dengan tarif ongkir Gosend, meskipun barang sampai dengan cepat, biaya pengirimannya cukup terjangkau. Pastinya tidak sampai menguras kantongmu.

5. Lebih Aman

Paket yang dikirimkan dijamin aman, sebab Kamu akan mendapatkan informas kurir/driver Gojek mencakup nomor telepon, nama, plat nomor kendaraan dan jenis kendaraan. Jika mengalami kendala atau ada hal-hal janggal, Kamu bisa langsung melaporkannya memakai identitas dari driver Gosend tersebut.

Kekurangan Memakai Layanan Gosend

Setiap jasa ekspedisi tentu saja memiliki beberapa kekurangan selain menawarkan banyak kelebihan, begitupun dengan layanan ekspedisi Gosend.

Terkait:  Cara Kerja Call Center

1. Cakupan Areanya Kurang Luas

Wilayah yang dijangkau oleh Gosend maksimal hanya 40 Km saja, jadi tidak bisa dipakai untuk pengiriman jarak jauh. Selain itu, layanan ini juga hanya dapat dimanfaatkan di kota-kota besar, jadi memang kurang maksimal.

2. Berat Paket Kiriman Terbatas

Seperti yang sudah kita singgung di atas bahwa kapasitas atau berat barang yang dikirimkan Gosend hanya dibatasi kurang dari 20 kg saja. Jadi untuk barang yang kapasitansya lebih besar, maka Gosend tidak bisa melayani pengantarannya.

Setelah mengetahui cara kerja Gosend, kelebihan dan kekurangan Gosend di atas, kini Kamu tinggal memutuskan apakah tertarik menggunakan layanan Gosend? Jika ya, langsung saja ikuti panduan di atas!

Related posts