Cara Cek Ongkir GoSend

  • Whatsapp

Apa anda ingin mengirim barang dalam kota secara cepat menggunakan layanan ojek online yaitu Gojek atau Grab? Dan ingin mengetahui cara cek ongkir Gosend atau GrabExpress? Apa saja caranya?

Saat ini, belanja online atau e-commerce sangatlah berkembang sangat pesat. Setiap perusahaan ekspedisi untuk berlomba-lomba  menawarkan jasa pengiriman yang fleksibel dan memudahkan penggunanya dalam pengiriman barang.

Read More

Salah satunya, dua startup terbesar di Indonesia yang bergerak dibidang transportasi daring yakni Gojek dan Grab. Dua Unicorn yang menguasai pasar transportasi online ini sekarang melebarkan sayap ke bidang jasa pengiriman barang dengan jarak tertentu. Gojek dikenal dengan Gosend nya, dan Grab dikenal dengan layanan GrabExpress.

Pada layanan Gosend, ada dua pilihan pelayanan, yaitu Gosend Instant Delivery, dan Gosend Same Day Delivery (khusus Jabodetabek). Apa perbedaan keduanya?

Syarat dan ketentuan untuk pilihan layanan GO-SEND “Instant Delivery” sebagai berikut:

Layanan Gosend Instant Courier/Delivey ini menjanjikan pengiriman dengan estimasi pengiriman selama empat jam. Biaya pengiriman di wilayah Jabodetabek dihitung perkilometer, Rp20 ribu untuk delapan kilometer pertama dan tambahan Rp2.500 untuk kilometer setelahnya.

Untuk ketentuan beban barang maksimal yang bisa dikirim dengan layanan Instant Courier adalah 20 kilogram dengan wilayah pengantaran maksimal 40 kilometer. Saat ini layanan Gosend Instant Delivery telah tersedia lebih dari 20 kota.

Syarat dan ketentuan untuk pilihan layanan GO-SEND “Same Day Delivery” sebagai berikut:

Gosend SameDay sendiri ialah layanan kirim barang pada hari yang sama dimana akan terhitung dalam rentang waktu 6 sampai 8 Jam setelah pembayaran sudah diverifikasi.

Untuk layanan Sameday Delivery ini berlaku di kota-kota seperti Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang dan Bekasi.

Biaya pengiriman di wilayah Jabodetabek minimal 13 ribu rupiah dan tambahan Rp2.815 untuk 0-6 kilometer setelahnya, Rp18 ribu untuk 6-15 km setelahnya, dan Rp.1200 untuk 15 kilo setelahnya.

Terkait:  Cara Cek BPJS Kesehatan

Dengan tarif yang terbilang cukup murah dan terjangkau, sudah pasti banyak konsumen yang menggunakan jasa dari layanan GoSend ini.

Terlebih untuk layanan ini memang terbilang cukup aman dan cukup cepat, sehingga banyak orang yang menggunakan layanan ini untuk mengirim barang dalam jarak yang jauh ataupun dekat.

Untuk layanan GrabExpress yang disediakan Grab terdapat 3 jenis pilihan layanan, yaitu GrabExpress Instant, Grab Express Same Day, dan GrabExpress Instant Car. Apa saja berbedaan ketiganya? Berikut penjelasannya.

GrabExpress Instant Bike, Pengiriman cepat langsung sampai (maksimal 3 jam) setelah penjual request pick up (berlaku untuk pengiriman sebelum jam 16.00 WIB), untuk barang kecil dengan ukuran & berat barang yang diperbolehkan 50 x 50 x 50 cm dan berat maksimal 15 kg.

GrabExpress Same Day Bike, Pengiriman cepat sampai di hari  yang sama (maksimal 6 jam) setelah pengirim request pick up (berlaku untuk pengiriman sebelum jam 16.00 WIB), dengan tarif bayarnya lebih hemat dibandingkan GrabExpress Instant.

GrabExpress Instant Car, Pengiriman cepat langsung sampai dalam kota menggunakan mobil untuk barang besar dengan ukuran & berat barang yang diperbolehkan 100 x 100 x 80 cm dan berat maksimal 150 kg.

Nah, begitulah informasi mengenai layanan Gosend dan GrabExpress. Lalu bagaimana cara cek ongkir Gosend dan GrabExpress? Berikut langkah langkahnya.

Cara Cek Ongkir GoSend dan GrabExpress

Cara Cek Ongkir GoSend
Cek Ongkir GoSend

Cek Ongkir Gosend melalui Aplikasi Gojek

  • Buka aplikasi Google Playstore (untuk pengguna Android) ataupun AppStore (untuk pengguna iOS) untuk Anda yang belum menginstal aplikasi Gojek, lalu Install.
  • Jika aplikasi Gojek telah terpasang pada smartphone, buka aplikasi Gojek.
  • Pada saat pertama kali membuka aplikasi Gojek, Anda akan langsung diminta beberapa persetujuan untuk mengizinkan aplikasi mengakses beberapa perangkat seperti GPS, Kamera, Microfon, dan File Manager, dan juga Kontak.
  • Setelah melewati tahapan tadi, Anda akan dibawa ke halaman Login/Daftar.
  • Login akun dengan nomor telepon/email/akun Facebook. Jika kamu belum pernah daftar, bisa daftar menggunakan nomor telepon, email, ataupun akun Facebook.
  • Setelah itu, tunggu notifikasi nomor OTP, lalu masukan pada kolom yang diminta.
  • Masuk lagi menggunakan data yang telah didaftarkan.
  • Pada halaman utama Gojek, terdapat beberapa pilihan menu yang bisa kamu akses seperti Scan Barcode, GoRide, GoFood, Gosend, dan lainnya.
  • Pilih menu Gosend untuk mengecek tarif paket yang akan kamu kirim.
  • Setelah itu, langkah selanjutnya adalah isi kolom tempat pengirim, Tujuan, dan Berat dari paket, serta nomor telepon pengirim.
  • Lalu klik tombol Pesan.
  • Nanti akan tampil beberapa layanan pengiriman yang tersedia dengan harga setiap layanan.
Terkait:  Cara Cek Ongkir JNE

Note: Pastikan Anda memiliki jaringan internet yang baik, serta mengaktifkan GPS saat membuka aplikasi Gojek. Selain itu, jika kamu punya kode promo atau voucher untuk layanan Gosend bisa kamu masukan di kolom Promo agar mendapatkan potongan harga tarif perjalanan.

 Cek Ongkir GrabExpress melalui Aplikasi Grab

  • Buka aplikasi Google Playstore (untuk pengguna Android) ataupun AppStore (untuk pengguna iOS) untuk Anda yang belum menginstal aplikasi Grab, lalu Install.
  • Jika aplikasi Grab telah terpasang pada smartphone, buka aplikasi Grab.
  • Pada saat pertama kali Anda membuka aplikasi Grab, Anda akan langsung diminta beberapa persetujuan untuk mengizinkan aplikasi mengakses beberapa perangkat seperti GPS, Kamera, Microfon, dan File Manager, dan juga Kontak.
  • Setelah melewati tahapan tadi, Anda akan dibawa ke halaman Login/Daftar.
  • Login akun dengan nomor telepon/email/akun Facebook. Jika kamu belum pernah daftar, bisa daftar menggunakan nomor telepon, email, ataupun akun Facebook.
  • Setelah itu, tunggu notifikasi nomor OTP, lalu masukan pada kolom yang diminta.
  • Masuk lagi ke menu Login menggunakan data yang telah didaftarkan.
  • Pada halaman utama Gojek, terdapat beberapa pilihan menu yang bisa kamu akses seperti Scan Barcode, GrabBike, GrabMart, GrabFood, GrabExpress, dan lainnya.
  • Pilih menu Express untuk mengecek tarif paket yang akan kamu kirim.
  • Pilih menu Dalam kota
  • Isi lokasi penjemputan paket, Alamat tujuan, beserta kontak pengirim dan penerima paket.
  • Pada kolom Tujuan paket, kamu akan diminta memasukan kategori barang yang akan dikirim, dan berat barang.
  • Klik menu bergambar motor di atas tombol berikutnya untuk melihat layanan yang bisa digunakan.
  • Klik layanan yang akan kamu pakai untuk mengirim paket.
  • Lalu, setelah itu klik tombol berikutnya.
  • Langkah selanjutnya adalah opsi pembayaran dan promo, serta opsi untuk menambahkan proteksi (garansi jika paket hilang atau rusak hingga 25 juta rupiah tergantung barang dan opsi proteksinya).
Terkait:  Cara Cek Nomor HP

Nah, demikianlah penjelasan kami mengenai cara cek ongkir Gosend dan GrabExpress, melalui aplikasi masing-masing layanan.

Selain itu, nikmati keuntungan menggunakan voucher atau kode promo yang tersedia agar biaya ongkir lebih hemat.

Dan, harga tarif bisa saja berbeda beda tergantung jam, lokasi, dan cuaca di tempat Anda. Jangan lupa pastikan paket yang akan dikirim sudah sesuai ketentuan.

Untuk pemesanan layanan Same Day, pastikan kamu memesan sebelum batas jam yang telah ditentukan.

Demikian informasi yang kami berikan, semoga bermanfaat dan membantu Anda. Terima Kasih.

Related posts