Cara Lihat Saldo Google Play

Cara lihat saldo Google Play sangat penting jika kamu hendak melakukan pengisian saldo Google Play. Saldo inilah yang nantinya dipakai guna memenuhi kebutuhan pengguna, seperti untuk membeli buku, aplikasi, film, game atau lainnya.

Mengecek jumlah saldo yang tersisa di Google Play sebenarnya sangat mudah. Cukup dengan mengakses website Google Play melalui laptop atau PC, bisa juga dengan menggunakan browser di hp. Lalu masukkan akun email berikut kata sandi, dan tekan ‘Akun Saya’.

Read More

Cara Lihat Saldo Google Play

Cara Lihat Saldo Google Play
Lihat Saldo Google Play

Mengecek Saldo Google Play

Sebenarnya cara lihat saldo Google Play bisa dilakukan setelah kamu sebelumnya melakukan pengisian saldo di akun Google Play. Untuk pengisiannya sendiri, dapat dilakukan di minimarket terdekat.

Cara lihat saldo Google Play juga dapat dilakukan dengan membuka aplikasinya via hp. Jika sudah, tekan ikon profil lalu pilih opsi pembayaran, di sana akan tertera saldo Google Play.

1. Buka Akun Google Play di Hp

Silahkan buka Google Play via hp, di sebelah kanan bagian atas klik ikon profil. Lalu ikuti langkah berikutnya.

2. Masuk ke Metode Pembayaran

Pilih opsi ‘Pembayaran & Langganan’, kemudian pilih opsi ‘Metode Pembayaran’, selanjutnya tekan ‘Saldo Google Play’. Kini kamu sudah mengetahui saldo Google Play yang tersisa.

Terkait:  Cara Hitung Pajak Mobil

Selain dapat melihat sisa saldo dari Google Play, pihak Google menawarkan program loyalitas untuk para penggunanya saat hendak melakukan transaksi. Google Play Points, itulah nama program yang telah diluncurkan Google dan kini sudah ada di Indonesia. Sesudah sebelumnya dirilis di Jepang, Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Pengguna Smartphone android bisa mengikuti program yang satu ini tanpa pungutan biaya sepeserpun. Pengguna dapat mengumpulkan poin dengan cara berbelanja aplikasi, buku, game, film, serta pembelian yang dilakukan di dalam aplikasi, serta aktivitas lainnya di Google Play. Tentu saja dengan cara lihat saldo Google Play dan melakukan pengisian saldo.

Tutorial Transaksi Saldo Google Play Lainnya

Ada banyak transaksi yang bisa kamu lakukan menggunakan Google Play, berikut ini :

1. Cara Melihat Riwayat Saldo Google Play

Selain cara lihat saldo Google Play, pengguna dapat melihat riwayat saldo tersebut. Melalui pengecekan riwayat saldo ini, bisa membantu melacak banyaknya dana yang sudah dihabiskan untuk pembelian game, aplikasi, atau lainnya. Berikut ulasannya :

  • Buka aplikasi Play Store, lalu tekan ikon tiga garis mendatar di ujung kiri di atas layar.
  • Scroll layar ke bawah, lalu tekan ‘Akun Saya’.
  • Klik ‘Riwayat Pembelian’.
  • Semua pembelian yang kamu lakukan akan terdaftar menurut tanggalnya. Disini kamu juga bisa mengurutkannya sesuai kategori.
  • Klik pembelian dan cek informasi selanjutnya mengenai item tersebut, seperti waktu dan harga pembelian.
  • Klik ikon titik tiga di samping nama item, jika ingin menghapusnya atau bisa melanjutkan proses untuk mengecek pembelian.
  • Jika ada bendera merah tepat di samping item tersebut, ini artinya Play Store sudah medeteksi aktivitas tidak biasa pada akun kamu. Hal tersebut bisa menandakan bahwa seseorang sudah mengakses akunmu tanpa izin. Dengan notifikasi ini, Google membantu agar pengguna tetap aman.
  • Setelah mendapatkan laporan aktivitas yang mencurigakan pada Google Play, klik ikon tiga garis mendatar di samping kiri bagian atas layar, lalu pilih ‘Laporkan Masalah’.
Terkait:  Cara Meng HD Kan Foto

2. Cara Melihat Waktu Kadaluarsa Saldo Google Play

Kamu harus tahu bahwa saldo Google Play merupakan saldo prabayar untuk pembelian berbagai macam konten digital yang ada di Google Play. Pengguna bisa menambahkan uang atau melakukan top up ke saldo Google Play tersebut. Bisa dari rekening bank, kartu kredit/debit, hingga akun paypal. Menariknya lagi, kamu juga bisa menerima uang menggunakan saldo Google Play sebagai hadiah.

Saldo Google Play biasanya akan kadaluwarsa setelah 365 hari dari sejak ditambahkan atau diisi ulang. Kamu bisa mengecek masa kadaluarsa saldo tersebut di Google Play. Selain itu juga bisa melihat tanggal langganan atau layanan terakhir kamu.

Jika ingin mengecek masa kadaluwarsa saldo Google Play, silahkan buka Google Play Store. Selanjutnya di ujung sebelah kiri atas, masuk ke menu, pilih setelan dan pilih ‘Langganan dan Layanan’.

3. Cara Isi Saldo Google Play

Jika setelah dicek dengan cara lihat saldo Google Play di atas, ternyata saldo kamu habis, maka kamu bisa mencoba mengisi saldo Google Play. Kamu bisa menambahkannya memakai kartu kredit atau kartu debit. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

  • Silahkan buka akun Google Play, lalu ketuk ‘Menu’ dan pilih ‘Metode Pembayaran’.
  • Klik tambahkan opsi pembayaran, lalu tekan jenis kartu yang digunakan.
  • Inputkan detail kartu yang kamu miliki, klik ‘Simpan’.
  • Silahkan pilih kartu tersebut sebagai opsi pembayaran¬†default.
  • Klik ‘Menu’ lalu tukarkan kode, kemudian inputkan kode kamu.
  • Pakai kartu tersebut untuk menambahkan uang ke dalam saldo Play Store.
  • Jika sudah menambahkan atau melakukan top up saldo, silahkan gunakan dana di Google Play store untuk pembelian berbagai macam aplikasi, buku, musik dan lainnya.
Terkait:  Cara Update Google Play Store

4. Cara Isi Saldo Google Play Melalui Pulsa

Untuk mempermudah proses transaksi pengisian saldo Google Play, kamu bisa menggunakan pulsa untuk pembayarannya. Penyedia layanan operator seluler saat ini, baik itu seperti Tri, Telkomsel, IM3, XL dan lainnya menawarkan fitur untuk pembayaran Google Play. Ini langkah-langkahnya :

  • Silahkan buka Google Play Store.
  • Lalu pastikan terlebih dahulu, kamu sudah masuk ke akun Play Store.
  • Setelah itu, pastikan juga sudah terhubung pada operator seluler serta bisa menerima pemberitahuan lewat SMS.
  • Pilih ‘Menu’ kemudian tekan ‘Akun’, lalu pilih lagi ‘Metode Pembayaran’ dan tekan ‘Gunakan Pulsa’.
  • Silahkan isi data yang diminta, tekan ‘Simpan’.
  • Jika sudah, kamu dapat melakukan pembayaran lewat game atau aplikasi yang akan dibeli.

5. Cara Transfer Saldo Google Play ke Rekening

Jika ingin melakukan penarikan saldo dari Google Play ke akun rekening bank milikmu, kamu bisa mentransfer dana dari Google Play ke akun rekening bank maupun kartu debit. Biasanya, proses transfer ke dalam kartu debit akan selesai selama hitungan menit, bahkan bisa membutuhkan waktu sampai 24 jam.

Sementara, untuk transfer ke akun rekening bank umumnya selesai selama 4 hari kerja. Berikut ulasannya :

  • Masuk ke Google Play Store seperti biasa.
  • Kamu hanya perlu masuk ke ‘Metode Pembayaran’.
  • Kemudian pada ‘Saldo Google Play’ tekan ‘Transfer Saldo’.
  • Inputkan jumlah nominal saldo yang akan ditransfer.
  • Lakukan konfirmasi pembayaran dan tekan ‘Transfer’.

Transaksi yang bisa dilakukan dengan menggunakan saldo Google Play di atas sangat berguna bagi kamu yang sering melakukan pembelian game, aplikasi dan masih banyak lagi yang dapat diakses melalui Google Play Store.

Namun sebelum melakukan transaksi saldo Google Play Store, pastikan kamu sudah mengecek saldonya dengan cara lihat saldo Google Play di atas. Jika saldo mencukupi untuk pembelian aplikasi atau game, kamu bisa melakukan pembelian secara langsung.

 

Related posts