Cara Kerja Gopay

Seiring maraknya aktivitas belanja online, masyarakat kini diberikan banyak kemudahan dalam hal pembayaran setiap transaksi berbelanja. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya layanan e-money, yang memungkinkan kita bisa bertransaksi dengan mudah tanpa menggunakan sistem transfer atau uang cash. Salah satu layanan e-money yang populer ialah cara kerja Gopay. Gopay sendiri termasuk salah satu produk dan layanan yang telah disediakan oleh perusahaan Gojek Indonesia.

Fungsi Gopay

Fungsi dan cara kerja Gopay sendiri sama seperti layanan dompet digital yang lainya, seperti DANA, LinkAja, dan OVO. Gopay adalah layanan dompet virual untuk pembayaran berbagai macam transaksi yang berhubungan dengan Gojek. Sistem pembayaran memakai aplikasi Gopay sendiri lebih aman dan mudah dibandingkan metode pembayaran yang lainnya. Jadi wajar jika mulai banyak orang beralih menggunakan Gopay.

Read More

Cara Kerja Gopay

Cara Kerja Gopay
Bagaimana Cara Gopay Bekerja?

Bagaimana Cara Bayar Pakai Gopay?

Bagi yang sering memakai layanan ojek konvensional, kita biasanya membayarnya dengan uang cash dengan nominal yang haru sesuai tarif pembayaran ojek tersebut. Jadi kamu harus membawa uang yang cukup jika ingin bepergian menggunakan ojek ke suatu tempat. Namun hal tersebut terkadang cukup merepotkan, apalagi jika Kamu sering lupa membawa dompet.

Gojek sebagai layanan transportasi online yang mempunyai banyak pengguna, telah memberikan kemudahan dalam bertransaksi melalui layanan pembayaran via Gopay. Di samping pembayaran konvenional secara tunai, metode pembayaran cashless atau non tunai pastinya lebih mempermudah kita semua saat lupa membawa dompet atau uang untuk melakukan pembayaran.

Cara Mendaftar Gopay

Sebelum memulai cara kerja Gopay, Kamu harus mendaftar akun Gopay terkebih dahulu. Sebagai catatan, mendaftar Gopay artnya Kamu sudah mendaftar layanan Gojek terlebih dulu. Jadi jika Kamu memiliki akun Gojek, ini artinya Kamu telah memiliki akun Gopay. Oke, langsung saja berikut ulasan cara mendaftar akun Gopay :

1. Unduh Aplikasi Gojek/Gopay

Untuk mendownload aplikasi Gojek, Kamu bisa mengunduhnya lewat link Playstore bagi pengguna android dan lewat link Appstore untuk pengguna iOS.

2. Izinkan Gojek Untuk Mengakses Lokasi

Jika Kamu mengizinkan Gojek untuk mengakses lokasimu, maka aktifkan GPS di perangkat ponselmu.

3. Pilih Register Akun Gojek

Bagi pengguna baru, tinggal pilih register. Tapi jika Kamu sudah memiliki akun Gojek, tinggal ketuk “login”.

4. Masukkan Informasi Data Pribadi

Ada beberapa data yang dibutuhkan ketika melakuka registrasi Gopay, diantaranya namamu sendiri, nomor Hp yang valid, dan alamat akun email.

5. Inputkan Kode OTP Gopay

Jika sudah mengisi informasi data pribadi, Kamu akan menerima SMS verifikasi berupa kode OTP dari Gopay ke ponselmu. Biasanya kode OTP tersebut sudah langsung terhubung pada aplikasi Gojek, sehingga tak perlu lagi diketikkan ulang. Namun jika terjadi kendala, tinggal ketikkan 4 digit kode OTP lalu masukkan ke halaman Gojek dan pilih “confirm”.

Cara Melakukan Verifikasi Akun Email Gopay

Jika akun Gopaymu sudah jadi, cukup verifikasi email dan buat PIN untuk aplikasi Gopay. Adapun tujuannya supaya akunmu lebih aman. Untuk verifikasi akun Gopay, caranya ialah pilih “account”, kemudian pilih opsi “verifikasi email”. Lalu inputkan akun emailmu dan tekan “verify”. Selanjutnya buka inbox emailmu yang dikirim oleh Gojek. Lalu ketuk “verify” email.

Cara Pembayaran Transaksi via Gopay

Setelah memiliki akun Gopay, berikutnya dilanjut dengan cara kerja Gopay tepatnya untuk pembayaran. Adapun persyaratan utama untuk melakukan pembayara via Gopay ialah Kamu harus mempunyai saldo yang mencukupi. Berikut tutorial cara memakai Gopay untuk alat pembayaran :

  • Sesudah kasir toko memberikan struk belanja dengan kode QR, Kamu tinggal buka platform Gojek. Selanjutnya pilih tab “menu Bayar”.
  • Selanjutnya Kamu tingal mengarahkan kamera belakang ponselmu ke kode QR yang terdapat dalam struk tadi.
  • Setelah terbaca, selanjutnya akan langsung muncul besarnya tagihan, silahkan cek apakah jumlahya sama seperti yang ada di struk. Selanjutnya tinggal klik “tombol Bayar” apabila jumlahnya sudah sesuai.
  • Inputkan 6 digit nomor PIN Gopay.
  • Setelah pembayaran berhasil, Kamu akan mendapatkan informasi bahwa pembayaran sukses dilakukan.

Metode di atas juga berlaku untuk cara bayar alfamart pakai Gopay dengan mengikuti langkah-langkah tersebut di atas.

Fitur-Fitur Gopay

Setelah membahas cara kerja Gopay di atas, Kamu harus mengetahui beberapa fitur Gopay berikut :

1. Gopay Diary

Fitur yang satu ini ialah rekapan transaksi dari Gopay untuk 1 bulan lamanya, tujuannya agar Kamu bisa melacak pemakaian Gopay sesuai layanan Gojek. Jadi jika Kamu pernah atau sering bertransaksi dengnan Gopay selama 1 bulan tersebut, maka Kamu akan menerima Gopay Diary yang dikirimkan via email. Jika ingin mendapatkan email dari Gopay Diary, pastikan sudah memverifikasi akun emailmu.

2. Gobilss

Kini Kamu lebih mudah melakukan pembayaran tagihan dengan cepat hanya lewat satu aplikasi saja tanpa ribet. Gobills adalah salah satu layanan GoPay untuk pembayaran tagihan listrik, BPJS dan pembelian token listrik. Kamu bisa membayar  tagihan tersebut langsung dari saldo Gopay milikmu.

3. Go-Pulsa

Selain cara kerja Gopay yang mudah, aplikasi ini juga telah mendapatkan dukungan dari banyak operator. Sebut saja operator XL,  Axis, 3, Smartren, Indosat dan Telkomsel. Keperluan pengisian pulsa serta internet bisa selalu terpenuhi melalui Go Pulsa, Kamu bisa langsung melakukan pembayaran dengan saldo Gopaymu.

4. Tarik Tunai Gopay

Kamu juga bisa menarik tunai saldo Gopay lewat rekening bank milikmu. Untuk dapat mengaktifkan layanan tarik tunai dan transfer Gopay, Kamu harus sudah melakukan upgrade di Gopay dengan mendaftarkan diri dan menyertakan foto KTP dan foto diri.

5. Transfer Gopay

Saldo Gopay bisa juga bisa ditransfer ke pengguna lainnya tanpa biaya secara langsung.

6. Keamanan Pembayaran di Gopay Terjamin

Gopay telah menyediakna serangkaian teknologi canggih untuk tetap memberikan kenyamanan dan keamanan kepada para penggunanya. Sehingga data diri dan saldo Gopaymu tetap aman. Dengan sistem keamanan Gopay berikut :

  • Menyediakan PIN Gopay saat verifikasi transaksi dengan Pay later atau Gopay.
  • Kode One Time Password atau OTP, biasa disebut juga dengan kode rahasia yang digunakan untuk masuk ke dalam akun Gojek. Biasanya Gojek tak pernah meminta OTP pada penggunanya, jadi sebaiknya jangan berikan akses kode OTP jika ada pihak tertentu yang memintanya.
  • Menawarkan perlindungan ekstra pada saldo Gopay yang terdapat di akunmu yang menjaminkan saldo Gopay akan kembali utuh apabila terjadi kehilangan akibat adanya aktivitas yang mencurigikan terutama bagi pengguna Gopay yang telah melakukan upgrade akun mereka ke Gopay Plus.
  • Ada halaman batuan di menu Gopay yang digunakan untuk menyelesaikan kendala atau mencari informasi tertentu. Kamu juga dapat menghubungi customer service Gopay di halaman ini saat kondisi darurat.
  • Perlu diingat, bahwa keamanan merupakan tanggung jawab pengguna dan pihak Gopay. Oleh karena itu, Kamu bisa menggunakan fitur keamanan di Gopay agar akunmu tetap aman. Dengan mengakses link berikut!

Dengan cara kerja Gopay yang mudah dan aman, fitur-fitur lengkap yang ditawarkan kepada para penggunanya, membuat Gopay dijadikan sebagai pilihan yang tepat sebagai alat pembayaran virtual. Bagaimana mudah bukan?

Related posts