Cara Ngelamar Kerja Lewat Email

Cara Ngelamar Kerja Lewat Email

Bagaimana cara ngelamar kerja lewat email? Email memiliki sebutan lain yaitu surel (surat elektronik), ini adalah salah satu platform media komunikasi. Platform ini biasanya penting sekali untuk keperluan verifikasi smartphone, media sosial, hingga untuk aktivitas pekerjaan. Dengan adanya email, semua aktivitas kita menjadi lebih mudah, dan bukan hanya sekedar untuk aktivitas surat menyurat secara elektronik semata.

Walaupun mungkin sebenarnya perkembangan sosial media sekarang ini kian meningkat bisa menggeser penggunaan email, justru peranan email tetap tidak tergantikan. Apalagi untuk membuat akun dan melakukan verifikasi akun media sosial, kini kita memerlukan akun email. Email juga dikategorikan sebagai salah satu media sosial gratisan dan mudah digunakan.

Fitur yang Terdapat Pada Email

Fitur arsip yang terdapat pada email biasanya sering dipakai sebagai sebuah tanda bukti terhadap kejadian yang dialami oleh antar pekerja, karenanya akuntabilitas email tak bisa diragukan kembali. Kebanyakan orang masih memakai email untuk media komunikasi dan saling bertukar dokumen dan file, seperti dokumen Ms. Words, video, foto, maupun dokumen sejenisnya. Dengan email, kita pun tidak perlu terganggu dan khawatir adanya notifikasi bersifat spamming saat ada pesan masuk walaupun time zone-nya berbeda.

Inilah yang membuat kehadiran email cukup urgen untuk setiap kalangan hingga instansi. Terlebih bagi perusahaan yang biasanya lebih menekankan pemakaian email untuk urusan pekerjaan atau bisnis. Bahkan email sangat bagi sebuah bisnis, karena melalui email inilah sebuah bisnis tak hanya bisa berkomunikasi bersama customer-nya melainkan juga dapat membentuk akun pada channel pemasaran digitalnya.

Cara Ngelamar Kerja Lewat Email

Cara Ngelamar Kerja Lewat Email
Ngelamar Kerja Lewat Email Mudah

Panduan Melamar Pekerjaan Lewat Email

Salah satu pentingnya email juga bisa digunakan untuk melamar pekerjaan. Bahkan cara ngelamar kerja lewat email juga sangat mudah dan praktis. Memungkinkan surat lamaranmu langsung sampai ke pihak HRD dan langsung diseleksi dengan cepat. Hal ini berbeda dengan mengirimkan surat lamaran via ekspedisi yang membutuhkan waktu cukup lama untuk tiba ke kantor tujuan.

Selain itu, melamar pekerjaan melalui email juga bisa dikatakan cukup terjangkau karena Kamu tidak perlu mencetak surat lamaran, CV dan sertifikat yang dibutuhkan sebagai syarat melamar kerja. Kamu cukup menguploadnya saja dalam bentuk soft copy dan semua dokumen atau berkas lamaranmu langsung diterima oleh pihak HRD perusahaan.

Oke, untuk lebih jelasnya Kamu bisa mengikuti cara ngelamar kerja lewat email berikut :

1. Cek Kembali Alamat Emailnya

Sebenarnya tak masalah jika Kamu memiliki alamat email yang namanya cenderung kurang formal, seperti akun email yang kerap dijumpai pada akun anak-anak muda umumnya. Misalnya saja seperti, [email protected] atau lainnya. Untuk keperluan privasi, mungkin alamat email seperti itu tidak masalah. Namun jika ingin melamar kerja, sebaiknya hindari pemakaian alamat email yang namanya sukar dibaca. Pastikan akun email hanya berupa nama lengkapmu saja.

Kalau mau, Kamu memisahkan antara email pribadi dengan email khusus untuk pekerjaan. Pemakaian nama email kurang formal dan terlalu rumit bisa menjadi pertimbangan seorang recruiter atau HRD. Lain halnya dengan memakai akun email sesuai namamu, maka pihak HRD pun menjadi lebih gampang mengenalimu.

2. Cek Kapasitas Berkas Lamaranmu

Apabila file berkas lamaranmu mempunyai kapasitas melebihi 1 MB, maka penting sekali untuk mengecilkannya hingga kapasitasnya tidak melebihi 1 MB. Karena penggunaan berkas lamaran yang kapasitasnya tidak sampai 1 MB memudahkan pihak HRD untuk mendownload file lamaranmu. Selain itu, hal ini juga dapat menghindari banyaknya waktu yang tersita yang dimiliki pihak HRD perusahaan.

Kelebihan lainnya memakai file kurang 1 MB ialah pihak HRD tidak terlalu b0oros kuota. Dengan kapasitas yang rendah, membuat akses berkas lamaranmu lebih ringan. Sebab Kamu tentunya tak hanya mengurumkan 1 berkas lamaran saja.

3. Jangan Kirim Berkas Lamaran Melalui Format Rar/Zip

Cara ngelamar kerja lewat email selanjutnya, sebaiknya jangan kirim file dokumen lamaran menggunakan format rar atau zip. Sebab bentuk rar atau zip merupakan bentuk dokumen hasil kompresi, sehingga memungkinkan banyak file dikumpulkan ke dalam 1 folder dengan ukuran lebih kecil. Hal ini tentu saja semakin memperkecil ukuran berkas atau file lamaranmu. Meskipun ukuran file yang kecil dianjurkan tapi jika disatukan ke dalam satu folder berbentuk zip/rar bisa mempersulit HRD untuk mengubah berkas lamaranmu.

Karena pihak HRD biasanya harus mengekstrak file berkas lamaranmu lebih dulu, hal ini sudah tentu akan sangat menyita banyak waktu. Karena itu, cek file berkas lamaranmu kembali sebelum melampirkan dan mengirimkannya ke email perusahaan tujuan. Selain itu, pastikan juga file berkas lamaran sesuai ketentuan yang telah diberitahukan perusahaan.

4. Memakai Bahasa Formal/Resmi

Cara ngelamar kerja lewat email selanjutnya ialah menggunakan bahasa formal atau resmi, entah itu menggunakan bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia tergantung permintaan. Hindari pemakaian bahasa yang tidak resmi atau kurang sopan seperti bahasa sehari-hari bersama teman, contohnya penggunaan kata sapaan “Kamu”, “Aku”, “Lo”, “Gue”, atau yang lainnya.

Penggunaan bahasa pastinya harus diperhatikan dalam penulisan setiap kata pada penulisan lamaran kerja. Cek kembali pemakaian huruf kapital dan tanda baca. Misalnya pemakaian huruf kapital nama perusahaan, kemudian nama HRD dan namamu. Selain itu, usahakan jangan ada penulisan yang typo, sebab hal ini terkesan kurang teliti.

5. Menulis Subject dengan Jelas

Subject pada email bisa dikatakan sebagai identitas isi email itu sendiri. Subject memang sangat gampang dikenali sebab letaknya terdapat pada kepala email. Pastinya saat seseorang membuka sebuah email, maka yang dibaca pertama kali ialah kepala email dengan salah satu bagiannya ialah subject.

Umumnya perusahaan telah memberikan arahan seperti ketentuan menuliskan subject email. Biasanya hal tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya kerumitan saat menuliskan subject, sebab pada penulisan subject itu sendiri harus dituliskan dengan singkat dan jelas.

Misalnya saja dengan menuliskan “Mita Mellinda – Customer Service Officer” pada subject.

Dengan penulisan nama lengkap di subject email bisa mempermudah pihak HRD mengetahui tujuan dari isi emailmu. Biasanya sebagian besar terutama bagi pemula, tak sedikit yang kurang teliti perihal penulisan subject. Dengan begitu mereka pun lupa untuk menuliskan subject sebagai lampiran pada lamaran pekerjaannya.

Selain itu, kesalahan yang harus dihindari lainnya ialah jangan menuliskan subject yang terlalu rumit dan banyak penjelasan. Sebab bisa membingungkan pihak HRD. Diantara keseluruhan di atas, cermati lagi apakah penulisan berkas lamaranmu dan subject email sudah sesuai ketentuan atau belum. Agar Kamu tidak menyesal di kemudian hari.

6. Pemakaian Salam, Pembuka, Isi dan Penutup

Cara ngelamar kerja lewat email selanjutnya ialah, Kamu juga harus memperhatikan struktur penulisan pada body email. Pastikan struktur penulisan di badan email seperti halnya penulisan pada surat edaran resmi dengan mencantumkan salam, pembuka, isi hingga penutup.

Di sini Kamu bisa menuliskan perkenalan diri, tujuan atau maksud pembuatan surat lamaran serta penjelasan terkait lampiran yang telah dipersiapkan.

Ya, itulah 6 langkah cara ngelamar kerja lewat email yang harus diperhatikan agar lamaranmu bisa langsung terbaca dan diseleksi oleh pihak HRD perusahaan tempat Kamu akan melamar. Semoga bermanfaat!

 

Related posts