Cara Kerja Genset

Genset memang telah menjadi perangkat penting sekaligus sebagai alternatif sumber listrik saat mati lampu. Selain itu, mesin genset juga sangat berguna jika kesulitan mendapatkan sumber listrik di beberapa daerah tertentu. Sebagai cadangan sumber daya listrik, alangkah baiknya kita memahami cara kerja genset. Pada umumnya prisip kerja mesin genset ialah mengkonversi tenaga mekanis ke dalam tenaga listrik lewat induksi elektromagnetik.

Dalam generator, ada alternator yang menghasilkan arus bolak balik atau arus AC untuk menyuplai listrik ketika terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Nah, suplai tenaga listrik inilah yang nantinya diaplikasikan ke dalam beban prioritas. Selain itu, genset termasuk bagian dari generator. Adapun sistem dari generator itu sendiri, terdiri atas panel dengan energi yang bersumber dari bahan bakar, berupa diesel, kincir angin atau solar.

Cara Kerja Genset

Cara Kerja Mesin Genset
Bagaimana Mesin Genset Bekerja?

Sistem Kerja Mesin Genset

Cara kerja genset sama sama halnya dengan mesin-mesin umumnya, yaitu bisa bekerja dengan dukungan berbagai koomponen yang terkait satu sama lain. Genset dapat menghasilkan sumber daya listrik karena memiliki 2 komponen penting di dalamnya, yaitu komponen mesin engine dan generator.

Pada generator sendiri memiliki gulungan kawat, dimana kawat tersebut terbuat dari bahan tembaga dan ada beberapa komponen yang saling berhubungan lainnya seperti komponen rator. Sementara mesin engine sendiri memakai bahan bakar bensin atau solar. Komponen-komponen tersebut salig bekerjasama antara satu dengan yang lainya, keduanya saling menggerakkan sampai akhirnya menciptakan sumber listrik.

Jadi cara kerja genset kurang lebih seperti di atas. Dengan demikian, sumber listrik yang dihasilkan akan disalurkan ke area tertentu yang memang dihubungkan dengan generator set ini.

Jenis Genset Berdasarkan Cara Kerjanya

Cara kerja genset bisa dikatakan tak terlalu ribet. Hanya saja, tak sedikit orang belum memahami cara bekerja mesin genset sampai dapat menghasilkan pasokan listrik. Dengan hasil suplai sumber listrik dapat membuat pasokan pada jaringan listrik yang tengah mati.

Selain itu, untuk lebih memahami prinsip kerja mesin genset ada 2 jenis mesin genset berdasarkan cara kerjanya berikut ini :

1. Genset Manual

Cara kerja genset manual biasanya beroeprasi saat listrik PLN padam dalam jangka waktu 20 detik. Jadi selama waktu tersebut, genset ditopang oleh Automatic Vltage Regulator atau AVR. Dimana komponent ersebut ada pada Mutual Reactor atau MT.

Komponen tersebut sebenarnya adalah sejeis trafo Current Transformer atau trafo CT. Jenis komponen ini dapat menghasilkan arus listrik dengan besaran arus beban. Mesin genset manual umumnya telah dilengkapi oleh sistem governor untuk tetap menjaga tingkat kestabilan RPM. Lalu menghasilkan putaran yang stabil ketika ada beban ataupun tanpa beban.

2. Genset Otomatis

Jika dibandingkan mesin genset manual yang cara kerjanya merepotkan, tentu saja cara kerja genset otomatis lebih praktis. Karena mesin genset ini dapat menyala dengan otomatis. Mesin genset ini umumnya disebut dengan istilah genset ATS. Memiliki cara kerja yang dapat disetting secara otomatis memakai timer. Jika listrik mati, maka nyalanya genset dapat diatur dengan sangat mudah untuk bisa menyuplai pasokan listrik.

Saat listrik PLN menyala lagi, maka genset otomatis tersebut akan langsung mengalihkan supply ke listrik PLN dari yang tadinya memakai genset. Sehingga mesin genset pun akan otomatis  langsung mati. Hal tersebutdapat terjadi otomatis bahkan hanya berlangsung selama 5 detik.

Jenis-Jenis Mesin Genset Lainnya

Untuk memaksimalkan kinerja genset itu sendiri, ada beberapa jenis mesin genset lainnya yang perlu Kamu ketahui :

1. Mesin Genset Diesel

Jenis mesin ini banyak diaplikasikan karena memang paling mudah menemukan mesin genset diesel di pasaran. Biasanya mesin genset diesel mempunyai kapasitas mulai dari 5000 watt atau 5 Kw hingga 2.000.000 watt alias 2MW. Jenis genset ini juga mempunyai silinder mulai dari 2 silinder hingga 16 silinder.

2. Mesin Genset Gas

Genset yang satu ini memanfaatkan bahan bakar gas sebagai sumber energinya. Untuk menyalakan mesin genset ini, Kamu bisa memakai bahan bakar dari gas CNG, atau LPG. Biasanya di industri memakai gas CNG, umumnya gas ini harus memakai infrastruktur pipa gas yang akan mendistribusikan gas CNG secara langsung untuk dijadikan bahan bakar. Hanya saja, pemakaian gas CNG pada mesin genset ini harus benar-bear dipertimbangkan mengingat biayanya yang sangat mahal.

3. Mesin Genset Portable

Genset portable termasuk salah satu mesin genset yang banyak diaplikasikan dalam kebutuhan outdoor, karena bisa dibawa kemana saja. Hal ini dikarenakan mesin genset ini memiliki ukuran mini atau lebih kecil dibandingkan tipe genset yang lainnya. Kamu bisa membawanya memakai mobil pick up atau mobil bak dan umumnya diaplikasikan untuk mendapatkan pasokan listrik di tempat perkemahan atau di lapangan.

4. Mesin Genset Bensin

Mesin genset bensin, sesuai namanya memanfaatkan bensin sebagai bahan bakarnya. Biasanya jenis genset ini mempunyai kapasitas maksimal 10.000 watt atau 10 Kw. Tipe genset ini juga sangat mudah dijumpai karena sudah banyak orang yang memakainya.

5. Mesin Genset Urine

Mengingat banyaknya inovasi teknologi yang diciptakan saat ini, ada pelajar yang berasal dari Afrika menemukan mesin genset berbahan bakar urine. Dimana pelajar tersebut bernama Faleke Oluwatoyin, Furo Aina Adebola, Bello Eniola dan Akindele Abiola. Keempat pelajar tersebut membuat mesin genset berbahan bakar urine. Dengan konversi 1 liter urine dapat menghasilkan tenaga listrik hingga 6 jam.

6. Mesin Genset Turbin

Mesin genset turbin mempunyai kapasitas listrik terbesar dibandingkan genset jenis lain karena mempunyai kapasitas lebih dari 2 MW atau 2.000.000 watt. Tipe genset yang satu ini dapat menyalakan lampu bahkan sampai di kota kecil sekalipun dengan menggabungkan beberapa unit turbin.

Adapun untuk menggabungkan dan membangun turbin memerlukan perhitungan sagat cermat menyesuaikan kondisi di sekitarnya. Contohnya, turbin uap dengan memanfaatkan tenaga uap agar terjadi perputaran mesin, selanjutnya hasil putaran tadi disalurkan menuju turbin lain agar dapat menghasilkan listrik.

Bisa juga turbin air dengan memanfaatkan derasnya air sehingga memerlukan putaran deras agar menghasilkan putaran pada generator demi menghasilkan tenaga listrik. Cara kerja genset ini juga sama seperti pada turbin-turbin yang lainnya.

7. Genset Silent

Genset silent adalah solusi untuk menangani suara bising akibat kerja mesin karena biasanya telah dijual legkap berikut box genset atau kanopinya. Biasanya digunakan untuk meredam kebisingan, sebab ada busa dan pelat besi yang mampu meredam kebisingan pada mesin genset diesel silent. Tipe genset silent telah disertai pelindung terhadap cuaca hujan dan panas, dengan demikian genset silnt dapat diletakkan dimanapun.

8. Genset Open

Mesin genset open (bukaan) ini tidak disertai oleh kanopi pembungkusnya atau box genset, karena umumnya diletakkan di sebuah ruangan khusus kedap suara. Memiliki perawatan yang lebih mudah sebab kndisinya sudah terbuka dengan bagian tangki bahan bakar yang telah terpasang serta gampang dibongkar pasang.

Dengan memahami cara kerja genset dan jenis-jenis genset di atas, kini Kamu bisa memilih mana genset yang tepat sesuai kebutuhan.

 

Related posts