Cara Melihat Bukti Transfer BNI Mobile

Setiap kali selesai transfer uang terutama di bank BNI, penting sekali untuk menyimpan bukti transfer. Nota bukti transfer ini bisa digunakan baik untuk laporan kepada si penerima, keperluan pembukuan, hingga catatan pengeluaran. Bagi kalian yang menggunakan BNI Mobile, akan sangat mudah mencoba cara melihat bukti transfer BNI Mobile.

Biasanya jika nasabah sukses mengirim uang lewat BNI Mobile, akan terlihat nomor referensi dan ringkasan transaksi di layar hp. Hanya saja, nasabah BNI seringkali lupa menyimpan bukti transfer dan bukti transefert tidak tersimpan pada memori hp. Kalian tidak perlu khawatir, sebab nasabah sekarang ini dapat melihat bukti transfer yang telah dilakukan lewat BNI Mobile.

Read More

Maka dari itu, jika kalian ingin mengecek bukti transfer via Mobile Banking BNI kembali, sangat penting mengetahui cara melihat bukti transfer BNI Mobile.

Apa Saja Kelebihan Layanan BNI Mobile?

Selama ini, banyak nasabah yang lebih memilih transfer atau transaksi lainnya melalui BNI Mobile Banking. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh layanan BNI Mobile, diantaranya :

Terkait:  Cara Membuat ATM BNI

1. Tidak Memerlukan Token BNI

Lain halnya dengan transaksi memakai internet banking, biasanya harus memakai token untuk proses validasi, namun layanan mobile banking BNI hanya perlu menginputkan kata sandi transaksi saja. Oleh sebab itu, kalian tidak harus membawa token tersebut kemanapun.

2. Tidak Membutuhkan Pulsa

Mengingat layanan Mobile Banking BNI memakai jaringan internet, jadi tidak masalah walaupun tidak memiliki pulsa. Kalian masih bisa memakai kuota internet dari provider kartu SIM yang digunakan atau melalui Wifi.

3. Bisa Mengisi Token PLN dan Pulsa

Token PLN dan pulsa saat ini telah menjadi sebuah kebutuhan primer. Walaupun seringkali memakai kuota data, kebanyakan orang justru mengisi pulsa terlebih dahulu dan memaketkan data internetnya sendiri. Melalui layanan BNI Mobile ini, kalian yang terbiasa mengisi pulsa bisa melakukan pengisian ulang pulsa secara langsung via hp.

Belum lagi layanan pengisian token PLN yang sangat membantu. Kalian tidak perlu repot-repot harus pergi ke outlet pembelian token listrik. Jadi, bisa melakukan pengisian pulsa dan token listrik kapan saja dan dimana saja.

4. Top Up Layanan Dompet Digital

Dengan memakai layanan Mobile Banking BNI, maka kalian dapat melakukan pembayaran Grabpay dan Gopay dengan lebih murah. Meskipun sebagian orang lebih menyukai memakai uang tunai. Tapi sebagiannya lagi atau sewaktu-waktu memerlukan dompet digital untuk pembayaran transaksi belanja atau pemesanan ojek online dengan mudah.

5. Pembayaran Tagihan Listrik Pascabayar, BPJS dan PDAM

Setiap orang memiliki tagihan bulanan, meskipun orang yang sama sekali tidak memiliki hutang. Beberapa diantaranya adalah pembayaran tagihan BPDAM dan BPJS. Dengan adanya layanan BNI Mobile, kalian hanya perlu memakai aplikasi ini untuk pembayaran tagihan. Bahkan menu PDAM yang disajikan di BNI mobile terlihat lebih lengkap dibandingkan aplikasi yang lainnya.

Terkait:  Cara Login Mobile Banking BNI

6. Debit Online, Opsi Kartu Debit

Layanan Mobile Banking BNI telah menawarkan BNI Debit Online. Hal ini akan sangat berguna bagi pembayaran online memakai kartu debit atau kredit. Kalian hanya perlu request VCN di menu yang telah tersedia.

Cara Melihat Bukti Transfer BNI Mobile

Cara Melihat Bukti Transfer BNI Mobile
Melihat Bukti Transfer BNI Mobile

Syarat Untuk Melihat Bukti Transfer BNI Mobile

Sebelum melanjutkan ke cara melihat bukti transfer BNI Mobile, kalian harus mengetahui ketentuan dan syarat yang dibutuhkan untuk kelancaran pengecekan bukti transfer. Ini dia syarat-syaratnya :

1. Harus Ingat MPIN dan User ID

Mengingat layanan Mobile Banking BNI adalah layanan online, tentu saja memungkinkan penggunanya untuk mempunyai akses internet stabil. Kalian juga bisa memakai koneksi internet atau paket data untuk mengaksesnya.

2. Ingat MPIN dan User ID

Di samping koneksi internet, kalian juga harus mengingat MPIN dan User ID. Sebab ketika ingin mengecek bukti transfer kalian harus memasukkan MPIN dan User ID. Oleh sebab itu, jangan lupa MPIN dan User ID Mobile BNI kalian.

Jika sudah memperhatikan kedua persyaratan tersebut, kini kalian bisa melanjutkan ke proses cara melihat bukti transfer BNI Mobile.

Tutorial Cara Melihat Bukti Transfer BNI Mobile

Ada beberapa langkah cara melihat bukti transfer BNI Mobile yang dapat kalian lakukan. Asalkan kalian harus mempunyai aplikasi mbanking BNI terbaru. Berikut ulasannya :

1. Masuk ke Aplikasi Mobile BNI

Silahkan buka layanan Mobile Banking BNI di hp. Apabila kalian belum mempunyai versi yang terbaru, update aplikasinya terlebih dahulu.

2. Login ke Akun Mobile BNI

Cara melihat bukti transfer BNI Mobile selanjutnya yaiut login ke dalam akun BNI Mobile memakai MPIN dan User ID. Kalian juga dapat memakai autentifikasi, baik fingerprint sensor atau Face ID.

Terkait:  Cara Menabung di ATM

3. Masuk ke Opsi Produk dan Jasa Lainnya

Di halaman beranda aplikasi, kalian akan melihat berbagai macam fitur layanan BNI Mobile. Silahkan cari, lalu masuk ke opsi Produk dan Jasa Lainnya.

4. Klik Bukti Transaksi

Jika sudah masuk ke dalam menu tersebut, pilih Bukti Transaksi. Pada fitur ini ada berbagai maca transaksi, mulai dari setoran, transfer, maupun debit masuk.

5. Memilih Transaksi Transfer

Setelah itu, silahkan pilih transaksi yang ingin dicek atau dilihat. Untuk melihat nota bukti transfer, tekan opsi Transfer.

6. Pilih Jangka Waktu

Inputkan Periode transfer atau jangka waktu yang akan dilihat untuk melihat bukti nya lebih spesifik. Layanan BNI Mobile telah menyediakan pilihan jangka waktu terakhir dari 1 minggu sampai 1 bulan.

7. Cek Bukti Transfer

Setelah itu, kalian akan melihat beberapa pilihan transaksi transfer sesuai rentang waktu yang sudah ditentukan sebelumnya.

8. Keterangan Bukti Transfer Secara Detail

Silahkan tekan bukti transfer dan lihat detail transaksinya lebih jelas. Pada data tersebut, biasanya akan terlihat transaksi detail dari mulai tanggal transfer, nomor referensi, dan nomor rekening.

Mencetak Bukti Transfer Layanan BNI Mobile

Jika sudah menyelesaikan tahapan di atas, kalian dapat mencetak lalu membagikan bukti transfer BNI Mobile kembali.Caranya adalah di halaman detail pada bukti transfer, tekan download, bisa juga klik share. Maka secara otomatis akan langsung dibawa pada halaman penyimpanan.

Bukti transfer di layanan Mobile Banking BNI hanya dapat dilihat selama jangka waktu 6 bulan. Di samping itu, ketika melakukan transaksi lewat kantor BNI atau mesin ATM, bukai transfer biasanya tidak ditampilkan pada Mobile banking BNI.

Apa Saja Manfaat Melihat Bukti Transfer Mobile BNI?

Bukti transaksi adalah dokumen yang didalamnya terdapat catatan aktivitas transaksi nasabah, diantaranya transfer antar bank. Berikut manfaat mengecek bukti transfer BNI Mobile.

  • Bisa mengetahui pihak penanggung jawab transfer.
  • Dijadikan sebagai sebuah media yang berisikan keterangan dan informasi terkait data keuangan.
  • Sebagai dasar pencatatan laporan keuangan.
  • Menghindari replika atau duplikat data keuangan.
  • Dapat meminimalisir terjadinya kesalahan melalui bukti tertulis.

Meskipun saat bertransaksi lewat Mobile Banking BNI, kalian tidak langsung bisa mencetaknya seperti halnya di ATM. Namun sebenarnya lebih aman menggunakan mobile banking BNI, karena bukti transaki atau transfer bisa tetap terlihat atau disimpan secara online. Asalkan, kalian menggunakan cara melihat bukti transfer BNI mobile di atas.

 

Related posts