Cara Kerja Fiverr

Di zaman modern seperti saat ini, tidak hanya aktivitas berbelanja saja yang bisa dilakukan secara online. Bahkan kini pekerjaan pun bisa dilakukan secara online dengan mudah. Salah satunya, Kamu bisa memanfaatkan cara kerja Fiverr untuk mengambil job freelance atau paruh waktu. Karena Fiverr merupakan tempat paling ideal bagi freelance yang ingin menghasilkan uang.

Dengan platform fiverr, para freelancer lebih leluasa menyediakan layanan kepada kliennya hingga di seluruh dunia. Jika Kamu ingin tahu lebih detail tentang cara kerja fiverr, berikut ulasannya lengkapnya!

Read More

Mengenal Fiverr, Pasar Online Untuk Freelancer

Fiverr merupakan pasar online bagi layanan freelancer, dimana fiverr sendiri adalah paltform para freelancer dengan cara menawarkan layanan dari freelancer kepada konsumen yang ada di seluruh dunia. Platform ini menyediakan banyak layanan freelance, seperti terjemahan, penulisan, pengeditan video, desain grafis, pemrograman, dan lain sebagainya.

Produk yang Ditawarkan di Fiver

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa layanan yang ditawarkan dan disediakan para freelancer di Fiverr cukup banyak. Ada beberapa kategori utama, seperti video dan animasi, penulisan dan terjemahan, digital marketing, desain grafis, bisnis, lifestyle, dan programming & tech.

Selain terdiri dari kategori, juga terdapat beberapa sub kategori dalam situs web freelance Fiverr ini. Misalnya untuk kategori Digital Marketing, kita dapat menemukan layanan berupa SEM, Social Media Marketing, SEO dan lain sebagainya.

Cara Kerja Fiverr

Cara Kerja Fiverr
Kerja Fiverr

Bagaimana Cara Kerja Fiverr?

Cara kerja Fiverr memiliki perbedaan dari Upwork, sebagai salah satu web freelance populer. Adapun perbedaannya ialah dari sistem bekerja dengan pelanggan atau klien. Dalam website Upwork, Kamu wajib mencari sendiri pekerjaan baru sesuai minat dan skill yang dimiliki. Denga kata lain, di Upwork Kamu dituntut  harus proaktif untuk mencari pekerjaaan yang baru ketika menginginkannya.

Jadi setiap kali bekerja bersama klien baru di website Upwork, freelancer harus meluangkan lebih banyak waktu dan usaha untuk menunjukkan alasanmu cocok menawarkan layanan sekaligus menjadi solusi atas permasalahan klien.

Berbeda dengan cara kerja Fiverr, dimana cara pertunjukkan di Fiverr biasanya diatur. Dalam hal ini, setiap pelanggan/klien akan diberdayakan melakukan pembelian layanan tanpa berbicara langsung dengan freelancer. Sehingga kamu bisa menawarkan fasilitas ekstra Gig, fasilitas ini memungkinkan banyak orang menyesuaikan penawaranmu sesuai layanan terkait.

Tujuan utama cara kerja bisnis online ini ialah dengan menyediakan tempat untuk para pelaku bisnis dan pembeli (klien). Dari sini mereka dapat menemukan freelancer agar pekerjaan kantor mereka bisa selesai tepat waktu dengan harga terjangkau.

Tahapan Penawaran Jasa di Fiverr

Dalam website Fiverr terdapat 4 komponen penting bagi layanan freelancer. Diantaranya :

  • Pertama adalah pembeli atau buyer, sebagai orang yang membutuhkan freelancer untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Biasanya mereka ialah pemilik perusahaan atau pebisnis.
  • Kedua ialah seller atau penjual, adalah orang yang dapat menyelesaikan pekerjaan da biasa disebut sebagai freelancer.
  • Ketiga, pekerjaan atau gigs, adalah deskripsi pekerjaan atau proyek yang perlu diselesaikan para freelancer.
  • Keempat ialah platform marketplace untuk layanan freelancer. Nah, platform itulah yang dinamakan sebagai Feverr.

Jika Kamu tertarik menjadi freelancer di Feverr, ada beberapa tahapan cara kerja Feverr yang harus diikuti berikut ini :

  • Daftarkan dirimu sebagai penjual atau seller di Fiverr. Kamu dapat mengaksesnya di link ini!
  • Kemudian silahkan isi profilmu lengkap berdasarkan data diri yang diminta.
  • Selanjutnya, kamu tinggal buat gigi. Gig ialah sebutan untuk jasa atau produk yang Kamu jual di Fiverr.
  • Tahap berikutnya pasang portofolio. Ini dilakukan jika Kamu pernah membuat sebuah pekerjaan atau proyek sebelumnya. Kamu tinggal memasang portofoliomu bisa berbentuk cuplikan video atau screenshot mengenai detail pekerjaanmu sebelumnya.
  • Dengan adanya portofolio tersebut tentu saja dapat meningkatkan kredibilitasmu. Selain itu, pastinya akan semakin meningkatkan kepercayaan dari calon pembelimu.

Tahap Penyelesaian Pekerjaan Oleh Freelancer

Jika semua tahapan di atas sudah Kamu kerjakan, selanjutnya kamu tinggal menunggu pembeli untuk memesan di Gig yang Kamu tawarkan. Maka tugas berikutnya ialah mengerjakan semua pesanan yang sudah diterima di Gig dengan semaksimal mungkin. Apabila semua tugasmu sudah selesai, tinggal kirimkan hasil job yang sudah Kamu kerjakan.

Penting sekali bagi Kamu untuk selalu menjaga komunikasi bersama pembeli. Kamu dapat menanuakan apa saja yang diinginkan oleh pembeli. Kemudian konfirmasikan tentang hasil pemahamanmu dengan keinginan buyer apakah sudah hasil pekerjaannya sesuai atau ada revisi.

Selanjutnya, jika pembeli sudah puas dengan pekerjaan yang sudah Kamu lakukan, pesanan atau orderan pun dinyatakan selesai. Selanjutnya pembeli akan mengulas atau memberikan review positif apabila mereka merasa puas dengan pekerjaanmu.

Perlu diingat, bahwa semakin banyak review positif atas hasil kerjamu, maka akan semakin meningkatkan pesanan di Gig yang kamu buat. Bahkan beruntungnya lagi, pembeli akan melakukan order kembali atau repeat order.

Jika seluruh pesanan sudah diselesaikan dengan hasil maksimal, selanjutnya Kamu akan mendapatkan upah atas hasil kerjamu langsung ke saldo Fiverr. Selanjutnya akan ditransfer menuju rekening bankmu sesudah 14 hari.

Mendapatkan Uang di Feverr

Untuk mendapatkan uang, Kamu tentunya harus menawarkan layanan, saat layanan yang disediakan dipesan oleh klien, maka kamu bisa mendapatkan penghasilan atau upah atas penjualan tersebut. Hal ini sudah dijelaskan di atas.

Sedangkan untuk harga layanan sendiri, sebenarnya freelancer bebas menentukan berapa harga layanan yang ditawarkan. Dengan demikian, Kamu bisa menentukan penghasilanmu sebagai freelancer di website Fiverr.

Berdasarkan kebijakan Fiverr, biasanya biaya layanan ditambahkan ketika pembelian. Pembeli bisa meninjau sekaligus menerima total uang yang diminta sebelum pembayaran. Perlu diingat bahwa biaya tersebut biasanya sudah mencakup biaya untuk administrasi.

Pada tahun 2018, Feverr telah menetapkan biaya yang jumlah pembelian totalnya sebesar $2 untuk pembelian sampai $40 dan biaya 5% untuk pembelian lebih dari $40.

Sama seperti platform penyediaan jasa freelancer lainnya, di website ini juga freelancer akan dibebankan biaya. Selain itu, agen juga dikenakan biaya saat memakai Fiverr. Jika Kamu menawarkan jasa desain logo misalnya, maka tiap desain yang Kamu tawarkan akan memperoleh penghasilan bersih sebanyak 80% dari total harga paket dasar dan sebanyak 20% dari tootal margin dengan nilai di atas harga dasar.

Tips Agar Mendapatkan Uang Cepat di Fiverr

Setelah membahas cara kerja fiverr di atas, tentu Kamu penasaran tentang bagaimana mendapatkan penghasilan di fiverr. Hal paling penting untuk meningkatkan profit penjualanmu di Fiverr ialah yang pertama membuat profil layananmu dengan sebaik mungkin. Menariknya, Fiverr menawarkan fitur untuk menambahkan list pelanggan terbaikmu. Apabila Kamu sebelumnya pernah bekerja sama dengan perusahaan besar, maka Kamu dapat memamerkan skill-mu.

Hal penting lainya untuk mendapatkan penghasilan besar di Fiverr ialah, Kamu harus mengoptimalkan serta mengatur Gig Fiverr-mu. Gig penting sekali peranannya karena sebagai penentu untuk menghasilkan uang di Feverr. Selain itu, cara kerja Fiverr yang harus Kamu perhatikan untuk menghasilkan uang ialah pastikan Kamu membuat klienmu senang.

 

 

 

Related posts