Cara Kerja Bisnis Online

Bisnis online belakangan ini memang sedang menjadi trend baru di dunia perdagangan dan usaha. Sudah banyak orang menjajal bisnis online dan meraup banyak pundi-pundi rupiah hingga sukses menjadi pebisnis online. Akan tetapi, tak sedikit pula yang tertarik berbisnis online tapi tidak memahami cara kerja bisnis online itu sendiri.

Keuntungan berbisnis online selain mendapatkan pundi-pundi rupiah, Kamu juga bisa menjalankan bisnis online ini kapan saja dan dimana saja. Kamu bisa mengatur jadwalmu sendiri. Selain itu, Kamu dapat mempertimbangkan satu diantara banyaknya cara untuk menghasilkan uang di internet hanya dengan sedikit biaya. Cara kerja bisnis online tentu saja tergantung dari jenis bisnis online yang dijalankan.

Read More

Cara Kerja Bisnis Online

Cara Kerja Bisnis Online
Kerja Bisnis Online

Jenis-Jenis Bisnis Online dan Cara Kerjanya

Tertarik menjalani bisnis online? Pilih bisnis online sesuai pasionmu dan pahami cara kerja bisnis online tersebut. Kamu hanya perlu mempersiapkan smartphone yang sudah terkoneksi internet untuk menjalankan bisnis ini.

1. Cara Kerja Bisnis Online Dropship

Bisnis dropship adalah salah satu bisnis online yang paling mudah dijalankan bagi Kamu yang belum memiliki modal besar. Karena bisnis ini dapat dijalankan tanpa harus menyetok atau menyimpan barang terlebih dahulu. Selain itu, Kamu juga tak perlu repot-repot melakukan pengiriman produk ke pelangganmu.

Dengan cara jadi dropship yang simpel, tentu saja bisa meminimal resiko dan biaya sewa toko. Kamu juga bisa terhindar dari rumitnya pengiriman pesanan hingga ke seluruh Indonesia maupun luar negeri.

Jika Kamu ingin menjadi dropship, Kamu tinggal bekerjasama dengan bisnis atau perusahaan yang menawarkan usaha online dropship ini. Ini dia cara kerja bisnis online dropship :

  • Kamu harus bekerjasama dengan distributor atau supplier dropship/
  • Kemudian daftar produk atau barang yang dijual ke situs web Kamu atau lewat e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, atau Bukalapak.
  • Jika ada pembelian, Kamu tinggal menerima transferan uang dari konsumen, kemudian pesan produk dari supplier. Supplier ini biasanya menawarkan harga yang lebih terjangkau ke dropshipper
  • Setelah itu, supplier tinggal melakukan packing kemudian mengirimkan pesanan produkke pembeli dengan nama pengirim adalah namamu.

Bagaimana, sangat mudah bukan? Melalui bisnis dropship inilah, kamu bisa menawarkan berbagai produk, dengan demikia bisa mengurangi biaya operasional bisnismu.

Hanya saja bisnis ini memiliki kekurangan. Kamu harus menemukan produsen atau supplier terpercaya yang bereputasi baik. Selain itu, Kamu harus memilih yang menawarkan produk-produk berkualita dengan proses pengiriman yang cepat. Sebab jika pesaan tidak dikirim, terlamat dikirm atau ternyata produknya jauh dari ekspektasi, maka Kamulah yang bisa disalahkan.

2. Cara Kerja Bisnis Online Blogger

Cara kerja bisnis online selanjutnya ialah menjadi blogger. Bagi Kamu yang mempunyai minat atau keahlian dalam membangun blog. Kamu bis amenggunakan layanan blogging gratisan, baik di blogger.com maupun platform WordPress. Kamu juga bisa saja membuat situs web dengan membeli hosting dan domain sendiri.

Mungkin Kamu berpikir jika aktivitas seorang blogger hanya mengisi konten tulisan semata. Namun menulis artikel sendiri sebenarnya hanyalah permulaan. Sebab selain menulis konten artikel, Kamu juga dapat memposting video, foto, hingga link menuju situs lain. Sebenarnya ada banyak hal yang dapat dilakukan melalui blog, asalkan berhubungan dengan topik atau niche yang Kamu inginkan.

Konten yang bisa dibuat sebenarnya bebas, asalkan yang berkaitan dengan keahlian dan niatmu, seperti artikel berbentuk listicle,  artikel tutorial, tips dan trik, tren, dan lain sebagainya. Sementara untuk bisa memonetisasi blog milikmu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai berikut :

  • Google Adsense

Iklan PPC ini memang sangat populer di tanah air, yang mana para pemilik blog/website dapat menampilkan iklan langsung di situs web mereka. Ketika pengunjug berhasil mengklik salah satu iklan, Kamu pun bisa menghasilkan uang. Biasanya jumlah per kliknya memang tidak besar, tapi apabila jumlah klik pada iklannya banyak pastinya bisa memberikan hasil yang besar.

  • Pemasaran Afiliasi

Dalam situs webmu, Kamu dapat menyertakan tautan atau link ke produk yang Kamu promosikan. Lalu setiap kali ada yang membeli produk, Kamu akan menerima komisi.

Kamu dapat mengintegraskan iklan melalui konten supayabisa menghasilkan penjualan yang semakin besar. Misalnya, Kamu dapat memberikan review produk tertentu lalu menyertakan link untuk pembelian produk yang mana link tersebut ialah link afiliasimu.

3. Cara Kerja Bisnis Online Affiliate Marketing

Sistem kerja bisnis affiliate marketing sebenarnya hampir sama seperti dropship, hanya saja ada beberapa hal yang membedakannya. Melalui usaha online ini, Kamu tak perlu lagi harus menyetok barang bahkan mengirimkan produk ke konsumen.

Jika Kamu tidak memiliki produk, Kamu tetap dapat menjual produk dari supplier kemudian ambil keuntungannya. Adapu perbedaan mendasar dari bisnis affiliate marketing dan dropship ialah dilihat dari teknologinya. Dalam bisnis dropship, biasnaya dropshipper langsung berkomunikasi dengan konsumen atau pembeli melalui chatting.

Sedangkan dalam bisnis affiliate, biasanya tidak mengharuskanmu untuk menjalin komunikasi bersama calon konsumen, namun cukup mempromosikan tautan khusus milikmu. Jika terjadi pembelian dari konsumen lewat link tersebut, Kamu akan langsung mendapatkan komisi.

Ada beberapa pilihan e-commece yang menyediakan peluang menjadi affiliate marketing diantaranya Blibli.com, Amazon.com, Idaff.com, Ratakan.com, dan Bhinneka.com.

4. Cara Kerja Bisnis Online Creative Digital Stock Market

Stok market adalah pasar yang memungkinkan kita untuk menjual template design dan footage dimulai dari logo, foto, post card, theme website, template power point, video, dan lainnya. Kini ada banyak e-commerce yang memungkinkan bisnis ini dan Kamu bisa mulai menjual foto, desain dan berbagai properti kreatif lainya.

Adapun e-commerce tersebut diantaranya CreativeMarket, ShutterStock, dan lain sebagainya. Untuk memulai bisnis ini, Kamu harus memahami cara kerja bisnis online creative digital stock market berikut :

  • Kamu harus memiliki skill desain. Melalui skill desain yang Kamu miliki, Kamu dapat mendesain berbagai keperluan grafik yang ada di pasar internasional. Tak perlu harus memiliki basic desan. Ada banyak yang sukses dalam bisnis ini yang jusru mempelajari desain dengan cara otodidak.
  • Miliki skill video shooting, editing dan fotografi. Melalui skill ini, Kamu dapat menjual foto-foto cantik dan menarik, serta footage video menarik.

5. Cara Kerja Bisnis Online Influencer atau Selebgram Online

Jika Kamu termasuk anak milenial yang selalu eksis, tak ada salahnya mencoba peluang menjadi  selebram. Cara kerja bisnis online yang satu ini sebenarnya cukup simpel. Jika Kamu memiliki akun instagram menarik, dengan postingan unik yang banyak dan follower banyak, tentu akan ada saja vendor yang tertarik beriklan lewat akun IG-mu. Kamu dapat memasang tarif dari harga Rp. 200 ribu sampai Rp. 2 juta tergantung dari interaksi dan followers setiap kali Kamu posting.

Diantara jenis-jenis bisnis online di atas, silahkan pilih mana yang menjadi pasionmu. Lalu, pahami dan pelajari cara kerja bisnis online pilihanmu. Langsung take action dan nikmati keuntungannya!

Related posts