Cara Cek FUP Indihome

Cara Cek FUP Indihome

Tahukah Kamu, apa itu FUP Indihome dan bagaimana cara cek FUP Indihome? Informasi ini tentu sangat berguna bagi para pengguna Indihome. Karena biasanya, FUP berkaitan dengan penggunaan kuota internet Indihome. Untuk lebih jelasnya, simak informasi lengkapnya disini!

Pengertian FUP Indihome

FUP adalah kependekan dari Fair Usage Policy, bisa diartikan FUP sebagai batas wajar pemakaian kuota internet. Pembatasan ini dilakukan untuk membatasi penggunaan bandwidth internet dari provider, entah itu secara harian maupun bulanan.

Read More

Melalui adanya FUP ini, maka diharapkan koneksi internet akan lebih stabil. Biasanya untuk FUP tersebut diterapkan ke dalam paket unlimited Indihome. Jadi jika Kamu memiliki paket unlimited FUP, maka Kamu akan diberlakukan pembatasan pemakaian kuota sesudah penggunaan internet untuk jangka waktu yang telah ditentukan.

Apabila pemakaian internetmu telah mencapai batas yang sudah ditentukan, maka bisa membuat kecepatan akses internet menjadi berkurang. Oleh sebab itu, jika sudah melewati batas FUP, maka cara untuk mempercepat akses internet satu-satunya ialah dengan melakukan pengisian ulang kuota.

Untuk koneksi internet dari Indihome sendiri, terdapat 3 throttling penurunan kecepatan. Dimana FUP pertama, membuat speed internet manjadi 75%-nya. Lalu FUP kedua membuat akses internet hanya memiliki kecepatan 40%-nya saja. Jika sudah, maka tak ada lagi yang namanya FUP.

Jenis FUP Indihome Berdasarkan Kecepatan Internet

Perlu Kamu ketahui bahwa kebjakan FUP pada layananI Indihome sendiri hanya berlaku pada paket yang kecepatan minimalnya sebesar 10 Mbps. Namun pada paket kurang dari 10 Mbps, tak akan dikenakan FUP. Provider Indihome sendiri telah menerapkan 2 FUP pada 1 paket internetnya.

Selain itu, Kamu juga wajib tahu bahwa tiap-tiap kecepatan internet dari Indihome mempunyai kebijakan FUP yang berbeda. Hal ini bertujuan agar Kamu mengetahui batas pemakaian kuota internet untuk meminimalisir agar kecepatan internetnya tidak terus menurun. Berikut ulasannya :

1. Layanan Indihome 10 Mbps

Jika Kamu memilih paket dengan kecepatan 10 Mbps, maka bisa menikmati akses internet sampai 300 GB. Nah, inilah batas wajar Indihome yang telah ditawarkan kepada para penggunanya,

Saat ini untuk paket yang memiliki kecepatan 10 mbps dapat menikmati kuota internet hingga 300 gb. Itu adalah batas wajar yang disediakan oleh indihome, namun apabila pemakaian koneksi internet melebihi 300 GB, maka kecepatan akan turun sebesar 75 % nya atau kurang lebih hanya 7,5 mbps.

Selain itu, jika kamu menggunakan internet sampai 400 GB,maka kecepatan internet yang Kamu dapatkan semakin menurun sampai 40 %, yakni hanya 4 Mbps saja.

2. Layanan Indihome 20 Mbps

Untuk paket internet dengana kecepattan 20 mbps, maka kamu akan mendapatkan kuota sebesar 500 GB. Namun jika pemakaiaanmu melebihi kuotta tersebut misalnya, tapi masih kurang dari 800 GB, kecepatan internet Indihome Kamu pun akan berkurang jadi 75 % saja atau hanya 15 Mbps.

Sementara itu, jika pemakaian internet sampai lebih dari 800GB, kecepatannya pun menjadi berkurang sampai 40 % dari kecepatan internet awal saat mendaftar pakat ini.

3. Layanan Indihome 30 Mbps

Bagi kamu yang ingin mengaktifkan paket ini,maka kuota internet yang kamu terima adalah 700  GB dengan kecepatan internet sebesar 30 Mbps. Namun jika kuota internet melebihi 700 GB  hingga 1.200 GB, maka kecepatan akan berkurang jadi 75 % nya. Sementara, jika kamu menggunakan kuota internet 1.200 GB dalam 1 bulan maka kecepatannya tinggal 40%-nya saja dari kecepatan awal.

4. Layanan Indihome 40 Mbps

Biasanya layanan Indihome 40 Mbps digunakan untuk keperluan komersil karena kapasitas kuota yang didapatkan berikut kecepatannya lebih besar. Kuota yang akan diterima yaitu sebesar 900 GB. Namun jika pemakaiannya melebihi kuota tersebut, kecepatan internet yang didapat tinggal 75%-nya saja. Sedangkan jika pemakaian internet Indihome hingga melebihi batas 1.600 GB, Kamu akan mendapatkan penurunan kecepatan sampaai 16 Mbps.

5. Layanaan Indihome 50 Mbps

Sama seperti layanan indihome 40 Mbps, biasanya paket dengan kapasitas 1200 GB dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan.Apabila pemakaian kuotanya melebihi 1200 GB, Kamu akan mendapatkan penurunan kecepatan akses internet menjadi 37.5 Mbps. Namun jika pemakaian kuotanya sampai lebih dari 2000 GB, kecepatan pun akan semakin menyusut menjadi 20 Mbps.

6. Layanan Indihome 100 Mbps

Ini merupakan layanan yang diberikan oleh indihome, dimana jika kamu membeli paket ini akan mendapatkan kecepatan sebesar 100 mbps dengan jumlah kuota yang sangat besar. Khusus untuk paket ini, Inidhome hanya memberikana satu batasan FUP saja, yakni jika kuota internetnya melebihi 2000 GB, kecepatan internet Indihome-pun akan barkurang jadi 50 Mbps.

Itulah 6 jenis paket layanan Indihome dengan kuota dan kecepatan yang berbeda. Dimana tiap-tiap paket di atas akan mendapatkan batasan FUP yang berbeda. Kamu tinggal pilih saja mana yang sesuaia dengan kebutuhan. Selain itu, untuk berjaga-jaga agar Kamu tetap nyaman berselancar di internet adalah dengan mengecek FUP Indihome terlebih dahulu secara berkala. Silahkan simak cara cek FUP Indihome di bawah ini!

Cara Cek FUP Indihome

Cara Cek FUP Indihome
Mengecek FUP Indihome

Panduan Cara Cek FUP Indihome

Jika Kamu tidak ingin mendapatkan pengurangan kecepatan akses internet, maka Kamu harus melakukan pengecekan FUP Indihome. Sama pentingnya dengan cara cek kuota Indihome, Kamu bisa menggunakan kuota dengan bijak untuk mengantisipasi penurunan kecepatan internet.Dengan begitu, Kamu tak perlu khawatir dengan pembatasan kuota tersebut, karena bisa meminimalisirnya dengan pembelian kuota Indihome Kembali. Berikut cara cek FUP Indihome :

1. Cek FUP Indihome Memakai Aplikasi Indihome

Di bawah ini adalah informasi terkait cara cek FUP Indihome, diantaranya :

  • Buka terlebih dahulu aplikasi My Indihome dengan cara log in agar bisa masuk ke halaman utama.
  • Pada halaman utama, klik tanda titik tiga yang berada pada menu internet.
  • Setelah itu, pilih tab ‘lihat penggunaan’.
  • Tunggu beberapa waktu sampai batas FUP dan jumlah pemakaian kuota internet terlihat di layar perangkat.

Dengan melihat perbandingan antara kuota internet yang telah digunakan dan batasan FUP-nya, maka Kamu pun sudah bisa mengetahui apakah penggunaan internetmu telah melebihi batas FUP atau tidak.

2. Cek FUP Indihome Melalui Website Indihome

Kamu juga bisa mencoba cara cek FUP Indihome melalui  website resmi Indihome untuk melihat sisa kuota dan batasan FUP yang sedang berjalan. Berikut tutorialnya :

  • Bukalah browser yang ada pada laptop atau PC milikmu, kemudian ketikkan link URL situs resmi indihome dengan link indihome.co.id.
  • Log in dengan menggunakan akun yang telah kamu daftarkan.
  • Setelah itu, pilih ‘lihat rincian’ yang berada pada menu paket indihome.
  • Beberapa saat kemudian, informasi mengenai penggunaan kuota internet dan batasannya akan terlihat dengan rinci.

3. Cek FUP Indihome Memakai Pesan Singkat

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan pesan singkat, Kamu bisa mencoba metode ini baik lewat iPhone maupun perangkat android.

  • Masuk ke aplikasi perpesanan atau SMS di hpmu.
  • Ketik nomor tujuan : 98108.
  • Ketik pesan singkat dengan format : ISP (spasi) IH (spasi) kode area + nomor telepon.
  • Kirim pesan tersebut dan tunggu beberapa saat hingga ada balasan yang isinya adalah informasi mengenai penggunaan kuota internet yang kamu gunakan.

Demikianlah ulasan tentang cara cek FUP Indihome yang dapat Kamu coba sesuai dengan media yang Kamu pakai. Dengan begitu, Kamu bisa menggunakan kuota internetmu dengan bijak, atau jika kecepatan internet Indihomemu berkurang, Kamu bisa langsung mengisi atau melakukan pembayaran Indihome!

 

Related posts