Cara Menjual Barang di Shopee

Bagi Kamu yang masih baru di dunia bisnis online, terutama mendaftarkan bisnismu di Shopee, maka penting sekali mengetahui cara menjual barang di Shopee. Shopee termasuk platform yang tepat bagi pebisnis pemula. Sebab pada umumnya, Shopee sudah dikenal oleh banyak masyarakat. Shopee kerap melakukan marketing menarik demi meningkatkan brand mereka.

Adapun salah satu upaya yang dilakukan dalam strategi marketing Shopee ialah dengan menggaet penyanyi internasional. Mereka tak tanggung-tanggung mengadakan konser besar dengan mengundang artis mancanegara di stasiun TV nasional.

Read More

Dengan semakin meningkatnya popularitas Shopee, tak sedikit orang memutuskan menjadi penjual di Shopee. Entah itu bagi mereka yang mencari usaha sampingan hingga sumber penghasilan utama.

Apa Saja Keunggulan Berjualan di Shopee?

Sebagai salah satu platform berjualan populer, Shopee telah menawarkan banyak sekali keuntungan bagi mereka yang ingin berjualan, diantaranya :

  • Lebih praktis, sebab hanya bermodalkan hp saja, Kamu sudah bisa mempromosikan bisnismu. Sehingga sangat cocok bagi ibu rumah tangga atau mahasiswa yang ingin memperoleh penghasilan tambahan dan dapat dijalankan langsung dari rumah.
  • Shopee telah memiliki banyak pembeli dan tentunya akan semakin berkembang sampai di waktu yang akan datang.
  • Telah terintegrasi dengan perusahaan jasa ekspedisi.
  • Sering menghadirkan promo menarik, sehingga banyak disukai oleh konsumen.
Terkait:  Cara Pasang Iklan di Shopee

Cara Menjual Barang di Shopee

Cara Menjual Barang di Shopee
Trik Menjual Barang di Shopee

Tutorial Menjual Barang di Shopee

Jika Kamu ingin mulai berjualan di Shopee, maka ada beberapa langkah cara menjual barang di Shopee yang harus diperhatikan. Berikut ini ulasannya :

1. Mendaftar Akun Jualan di Shopee

Cara menjual barang di Shopee pertama ialah dengan mendaftar serta membuat akun untuk jualan di Shopee terlebih dahulu. Sebab tanpa mempunyai akun, Kamu bisa melakukan jual beli. Adapun cara berjualannya ialah Kamu harus mempunyai nomor hp aktif dan akun email yang masih aktif.

Sesudah melakukan pengisian formulir lengkap, Kamu akan mendapatkan email aktivasi maupun SMS berisi kode verifikasi/OTP. Silahkan pakai kode OTP tersebut untuk memverifikasi akun serta menyelesaikan pendaftaran.

2. Buka Toko di Shopee

Jika Kamu telah sukses membuat akun di Shopee, maka Kamu bisa mulai membuka toko di Shopee. Adapun caranya sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan buka akun Shopee via desktop.
  • Kemudian ketuk “Seller Centre” di pojok kiri bagian atas.
  • Lalu isikan profil dari tokomu, seperti nama, foto profil, deskripsi beserta gambar banner.

Apabila sudah melewati tahapan ini, Kamu sebenarnya sudah resmi mempunyai toko di marketplace Shopee. Kemudian silahkan tambahkan alamat toko lengkap berikut jasa ekspedisi yang akan dipakai. Atur juga akun rekening bank-mu untuk keperluan pencairan dana.

3. Upload Produk

Kini waktunya Kamu mengunggah berbagai macam produk yang ingin ditawarkan ke konsumen. Supaya lebih menarik, sebaiknya pastikan telah mempersiapkan foto produk berkualitas tinggi yang dapat diunggah ke dalam akun tokomu. Selain itu, pastikan pula foto produk menampilkan produk dengan jelas, dilihat dari bentuk, ukuran, maupun warna, untuk mempermudah para calon pembeli. Dengan demikian mereka bisa lebih memahami produk yang Kamu tawarkan.

Silahkan lakukan pengisian detail produk sebagai pelengkap foto produk, diantaranya seperti nama produk, deskripsi, jenis, merek, ukuran dan lainnya. Selain itu, Shopee selanjutnya akan memverifikasi produk yang dijual selama 1×24 jam pada hari kerja.

Terkait:  Cara Jualan Produk Digital di Shopee

4. Mulai Promosikan Produk dan Toko

Ketika verifikasi telah selesai dilakukan Shopee, selanjutnya Kamu bisa memunculkan produkmu di etalase toko. Kemudian, Kamu hanya perlu melakukan promosi. Adapun promosi ini bertujuan supaya produk daganganmu dapat dilihat calon pengunjung, untuk mempertimbangkannya, sampai akhirnya merkea tertarik membeli. Shopee telah memberikan kesempatan untuk para seller melakukan boost pada produk-produk penjual setiap 4 jam seklai.

Kamu juga bisa mempromosikan jualanmu dengan cara membagikan link atau tautan jualan via media sosial.

Trik Berjualan Barang di Shopee

Setelah mengetahui cara menjual barang di Shopee, Kamu juga harus mempersiapkan strategi untuk berjualan online supaya produkmu dapat menjangkau calon pembeli lebih luas. Tentu saja dengan harapan penjualan dan tingkat konversinya menjadi tinggi. Di bawah ini ada beberapa tips strategi berjualan di Shopee yang bisa Kamu coba :

1. Pakai Layanan Gratis Pengiriman

Shopee menawrakan fitur gratis tentang biaya ongkir dengan belanja minimal dari Rp. 0, Rp. 30 ribu hingga Rp. 200 ribu. Layanan gratis ongkir tersebut tentu saja telah menjadi daya tarik tersendiri yang tentunya menjadi pertimbangan calon pembeli. Kamu harus mengaktifkan fitur free ongkir tersebut, Kamu hanya perlu foto KTP beserta foto selfie sembari memegang KTP saja untuk mengaktifkannya.

Setelah mengaktifkan fitur tersebut, Kamu tak perlu lagi melakukan pembayaran biaya ongkos kirim ke jasa ekspedisi.

2. Menambah Varian Produk

Cara menjual barang di Shopee selanjutnya ialah dengan menambah varian produk. Strategi yang satu ini memang tak dapat dilakukan langsung di awal. Akan tetapi, ketika tokomu telah berangsur ramai serta mulai dikenali oleh masyarakat, Kamu harus mulai melakukan diversifikasi terkait produkmu. Dalam hal ini Kamu harus memperbanyak varian produk yang dijual.

Terkait:  Cara Menambah Koin Shopee

Karena dengan semakin banyak varian produk yang Kamu pajang di etalase toko akun seller Shopee, maka akan semakin besar juga peluang mendapatkan pembeli. Apabila produk yang dipajang di toko jumlahnya kurang, tentu Kamu akan kesulitan mendapatkan pembeli.

Demi memudahkan penjual melakukan proses unggahan atau upload produk supaya tak memakan waktu banyak, maka Shopee telah menawarkan fitur upload.

3. Jual Produk yang Dibutuhkan Pembeli

Cara menjual barang di Shopee agar cepat laku berikutnya, Kamu tentu saja harus mampu membaca tren di tengah masyarakat. Dengan begitu penjualanmu akan naik pesat jika Kamu menawarkan produk dengan tingkat permintaan yang tinggi atau banyak dicari oleh masyarakat.

Supaya Kamu bisa bersaing dengan unggul dari kompetitor yang menjual barang serupa, Kamu bisa menawarkan produkmu dengan harga jual lebih rendah. Hal ini tentu saja, sesudah Kamu memperhitungkan berapa jumlah modal dan keuntungan yang diambil.

4. Mengikuti Program Khusus di Shopee

Kita tahu pasti bahwa Shopee kerap menawarkan berbagai program khusus untuk dapat dimanfaatkan para penjual. Adapun salah satunya ialah lewat program flash sale. Adapun flash sale ini adalah program menjual produk-produk yang harganya lebih murah atau diskon dalam waktu yang singkat.

Program ini dapat diikuti seluruh pengguna Shopee, serta telah dikenal banyak oleh masyarakat. Karena itu, sebagai penjual Kamu bisa mencoba memanfaatkan peluang ini untuk meraup banyak keuntungan.

5. Meningkatkan Jumlah Follower di Tokomu

Menariknya, konsep di Shopee tak hanya untuk berjualan saja, tetapi juga kita bisa menggunakan Shopee layaknya platform media sosial. Hal ini dikarenakan Shopee menyediakan fitur following dan follower bagi setiap akunnya. Kita tahu bahwa jumlah follower akan sangat berpengaruh pada performa penjualan toko. Dengan banyaknya followers atau pengikut di tokomu, maka akan semakin besar pula kepercayaan pelanggan pada tokomu. Sehingga, pembeli merasa lebih nyaman dan mereka memutuskan untuk melakukan pembelian produkmu.

Nah, itulah beberapa tips cara menjual barang di Shopee agar cepat laku yang bisa Kamu coba, terutama bagi pemula. Bagaimana, cukup mudah kan?

 

 

Related posts