Cara Jualan Online Laris

Jika ingin berjualan cepat laris, kebanyakan orang mulai beralih memanfaatkan media online untuk meningkatkan penjualan mereka. Cara jualan online laris sebenarnya sangat mudah, jika Kamu benar-benar konsisten dalam menggunakan media online untuk berjualan. Metode ini juga berlaku bagi Kamu yang tidak memiliki banyak modal untuk menyewa tempat usaha.

Kemajuan teknologi saat ini mendatangkan banyak manfaat bagi Kamu yang dapat membaca peluang usaha termasuk peluang bisnis online melalui penggunaan sosial media, baik itu WhatsApp maupun Facebook. Kamu juga bisa mempelajari cara jualan laris di Facebook dan marketplace. Kita tahu bahwa kebanyakan usaha yang dikelola sekarang ini ialah jual beli melalui internet yang berbasis rumahan atau kantoran, entah itu dilakukan para mahasiswa, pelajar, pemuda, profesional, karyawan sampai ibu rumah tangga.

Cara Jualan Online Laris

Cara Jualan Online Laris
Berjualan Online Laris

Berjualan Online Laris

Meskipun ada banyak kemudahan dalam berjualan online, namun tetap saja banyak yang kebingungan menerapkan metode yang tepat agar dagangan mereka cepat laku. Jika Kamu adalah pemula dalam bisnis online, ada beberapa trik berjualan online laris yang bisa Kamu terapkan di bawah ini :

1. Hanya Pilih Produk Jualan yang Paling Diminati

Bukankah dengan menawarkan lebih banyak produk, bisa menawarkan lebih banyak opsi kepada konsumen? Mungkin benar, tapi jika terlalu banyak opsi yang ditawarkan, alhasil pembeli justru menjadi gagal fokus dan kebingungan untuk membeli item yang mana.

Dengan hanya memilih item jualan online paling diminati dan laris di pasaran, tentu saja membuat mereka lebih fokus untuk memilih produk yang tepat. Jadi, Kamu harus benar-benar mengetahui barang dagangan apa yang mudah laku dan digemari konsumen.

2. Ketahui Produk yang Cepat Laris

Poin cara jualan online laris yang kedua, masih lanjutan dari metode yang pertama. Hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan produk seperti ini ialah ketertarikan pengunjung terkadang tak selalu sama seperti minat mereka dalam membeli. Karena itu, membutuhkan usaha agar mengetahui kategori dan jenis jualan online terlaris sekarang ini.

Ada beberapa poin yang bisa Kamu pertimbangkan di bawah ini :

  • Silahkan buat kategori di bar navigasi dalam mempermudah pencarian sebab para pelanggan biasanya tidak ingin ribet.
  • Tampilan produk terlaris, banyak dibeli, banyak dilihat, serta terbaru di homepage dengan membatasi jumlah produk yang baru dirilis. Trik yang satu ini dirasa cukup jitu untuk menarik miat pelanggan karena biasanya calon pembeli merasa tertarik membeli produk “terpopuler” dan “terbaru”.

3. Perkenalkan Produk Pada Teman Terlebih Dahulu

Jika Kamu pebisnis online yang baru pertama kali terjun, hal yang tak kalah penting ialah dengan memperkenalkan produkmu kepada kerabat atau teman terdekat terlebih dahulu. Metode ini merupakan cara konvensional dengan tetap memberikan kontribusi untuk penjuala produkmu, terutama bagi yang berada di area pedesaan yang minim akses internet.

4. Strategi Marketing via Marketplace

Bagi pebisnis pemula startup, Kamu dapat mendongkrak popularitasmu dengan mencoba cara jualan online laris di Marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee maupun yang lainnya. Jika ternyata produkmu cukup banyak digemari, Kamu dapat memaksimalkan jualan onlinemu sendiri.

5. Gunakan Teknik Promosi di Media Sosial Secara Gratis

Cara berjualan online laris lainnya ialah Kamu bisa membuat akun sosmed secara khusus untuk memanfaatkan media Facebook, WhatsApp, Instagram hingga Youtube. Metode penjualan lewat media sosial ini tentu saja gratis. Kamu tinggal memberi nama pada akun bisnismu dan tampilkan barang yang akan Kamu tawarkan/jual berikut fitur lengkapnya. Strategi ini juga turut berkontribusi untuk menjaring minat kerabat atau teman dekatmu yang aktif di akun sosial media mereka.

6. Selipkan Metode Copywriting  di Website

Apabila Kamu merasa kurang begitu puas memasarkan produk di sosial media, Kamu dapat membuat website online shop gratis khusus untuk usaha onlinemu. Kamu bisa melihat desainnya di beberapa contoh web usaha/bisnis di internet. Selain itu, Kamu dapat mengkategorikan barang yang Kamu jual serta menampilkan fitur produk serinci mungkin agar calon pelangganmu tertarik membelinya.

Dalam cara jualan online laris ini, jangan lupa selipkan copywriting untuk memikat calon pelanggan membeli produk yang Kamu tawarkan.

7. Lakukan Riset Produk Terlaris

Kamu bisa meriset produk yang paling banyak diminati di toko online, caranya degan melihat beberapa produk di marketplace atau lapak online yang telah terkenal. Selain itu, Kamu juga dapat menjual produk caranya dengan mengecek kebutuhanmu sendiri. Misalnya saja sepatu, kosmetik, baju, lipstik, makanan ringan, sandal dan lainnya.

8. Berjualan Langsung di Event Tertentu

Inilah waktu yang tepat untuk memperkenalkan produkmu. Jika Kamu mempunyai lapak online sebelumnya dengan produkmu sendiri, maka Kamu dapat mempromosikannya via offline sembari membuka stand di acara-acara seperti bazar dengan membagikan selebaran lapak onlinemu.

9. Kenali Alasan Pembeli Melakukan Pembelian Produk via Internet

Cara berjualan online laris selanjutnya, jika Kamu sudah mengetahui jika produk yang Kamu jual benar-benar dibutuhkan masayrakat, maka Kamu bisa meyakinkanya. Kamu dapat mencoba meyakinkan pembeli jika produk yang Kamu jual bermanfaat dan cocok bagi mereka.

Kamu dapat membuat beberapa kata promosi toko online melalui strategi dan teknik untuk memikat pengunjung membeli barang yang Kamu jual. Untuk produk kuliner misalnya, sesuaikan teks promosi dengan produk yang dijual dengan cara melihat contoh marketing produk berbahasa Inggris.

10. Tentukan Cara  Online Dengan Tepat

Bagi pemula yang mempelajari cara bisnis online bagi pemula dari nol melalui bisnis sampingan, sebaiknya jangan langsung mengorbankan modal banyak. Coba pahami dulu trik berjualan online tanpa banyak modal, melalui sistem reseller atau dropshipper yang bahkan tidak memerlukan modal.

Jika Kamu sudah memahami strategi marketing, memahami kebiasaan dan karakter pengunjung hingga modal yang cukup, Kamu bisa mulai mempromosikan produk secara online yang tentu saja bisa meraup keuntungan lebih banyak.

11. Strategi Pemasaran yang Efektif Juga Efisien

Cara jualan online laris dengan sistem internet marketing sangat penting untuk tetap memperhatikan 3 poin di bawah :

  • Ketahui kapan waktu yang pas untuk melakukan prospek klien. Dimana ketidaktepatan waktu serta kondisi saat emprospek klien bisa berakibat fatal, seperti bisa membuatmu kehilangan pelanggan karena mereka sudah kehilangan mood untuk membeli produk.
  • Kamu bisa mempromosikan barang yang Kamu jual dengan memainkan logika pelanggan yang dapat diketahui berdasarkan permasalahan yang diutarakan. Dari sini Kamu bisa berperan sebagai problem solver yang bahasanya terkesan tidak memaksakan dan lebih halus.
  • Kamu bisa memakai kalimat yang pas untuk membujuk konsumen. Silahkan arahkan pembeli untuk melakukan pembelia produkmu. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menanyakan kepada klien, “Mau pilih yang mana, mbak/mas?” dan hindari kalimat “Mba/Mas mau beli atau tidak?” untuk dijadikan ending proses negosiasi bersama klien.

Dengan mengenali beberapa trik cara jualan online laris di atas, dan mencoba mempraktekkannya dalam metode promosi produk yang Kamu lakukan. Bukan tak mungkin Kamu bisa mendapatkan banyak pembeli yang tertarik membeli produkmu!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019