Cara Jualan Laris di Facebook

  • Whatsapp

Selain cara jualan di Instagram, teknik berjualan di Facebook juga kerap digunakan banyak orang. Apalagi Facebook sendiri sebagai platform media sosial yang memiliki jumlah pengguna terbanyak dibandingkan media sosial lainnya. Inilah yang membuat cara jualan laris di Facebook lebih mudah. Hal tersebut juga sudah dibuktikan dari banyaknya orang yang berhasil menjual produknya di Facebook hanya bermodalkan smartphone saja.

Sebenarnya ada banyak benefit yang dapat Kamu peroleh dengan berjualan di Facebook secara online atau di platform sosial media lainnya. Salah satu keuntungannya ialah lebih menghemat anggaran. Akan tetapi, masih banyak pula yang belum memahami cara jualan laris di Facebook untuk pemula.

Read More

Cara Jualan Laris di Facebook

Cara Jualan Laris di Facebook
Berjualan Laris di Facebook

Berjualan Laris di Facebook Bagi Pemula

Seperti kita ketahui, potensi hingga ratusan juta user Facebook di Indonesia mungkin dapat dikatakan jauh lebih tinggi dibandingkan marketplace maupun platform sosial media lainnya. Namun dengan banyaknya pengguna FB, tentu saja kompetitor usaha juga semakin meningkat. Oleh karena itu, Kamu harus mengaplikaskan cara jualan laris di Facebook. Berikut caranya :

1. Membuat Akun Fanpage

Kebanyakan orang yang berjualan di Facebook memakai akun pribadi mereka. Sebenarnya sah-sah saja, namun jika Kamu ingin membangun usaha agar terlihat profesional, sebaiknya Kamu harus mempunyai akun Fanpage secara khusus. Melalui akun Fanpage tersebut, Kamu dapat memberikan informasi penting tentang bisnismu. Misalnya saja kontak yang dapat dihubungi, katalog produk, alamat, cara pemesanan dan foto profil.

Terkait:  Cara Jualan Online Laris

Melalui akun Fanpage khusus tersebut, Kamu dapat mengelola bisnis secara bebas. Kamu juga tak perlu lagi cemas jika kebutuhan promosi bertabrakan dengan update status personalmu. Tak hanya itu, cara jualan laris di Facebook Fanpage juga, Kamu dapat menyerahkan pengelolaan secara khusus kepada karyawan tanpa perlu canggung lagi menggunakan akun pribadi.

2. Buat Konten Produk Menarik

Cara berjualan laris di Facebook selanjutnya ialah buat konten produk yang menarik. Kamu harus memahami jika kunci digital marketing tetap berfokus pada konten yang dibuat. Agar produk barang maupun jasa yang ditawarkan lebih menarik, sebaiknya buat konten di Facebok dengan kuat. Baik berbentuk konten visual, maupun memadukan sistem audio visual berbentuk video promosi produk dengan cara yang unik dan menarik.

Selain itu, pastikan pula Kamu memakai konten produk yang asli. Bukan hasil dari curian bisnis orang. Sama halnya dengan informasi yang Kamu terapkan benar-benar harus dapat dipertanggungjawabkan, supaya pembeli tak akan kecewa ketika menerima produkmu. Adapun maksud dari konten menarik di sini ialah seperti menampilkan keunikan foto produk, menarik dan artistik. Inilah yang nantinya bisa memikat calon pembeli.

3. Kenali Target Market

Walaupun terdengar merepotkan, dengan mempelajari target market tentu saja bisa menjadi kunci penting untuk membuat produkmu laku keras saat dijual di Facebook. Karena Facebook adalah media yang digunakan banyak orang, bahkan sudah banyak penjual memanfaatkan media ini untuk mempromosikan produk mereka. Jadi, bukan tak mungkin pula diantaranya ada beberapa penjual yang menawarkan produk yang sama seperti bisnismu. Oleh karena itu, jika ingin berbeda Kamu harus mengenali target pasarmu terlebih dahulu.

Misalnya, Kamu berjualan gamis berwarna pastel yang modelnya kekinian. Oleh karena itu, dapat dipastikan bahwa target marketnya ialah musimah milenial yang kisaran usianya antara 20-35 tahun. Kebanyakan wanita yang memiliki kriteria ini adalah orang yang dewasa dan sudah cukup mandiri. Mereka juga mempunyai kesibukan sendiri, baik kuliah, bekerja hingga menjadi ibu rumah tangga, dimana biasanya online pada waktu-waktu seperti sore hingga petang.

Terkait:  Cara Jualan di Tokopedia

Karena itulah, Kamu dapat memposting produk gamis tersebut di waktu-waktu sesuai yang dibutuhkan target marketmu saat online. Kamu juga bisa menyesuaikan tampilan konten sesuai keinginan, baik itu yang terkesan mewah, girly, elegan atau modis. Silahkan pelajari target market agar Kamu dapat menentukan range atau kisaran harga produk.

4. Pilih Grup yang Sesuai

Cara jualan laris di Facebook selanjutnya supaya produkmu semakin populer  dan laris manis ialah dengan memilih grup Facebook yang sesuai. Kamu harus tahu bahwa di Facebook terdapat ribuan hingga ratusan ribu pilihan grup. Karena Kamu berjualan gamis untuk para muslimah muda, baik yang lajang maupun berumah tangga, Kamu dapat mencoba mengikuti grup yang menjual baju-baju gamis atau busana perempuan.

Kamu tentu saja tidak mungkin berjualan gamis di grup baju bayi/balita. Oleh karena itu, pastikan Kamu mengikuti atau bergabung dalam grup Facebook yang sesuai. Selain itu, jangan lupa pula jika Kamu harus mengetahui aturan untuk berjualan online di grup FB tersebut. Sebab umumnya ada beberapa jadwal khusus, mencakup tata cara promosi produk untuk tiap grup yang berbeda. Selain itu, Kamu juga dapat bergabung dalam grup khusus untuk penjual online dari tiap-tiap wilayah, baik provinsi atau kota/kabupaten, agar ongkos kirimnya lebih murah.

5. Harus Aktif Berkomunikasi Dengan Pembeli

Salah satu rahasia cara berjualan laris di Facebook ini juga sangat penting. Aktif berkomunikasi bersama pembeli merupakan kunci bagaimana usahamu dapat dikenali. Sebaiknya pahami jika pembeli adalah raja, dengan begitu Kamu harus berikan pelayanan profesional dan ramah. Pastikan pula untuk selalu menjawab pertanyaan customer degan baik. Ingat jangan terkesan memaksa calon konsumen untuk membeli barang, hal tersebut justru membuat pembeli merasa malas dan canggung.

Terkait:  Cara Jualan Pulsa di Shopee

Cobalah lakukan pendekatan kepada konsumen, dengan cara selalu merespon setiap pertanyan. Misalnya dengan menjelaskan bagaimana kualitas produknya, harga produk, metode pembayaran dan ongkos kirim yang dikenakan. Bila perlu, Kamu harus melakukan tindakan tersebut sejak pengenalan produk pertama kali, supaya pasar langsung menerima produkmu secara terbuka. Dengan semakin berkembangnya usahamu, Kamu juga dapat mempertimbangkan memakai admin khusus untuk menjawab setiap pertanyaan di FB sesuai jam kerja.

6. Gunakan Fitur Marketplace

Semakin meningkatnya jumlah online shop di platform FB, membuat pihak Facebook memberikan inovasi dengan menawarkan fitur halaman untuk penjualan secara khusus, dinamakan Marketplace. Sama seperti e-commerce lain baik itu Shopee maupun Tokopedia.

Marketplace Facebook biasanya terjadi melalui tampilan yang sederhana. Dimana setiap produk yang dijual dalam Marketplace Facebook, biasanya akan ditampilkan nama penjual, lokasi, gambar barang, deskripsi produk, dan harga. Kamu bisa menemukan Marketplace Facebook di bagian kiri halaman saat Kamu login ke akun FB melalui PC.

7. Metode Copywriting

Kita ketahui bahwa kekuatan konten sangat berpengaruh penting bagi penjualan online. Jika Kamu kesulitan dalam membuat konten produk menarik, tak ada mencoba mempelajari metode penulisna copywriting. Namun jika dirasa masih sulit, Kamu cukup mempekerjakan jasa copywriter.

Lain halnya dengan penulisan biasa, metode copywriting memungkinkan setiap orang dapat menjual produk melalui konten tulisan menarik sehingga membuat orang tertarik membeli produk.

Itulah tahapan-tahapan penting dalam cara jualan laris di Facebook, baik menggunakan Fanpage maupun Marketplace produk. Bagaimana, menarik bukan?

 

Related posts