Cara Belajar Mobil Matic

Apa saja cara belajar mobil matic? Seperti apa persneling dan transmisi pada mobil Matic? Apakah saya bisa belajar mengendarai mobil matic Sendiri?

Berbicara soal mengendari mobil, tentunya kita semua memiliki harapan bisa mengendarai mobil seperti orang orang yang sudah biasa mengendarai mobil. Sebab, dengan menggunakan kendaraan bermobil, tentunya kita bisa membawa keluarga ataupun teman dan pasangan kita berlibur ke tempat wisata ataupun tempat lain.

Nah, berbicara soal mobil matic, mungkin kita pernah mendengar mobil jenis ini, atau bahkan menemukan mobil dengan jenis transmisi matic di beberapa tempat. Memang, mobil dengan transmisi matic sendiri cukup berbeda dengan mobil transmisi manual.

Perbedaan yang paling bisa kita lihat adalah pada pernseling transmisi dan juga pedal yang ada dibawah stir. Selain itu, sistem kerja mesin dari mobil matic sendiri menggunakan sistem CVT, yang juga bisa kita temukan pada motor matic.

Walaupun begitu, nyatanya mengendarai mobil matic tak semudah mengendarai mobil manual loh. Sebab, jika di mobil manual kita bisa menggunakan kopling untuk berpindah rasio gear, maka pada mobil matic kita mengandalkan pijakan rem untuk berpindah mode.

Salah satu kekurangan dari mobil matic sendiri adalah, para pengguna akan lebih kualahan ketika mereka berada didalam medan yang menanjak ataupun menurun. Sebab, perpindahan atau penggunaan mode pada persneling mobil matic harus tepat, dan tidak bisa sembarangan.

Untuk itu, kali ini kita akan membahas cara belajar mobil matic, terlebih untuk kamu yang mungkin saja berniat membeli mobil matic untuk pertama kalinya.

Pahami terlebih dulu Transmisi Persneling Mobil Matic

Hal penting yang terlebih dahulu harus dipahami adalah mengetahui sistem transmisi atau persneling yang ada di mobil matic. Jika mungkin pada mobil manual kita mengetahui ada kode N, 1 – 6, dan juga R, maka di mobil matic, kita akan menemukan sistem transmisi seperti berikut.

  • P / Park – biasanya digunakan pengendara dalam kondisi macet ataupun harus berhenti dilampu merah, dan bahkan berhenti dalam waktu yang cukup lama.
  • R / Return – Mirip dengan yang ada pada mobil manual, jika di mobil matic, R sendiri diartikan Return yang berguna untuk mundur
  • N / Netral – Kode jenis ini juga bisa kita temukan pada mobil matic dan manual. Fungsi dari transisi N ini adalah agar mobil tidak bergerak maju ataupun mundur ketika berhenti, dan tidak akan melaju ketika pedal gas diinjak.
  • D / Drive – mode ini dipakai ketika pengendara sudah siap untuk berkendara. Adapun jika mode ini digunakna, maka mobil akan bergerak maju ketika pengendara menginjak pedal gas. Dan kemudian, ada juga mode lain dari D, seperti D1, D2, ataupun D3 yang mana bisa digunakan pada medan atau kondisi jalan yang berbeda beda juga.

Tata Cara Belajar Mobil Matic

Cara Belajar Mobil Matic
Belajar Mobil Matic

Cara belajar mobil matic sendiri terbilang tidak begitu sulit, dan juga tidak begitu mudah. Namun apabila kita sudah mengetahui fungsi dari tiap transmisi, tentunya akan lebih mudah. Misalnya, untuk mode D digunakan apabila pengendara sedang berada di jalur atau medan jalan yang cukup landai dan tidak menanjak, maka ritme mesin akan lebih stabil dan tidak terjadi gerungan di dalam mesin.

Ketika akan mulai berkendara, pastikan kalian selalu menginjak pedal Rem ketika akan memindahkan tuas persneling ke mode yang lain (misal dari mode N ke Drive). Cara ini juga berlaku ketika pengguna atau pemilik mobil hendak menghidupkan kendaraan mereka.

Pada saat posisi transmisi berada di mode D (Drive), usahakan untuk menginjak gas secara perlahan saja dan tidak terlalu dalam. Sebab, ketika masuk kedala mode D sendiri, mobil akan mendapatkan dorongan dari mesin yang tidak terlalu besar, guna memajukan mobil secara perlahan. Untuk itu, saat menginjak pedal Rem dan memindahkan ke posisi D, lepaskan tuas rem yang diinjak tadi secara perlahan saja, sembari menginjak gas secara perlahan, agar mobil bisa melaju dengan optimal.

Apabila didalam tuas persneling terdapat mode D1, D2 dan D3, maka kalian bisa menggunakan mode tersebut pada situasi tertentu. Misalnya, apabila kalian berkendara diatas kecepatan 60 – 80km / jam, maka ketika akan menambahkan kecepatan, injak tuas rem sampai terdengar bunyi ‘tek’ lalu pindahkan mode Drive ke mode D2, dan gas kembali secara perlahan.

Hindari mengendarai mobil matic diatas kecepatan rata-rata, apabila kalian masih dalam tahapan belajar. Sebab, tak semua orang bisa mengontrol pernseling ketika akan berhenti dilampu merah. Oleh sebab itu, ketika berada di jarak sektiar 10 – 20 meter kurang dari lampu merah, pelankan kecepatan mobil, dan injak pedal rem pada saat berhenti, atau pindahkan ke mode Netral.

Tips Belajar Mengendarai Mobil Matic

1. Fokus

Tips utama dalam belajar mobil matic adalah tetap fokus. Ketika kalian berkendara, ingatlah bahwa kalian bukan satu satunya yang berada dijalan raya. Untuk itu, pastikan kalian memperhatikan sekitara  agar tidak terjadi kesalahan ketika berkendara. Maka dari itu, kami sangat menyarankan kalian untuk tidak berkendara sembari memainkan ponsel, ataupun headset untuk mendengarkan lagu. Pastikan juga kalian memperhatikan kata spion untuk meliaht pengendara atau kendaraan lain yang ada di sekitar kendaraan kalian.

2. Kenali Fitur pada Mobil

Selanjutnya adalah pastikan kamu sudah mengetahui fitur fitur dan fungsi yang ada didalam mobil matic kalian. Mulai dari perpindahan tuas transmisi, menghidupkan sein, lampu hazard, lampu dim, dan yang lain sebagainya.

Meskipun fungsi dan tombol pada mobil matic jauh lebih mudah dipahami, namun tetap saja apabila kalian tidak terlebih dulu tau fungsinya, maka pengendara akan bingung untuk menggunakan fitur yang ada didalam kendaraan mereka.

3. Terus Berlatih

Pengulangan atau repeating adalah hal yang sangat penting. Memang, dalam belajar mengendarai mobil tidak bisa dilakukan dalam cara singkat. Oleh sebab itulah, apabila kamu sedang dalam tahapan belajar, maka kamu bisa rutin untuk melatih kemampuanmu hari demi hari, hal ini berguna agar kalian lebih terbiasa dan beradaptasih dengan mobil yang digunakan.

4. Jangan Panik

Terakhir adalah, sebagai seorang pemula yang baru saja belajar mengendarai mobil matic, usahakan untuk tidak panik. Karena biasanya, ada banyak sekali pengguna yang sedang berlatih akan merasa panik apabila sedang berada dijalan raya dan bertemu dengan kendaraan yang lebih besar, semisal truk atau bis.

Oleh sebab itu, jangan sampai kalian kehilangan kendali atas diri kalian. Usahakan untuk tetap tenang dan jika memungkinkan, kalian bisa menepi dan meminta temanmu yang lebih mahir untuk mengendarai mobil.

Kesimpulan

Dengan memahami hal hal penting diatas, tentunya Cara Belajar Mobil Matic tadi bisa menjadi referensi atau setidaknya persiapan awal untuk kamu yang sedang ingin memulai belajar mengendarai mobil matic. Sekian untuk artikel kali ini, semoga bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi