Cara Mengetahui Akun Fake Instagram: Ada Kok!🤭

Cara Mengetahui Akun Fake Instagram
Cara Mengetahui Akun Fake Instagram

WIGATOS | Apa Kamu merasa terganggu dengan kemunculan akun-akun palsu yang ada di Instagram? Inilah beberapa cara mengetahui akun fake Instagram. Kamu dapat mendeteksi kemungkinan akun tersebut asli atau palsu, sehingga tetap aman. 

Sebenarnya banyak cara untuk mengetahui akun tersebut asli atau palsu. Ada pula tanda juga yang bisa Kamu gunakan. Di samping itu, akan dijelaskan cara untuk melaporkan akun fake kalau menurutmu sudah mulai meresahkan. 

Read More

Mengenal Akun Fake dan Alasan Membuatnya

Tapi sebelum itu, Kamu perlu tahu penjelasan berikut. Pahami dulu apa itu fake account di Instagram dan sejauh mana bisa dikatakan sebagai akun palsu. Dengan begitu, Kamu dapat berjaga-jaga dan lebih waspada.

Secara umum, akun fake di Instagram adalah akun yang tidak ada identitasnya dengan tujuan agar pengguna lain tidak tahu siapa pemilik sebenarnya. Dikatakan akun fake juga kalau pengguna tersebut menggunakan identitas orang lain dengan maksud tertentu. Itulah kenapa disebut sebagai akun palsu. 

Akun fake ini sering dijadikan sebagai second account. Biasanya, orang tersebut punya akun IG lebih dari satu. Sulit sekali mendeteksi siapa pemilik sebenarnya karena memang antara akun utama dan yang kedua itu punya perbedaan signifikan. 

Banyak orang yang membuat akun fake dengan berbagai alasan. Salah satunya yang paling kerap terjadi adalah ingin memantau atau stalking orang lain. Ini biasa dilakukan kepada crush yang disukai secara diam-diam. Agar tidak ketahuan, berlindunglah di belakang akun palsu. 

Dengan membuat akun fake, dirinya akan merasa aman dan lebih leluasa. Karena kalau menggunakan akun asli dan sampai diketahui, maka khawatir mendapatkan teguran sosial. Di samping itu juga tidak perlu khawatir lagi dengan hukuman dari pihak Instagram, sebab yang digunakan bukanlah yang asli. 

Alasan selanjutnya adalah menjaga privasi. Mungkin saja orang tersebut memang hanya punya satu akun tersebut, bukan cadangan. Dirinya tidak mau terlihat atau menonjol di media sosial. Akun Instagram hanya sebatas digunakan sebagai hiburan dan mencari informasi lain. 

Bahkan yang mungkin perlu dikhawatirkan, orang membuat akun fake karena merasa kepribadiannya yang asli tidak dihargai orang lain. Tidak sedikit orang-orang yang menciptakan image berbeda dari kedua akun. Dengan akun palsu juga merasa bebas untuk bersuara tanpa diketahui siapa aslinya. 

Cara Mengetahui Akun Fake Instagram

Cara Mengetahui Akun Fake Instagram
Cara Mengetahui Akun Fake Instagram

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan membuat akun fake. Tapi perlu dikhawatirkan kalau sudah mengganggu user lain dan digunakan untuk tindakan kejahatan. Apalagi sampai meneror lewat kolom komentar maupun direct message. 

Berikut ini ada beberapa cara untuk mengetahui apakah itu benar-benar akun fake atau bukan. Karena banyak sekali sekarang ini akun-akun yang mengatasnamakan orang lain, sehingga terlihat seperti asli. Langsung saja simak penjelasan di bawah:

1. Mengetahui Akun Fake Lewat Profil

Kamu merasa curiga dengan salah satu akun di Instagram dan tidak tahu apakah itu akun palsu atau bukan? Mau dikatakan palsu, tapi terlihat seperti akun IG yang lain. Kalau asli, ada sesuatu yang aneh dan Kamu terus-terus saja di-stalking. 

Kalau itu yang terjadi, cobalah cara mengetahui akun fake Instagram yang pertama ini. Caranya yaitu dengan melihat lewat profilnya. Kamu dapat menggunakan metode ini dengan satu syarat, yakni akun tersebut tidak diprivasi. Kalau diprivasi, sudah pasti tidak bisa mengakses profilnya. 

Lewat profil tersebut, Kamu dapat melihat bagaimana riwayatnya. Biasanya, akun-akun fake tidak menggunakan display picture yang meyakinkan. Entah itu disembunyikan atau memasang foto tidak jelas. 

Selain lewat foto profil, Kamu juga dapat memastikan tanggal bergabung dan riwayat penggantian nama pengguna. Cara melihatnya sangat mudah, seperti langkah-langkah berikut:

  • Buka profil akun Kamu curigai palsu. 
  • Pada profil akun tersebut, klik ikon titik tiga di kanan atas. 
  • Setelah itu pilih menu Tentang Akun Ini. 
  • Kamu akan lihat sejak kapan akun dibuat. Biasanya, akun yang asli dibuat sejak lama. Sedangkan fake account masih baru karena digunakan untuk tujuan tertentu. 
  • Cek juga berapa kali username diganti. Ini bisa membantumu untuk mengidentifikasi fake account atau asli. 

2. Membandingkan Followers dan Engagement

Cara mengetahui akun fake Instagram yang kedua yaitu dengan melihat follower-nya. Orang yang sengaja membuat akun palsu itu tidak terlalu memikirkan jumlah pengikutnya. Karena yang diprioritaskan hanyalah tujuan pembuatan akun tersebut. 

Salah satu tanda mudah yang bisa Kamu lihat adalah jumlah followers. Kalau pengikut sangat sedikit dan hanya follow akun tertentu saja, bisa jadi itu palsu. Terlebih lagi kalau jumlah postingan tidak ada sama sekali. 

Tapi tidak jarang pula akun fake yang jumlah followers-nya banyak. Kalau ini yang terjadi, Kamu dapat membandingkan antara pengikut dan engagement. Mungkin saja angka pengikut tersebut didapatkan lewat bot, yang mana diikuti oleh akun tanpa profil juga. 

Engagement tersebut dilihat dari interaksi yang terjadi. Umumnya semakin banyak followers, makin banyak juga jumlah like dan komentar. Apabila yang terjadi sebaliknya, patutlah curiga jika itu palsu. 

3. Melihat IP Address

Inilah cara mengetahui akun fake Instagram kalau dirasa sangat meresahkan. Kamu bisa melihat IP address-nya agar tahu dari mana akun tersebut diakses dan informasi lainnya. Hanya saja, caranya cukup rumit. Seperti inilah langkah-langkahnya:

Buka profil akun yang Kamu curigai dan klik titik tiga di atas. 

  • Pilih Salin URL Profil. 
  • Kemudian buka https://grabify.link dari browser. 
  • Paste link di kolom dan tekan Create URL.
  • Setujui Terms and Conditions dan tunggu loading.
  • Salin URL yang diberikan dan kirimkan ke pemilik akun. 
  • Jika diklik, Kamu akan mendapatkan IP address-nya.
  • Salin dan buka IP Tracker dari browser. 
  • Pilih IP Tracker Option. 
  • Paste alamat IP yang Kamu salin dan lihat informasinya. 

4. Melihat Tanda Centang Biru

Centang biru merupakan suatu tanda bahwa akun tersebut sudah diverifikasi. Kamu bisa membedakan akun yang asli dan palsu dengan melihat logo ini. Kalau muncul tandanya di samping nama profil, besar kemungkinan bahwa bukan fake account. 

Tapi masalahnya, cara mengetahui akun fake Instagram lewat centang biru sudah tidak seotentik dulu. Pasalnya, tanda tersebut bisa didapatkan dengan cara berlangganan juga. Meski begitu, ini cukup efektif untuk melihat akun official besar. 

Cara Melaporkan Akun Fake

Jika terganggu dengan keberadaan akun fake, Kamu bisa memblokirnya sehingga tidak terlihat lagi. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa akun yang serupa akan muncul kembali. Agar tidak membahayakan pengguna lain, Kamu dapat melaporkannya dengan cara berikut:

  • Buka profil akun tersebut dan tekan titik tiga. 
  • Pilih Laporkan. 
  • Tekan Laporkan Akun.
  • Tentukan alasan melaporkannya, seperti berpura-pura menjadi orang lain. 
  • Pilih kategorinya.
  • Ketuk Submit Report dan tunggu ditinjau tim IG. 

Seperti itulah cara mengetahui akun fake Instagram. Kamu bisa melihat keaslian akun atau tidak lewat profilnya. Biasanya, fake account tidak terlalu fokus untuk melengkapi profil, bahkan foto dibiarkan kosong. 

Related posts