Cara Jualan di Bukalapak

Di zaman yang serba digital seperti saat ini, pastinya jualan online sudah tak asing lagi. Sebagian besar masyarakat Indonesia berbelanja online untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari, mulai dari pembelian baju, sepatu, tas, peralatan elektronik hingga makanan. Salah satu marketplace karya anak bangsa yang tak kalah populer saat ini adalah Bukalapak. Tidak sedikit orang mencari cara jualan di Bukalapak demi mendapatkan penghasilan tambahan.

Banyak seller yang berjualan di Bukalapak karena menawarkan kemudahan, kepraktisan, dan tak kalah menarik bisa memberikan peluang keuntungan lebih besar. Karena Bukalapak termasuk satu dari beberapa marketplace terkenal di Indonesia yang memiliki banyak pengguna. Jadi, jika Kamu sedang mencari peluang usaha berjualan online, maka Bukalapak dapat dijadikan sebagai pilihan yang efektif. Tidak sedikit pebisnis online yang sukses serta meraup banyak pundi-pundi rupiah di sana.

Alasan Berjualan di Bukalapak

Jika Kamu masih ragu berjualan di Bukalapak, sebenarnya e-commerce ini menawarkan banyak keuntungan di samping pundi-pundi rupiah semata. Berikut alasan kenapa harus berjualan di Bukalapak :

1. Menawarkan Jaminan Keamanan

Salah satu keunggulan berjualan di Bukalapak ialah menawarkan jaminan keamanan. Dimana jaminan tersebut diberikan untuk kedua pihak, baik pihak pembeli maupun pihak penjual. Oleh karenanya, Kamu tak perlu lagi khawatir terjadinya penipuan.

2. Mendapatkan Feedback Positif

Keuntungan berjualan di Bukalapak lainnya ialah mendapatkan feedback positif. Performa penjual yang ada di Bukalapak sendiri ditentukan berdasarkan feedback positif dari pembeli. Kamu tak perlu lagi harus bersusah payah ingin memperoleh feedback positif. Sebab Kamu bisa mendapatkan feedback positif di Bukalapak.

3. Menerima Notifikas Pesanan

Bukalapak menawarkan fitur notifikasi pesanan masuk lewat SMS. Ini adalah langkah untuk mengantisipasi jika seller tidak sedang online. Maka pesanan dari konsumen dapat diproses langsung di saat itu.

4. Prioritas di Search Engine

Bukalapak sudah melakukan optimalisasi di setiap produk jualannya supaya bisa muncul di halaman mesin pencari. Oleh karenanya, Kamu tidak perlu lagi melakukannya dengan cara manual. Tentu saja hal tersebut memberikan keuntungan kepada para penjual mengingat produknya tampil di hasil pencarian. Oleh karena itu, jumlah penjualan berpeluang lebih besar daripada menggunakan marketplace lain.

5. Mendapatkan Kepastian Dana Pembayaran

Para pelapak atau penjual di Bukalapak akan menerima penghasilan saat pembeli sudah mengkonfirmasi penerimaan pesanan produk mereka. Akan tetapi, Kamu tak perlu lagi khawatir apabila pembeli tidak juga melakukan konfirmasi. Pendapatanmu akan masuk secara otomatis ke dompet penjual sesudah 1 x 24 jam ketika kurir menyatakan produk sudah diterima pembeli.

Cara Jualan di Bukalapak

Cara Jualan di Bukalapak
Berjualan di Bukalapak

Panduan Berjualan di Bukalapak

Jika Kamu tertarik menjadi seller di Bukalapak, maka tak ada salahnya mencoba cara jualan di Bukalapak mudah berikut ini :

1. Membuat Akun di Bukalapak

Langkah cara jualan di Bukalapak pertama yaitu Kamu harus membuat akun terlebih dahulu di Bukalapak. Jika Kamu sudah mempunyai akun Bukalapak, cukup melewati tahapan-tahapan di bawah ini dan langsung saja lanjut ke langkah yang kedua :

  • Silahkan kunjungi web Bukalapak pada perambat atau lewat aplikasi di iOS dan android.
  • Ketuk dalam tombol bertuliskan “daftar” pada aplikasi atau di samping kanan bagian atas pada tampilan peramban.
  • Kamu akan menemukan formulir mengenai data diri lengkap yang perlu diisi. Adapun isi formulir tersebut yaitu nama lengkap, nomor Hp atau email, nama pengguna, jenis kelamin dan kata sandi.
  • Jika Kamu mempunyai kode referral berasal dari teman, cukup inputkan kode tersebut agar mendapatkan keuntungan.
  • Apabila semua kolom telah terisi, klik tombol “Daftar”.
  • Selanjutnya Kamu akan mendapatkan email konfirmasi berisi tautan. Silahkan tekan tautan tersebut jika ingin mengonfirmasi pendaftaran akunmu di aplikasi/web Bukalapak.
  • Kamu akan diarahkan menuju halaman masuk Bukalapak.
  • Silahkan ketik email atau nomor telepon atau kata sandi dan nama pengguna untuk bisa masuk ke web Bukalapak.

Selamat, kini Kamu sudah mempunyai akun Bukalapak dan siap digunakan. Adapun langkah cara berjualan di Bukalapak berikutnya adalah melengkapi profil pada tokomu di Bukalapak, serta mengupload foto produk.

2. Melengkapi Profil Toko

Cara jualan di Bukalapak selanjutnya, pastikan Kamu melengkapi profil tokomu di Bukalapak agar bisa berjualan. Dalam profil toko, ada beberapa yang harus diubah, diantaranya metode pembayaran, syarat pengiriman, nomor telepon dan lainnya.

Kamu bisa mengakses pengaturan tersebut di halaman “Profil” kemudian pilih opsi “Pengaturan”, pilih lagi “Lapak”. Pada halaman pengaturan, Kamu dapat menyesuaikan tampilan toko sesuai keinginan. Adapun hal terpenting yang bisa dilakukan ialah mengubah gambar tampilan pada tokomu. Supaya lebih terlihat profesional, Kamu sebaiknya membuat logo secara khusus.

3. Upload Foto Produk

Kamu kini sudah mempunyai akun toko di Bukalapak yang siap digunakan. Maka langkah terakhir cara jualan di Bukalapak ialah upload foto produk. Namun sebelumnya, Kamu haru tentukan terlebih dahulu jenis produk apa yang ingin dijual. Kamu dapat menjual pakaian, makanan, maupun peralatan yang dibutuhkan oleh mayoritas masyarakat.

Berdasarkan ketentuan dari Bukalapak itu sendiri, Kamu tidak diperbolehkan untuk menjual produk-produk, seperti binatang, properti, mobil dan sepeda motor, produk, bajakan, produk-produk terkait sex juga pornografi, serta obat-obatan yang tidak berlisensi BPOM.

Tips Agar menjadi Top Seller di Bukalapak

Mengetahui cara berjualan di Bukalapak saja belum lengkap jika Kamu tidak meng-upgrade tokomu agar banyak diminati para pembeli di Bukalapak. Nah, jika Kamu tertarik untuk menjadi top seller di akun Bukalapak, ada beberapa cara yang bisa dilakukan berikut ini :

1. Unggah Produk Sebanyak-banyaknya

Dengan semakin banyak produk yang Kamu unggah fotonya, tentu semakin banyak pula varian yang dapat dipilih oleh pengunjung. Sehingga calon konsumen dapat memilih produk atau barang yang tersedia. Inilah yang membuat tokomu di Bukalapak berpeluang sebagai top seller.

2. Menulis Deskripsi Produk Dengan Lengkap

Pastikan pula pengunjung atau calon pelangganmu bisa memahami produk yang Kamu jual dengan jelas. Lengkapi ketentuan dan syarat terkait berbelanja di online shop milikmu di Bukalapak. Misalnya saja, Kamu menjelaskan beberapa hal berikut :

  • Produk yang telah dibeli tidak bisa ditukar kembali.
  • Pengiriman produk akan diproses 1 hari sesudah pelunasan pembelian.
  • Tidak mendapat asuransi pengangkutan.
  • Kerusakan produk akibat ekspedisi akan ditanggung oleh pembeli, terkecuali apabila ditambahkan kemasan pengamanan produk sesuai saran toko.

3. Merespon Pertanyaan Pengunjung Dengan Cepat

Salah satu trik agar Kamu berhasil menjadi seller terbaik di Bukalapak ialah selalu merespon pertanyaan pengunjung dengan cepat.

4. After Sales

Tetap berikan pelayanan sesudah transaksi pembelian, biasanya ini dinamakan sebagai proses after sales. Adapun after sales di sini yaitu bagian untuk mendukung agar berjualan lebih efektif. Sebenarnya faktor ini penting sekali, apalagi jika barang yang kamu jual terkait jasa. Jadi tetap responsif saat pembeli mengajukan beberapa pertanyaan mengenai produk yang sudah dibeli.

5. Menggunakan Fitur Push

Jika Kamu ingin menjadi penjual terbaik di Bukalapak, maka Kamu bisa memanfaatkan layanan atau fitur push. Kegunaannya yaitu untuk memasarkan barang dagangan agar ada di posisi pertama pada laman list produk di Bukalapak maupun berdasarkan hasil pencarian konsumen. Seller bisa membeli push dengan cara satuan yang dibanderol dengan harga Rp. 2 ribu per push.

Nah, itulah beberapa tips dan cara jualan di Bukalapak agar mendapat respon dari pembeli sekaligus membuat pembeli langsung memesan produk yang Kamu jual di Bukalapak. Selain itu, untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, Kamu juga bisa mengajukan cara gratis ongkir Bukalapak untuk penjual. Bagaimana, mudah bukan?

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019