Cara Ambil Uang di ATM BCA

Cara Ambil Uang di ATM BCA
Cara Ambil Uang di ATM BCA

Perbankan swasta paling terkenal di tanah air adalah PT Bank Central Asia. Beroperasi sejak tahun 1957, kantor pusatnya terletak di Jakarta. Perubahan nama Bank dilakukan pada tahun 1977 dan melekat hingga detik ini terus dipertahankan. Bahkan, sudah dipatenkan. Akhirnya, perusahaan mengeluarkan fitur ATM di 1990-an. Cari tahu, cara ambil uang di ATM BCA.

Baru-baru ini, ada seorang nasabah dari Bank BCA. Beliau bernama Hebbie Agus Kurnia yang terjerat kejadian buruk. Dimana, saldo yang tersimpan di dalam tabungannya tiba-tiba raib tanpa kejelasan pasti. Diketahui bahwa nominal yang dipermasalahkan tersebut capai angka Rp 135 juta. Hal tersebut, ternyata akibat adanya skimming. Oleh karena itu, diganti.

Read More

Ya, bukan oleh pihak kepolisian ataupun pengadilan. Melainkan, perusahaan Bank BCA ini yang mengganti biaya kerugian nasabahnya tersebut. Apakah nominalnya jadi berkurang? Jawabannya adalah tidak sama sekali. Soalnya, persentase penggantiannya hingga 100% atau diganti sesuai jumlah yang hilang. Memungkinkan, asalkan bukan karena kesalahan korban.

Cara Ambil Uang di ATM BCA

Cara Ambil Uang di ATM BCA
Cara Ambil Uang di ATM BCA

Cara Ambil Uang di ATM BCA Tanpa Kartu ATM

Kejadian tersebut, dapat juga menjadi ultimatum atau peringatan dini kepada diri kita sendiri. Dimana, kalian harus tetap waspada saat melakukan transaksi. Meskipun transaksinya berada di dalam ruangan. Terlepas dari tragedi skimming, nasabah juga harus selalu update terkait informasi terbaru yang sedang terjadi di berbagai perusahaan perbankan. Termasuk juga BCA.

Bertepatan dengan digelarnya sidang isbat terkait penetapan bulan suci Ramadhan. BCA ikut berikan pengumaman kalau m-banking yang sempat bermasalah kini sudah pulih kembali. Ini, tentu disambut dengan gembira oleh para nasabah yang kebingungan ketika BCA Mobile itu mengalami error. Gangguannya, terjadi di tanggal 2 Maret, 2022. Tapi, user bisa pakai ATM.

Cara ambil uang di ATM BCA tanpa kartu ATM. Metode cardless yang kini digemari oleh masyarakat, sebenarnya bukan hal baru lagi. Kalau kalian suka menonton drama korea, pasti sudah tidak asing dengan smartphone yang digunakan sebagai alat pembayaran. Bahkan, user juga dapat menerapkannya untuk membayar biaya transportasi publik. Bila di BCA, ya ATM.

  1. Unduh aplikasi BCA Mobile dan aktivasi akun kalian masing-masing
  2. Di laman utama, pilih menu “Cardless
  3. Klik opsi “Tarik”
  4. Klik salah satu sumber dana penarikan tunai. Lalu, isi besar nominal yang akan kalian tarik dari rekening
  5. Masukkan PIN m-BCA, agar kalian dapat menerima kode transaksi dengan jumlah 6 digit
  6. Mulai beralih ke mesin ATM BCA
  7. Klik menu “Transaksi Tanpa Kartu” yang terdapat di layar mesin ATM BCA
  8. Lengkapi nomor HP yang terdaftar sebagai pengguna dari BCA Mobile
  9. Lanjutkan dengan memasukkan sejumlah 6 digit kode yang telah diperoleh sebelumnya untuk transaksi
  10. Silahkan kalian tarik uang tunainya dari mesin ATM tersebut.

Hal serupa dapat kamu terapkan juga di berbagai mesin ATM dari bank lainnya. Akan tetapi, kode transaksi yang kalian terima dari BCA Mobile ini hanya berlaku selama 1 jam saja. Bila sudah melampaui waktu yang telah ditentukan, maka harus diulangi lagi tahapan tersebut dari mulai membuka aplikasi. Cardless, sangat membantu nasabah yang memiliki mobilitas tinggi.

Cara Ambil Uang di ATM BCA Cardless

Berikutnya, kalian juga dapat melakukan setoran tunai melalui ATM BCA. Lebih praktis, dan pastinya tidak perlu sampai mengantre di kantor cabang. Adapun satu benda yang wajib user siapkan untuk menerapkan layanan satu ini, yaitu kartu debit. Soalnya, kartu tersebut berguna agar mesin dapat mendeteksi nasabah yang mengoperasikannya. Tapi, bisa juga tanpa kartu .

Cara ambil uang di ATM BCA cardless dapat kalian simak penjelasannya di atas. Sedangkan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara yang tepat untuk lakukan setor tunai di mesin ATM tanpa menggunakan kartu debit. Akan tetapi, kamu perlu menemukan mesin Anjungan Tunai Mandiri yang memang ada fitur untuk setor tunainya. Berikut tahapan pelaksanaannya:

  • Buka aplikasi BCA Mobile kalian di smartphone
  • Pilih menu “Cardless” di bagian homepage dari aplikasinya
  • Lalu, klik opsi “Setor”. Kemudian, tentukan nomor rekening yang dituju sebagai penerima dari setoran tunai
  • Masukkan kode PIN m-BCA untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya
  • Tunggu beberapa saat, sampai aplikasi mengirimkan 6 digit kode untuk lakukan transaksi
  • Temukan di sekitar lokasi tempat tinggal kalian, mesin ATM BCA yang support dengan fitur setor tunai mandiri
  • Klik menu “Transaksi Tanpa Kartu atau Cardless
  • Lengkapi data berupa nomor HP yang kalian gunakan ketika melakukan aktivasi m-BCA, serta 6 digit dari kode transaksi
  • Masukkan uang tunai kalian ke dalam mesin. Pastikan tidak ada yang terlipat dan gmabar disejajarkan pada setiap lembaran rupiahnya
  • Setelah memastikan jumlah uangnya sesai dengan yang tertera di layar mesin ATM, langsung pilih “OK”
  • Proses setor tunai non-kartu telah selesai.

Selain membantu memudahkan kegiatan transaksi yang dilakukan oleh nasabah. Fitur satu ini juga tidak akan membuat kalian rugi karena biaya administrasinya 0 rupiah. Buat kamu yang masih terbiasa dengan cara manual, sebaiknya langsung saja kunjungi kantor cabang terdekat dari Bank BCA di daerah tempat tinggalmu. Tapi, buat yang penasaran. Coba deh metodenya.

1. Mencegah Tindakan Kriminal

Kejadian tidak menyenangkan yang seringkali menimpa nasabah, yaitu ketika kartu ATMnya diambil oleh orang lain. Hal ini, dapat kalian tingkatkan lagi pencegahannya melalui metode cardless. Semakin gerak-gerik transaksimu tidak terlihat oleh orang di sekitar. Maka, kamu jadi lebih merasa aman. Soalnya, tidak ada fisik seperti kartu yang memancing niat pencuri.

2. Tidak Perlu Takut Kartunya Rusak

Terkadang, namanya manusia sering lupa atau asal-asalan ketika meletakkan barang miliknya. Alhasil, karena hal tersebut membuat kartu ATM kalian mengalami kerusakan. Biasanya nih, pada bagian chip card yang melekat di card body. Sehingga, menuntut pengguna untuk ganti kartunya dengan yang baru ke kantor cabang bank. Kalau cardless, tinggal pakai m-BCA saja.

3. Teknologi Terkini

Mau tidak mau, masyarakat harus mengikuti perkembangan teknologi yang hadir di dunia. Ini, dapat terlihat dari semakin tingginya pemanfaatan alat dibandingkan dengan tenaga manusia. Ya, smartphone saja terus berkembang. Ada yang namanya teknologi NFC untuk mendeteksi kartu yang ditempelkan ke bagian belakang hp. Bedanya, ATM BCA bisa cardless pakai apk.

4. Transaksi Cepat

Buat kamu yang dituntut mengerjakan segala sesuatu dalam waktu yang cepat. Pas banget nih, kebetulan kalian bisa request kode transaksinya sambil berjalan menuju ATM BCA terdekat buat transaksinya. Tinggal klik tombol menu yang ada di layar mesin. Apply kodenya, tunggu beberapa saat sampai sistem selesai memproses data yang telah di-input. Tarik atau setor, oke.

5. Aplikasi di Kehidupan yang Mudah

Kalian yang merasa dirinya gaptek. Tenang, kamu tidak sendirian. Karena, memang seperti itulah hal yang dirasakan oleh mereka yang lahir di generasi ketika komputer saja jadi barang mewah dan menakjubkan. Desain yang ada di non-kartu ini, sangat cocok diaplikasikan oleh semua orang yang ingin beralih dari metode manual. Lebih praktis, dan mudah dipraktekan.

Sekian penjelasan mengenai cara ambil uang di ATM BCA pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di pembahasan berikutnya. Selamat menjalani ibadah puasa, dan tetap semangat!

Related posts