Cara Cek RAM HP OPPO

Cara cek RAM Hp OPPO penting sekali untuk diketahui, bagi Kamu yang ingin membeli HP Oppo baru ataupun Oppo bekas. Di samping itu, cara ini juga dapat dijadikan sebagai patokan untuk mengetahui penyebab kinerja Hpmu lemot.

Oleh karena itu, wajib untuk mengecek RAM Hp Oppo yang Kamu pakai saat ini. Sehingga dapat dijadikan sebagai referensi guna meningkatkan kecepatan atau kinerja ponselmu saat dipakai.

Read More

Karena kehadiran RAM sendiri adalah hal terpenting untuk menentukan performa ponsel, sehingga Kamu bisa mengetahui apakah Hp-mu  masih bisa digunakan untuk menjalankan game atau aplikasi lainnya yang kapasitasnya lebih berat ataukah tidak.

Oke, bagi Kamu yang hendak membeli HP Oppo baru atau bekas, maka Kamu bisa mencoba cara cek RAM Hp Oppo berikut!

Cara Cek RAM Hp Oppo

Cara Cek RAM Hp Oppo
Mengecek RAM Hp Oppo

Mengecek RAM HP Oppo Terbaru

Jika Kamu hendak membeli Hp Oppo terbaru, ada beberapa cara mengecek RAM HP Oppo baru yang bisa Kamu gunakan, di bawah ini :

1. Cek Spesifikasi RAM Hp Oppo Melalui Box Bawaan

Kamu bisa cek spesifikasi RAM HP Oppo melalui box bawaan saat Kamu baru membeli Hp Oppo. Di sana akan tertera beberapa spesifikasi Hp, seperti layar, kamera, hingga besarnya kapasitas RAM di kotak atau box ponsel yang dibeli.

Terkait:  Cara Cek Kartu Indosat

Namun jika Kamu kehilangan atau tidak menyimpan box tersebut, cara ini tentu tidak bisa dilakukan. Tapi metode ini hanya bisa dilakukan bagi Kamu yang ingin mengecek kapasitas RAM saat memilih Hp Oppo baru.

2. Cek Spesifikasi RAM Hp Oppo via Web Resmi

Jika cara di atas tidak bekerja, maka Kamu  bisa memakai alternatif cara cek RAM Hp Oppo lainnya dengan mengunjungi website resmi dari Oppo. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

  • Silahkan buka Hp Oppomu.
  • Lalu buka web browser yang biasa digunakan di perangkatmu.
  • Jika sudah Kamu bisa membuka link website resmi Oppo di sini!
  • Nah, jika Kamu sudah memasuki laman utama web resmi Oppo, Kamu bisa pilih jenis/tipe ponsel Oppo yang ingin dilihat.

Setelah melewati tahapan-tahapan di atas, Kamu pun akan melihat spesifikasi lengkap Hp Oppo yang Kamu cari beserta kapasitas RAM-nya.

Mengecek RAM HP Oppo yang Tersisa

Cara mengecek RAM HP Oppo berikutnya bisa dilakukan apabila Kamu membeli Hp bekas atau memang ingin mengecek besarnya RAM yang tersisa di Hpmu. Ada beberapa cara cek sisa RAM Hp Oppo yang bisa Kamu terapkan. Jika penasaran, silahkan ikuti panduan lengkapnya di bawah ini!

1. Cek Sisa RAM Hp Oppo Melalui Menu Setting

Cara cek RAM Hp Oppo yang pertama bisa dilakukan melalui menu setting atau pengaturan ponsel. Berikut ulasannya :

  • Silahkan ambil Hp Oppo lalu masuk ke menu Pengaturan Hp.
  • Jika sudah, Kamu bisa masuk atau pilih “Tentang ponsel”.
  • Selanjutnya geser ke menu notifikasi atau keterangan kapasitas RAM yang tersisa beserta memori internal di ponselmu.

Jika Kamu masih kebingungan dengan cek sisa RAM Hp Oppo di atas, Kamu bisa memilih cara lainnya di bawah ini!

2. Cek Sisa RAM Hp Oppo Melalui Tombol Menu

Selain melalui menu “Setting” di Hp, Kamu juga bisa menggunakan tombol menu. Berikut cara cek RAM Hp Oppo dengan menggunakan tombol menu di bawah :

  • Pertama-tama silahkan buka HPmu, lalu pilih “Tombol Menu” terletak di sebelah kiri yang ditandai dengan ikon persegi.
  • Jika Kamu sudah menekan “Tombol Menu” tadi, selanjutnya Kamu akan melihat sisa RAM dari pemakaian aplikasi yang sudah dijalankan.
Terkait:  Cara Connect Netflix ke TV

Setelah mengetahui informasi tentang kapasitas RAM yang tersisa di Hp Oppo-mu, maka Kamu bisa menambah kapasitasnya dengan mengklik ikon X di layar ponselmu. Jika sudah, kapasitas RAM yang tersisa di Hpmu juga akan bertambah sebab semua aplikasi yang dijalankan akan tertutup.

Nah, jika RAM di Hpmu sudah longgar, Kamu pun bisa menikmati game-game atau aplikasi berat lagi dengan nyaman tanpa kendala.

3. Cek Sisa RAM Hp Oppo Memakai Aplikasi Device Info

Cara cek sisa RAM HP Oppo alternatif lainnya ialah dengan memakai aplikasi pihak ketiga. Kamu bisa mengunduh salah satu aplikasi pengecekan RAM di Google Play Store, seperti Device Info. Berikut ulasannya :

  • Pertama-tama silahkan buka aplikasi Google Play Store di perangkatmu.
  • Jika sudah, silahkan cari aplikasi “Device Info” di kolom pencarian Play Store.
  • Selanjutnya, Kamu akan ditampilkan informasi mengenai aplikasi tersebut secara detail berikut rank penggunaan aplikasi yang dinilai oleh para pengguna/pengunduhnya.
  • Silahkan unduh dan install aplikasi Device Info tadi di ponselmu.
  • Apabila aplikasi tersebut sudah terpasang, selanjutnya buka aplikasi.
  • Tekan di menu atau tab RAM.

Dari sini, Kamu bisa mengetahui kapasitas RAM di Hp Oppo kesayanganmu. Bagaimana mudah, kan?

4. Cek Sisa RAM Hp Oppo via Aplikasi CPU-Z

Selain cara cek RAM Hp Asus, Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi CPU-Z di Hp Oppo untuk mengetahui kapasitas RAM yang tersisa. Cara cek RAM Hp Oppo menggunakan aplikasi CPU-Z sama saja seperti poin di atas, yaitu berikut ini :

  • Kamu bisa cari aplikasi CPU-Z di Hp Oppo kesayanganmu, tepatnya di aplikasi Play Store.
  • Jika sudah ketemu, selanjutnya download kemudian pasang di Hpmu.
  • Setelah itu, buka aplikasinya dan geser ke sebelah kanan.
  • Kamu akan masuk ke menu Device.
  • Nah, dari sinilah Kamu akan melihat kapasitas free RAM Oppo secara realtime. Dengan demikian Kamu dapat mengontrol aplikasi apa saja yang akan di tutup atau dibuka.
Terkait:  Cara Cek Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan

Itulah langkah-langkah cara cek RAM Hp Oppo yang bisa Kamu coba. Jika Kamu sudah menerapkan panduan di atas dengan baik, Kamu pun bisa melihat jumlah RAM yang tersisa di Hpmu sekaligus Kamu bisa memutuskan untuk meningkatkan kapasitas RAM di Hp dengan menghentikan beberapa aplikasi yang tak digunakan tapi masih berjalan di Hpmu.

Cara Meningkatkan Kapasitas RAM HP Oppo

Selain menghentikan aplikasi yang tidak terpakai, Kamu juga bisa meningkatkan RAM Hp-mu melalui panduan cara berikut ini :

  • Silahkan buka opsi settings atau pengaturan di ponsel Oppo-mu, kemudian silahkan pilih “About Phone”.
  • Jika sudah, silahkan klik hingga 7 kali di Nomor Bentukan sampai ada pemberitahuan yang bertuliskan bahwa “Anda telah jadi pengembang”.
  • Lalu masuk lagi ke menu setting dan pilih opsi Develooper Option, silahkan cari lalu pilih kembali “Background Process Limit”.
  • Selanjutnya ubah pengaturan sampai Tak ada lagi proses Latar Belakang/Background
  • Selesai, dan kini kapasitas RAM Hp Oppomu sudah kembali longgar.

Akan tetapi, sebagai catatan tak semua Hp Oppo daapt melakukan hal demikian. Sebab hanya smartphone Oppo baru saja yang dapat melakukannya.

Cara cek RAM Hp Oppo di atas dapat dipakai untuk semua tipe smartphone Oppo. Termasuk untuk Hp premium dari Oppo F1 hingga F5. Semoga tutorial di atas bisa membantumu memecahkan masalah pengecekan kapasitas RAM di Hp Oppo baru atau bekas. Selamat mencoba!

Baru Diulas:

Related posts