Cara Menambahkan Link di Bio Tiktok

Cara Menambahkan Link di Bio Tiktok

Penting bagi pengguna tiktok memiliki link di bio tiktok, hal tersebut memungkinkan pengguna agar lebih di kenal lagi oleh para followers nya. Apalagi jika kalian seorang konten kreator atau yang memiliki bisnis sendiri dan ingin memperluas jangkauan bisnis. Dengan cara menambahkan link di bio Tiktok bisa menjadi salah satu strategi marketing yang efektif agar bisnis kalian bisa dijangkau oleh pengguna lebih luas.

Mengingat Tiktok sudah memiliki banyak pengguna, bahkan bisa menandingi popularitas Facebook dan media sosial lainnya. Selain itu, Tiktok saat ini bukan hanya sekedar sebagai media sosial untuk postingan sehari-hari saja.

Karena kini Tiktok sudah berkembang keperluannya untuk sektor bisnis. Ada banyak pelaku bisnis yang mengembangkan jaringannya dengan memakai media Tiktok. Sebab Tiktok saat ini sudah dapat dijadikan sebagai media untuk mempromosikan produk dengan mudah dan mampu menjangkau lebih banyak calon customer.

Sehingga dengan cara ini, calon pembeli bisa dengan mudah cek produk baik barang maupun jasa yang diperdagangkan melalui tiktok ini. Akan tetapi, hanya menampilkan produk saja tentu tidak cukup. Karena kalian juga harus melengkapinya melalui tambahan berbagai profil bisnis yang harus di sematkan pada bio tiktok.

Selain harus melengkapi bio tentang perusahaan, kalian juga dapat menyematkan link pada bio Tiktok untuk membuat penasaran para calon pembeli. Sehingga mereka, bisa langsung mengklik link tersebut, ketika tertarik dengan produk yang kalian tawarkan.

Link yang dimaksud di sini sebenarnya cukup luas bukan hanya produk saja. Akan tetapi, jika link tersebut merupakan pofil kalian dalam bentuk website maka sudah pasti orang lain akan lebih mengenal profil kalian lebih lengkap.

Cara Menambahkan Link di Bio Tiktok

Cara Menambahkan Link di Bio Tiktok
Tutorial Menambahkan Link di Bio Tiktok

Penjelasan di atas menunjukkan bahwa kini media sosial Tiktok banyak dimanfaatkan untuk berbisnis. Jika kalian hanya ingin menyematkan link yang bisa terdirect ke media sosial lainnya masih bisa dilakukan. Yang paling penting link tersebut merupakan link valid.

Contoh lain lagi jika kalian seorang Youtuber yang memposting video-video menari, maka bisa menyematkan link channel Youtube pada tiktok. Begitupun dengan contoh lainnya yang berhubungan dengan profesi atau hanya sekedar ingin memperlihatkan sesuatu melalui link yang di sematkan pada bio tiktok.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa tutorial cara menambahkan link di bio Tiktok berikut :

1. Mengalihkan Akun Tiktok Biasa ke Akun Bisnis

Langkah pertama untuk memasukkan link ke tiktok adalah harus mengalihkan terlebih dahulu akun biasa menjadi akun bisnis. Caranya cukup mudah, yaitu :

  • Buka terlebih dahulu aplikasi tiktok dengan menggunakan akun sendiri.
  • Setelah terbuka, masuk pada menu settings lalu pilihlah settinggs and privacy.

  • Setelah itu pilih opsi Manage Account.

  • Lalu dilanjut dengan mengubah akun biasa ke akun bisnis dengan cara switch to Business Account.

  • Konfirmasi permintaan tersebut dan seketika itu juga akun biasa sudah beralih menjadi akun bisnis.

Pengalihan akun biasa ke akun bisnis merupakan syarat wajib jika ingin menyematkan link bio di tiktok. Oleh karena itu, ikuti petunjuknya di atas agar bisa masuk ke tahapan selanjutnya.

2. Masukkan Link Pada Bio Tiktok

Cara menambahkan link di Bio Tiktok berikutnya adalah kalian tinggal memasukkan link di bio tiktok saja. Simak tutorialnya di bawah ini :

  • Pada menu profil, silakan untuk klik edit profil terlebih dahulu.
  • Di bagian tersebut akan ada beberapa pengaturan untuk menambah atau mengganti sesuatu yang berkaitan dengan data pribadi atau bisnsi. Di antara isian tersebut terdapat isian ‘Website’. Silakan cari bagian tersebut.

  • Untuk menambahkannya, kalian cukup klik ‘add your website’.

  • Isikan link website kalian dengan memasukkan link yang valid. Perlu diketahui jika ingin memasukkan link yang valid maka harus di awali dengan www. Sebagai contoh jika ingin memasukkan link Wigatos maka tuliskan seperti ini : www.wigatos.com.
  • Apabila sudah selesai menulis link pada kolom yang tersedia, langkah terakhir tinggal konfirmasi. Dengan begitu maka link yang kalian masukkan tersebut sudah masuk pada bio tiktok.

Isi Kolom Lainnya Pada Bio Tiktok

Untuk mengoptimalkan bio tiktok, selain menyematkan link website, juga isi kolom-kolom lainnya, seperti :

1. Nama

Pastikan agar pengisian nama harus yang menjual dan unik, karena yang paling utama nama dari sebuah akun tiktok yang paling mudah di ingat.

2. Username

Username merupakan nama unik juga yang nantinya bisa kalian gunakan untuk masuk ke akun tiktok dengan menggunakan username tersebut. Atau bisa juga menyematkan link tiktok kalian pada media sosial lainnya dengan menggunakan username. Jadi, ketika orang lain klik link tiktok akun kalian, akan langsung mengarah pada tiktok milik kalian.

Sebagai contoh, jika username yang kalian masukkan adalah wigatos. Lalu jika ingin memberikan link kepada orang lain agar bisa langsung melihat akun tiktok kalian maka tinggal berikan link seperti ini : www.tiktok.com/@wigatos.

3. Bio

Kolom ini digunakan untuk mengisi profil secara umum mengenai diri kalian, atau jika tiktok digunakan untuk berbisnis maka tinggal tuliskan bisnis yang sedang kalian jalani pada bio tersebut.

Perlu diingat bahwa kolom bio ini memiliki keterbatasan karakter, sehingga pengisian bio diharapkan harus singkat, jelas, dan padat.

4. Website

Bagian ini sudah dijelaskan sebelumnya,termasuk cara pengisian link pada kolom ini yang diharapkan orang lain bisa membuka link yang kalian sematkan. Dengan demikian, akan terdirect secara otomatis pada website yang kalian sematkan tersebut.

5. Email

Isilah kolom ini untuk lebih memperkenalkan diri kalian. Nantinya jika ada orang lain yang penasaran ingin mengetahui lebih dalam baik itu untuk urusan bisnis atau urusan lainnya bisa menghubungi kalian dengan menggunakan surat elektronik ini.

6. Nonprofit

Kolom ini digunakan jika kalian memiliki sebuah organisasi di mana harus di sematkan pada kolom ini agar publik tahu. Akan tetapi, untuk kolom nonprofit ini tidak terlalu wajib. Dengan kata lain, jika tidak di isi pun tidak akan berpengaruh nyata pada tujuan awal dari kelengkapan bio tiktok yaitu ingin memperkenalkan diri lebih dalam kepada followers.

Itulah beberapa kolom isian yang wajib kalian isi, selebihnya biarkan orang lain untuk mencari tahu sendiri profil yang kalian buat.

Bagaimana Mengoptimalkan Link di Bio Tiktok?

Kembali ke topik utama mengenai link yang di sematkan di tiktok. Pertanyaan yang muncul jika link sudah di sematkan namun traffic pengunjung tidak berubah secra signifikan. Pertanyaannya, bagiamana cara mengoptimalkan link di bio tiktok?

Cara yang paling mudah dilakukan bagi pelaku bisnis atau para konten kreator adalah dengan menggunakan bantuan website lainnya seperti Linktree. Dengan menggunakan linktree maka orang lain bukan hanya bisa klik website yang ingin dikunjungi saja, melainkan bisa berinteraksi yang kalian arahkan ke media sosial lainnya atau mempersiapkan nomor Whatsapp bisnis di dalam situs linktree tersebut. Dengan demikian, maka orang lain akan terdorong untuk melihat website kalian.

Jika ingin menggunakan linktree. Pertama-tama masuk terlebih dahulu pada situs resminya yaitu linktr.ee. Lalu selanjutnya ikutilah petunjuknya.

Demikian ulasan cara menambahkan link di Bio Tiktok dengan mudah yang bisa kalian coba. Semoga bermanfaat!

Related posts