Cara Jadi Selebgram

Instagram kini sudah hadir sebagai aplikasi sosial media kekinian da sangat populer. Meskipun hanya aplikasi gratis, namun ternyata aplikasi Instagram bisa membuat seseorang menjadi selebritis terkenal. Selebritis instagram itulah yang dinamakan sebagai selebgram. Bagaimana cara jadi selebram itu sendiri?

Sebutan selebgram sendiri tidak lain merujuk pada pengguna Instagram yang memiliki ribuan hinga jutaan followers yang following-nya lebih sedikit daripada followers yang mereka miliki.

Selain mengandalkan followers berlimpah, tapi para selebram tersebut sekalinya membagikan video atau foto pasti akan selalu digandrungi oleh banyak comments dan likers. Inilah yang menjadikan pemilik akun IG menjadi elbih terkenal meskipun selebgram sendiri bukanlah idola atau artis yang sering muncul di televisi.

Melalui banyaknya likers, follower serta komentar tersebut itulah tak heran jika para selegram mempunyai banyak fans. Selain itu, tahukah Kamu jika menjadi selebgram tak hanya dapat memiliki fans semata? Jika Kamu menjadi selebram, maka Kamu dapat meraup banyak keuntungan hingga jutaan rupiah melalui banyaknya tawaran barang-barang atau produk endorse.

Para penjual biasanya meminta selebram untuk memasarkan produk dagangan untuk kemudian di upload ke dalam akun Instagram oleh Selebgram. Sehingga jika kamu menjadi seorang selebgram, maka Kamu dapat memasang tarif harga tertentu untuk bisa mempromosikan produk dagangan.  Namun untuk menjadi seorang selebgram serta mendapatkan endorse sendiri cukup sulit dilakukan.

Cara Jadi Selebgram

Cara Jadi Selebgram
Menjadi Selebgram Terkenal

Menjadi Selebgram terkenal

Jika Kamu berminat menjadi seorang selebram, Kamu harus memperhatikan banyak hal di bawah ini. Berikut kita akan bagikan beberapa trik dan tips menjadi selebgram terkenal. Akan tetapi, Kamu harus ingat bahwa tak ada yang namanya hasil yang cepat dan instan. Ini artinya, untuk menjadi selebgram Kamu tidak bisa langsung sehari atau dua hari begitu saja :

1. Punya Akun Media Sosial Lain Selain Instagram

Cara jadi selebgram pertama ialah Kamu harus mempunyai akun sosial media yang lain selain akun IG. Lebih baik lagi jika Kamu mempunyai platform sosial media lainnya yang lebih banyak, seperti Twitter, Faceboo, Path, Linkedln, dan lainnya.

Di samping itu, akan lebih baik jika Kamu mempunyai akun Youtube. Kenapa? karena Instagram adalah platform medsos yang gampang terhubung oleh platform meedia sosial yang lainnya, baik itu Path, FB, Linkedln dan lain sebagainya. Apabila kamu mempunyai semuanya, secara otomatis teman-teman yang ada di akun media sosial yang lain akan tahu akun IG-mu.

Hal tersebut juga tentu saja sangat menguntungkan untuk menambah followers dan likers di akun IG yang Kamu miliki. Di samping itu, bisa saja temanmu membagikan hasil unggahan ke media sosial yang lainnya.

2. Unggah Foto Berkualitas

Cara menjadi selebram selanjutnya, Kamu harus tetap memperhatikan kualitas gambar/foto yang di uploadi. Kenapa? karena aplikasi Instagram sendiri biasanya memungkinkan para penggunanya agar terus update, baik update video maupun foto.

Inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk menjadi followers ataupun yang ingin nge-like. Biasanya akan ada banyak orang tertarik melakukan like foto jika foto tersebut berkualitas, enak dilihat dan warnanya cocok.

Ini artinya, Kamu harus mempunyai ilmu fotografi dasar. Dengan pengetahuan fotografi mendasar, paling tidak Kamu bisa membuat video atau foto berkualitas dan dapat menarik perhatian orang banyak.

3. Membuat Profil Semenarik Mungkin

Sebenarnya poin ketiga ini masih ada kaitannya dengan poin kedua, dimana selain Kamu harus mengunggah foto-foto yang berkualitas, Kamu juga wajib membuat profil akun IG menarik. Selain itu, harus membuat orang tertarik untuk mengikuti atau menjadi followers akun IG-mu.

Kamu dapat menuliskan bio menarik pada akun IG milikmu atau bisa juga mengatur semua foto yang di upload supaya terlihat menarik dan rapih jika orang-orang mulai membuka profilmu. Hal tersebut tentu saja memberikan daya tarik yang bisa membuat IG milikmu dibanjiri banyak likers dan followers.

4. Buat Deskripsi Foto yang Menarik

Cara jadi selebgram terkenal lainya, di samping foto yang Kamu upload harus menarik dan berkualitas, Kamu juga perlu menuliskan caption atau deskripsi di foto tersebut melalui kata-kata menarik. Kamu bisa menuliskan deskripsi atau caption yang menggambarkan tentang dirimu sendiri sekaligus maksud dari upload foto tersebut.

Silahkan buat deskripsi menarik, singkat, jelas dan padat. Seringkali para followers merasa tertarik dengan deskripsi yang ditampilkan. Selain itu, kamu juga bisa mencantumka kontakmu demi kepentingan endorsement.

5. Memilih Hashtag yang Sesuai

Kamu juga perlu memperhatikan tagar atau hashtag yang ingin digunakan. Selain itu, pastikan pula hashtag atau tagar yang Kamu cantumkan ialah hashtag yang sesuai berikut sesuai foto yang di upload.

Selain itu, hashtag yang Kamu pakai akan berpengaruh terhadap pencarian di akun IG. Apabila hashtag yang dicantumkan sesuai, secara otomatis unggahan foto yang Kamu posting akan gampang terdeteksirang lain. Apabila banyak orang menyukainya, maka kemungkinan besar jika orang tersebut dapat menjadi followers sekaligus likers sejatimu.

6. Jadwal Posting

Cara menjadi selebgram populer lainnya ialah dapat mengatur jadwal postingan atau unggahan foto maupun video dalam akun IG. Sebaiknya ketahui siapa saja pengikut yang kamu miliki pada akun instagram. Apabila para fans atau followersmu kebanyakan anak sekolahan, sebaiknya unggah di waktu yang tepat. Misalnya Kamu mengunggah postingan di sore hari atau malam hari saat anak sekolahan pulang sekolah.

7. Dilarang Melakukan Spam Hashtag

Sesudah Kamu menemukan hashtag, maka Kamu tak perlu lagi harus menabahkan hashtag yang lainnya supaya foto yang diunggah mejadi lebih mudah dicari di pencarian Instagram.

Dengan banyaknya hashtag yang kamu buat, tentu saja membaut banyak orang justru semakin enggan dan malas untuk melihat foto. Selain itu, mereka juga secara otomatis merasa enggan mengetuk follow button pada profil IG milikmu.

8. Memakai Aplikasi Pendukung

Guna memudahkanmu sebagai seorang selebgram, Kamu tidak hanya sekedar memerlukan followers semata. Sebab selebram juga memerlukan beberapa perangkat aplikasi pendukung.

Misalnya saja, selebgram memerlukan aplikasi foto editing, karena tanpa aplikasi ini para selebgram menjadi kesulitan untuk membuat foto kekinian dan memiliki nilai estetik. Di samping aplikasi foto editing, Kamu juga memerlukan aplikasi untuk mengatur jadwal postingan akun IG.

9. Memberikan Kesan Positif Untuk Para Followers

Cara jadi selebgram terpenting lainnya ialah harus memberikan kesan yang positif kepada para followers IG. Jika Kamu ingin terkenal sebagai seorang selebgram, tentu saja Kamu harus tenar sebagai selebgram yang baik dan bukan terkenal dari segi negatif.

Berikan respon bagi followers yang telah mengomentari postinganmu dengan cara positif agar para followers tertarik menjadi fans sejatimu. Adapun cara yang sudah terbukti efektif dalam meningkatkan ikatan positif bersama para followers, yaitu memakai software Activfans.com. Aplikasi ini memiliki cara kerja yang sangat mudah, serta semuanya tentu saja serba otomatis.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019