Cara Jadi Importir

Bagaimana sih cara jadi importir? Ya, banyak orang yang tertarik menjadi importir mengingat profesi ini bisa dikatakan sangat menjanjikan. Hanya saja, tidak sedikit pula yang awam dengan proses dan cara menjadi importir. Meskipun caranya tidak sesulit seperti cara ekspor barang, masih banyak orang yang belum mengetahui prosedur impor barang dengan baik. Sebenarnya sudah banyak yang membuktikan kesuksesan menjadi importir barang, khususnya importir barang dari China. Mengingat produk-produk dari China sendiri terkenal berharga murah dengan kualitas yang tetap terjaga.

Alasan Menjadi Importir

Bagi yang masih awam tentang proses import dan eksport barang, tentu masih bingung sebenarnya apa sih keuntungan menjadi importir itu sendiri? Ya, menjadi importir adalah hal yang kini sudah banyak dilakukan orang seiring perkembangan teknologi dan globalisasi. Entah itu, importir berskala rumahan maupun skala besar yang menjadikan persaingan bisnis lebih kompetitif.

Walaupun demikian, usaha impor sampai saat ini masih tetap bersinar. Bahkan sebaliknya, perkembangan internet dan teknologi digital yang kian inovatif menjadikan bisnis import semakin berkembang. Bahkan tak sedikit orang yang terus menggeluti bisnis import mengingat beberapa alasan berikut :

1. Mempromosikan Produk Baru dari Luar Negeri ke Pasar Dalam Negeri

Setiap negara tentu mempunyai sumber daya alam berebda, sehingga membuatnya menawarkan keunggulan tersendiri. Misalnya saja, di Indonesia masih belum bisa memproduksi sebuah produk mengingat keterbatasan sumber daya. Oleh karena itu, cara paling efektif ialah melakukan impor produk dari negara yang bisa menciptakan produk tersebut.

Sehingga produk yang sebelumnya masih belum diproduksi di Indonesia dapat diperkenalkan sekaligus dipakai di Indonesia melalui import.

2. Menekan Biaya Produksi

Walaupun Indonesia dapat memproduksi sebuah barang/produk, tapi dengan SDM dan biaya yang sama, ternyata negara lain dapat memproduksi barang yang dimaksud lebih efisien dan lebih banyak.

Inilah keunggulan yang membuat produk hasil produksi negara lain lebih terjangkau daripada produk serupa yang berasal dari tanah air atau dalam negeri. Inilah yang membuat sebagian orang lebih memilih impor sebab harganya lebih terjangkau dibandingkan memproduksi sendiri.

3. Menawarkan Barang Berkualitas

Di samping unik dan baru, kehadiran barang-barang impor biasanya menawarkan kualitas tinggi. Hal ini dikarenakan sumber daya dan teknologinya yang sudah lebih maju dibandingkan negara kita, sehingga negara lain khususnya China bisa memproduksi barang lebih berkualitas dan lebih baik.

Sehingga jika dilihat lagi banyak orang memulai usaha impor karena produk-produk dari negara lain biasanya mempunyai kualitas lebih tinggi tapi harganya tetap terjangkau. Belum lagi produk tersebut terbilang unik, sehingga memiliki posisi tersendiri di pasar dalam negeri.

4. Berbeda dari Produk Dalam Negeri

Kenapa banyak orang menyukai barang impor? Karena kebanyakan barang atau produk yang dihasilkan unik dan baru, sehingga dengan mengimpor barang tersebut kita berkesempatan besar menjadi pelopor sekaligus dapat menguasai pasar yang ada di dalam negeri.

Cara Jadi Importir

Cara Jadi Importir
Menjadi Importir Sukses

Syarat Menjadi Importir

Jika Kamu tertarik menjadi importir, ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi agar Kamu dapat melakukan aktivita simportir sekaligus dapat meminimalisir terjadinya hambatan selama pengiriman.

Berikut syarat cara jadi importir barang yang harus dilengkapi  :

  • Sudah mempunyai perusahaan berbadan hukum yang dilengkapi oleh akte pendirian perusahaan, surat keterangan domisili usaha, NPWP, SIUP dan dokumen penting perusahaan lainnya.
  • Mempunyai Nomor Kepabeanan dan Nomor Surat Registrasi Usaha yang didapatkan jika telah melakukan pendaftaran ke Bea Cukai.
  • Memiliki dokumen API beserta nomor registrasi importir dari pihak Kemendagri atau Depdagri.
  • Dokumen API yang dibutuhkan untuk importir pada umumnya.
  • Dokumen API yang dibutuhkan bagi importir produsen dengan pabrik.

Semua dokumen tersebut di atas harus sudah dilengkapi jika Kamu tertarik menjadi importor, agar proses pengiriman produk dari luar neger ke dalam negeri lebih lancar tanpa hambatan. Di samping itu, Kamu juga harus memperhatikan produk yang akan diimpor. Jadi, jangan sampai Kamu menjual produk yang ilegal alias terlarang.

Menjadi Importir Bagi Pemula

Jika Kamu sudah memenuhi semua ketentuan dan syarat jadi importir di atas, kini Kamu bisa mengikuti cara jadi importir untuk pemula hingga profesional berikut ini :

1. Cari Partner Usaha yang Terpercaya Dari luar Negeri

Jika Kamu telah menyelesaikan persoalan legalitas serta sudah mendirikan  bisnis importir secara legal, Kamu harus mencari partner bisnis yang dapat diajak untuk bekerja sama. Cara jadi importir yang handal tentu saja harus membeli produk dari produsen secara langsung yang akan dijadikan sebagai mitra bisnismu.

Ada banyak keuntungan jika Kamu bermitra dengan produsen sebuah produk di luar negeri. Keuntungan pertama, Kamu akan memperoleh informasi terupdate mengenai produk-produk mereka. Keuntungan yang kedua, Kamu akan memperoleh paket harga secara khusus. Selain itu, Kamu dapat memperoleh akses khusus misalnya berupa promosi, garansi, hingga produk limited edition.

Dengan demikian, tak menutup kemungkinan usaha importirmu menghadikan lebih banyak pelanggan.

2. Menyediakan Layanan Customer yang Baik

Selain menghadirkan produk berkualitas, cara jadi importir handal berikuktnya ialah menyediakan layanan customer dengan baik. Pastikan kontak bisnismu mudah dihubungi oleh pelanggan. Jika hal ini terpenuhi, maka usahamu bukan tak mungkin bisa membuat pelanggan atau customer lebih betah karena merasa nyaman membeli produk import dari jasa importir Kamu.

Sebagai alternatif, Kamu dapat membuat website khusus, atau akun media sosial untuk membuka layanan kontak. Dengan kemudahan customer berkonsultasi atau berkomunikasi denganmu sebagai importir,  maka layanan bisnismu akan dikenal baik oleh pelanggan.

3. Menawarkan Jasa Pre Order dan Jasa Titip Beli

Jika Kamu mempunyai akses beli yag mudah dari mancanegara, maka Kamu bisa mencoba mmebuka usaha jasa pre order dan jasa titip beli produk impor. Dimana layanan yang satu ini akan sangat banyak diminati. Sebab tak semua orang mempunyai akses yang gampang untuk melakukan pembelian produk dari mancanegara. Namun sebagai importir, Kamu mempunyai dokumen serta backingan yang cukup agar bisa melakukan hal tersebut.

Dengan membuka bisnis sampingan ini, tentu saja bisa menjadi salah satu cara jadi importir mudah dan sukses. Apabila Kamu sudah memiliki banyak pelanggan, tentu saja Kamu tidak hanya mendapatkan pemasukan dari hasil penjualan produk import saja melainkan juga dari usaha jasa titip beli dan pre order ini.

4. Pemberian Garansi Bagi Pelanggan

Cara menjadi importir sukses berikutnya ialah tentu saja Kamu bisa memberikan garansi bagi para pelanggan. Tidak sedikit pembeli hanya mempercayai jasa importir yang menawarkan jaminan produk dagangannya. Seperti halnya produk KW yang sudah tersebar banyak di negara Indonesia serta seringkali membuat banyak pembeli merugi.

Agar dapat memastikan kepercayaan para konsumen, Kamu bisa memberikan garansi kepada konsumen. Dengan kata lain, jika produk yang Kamu tawarkan ternyata barang tiruan, kamu harus berani melakukan ganti rugi. Naun karena Kamu melakukan impor barang secara legal, garansi tersebut tentu saja belum tentu harus dibayarkan. Jadi tanda garansi sendiri bisa meyakinkan sekaligus membangun kepercayaan pembeli terhadap bisnis yang Kamu jalankan.

Nah, itulah beberapa cara jadi importir sukses yang bisa Kamu tiru agar bisnis importir yang Kamu jalankan berhasil meraih minat para pembeli. Menjadi importir memang cukup ribet, tapi jika Kamu konsisten dan serius menjalani bisnis ini bukan tak mungkin Kamu menjadi importir yang sukses!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019