Cara Jadi Blogger

  • Whatsapp

Cara jadi blogger sukses memang tidak sesederhana yang kita kira, tapi tidak menutup kemungkinan pula Kamu bisa menjadi blogger sukses yang menghasilkan banyak uang. Sebenarnya asal konsisten dalam mendesain atau membuat konten blog sebaik mungkin, sudah tentu Kamu bisa menjadi blogger profesional.

Apa yang Harus Dipersiapkan Untuk Menjadi Blogger?

Kamu harus tahu bahwa cara jadi blogger sukses itu tidaklah instan. Ada banyak  yang mesti dilakukan dan semuanya bisa Kamu coba secara bertahap. Selain itu, untuk memulai blog Kamu perlu mempersiapkan beberapa hal berikut ini :

1. Menentukan Tujuan Pembuatan Blog

Ketahui tujuanmu membuat blog adalah cara jadi blogger startup yang baik. Poin ini pastinya jangan pernah dilewatkan begitu saja. Dengan tujuan inilah, Kamu dapat mengetahui bagaimana Kamu akan membangun blog tersebut. Selain itu, Kamu juga harus tahu kemana arah blog yang Kamu buat tersebut akan dikembangkan.

Poin pertama ini penting, mengingat blog bukanlah aktivitas yang bisa dilakukan hanya dalam sehari dua hari baru bisa menunjukkan hasil. Untuk membuahkan blog yang profesional perlu dilakukan upaya yang terus menerus sampai membuat blogmu besar.

Selanjutnya, apa tujuanmu melakukan aktivitas blogging? Pastikan tujuanmu membuat blog ialah untuk meningkatkan kemampuan menulis, memperoleh penghasilan sampingan secara online dan berbagi informasi bersama orang lain.

2.  Menentukan Topik

Cara menjadi blogger kedua yaitu menentukan topik atau niche blog yang ingin dibuat. Kita tahu bahwa ada banyak topik yang dapat dipilih untuk sebua blog. Tapi bukan berarti Kamu dapat membahas keseluruhan niche atau topik tersebut dalam satu blog alias membuat blog campuran.

Terkait:  Cara Jadi Official Store di Tokopedia

Kamu hanya perlu memilih satu topik saja untuk blogmu. Kemudian, silahkan kembangkan topik blog tersebut dalam jangka panjang. Sebaiknya pilih topik sesuai dengan keahlian dan minat yang Kamu miliki. Sehingga Kamu tidak jenuh saat mengelola blog yang Kamu buat atau Kamu tidak akan kehabisan ide ketika menulis konten di blogmu.

Di samping itu, Kamu bisa mempertimbangkan pemilihan topik tertentu yang paling dibutuhkan oleh masyarakat. BIasanya hal tersebut Kamu ketahui berdasarkan riset keyword atau banyaknya pencarian di mesin pencari.

Sebenarnya topik disini bukan hanya seputar tentang fashion semata, kuliner, atau teknologi, melainkan bisa saja berupa pembahasan tertentu yang spesifik. Misalnya saja tentang sinopsis film, review buku, dan lain sebagainya.

3. Pakai Platform Blog yang Tepat

Menggunakan platform blog yang tepat adalah hal terpenting agar Kamu lebih mudah mengelola blog yang Kamu buat. Karena kesalahan dalam pemilihan platform blog bisa menghambat kualitas blogmu di masa mendatang.

Sekarang ini ada berbagai macam platform blog yang tersedia. Oleh karena itu, Kamu bisa memilihnya sesuai skill dan tujuanmu. Jika Kamu pemula, maka bisa memilih Content Management System atau CMS sebagai platform terbaik.

Selain itu, WordPress termasuk sejenis CMS yang dapat diandalkan. Karena penggunaannya lebih user friendly bahkan Kamu tidak memerlukan kemampuan coding. Selain itu, platform ini juga memungkinkan blog yang Kamu miliki tampil pada halaman pertama Google.

Cara Jadi Blogger

Cara Jadi Blogger
Menjadi Blogger

Menjadi Blogger Profesional dan Sukses

Jika ingin menjadi blogger profesional, ada beberapa poin penting yang perlu dipertimbangkan. Berikut ulasannya :

1. Meningkatkan Kemampuan Menulis

Konten artikel merupakan poin terpenting karena menjadi isi yang akan menghiasi blogmu. Jika Kamu mempunyai keahlian di bidang penulisan dengan baik, maka artikel yang Kamu buat juga bisa berkualitas. Tentu sayang sekali jika Kamu mempunyai niche blog yang menarik dan informatif tapi tidak bisa menyampaikanya melalui tulisan dengan baik.

Terkait:  Cara Jadi Mitra Go Food

Harus diingat bahwa kemampuan menulis artikel harus terus diasah. Cara ini sebenarnya sangat berlaku bagi Kamu yang baru di dunia blogger atau yang tertarik menambah performa blogmu.

2. Manajemen Waktu

Cara jadi blogger profesional kedua sebenarnya berlaku bagi semua bisang bisnis, tak hanya blogging saja. Akan tetapi, kebanyakan blogger gagal mendapatkan hasil yang mereka inginkan akibat kesalahan time management.

Jika bertanya, kapan waktu yang tepat untuk ngeblog? maka pada prinsipnya, aktivitas blogging sebenarnya tidak perlu terikat waktu. Namun, banyak tahapan yang perlu Kamu lakukan sehingga membuat manajemen waktu ini menjadi lebi penting.

Dengan begitu, Kamu dapat mengetahui waktu yang tepat untuk perencanaan konten, pembuatan artikel sekaligus melakukan beberapa tahapan optimasi blog.

3. Selalu Mempelajari Hal Baru

Kebanyakan pengunjung atau viewer blog tak hanya datang karena ingin memperoleh informasi bermanfaat saja tetapi juga ingin mendapatkan informasi baru. Dengan demikian, jika ingin jumlah viewer blogmu meningkat, pastikan untuk selalu mempelajari informasi dan hal-hal baru. Sehingga, Kamu dapat terus menciptakan konten artikel yang unik untuk dibaca.

Kamu dapat mempelajari hal-hal baru melalui eksperimen atau berdasarkan hasil membaca dari sumber-sumber resmi, seperti buku atau yang lainnya.

Adapun poin-poin penting yang harus dipelajari saat mengelola blog ialah edit foto, coding, networking dan SEO (Search Engine Optimization). Berikut penjelasannya :

  • Edit foto di sini ialah kemampuan untuk menampilkan gambar/foto menarik, Kamu menjadi lebih mudah membuat ilustrasi.
  • Coding, Kamu sebenarnya dapat mengoperasikan blog tanpa harus memiliki kemampuan coding.
  • Membangun networking, sama halnya dalam dunia kerja di dunia blogging juga penting yang namanya koneksi atau link yang baik.
  • SEO (Search Engine Optimization), Teknik SEO memang selalu berubah, oleh karenanya Kamu harus selalu update tentang bagaimana cara melakukan optimasi SEO blog dengan tepat. Adapun tujuan dari optimasi SEO ini ialah membuat blog yang Kamu buat bisa muncul pada halaman utama search engine.

4. Membangun Jaringan/Link yang Luas

Cara jadi blogger profesional berikutnya ialah Kamu mungkin dapat membuat konten sendiri. Akan tetapi untuk pengembangan blog lebih baik, harus menggaet pihak lain agar lebih efektif.

Terkait:  Cara Jadi Streamer

Kamu dapat melakukan promosi blog menjadi lebih mudah. Karena tanpa promosi, waktu pembuatan blog menjadi lebih lama. Selain itu, Kamu juga dapat memperoleh informasi bermanfaat seperti solusi atas kendala yang terjadi pada blog milikmu.

Agar bisa membangun network atau jaringan luas, ada berbagai macam cara dapat dilakukan. Seperti bergabung ke dalam komunitas, berbagi informasi, menawarkan kolaborasi atau kerjasama dan jangan hanya terbatas dalam satu topik saja.

5. Harus Tetap Produktif

Blog biasanya akan menampilkan postingan terbaru secara default. Apabila pengunjung blog hanya melihat tampilan postingan yang lama, maka kesan yang ada ialah blogmu tidak dapat dikelola dengan maksimal. Maka dari itu, Kamu harus tetap produktif untuk selalu mengupdate blog dengan rutin.

Untuk tetap produktif sebenarnya tidaklah mudah. Khususnya bagi blogger pemula. Namun untungnya, Kamu tetap bisa mencoba beberapa cara jadi blogger sukses dan profesional dengan melakukan beberapa hal produktif seperti memakai template, membuat mind map, membuat project management, dan selalu mengupdate konten.

Itulah beberapa trik dan cara jadi blogger profesional yang bisa Kamu coba agar Kamu dapat memaksimalkan pengelolaan blog milikmu. Selain itu, hal yang paling penting adalah mempertimbangkan pemilihan domain blog!

Related posts