Cara Bekerja di Google

Cara Bekerja di Google

Banyak orang yang mendambakan bekerja di perusahaan bonafit seperti Google, karena selain menawarkan gaji yang fantastis juga perusahaan ini diakui di seluruh dunia. Dengan kata lain, saat Kamu keluar dari perusahaan Google sekalipun, kualifikasimu tetap diakui perusahaan-perusahaan lainnya. Bukan hal yang mustahil jika Kamu memiliki impian bekerja di Google. Apalagi Kamu tahu rahasia cara bekerja di Google yang akan Kami bagikan informasinya di sini!

Ini Alasan Kenapa Kerja di Google Adalah Pilihan Terbaik

Google LLC ialah perusahaan multinasional dari Amerika Serikat dan bergelut dalam bidang jasa maupun produk internet. Ada beberapa alasan kenapa Kamu harus bekerja di Google, diantaranya :

Read More

1. Mendapatkan Layanan Kesehatan Memadai

Sebagai perusahaan teknologi terkemuka di dunia, tentu saja Google tak ragu lagi menyediakan layanan Kesehatan untuk para karyawannya. Supaya karyawannya bisa tetap Bahagia dan sehat, bahkan Google telah menyediakan perawat, dokter dan berbagai fasilitas Kesehatan lengkap lainnya. Bahkan setiap karyawannya akan dilingdungi oleh asuransi serta bisa mendapat bantuan darurat saat bepergian terkait dengan urusan pekerjaan.

2. Memberikan Tunjangan Kematian Untuk Keluarga Karyawan

Google sangat peduli terhadap karyawannya, hal ini dibuktikan dengan tunjangan kematian Google untuk keluarga karyawan. Jika seandainya pekerja Google meninggal dunia, maka keluarganya akan mendapatkan cek hingga 50% dari penghasilan karyawan tersebut per tahunnya sampai 10 tahun.

Di samping itu, mereka juga akan memberikan sekitar RP. 14 jutaan untuk anak-anak karyawan yang telah ditinggalkan orang tuanya. Bahkan uang tersebut akan terus diberikan sampai berusia 19-23 tahun.

3. Prospek Karier yang Lebih Cerah Karena Bekerja di Google

Sebagai perusahaan yang reputasinya sudah tak perlu diragukan lagi, Google memang memberikan banyak keuntungan bagi karyawannya. Karena dengan bekerja di Google, dapat berpengaruh pada karier pegawainya ke depannya. Apabila ada pegawainya yang memutuskan untuk keluar dari perusahaan Google misalnya, maka dapat dipastikan peluang untuk memperoleh pekerjaan baru lebih besar.

4. Memungkinkan Karyawannya Lebih Inovatif dan Kreatif

Hanya kandidat yang paling cerdas, kreatif dan inovatif sajalah yang memiliki peluang untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan Google. Maka dari itu, jika seseorang bekerja di Google akan berpeluang lebih kreatif lagi. Karena mereka selalu dikelilingi oleh orang-orang potensial lainnya.

5. Lingkungan Kerja Sangat Inovatif

Bekerja di Google juga memberikan keuntungan lainnya seperti menawarkan lingkungan kerja inovatif. Bahkan Google mendukung munculnya berbagai inovasi dari karyawannya. Oleh karena itu, Google pun mendorong para karyawannya untuk menghabiskan sebanyak 20% waktunya untuk menciptakan berbagai ide kreatif yang disukai.

Itulah beberapa alasan bekerja di Google dapat dijadikan pilihan terbaik. Kendati demikian, jika ingin bekerja di google adalah suatu perkara yang sulit. Ini artinya hanya orang-orang pilihan saja yang bisa masuk ke perusahaan ini sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Kriteria tersebut adalah keahlian di bidang masing-masing sesuai dengan lowongan pekerjaan yang dibuka oleh pihak google. Meskipun demikian Kami menegaskan Kembali bukan hal mustahil diterima kerja di Google, dengan mengetahui cara bekerja di perusahaan Google.

Jika kamu penasaran ingin melihat-lihat lowongan kerja disana, atau mungkin jika memiliki peluang sesuai dengan persyaratan yang di tentukan. Kamu bisa saja mencoba melamar salah satu pekerjaan di google. Cara bekerja di Google bukan hal sulit untuk dilakukan, apalagi jika keahlianmu sesuai dengan kualifikasi lamaran pekerjaan yang tersedia di Google.

Cara Bekerja di Google

Cara Bekerja di Google
Panduan Cara Bekerja di Google

Tutorial Cara Bekerja di Perusahaan Google

Hal yang harus Kamu ketahui dalam cara bekerja di Google agar diterima ialah pastikan Kamu melamar pekerjaan di bagian atau divisi yang Kamu kuasai atau sesuai dengan kualifikasimu. Berikut langkah-langkahnya :

1. Buka Situs Karir di Google

Kamu akan dipermudah jika ingin mencari lowongan pekerjaan yang sedang dibuka di Google. Caranya adalah dengan membuka laman khusus pencari kerja di https://careers.google.com/ .

Di situs tersebut akan dijelaskan secara lengkap mulai dari lowongan kerja yang dibuka, rincian pekerjaan, hingga persyaratan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Pada situs tersebut, Kamu akan masuk ke halaman utama dan di sebelah kiri akan ada beberapa menu lainnya yaitu Teams, Loacations, Benefits, Jobs, dan Students. Kamu bisa membaca-baca terlebih dahulu beberapa informasi yang ada pada situs pencari kerjanya. Tujuannya adalah agar kamu bisa memilih pekerjaan di Google sesuai dengan passionmu.

Di tiap-tiap negara, Google biasanya memiliki kantor sendiri. Untuk wilayah Asia Tenggara yang paling besar berada di Singapura, ini adalah kantor cabang Google biasanya untuk mengelola cakupan wilayah Asia Pasifik terutama Asia Tenggara dan Australia.

Di indonesia juga ada kantor Google yang terletak di ibukota jakarta, dimana kantor tersebut bisa dibilang sebagai penghubung aktivitas perusahaan Google yang ada di Singapura.

2. Sign In ke Situs Web https://careers.google.com/

Agar kamu bisa mengakses penuh situsnya, kamu harus log in terlebih dahulu di situs tersebut. Caranya adalah klik tombol log in berwarna biru di sudut kanan atas. Setelah itu, Kamu akan diarahkan menuju akun Google milikmu.

Jika kamu memiliki akun lebih dari 1, maka pilihlah salah satunya. Setelah itu masukkan password email tersebut dan isikan captcha dengan benar. Jika semua tahapan telah kamu lalui, maka selanjutnya halaman Google akan secara otomatis kembali ke situs https://careers.google.com/ memakai akun email milikmu.

3. Mulai Mencari Pekerjaan di Google

Langkah cara bekerja di perusahaan Google selanjutnya, Kamu tinggal klik ‘find a job’ yang berada di laman depan situs tersebut atau bisa juga dengan klik ikon garis 3 berjajar secara horizontal. Nah, disana ada menu ‘Jobs’ yang harus kamu klik. Setelah itu ada beberapa menu yang bisa kamu pergunakan untuk menyaring lowongan pekerjaan Google agar bisa lebih spesifik sesuai dengan keahlianmu.

Adapun rincian pada menu ‘jobs’ bisa dijelaskan dibawah ini :

  • Location, sub menu ini berfungsi untuk mencari pekerjaan berdasarkan dengan kota atau negara yang akan kamu pilih. Kamu bisa menentukan 1 atau beberapa lokasi sekaligus dalam mencari lowongan pekerjaan yang dibuka oleh
  • Skill and Qualificaions, pada sub menu ini kamu bisa memsukkan kemampuan atau kualifikasi yang kamu miliki. Contohnya, apabila kamu paham pemrograman pada komputer maka tuliskan Computer programming pada kolom yang tersedia. Atau jika kamu bingung dalam mengisi kolom tersebut bisa diabaikan dan jangan diisi.
  • Degree, pada menu ini terbagi ke dalam 5 jenis yang diterima oleh google, yaitu Associate, master’s, Pusuing degree, Bachelor’s dan Ph.D. Silahkan pilih salah satunya berdasarkan gelar lulusanmu.
  • Job Type, disini akan diberikan kebebasan mencari pekerjaan berdasarkan waktu yang kamu sukai. Ada yang full time, Temporary, Part-Time dan Intern. Adapun jika kamu ingin bekerja secara penuh di Google, maka kamu bisa klik Full time yang tersedia.
  • Organizations, menu ini bisa dibiarkan, sebab menunjukkan rincian berbagai aktivitasmu memakai produk dari google. Sebut saja ada Youtube, Google, Google Fiber, dan lain-lain. Kamu bisa pilih Youtube jika lebih aktif di Youtube.
  • Sort Matches By, lowongan yang disesuaikan dengan filter yang disediakan. Ada 2 penyaringan pada sub menu ini yaitu ‘sort by relevance’ dan ‘sort by date’.

4. Pilih Pekerjaan yang Cocok

Ketika kamu klik done, maka kamu akan diperlihatkan beberapa pekerjaan yang dibuka oleh Google menyesuaikan pengaturan penyaringan pekerjaan yang dilakukan sebelumnya. Dalam tahapan cara bekerja di perusahaan Google ini, carilah pekerjaan yang sesuai dengan keahlianmu. Sebab biasanya ketika kamu klik done, maka akan muncul beberapa lowongan pekerjaan.

Setelah menentukan lowongan pekerjaan yang ingiin kamu lamar, selanjutnya klik lowongan pekerjaan tersebut agar bisa masuk ke menu rincian pekerjaannya. Mulai dari kualifikasi, teknis pekerjaannya, hingga lokasi kantor yang akan kamu tempati lengkap dengan peta yang termuat.

5. Kik Apply

Karena kamu ingin mencoba melamar pekerjaan tersebut, selanjutnya klik apply agar bisa masuk ke halaman untuk mengisi resume, contact details, higher education, work experiences, preferred locations dan cover letter (opsional).

Isilah dengan benar kolom-kolom tersebut karena berhubungan dengan data diri dan pengalamanmu. Hal ini juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan agar kamu dipanggil untuk tahap wawancara.

Itulah 5 tahapan cara bekerja di Google yang bisa dicoba. Sama halnya dengan cara kerja di luar negeri, tentu saja harus bersiap memantapkaan diri dan kemampuanmu agar bisa diterima kerja. Siapa tahu, ini adalah tahun keberuntunganmu dan bisa diterima bekerja di perusahaan teknologi terkemuka ini. Selamat mencoba!

 

 

Related posts