Cara Deposit BRI

?????????????????????????????????????????????????????????

Bagaimana cara deposit BRI untuk investasi saham? Jika Kamu ingin mendapatkan keuntungan dari bank BRI, maka salah satu cara yang bisa dilakukan ialah dengan berinvestasi saham. Memiliki usaha yang untung besar tentu saja menjadi dambaan setiap orang. Hanya saja, untuk membangun perusahaan itu sendiri membutuhkan waktu dan modal yang tidak sedikit.

Akan tetapi, Kamu masih bisa memilih alternatif lain menjadi owner sebuah perusahaan dengan dana yang Kamu miliki. Adapun caranya ialah dengan menjadi investor di perusahaan yang Kamu inginkan. Kamu bisa mempelajari carai menanam modal atau berinvestasi saham di perusahaan perbankan, seperti bank BRI supaya lebih aman.

Kenapa harus memilih saham? Karena dengan berinvestasi saham, itu sama saja seperti Kamu mempunyai andil di perusahaan tersebut. Kepemilikan tersebut dapat dikembangkan dengan terus meningkatkan jumlah investasi saham yang Kamu beli. Selain itu, cara deposit BRI juga sangat mudah asalkan Kamu sudah membuka investasi sahammu di bank BRI.

Apa Sih Manfaat Investasi Saham?

Jika Kamu sudah memutuskan berinvestasi saham, tentu saja harus konsisten. Sebab hal tersebut akan berdampak besar di waktu yang akan datang. Adapun manfaat yang bisa diambil dengan berinvestasi saham ialah margin atau capital gain atas harga jual dan beli serta pembagian dividen perusahaan itu sendiri.

Adapun keuntungan yang diperoleh berdasarkan capital gain tersebut bisa lebih tinggi jika dibandingkan instrumen lainnya, baik itu investasi emas maupun deposito. Misalnya, jika Kamu sebagai investor melakukan pembelian saham saat harganya Rp. 100 tiap lembarnya, kemudian harganya meninkat jadi Rp. 120 tiap lembar hanya dalam waktu 2 hari.

Jika Kamu menjual saham di harga terakhir tersebut, maka Kamu bisa mendapatkan laba 20% dari harga beli. Maka dair itu, ada beberapa orang memposisikan dirinya sebagai trader dengan melakukan transaksi jual beli saham secara harian untuk mendapatkan capital gain.

Selain itu, ada juga investor yang mencari keuntungan jangka panjang. Ini artinya transaksi jual beli saham dilakukan dalam waktu tahunan atau jangka panjang. Selain mengandalkan keuntungan berdasarkan capital gain, para investor juga bisa mengandalkan keuntungan berdasarkan pembagian dividen.

Alasan lainnya berinvestasi saham ialah skill berinvestasi saham menjadi meningkat. Sebab setiap investor biasanya akan melakukan beberapa analisis, entah itu analisis fudamental perusahaan, mengetahui tren pergerakan dari harga saham dan kondisi perekonomian.

Bagaimana Resiko Berinvestasi Saham?

Sebelum membahas cara deposit BRI untuk investasi saham, calon investor tentu harus memahami resiko apa saja yang akan mereka lalui saat berinvestasi. Adapun resiko yang dialami investor biasanya mereka akan menemui yang namanya capital loss. Ini artinya saat penurunan harga terjadi dari posisi Kamu membeli saham. Karena saham bersifat fluktuatif, seringkali para investor harus menanggung kerugian yang sangat besar.

Resiko lainnya yang mungkin terjadi ialah jika perusahaan mengalami kerugian sehingga tidak dapat membagikan divide atau keuntungan kepada investor. Kemungkinan hal tersebut terjadi ialah dikarenakan rendahnya kinerja dari perusahan atau kondisi perekonomian perusahaan tersebut.

Cara Deposit BRI

Cara Deposit BRI
Cara Deposit Saham BRI

Deposit BRI Untuk Investasi Saham

Adapun salah satu instrumen saham populer dan banyak diminati di Bursa Efek Jakarta ialah saham dari bank BRI bernama BBRI. Seperti kita ketahui, bank BRI sendiri adalah termasuk BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang memiliki jumlah aset hingga mencapai sekitar RP. 1.416,76 triliun tahun 2019 lalu.

Meskipun saat ini sedang mengalami perlambatan ekonomi, akan tetapi BBRI tetap diprediksi sebagai satu dari perusahaan yang bisa memulihkan dirinya dengan cepat saat kondisi mulai membaik. Adapun dalam melakukan cara deposit BRI untuk investasi saham sendiri, Kamu harus melakukan pendaftaran sebagai investor terlebih dahulu.

1. Cara Deposit Saham BRI Langsung ke Perusahaan Sekuritas

Jika Kamu ingin mengetahui cara deposit saham BRI, maka Kamu tidak bisa langsung datang ke Bursa Efek Indonesia (BEI) atau perusahaan yang akan ditanami saham begitu saja. Karena, biasanya aktivitas jual beli saham hanya bisa dilakukan di perusahaan-perusahaan tertentu yang sudah memiliki izin untuk aktivitas jual beli efek (saham). Selain itu, metodenya hampir sama seperti cara deposit BCA Sekuritas.

Jika Kamu penasaran, silahkan simak panduan cara deposit BRI lewat perusahaan sekuritas di bawah ini :

  • Persiapkan dana untuk deposit atau yang akan Kamu investasikan terlebih dahulu. Biasanya setiap perusahaan sekuritas menetapkan jumlah deposit minimal yang berbeda.
  • Setelah itu, persiapkan data dirimu lengkap untuk proses pendaftaran sebagai investor.
  • Silahkan cari informasi tentang broker saham atau perusahaan sekuritas terpercaya sesuai yang diinginkan. Selain itu, cek perusahaan broker tersebut apakah sudah tergabung di Otoritas Jasa Keuangan ataukaht idak.
  • Jika sudah menentukan broker yang tepat, Kamu bisa langsung mendatangi perusahaan tersebut sembari membawa kelengkapan data yang dibutuhkan/
  • Setelah itu, silahkan daftarkan dirimu langsung di perusahaan sekuritas. Selanjutnya kamu diminta untuk melakukan pengisian formulir pembukaan RDI (Rekening Dana Investor) dan menandatangani dokumen-dokumen yang diminta.
  • Jika sudah mendaftarkan diri, selanjutnya Kamu akan menerima RDI-mu yang nantinya dipakai untuk mentransfer atau menyetorkan dana awal/deposit untuk mulai berinvestasi saham.
  • Cara deposit saham BRI selanjutnya setelah menyetorkan uang deposit tadi ke RDI, maka kamu pun sudah bisa membeli saham milik bank BRI. Adapun minimal pembelian saham BBRI sendiri ialah 1 slot atau 100 lembar. Untuk pembelian saham BBRI ini dapat dilakukan dengan cara memberikan instruksi pembelian saham BBRI ke broker. Selanjutnya Kamu dapat menginvestasikan semua dana yang dimiliki, baik dalam satu emiten ataupun pada beberapa emiten.

2. Cara Beli Saham BBRI Online

Setelah Kamu mendapatkan RDI, dan sudah menyelesaikan cara deposit BRI di atas, maka selanjutnya Kamu bisa membeli saham BBRI via online. Berikut tutorial lengkapnya di bawah ini :

  • Langkah pertama, sesudah membuat akun saham di perusahaan sekuritas BRI, silahkan instal aplikasi atau software online trading. Misalnya Kamu memilih broker MIRAE, maka klik link berikut!
  • Silahkan masuk ke akun saham di perusahaan sekuritas tersebut.
  • Inputkan kode saham BBRI pada kolom simbol.
  • Setelah itu, silahkan pantau harga jual/beli saham yang ada dengan cara menginputkan saham BBRI ke watchlist-mu. Lalu tentukan harga pembelian saham BBRI yang kamu inginkan.
  • Silahkan tekan “Buy” atau beli, caranya dengan swipe layar ke kiri jika ingin melakukan pembelian saham BBRI.
  • Apabila Kamu ingin menawar harga sesuai dengan harga yang berlaku pada saat itu, Kamu bisa langsung membeli saham dan memilikinya.
  • Jika melakukan pengajuan penawaran dengan harga di bawah atau lebih rendah dari harga saham BBRI pada saat itu, Kamu waji menunggu sampai harga sahamnya turun sesuai level atau nilai yang diajukan.

Kamu harus tahu bahwa setiap bertransaksi jual atau beli saham, Kamu biasanya akan dibebankan biaya admin.

Itulah tutorial cara deposit BRI untuk investasi saham BBRI sesuai dengan perusahaan sekuritas yang Kamu pilih. Bagaimana, sangat mudah kan?

 

Related posts