Cara Daftar ePay BRI

Bagaimana cara daftar ePay BRI? Sebelum kita membahasya, tahukah Kamu apa itu ePay BRI? ePay BRI merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh bank BRI untuk memberikan kemudahan sistem pembayaran online shop secara aman dan praktis. Melalui ePay BRI inilah, setiap Kamu berbelanja di salah satu merchant BRI online, maka Kamu tak perlu lagi harus pergi ke ATM untuk transfer, mengingat kode pesanan transaksi dan harus mengirikan konirmasi pembayaran.

Dalam menggunakan layanan ePay BRI ini, Kamu hanya perlu menginputkan nomor Hp yang sudah didaftarkan atau user iB BRI dan PIN/Password. Selanjutnya, paycode untuk konfirmasi pembayaran sendiri akan dikirimkan langsung ke nomor Hp-mu. Kamu juga akan mendapatkan bukti transaksi yang dikirimkan via SMS atau email.

Jadi, bisa dikatakan ePay BRI kini bisa dipakai pengguna layanan iB BRI yang sudah teregistrasi layanan finansial di Bank BRI. Lalu, bagaimana cara daftar ePay BRI?

Cara Daftar ePay BRI

Cara Daftar ePay BRI
Mendaftar ePay BRI

Mendaftar ePay BRI Mudah

Sebenarnya cara daftar ePay BRI sangat gampang. Terutama bagi nasabah yang mempunyai rekening tabungan BRI, dan sudah mendaftar lewat ATM. Pendaftaran di ATM bertujuan untuk memperoleh user ID saat registrasi Internet Banking BRI. Kemudian Kamu tinggal pergi ke kantor cabang bank BRI terdekat, ke Customer Service untuk mendapatkan mToken.

Setelah itu nasabah bisa memakai ePay BRI jika ingin berbelanja online secara mudah, cepat dan praktis. Akan tetapi jika belum mempunyai rekening bank BRI, Kamu tak perlu khawatir. Ada beberapa panduan cara mendaftar ePay BRI mudah bagi yang tidak mempunyai rekening bank BRI berikut ini :

  • Sebagai langkah awal, silahkan akses kode dial *212# lalu pilih nomor 1 jika ingin mendaftarkan diri.
  • Inputkan identitas lengkap sesuai dengan data diri di KTP.
  • Selanjutnya Kamu akan menerima PIN dari pihak BRI yang dikirimkan lewat SMS.
  • Kamu bisa mengubah PIN sesuai keinginan dengan mengakses kode dial di *212# lagi.
  • Setelah itu tinggal lakukan pengisian saldo.

Bagaimana, cara mendaftar ePay BRI di atas sangat mudah bukan? Jika sudah mengikuti cara daftar ePay BRI, Kamu tinggal menggunakan layanan tersebut dengan mudah.

Menggunakan ePay BRI Untuk Bertransaksi

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa e-Pay BRI ialah sistem pembayaran belanja online yang bisa dilakukan di berbagai merchant online. Melalui pembayaran ePay BRI ini, para calon pembeli selaku nasabah BRI tak perlu lagi mengakses IB BRI via website untuk membayar produk atau jasa yang mereka beli.

Setelah mendaftar ePay BRI dengan cara daftar ePay BRI yang sudah kita bahas sebelumnya, selanjutnya tinggal ikuti langkah-langkah cara menggunakan ePay BRI terlebih dahulu :

  • Saat Kamu ingin berbelanja di merchant yang menawarkan pembayaran lewat e-Pay BRI. Sesudah melakukan pemilihan produk maupun jasa di merchant, tinggal pilih pembayaran ePay BRI sesudah check out, kemudian pilih Bayar.
  • Jika sudah tinggal pilih Bayar, lalu akan muncul tampilan BRI e-Payment. Langkah berikutnya akan diminta melakukan login memakai user ID beserta password yang telah didaftarkan. Silahkan klik submit.
  • Ketika memasuki menu rincian transaksi, silahkan cek kembali nominal pembayaran yang sesuai, kelengkapan produk beserta harga produk yang harus Kamu bayarkan, dan pastikan pula nama penerima transfer ialah nama merchant tempatmu berbelanja. Setelah itu, Kamu tinggal menginputkan paycode saja yang telah dikirimkan langsung ke nomor Hp yang sudah terdaftar dalam internet banking BRI.
  • Perlu diketahui bahwa PIN atau paycode tersebut mempunyai masa aktif hanya 1 jam saja.
  • Sesudah PIN tadi dimasukkan, Kamu pun menyetujui proses pembayaran. Selanjutnya pembayaran lewat ePay BRI berhasil dilakukan. Setelah itu, Kamu akan mendapatkan detail pembayaran beserta nomor seri transaksi.

Adapun batas transaksi minimum memakai ePay BRI ialah sebesar Rp. 10 ribu. Dengan harapan ePay BRI dapat menjangkau hingga seluruh wilayah di tanah air.

Kini ada banyak merchant online yang menawarkan sistem pembayaran menggunakan ePay BRi, berupa Blibli.com, tiket.com, Tokopedia, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, Kamu bisa menikmati berbagai macam diskon atau promo menarik di event-event tertentu dengan memakai ePay BRI.

Keuntungan Memakai ePay BRI

ePay BRI hadir sebagai solusi kebutuhan alternatif sistem pembayaran secara online dengan praktis dan aman. Semakin banyaknya pengguna internet, dan berbelanja online yang sudah dijadikan sebagai gaya hidup masyarakat sekarang ini menjadi beberapa alasan munculnya layanan ePay BRI.

Lalu, apa saja keuntungan memakai ePay BRI? Simak ulasannya di bawah ini :

  • Memakai ePay BRi membuat proses transaksi lebih aman. Karena dalam sistem pembayarannya, ePay BRI memungkinkan penggunanya untuk menggunakan paycode atau security code yang secara otomatis akan dikirimkan ke nomor HPmu saat melakukan pembayaran.
  • Proses transaksi pembayaran memakai ePay BRI juga sangat praktis. Para pengguna iB BRI bisa membayar langsung lewat ePay BRI tanpa harus melakukan registrasi kembali.
  • Transaksi yang dilakukan melalui ePay BRI juga sangat singkat dan praktis. Kamu hanya perlu mengikuti satu alur transaksi saja dan transaksi sudah berhasil dilakukan.
  • ePay BRI juga menawarkan pilihan merchant online yang cukup banyak. Bahkan pasalnya, kini Kamu bisa memakai layanan ePay BRI hingga di 28 merchant yang ada. Selain itu, mereka semakin terus bertambah seiring waktu.
  • Ada berbagai macam promo menarik yang ditawarkan jika memakai transaksi pembayaran dengan ePay BRI di merchant-merchant yang sudah bekerjasama. Beberapa diantaranya seperti diskon hingga RP. 1 juta untuk pembelian produk-produk tertentu.

Dengan banyaknya merchant yang ikut bekerjasama dengan ePay BRI, tentu saja semakin memberikan kemudahan kepada para nasabah untuk memilih merchant online sesuai keinginan.

Tips Aman Memakai Layanan e-Pay BRI

Setelah membahas cara daftar ePay BRI dan keuntungan memakai layanan ePay BRI, ada beberapa tips aman menggunakan layanan ePay BRI yang harus Kamu ikuti di bawah ini :

  • Pastikan password atau PIN IB BRI yang kamu gunakan tidak diketahui orang lain. Maka dari itu, Kamu harus waspada dan tetap berhati-hati saat menggunakan smartphone-mu untuk bertransaksi dengan ePay BRI.
  • Sebaiknya ganti password atau PIN secara berkala sesuai kebutuhan, hal ini bertujuan untuk mencegah hal-hal yang diinginkan. Seperti dimanfaatkan oleh pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab.
  • Selalu logout atau keluar jika sudah bertransaksi, apalagi saat Kamu login menggunakan browser.
  • Selalu lakukan pengecekan berkala setiap melakukan transaksi pembayaran ePay, karena pihak BRI biasanya selalu menginformasikan bahwa transaksi pembelian yang Kamu lakukan sudah sukses dilakukan. Jadi Kamu bisa melakukan evaluasi keuangan dengan berkala  melalui pengecekan transaksi yang telah dilakukan.

Ya, itulah tips aman dalam bertransaksi menggunakan ePay BRI agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti pencurian data pribadi hingga data rekening bank BRI.

Dengan menggunakan ePay BRI, kini Kamu tak perlu lagi repot-repot harus mengkonfirmasi pembayaran. Silahkan ikuti panduan cara daftar ePay BRI dan daftarkan sekarang juga untuk bisa menikmati kemudahan bertransaksi menggunakan ePay BRI

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019