Cara Lacak Paket JNE

Cara Lacak Paket JNE

Cara lacak paket JNE wajib diketahui bagi kamu yang menggunakan jasa ekspedisi JNE untuk mengirimkan paket, atau memilih JNE sebagai jasa ekspedisi saat belanja online. JNE termasuk salah satu perusahaan jasa logistik terkemuka di Indonesia, yang popularitasnya bisa sejajar dengan PT. POS Indonesia dan TIKI.

Saat ini, JNE telah bermitra dengan banyak marketplace untuk memperluas layanannya. Sehingga wajar jika saat kita berbelanja online, kita sering menemukan jasa ekspedisi JNE Sebagai pilihan layanan pengirimannya. Melacak pengiriman jasa ekspedisi sangat penting agar kamu bisa mengetahui keberadaan paket yang kamu kirimkan.

Read More

Biasanya untuk melacak pengiriman melalui JNE, kamu harus menggunakan nomor resi pengiriman. Nomor resi inilah yang digunakan saat melacak posisi keberadaan paket JNE.

Dimana Letak Nomor Resi JNE Berada?

Umumnya nomor resi pengiriman JNE bisa dilihat pada bukti pengiriman paket yang telah diberikan oleh agen JNE saat kamu mengirimkan paket tersebut. Adapun nomor resi ini ada di bagian bawah barcode, maupun angka di kolom bertuliskan e-connote,.

Apabila kamu menerima paket dari pihak lain atau penjual, sebaiknya minta nomor bukti/resi pengiriman tersebut. Tapi khusus untuk pembelian paket di e-commerce, biasanya kamu bisa mengakses nomor resi pengiriman langsung dari menu ‘Lacak Kiriman’ yang ada di e-commerce tersebut.

Cara Lacak Paket JNE

Cara Lacak Paket JNE
Lacak Paket JNE Mudah

Tutorial Lacak Paket JNE

Jika kamu sudah mendapatkan resi pengiriman dari JNE atau dari toko online, selanjutnyakamu bisa melacak paket JNE. Ada beberapa cara lacak paket JNE yang bisa kamu coba berikut ini :

Metode 1 : Lacak Paket JNE Lewat Aplikasi

Kamu dapat mengecek pengiriman paket dengan cara online lewat aplikasi MyJNE. Berikut langkah-langkahnya :

  • Download My JNE Apps di perangkat hp kamu via Google Play Store.
  • Install dan buka My JNE di perangkat hp.
  • Setelah itu, pilih ‘AWB’.
  • Lalu inputkan nomor resi JNE kamu di kolom tersebut.
  • Tekan OK, dan kamu akan mendapatkan informasi mengenai pengiriman paket.

Dengan melacak pengiriman paket memakai aplikasi My JNE, maka kamu akan disajiakan berbagai macam fitur untuk mempermudah kamu memperoleh informasi lainnya. Ada beberapa fitur menarik yang terdapat pada My JNE Apps, diantaranya :

  • My COD, berfungsi untuk transaksijual beli bagi UKM (Usaha Kecil Menengah).
  • Fitur pengecekan nominal ongkos kirim pada paket belanja. Bahkan fitur tersebut bisa mengecek biaya pengiriman hingga di seluruh wilayah yang ada di Indonesia.
  • My Shipment, dapat dipakai untuk pelacakan pengiriman paket apabila kamu menggunakan nomor hp terdaftar pada aplikasi my JNE.
  • Memberikan informasi mengenai cabang JNE yang terdekat memakai map.
  • Memberikan informasi status tracking paket sesuai nomor resi.

Metode 2 : Lacak Paket JNE Lewat Web Resmi

Selain memiliki aplikasi, JNE juga menyediakan situs web khusus bagi para penggunanya untuk kemudahan pelacakan. Kamu bisa mencoba cara lacak paket JNE melalui web resminya berikut ini :

  • Pastikan kamu mempunyai nomor resi pengiriman. Adapun caranya, kamu bisa menghubungi pihak penjual lalu meminta bukti pengiriman dan resinya.
  • Silahkan masuk ke web resmi JNE.
  • Selanjutnya, kamu cukup menginputkan nomor resi pengiriman yang telah didapatkan dari agen JNE atau penjual pada kolom yang telah disediakan. Jika sudah, klik ‘search’.
  • Tunggu beberapa lama.
  • Jika sudah selesai, kamu akan ditampilkan informasi mengenai paketmu dalam bentuk tabel.
  • Ada No AWB sebagai nomor resi pengiriman yang sudah dipakai untuk melacak posisi paket lewat website.
  • Service, sebagai keterangan mengenai jenis layanan pengiriman yang dipakai. Contohnya, seperti JNE Reg atau JNE Yes.
  • Destination, berupa alamat penerima paket.
  • Consignee, yaitu nama penerima paket.
  • Data received, berupa estimasi waktu paket kamu sampai ke penerima.
  • Receiver, nama penerima di alamat tujuan.
  • Status, yaitu kondisi paket/barang apakah barang masih dalam pengemasan, pengiriman, atau sudah tiba di lokasi sesuai dengan alamat penerima.

Apabila kamu mempunyai banyak pilihan paket, maka kamu juga dapat mengecek seluruh nomor resi pengiriman dalam satu waktu. Di situs web resmi JNE bisa menampung sebanyak 20 nomor resi maksimal untuk sekali pencarian.

Kamu tidak hanya dapat melacak paket saja, tetapi di web resmi JNEI juga dapat mengecek tarif biaya pengiriman paket. Biasanya harga ongkirnya berbead sesuai bobot, letak wilayah dan jarak pengiriman.

Metode 3 : Lacak Paket JNE di Web Alternatif

Jika ternyata website resmi JNE sedang error dan tidak bisa melakukan pelacakan, maka kamu bisa mencoba cara lacak paket JNE di website alternatif.

Ada 3 cara yang dapat dipakai untuk melacak keberadaan paket JNE. Diantaranya memakai website Parcell App, Cek Resi, hingga di e-commerce tempat kamu membeli barang/produk dengan JNE sebagai jasa pengirimannya.

Ketika kamu memakai 2 web alternatif tersebut selain web JNE, maka langkah-langkah untuk pelacakannya tidak jauh berbeda. Cukup dengan menginputkan nomor resi pengiriman dan tekan ‘Cek Resi’. Maka, dengan otomatis website langsung menampilkan informasi terkait paket.

Metode 4 : Lacak Paket JNE dari Pencarian Google

Google belum lama ini memang telah memperbarui sistem  agar memberikan pengalaman menenangkan bagi pengguna saat browsing. Tidak terkecuali saat pengguna ingin melacak paket melalui JNE tracking. Kamu dapat memakai metode ini untuk lebih menghemat waktu dibandingkan harus mengakses website.

Adapun langkah yang perlu dilakukan yaitu cukup sederhana, cukup ketikkan keyword ‘tracking JNE’ atau ‘lacak paket JNE’. Setelah itu, kamu akan disajikan kolom untuk pencarian paket.

Jika sudah, tinggal inputkan nomor resi pengiriman yang sudah kamu dapatkan dan tekan ‘track package’. Selanjutnya kamu akan disajikan berbagai informasi mengenai lokasi keberadaan paketmu.

Metode 5 : Lacak Paket JNE Lewat Kantor JNE

Sebagai tambahan, jika lokasi rumahmu berdekatan dengan kantor JNE, tidak ada salahnya melakukan pelacakan langsung dengan datang ke kantor JNE. Untuk selanjutnya, staf atau pegawai di JNE akan langsung melacak paket  yang dikirimkan via JNE. Berikut ulasannya :

  • Datang ke kantor cabang atau agen JNE yang terdekat.
  • Setelah itu, minta bantuan kepada petugas untuk melakukan pelacakan kiriman.
  • Berikan nomor bukti/resi pengiriman JNE Express.
  • Silahkan tunggu beberapa lama sampai petugas memberkan informasi terkait keberadaan paket yang kamu kirimkan atau yang telah dikirimkan oleh penjual.

Dengan pilihan cara lacak paket JNE di atas, kamu bisa menggunakan opsi yang paling mudah. Sebenarnya, cara yang paling mudah dan aman adalah dengan melacak paket JNE melalui web resmi dan aplikasi resmi dari My JNE. Kamu juga bisa mengetahui informasi terkait ongkos kirim di aplikasi/web JNE.

Akan tetapi, bagi kamu yang melakukan pembelian barang dan memilih JNE sebagai ekspedisi di e-commerce terkemuka di Indonesia, maka langsung melacak di aplikasi e-commerce juga lebih praktis. Karena kamu tidak perlu keluar dari aplikasi e-commerce tersebut hanya untuk melacak paket yang dikirimkan oleh JNE. Apalagi, cara lacak paket JNE melalui aplikasi e-commerce sangat mudah, cukup mengikuti instruksi yang tersedia lewat menu yang disajikan.

Related posts