Cara Hasilkan Uang dari Youtube

Cara Hasilkan Uang dari Youtube
Cara Hasilkan Uang dari Youtube

Media sosial dari tahun ke tahun semakin terlihat perkembangannya. Adapun, manfaat dari kehadirannya sendiri bisa dirasakan secara langsung oleh pengguna. Contoh, cara hasilkan uang dari Youtube. Selain itu, masih ada banyak lagi cara dapatkan uang dari internet untuk memaksimalkan waktu kalian berselancar di dunia maya. Sehingga, terasa lebih bermanfaat.

Manfaat yang tersaji di virtual world, sangat beragam. Salah satu contoh nyatanya, program-program dari beragam stasiun TV lokal maupun internasional mulai ramai mempromosikan diri melalui channel Youtube. Hal tersebut, dikarenakan pasar media sosial dikenal memiliki pengaruh besar di masyarakat luas. Itulah alasan, segmen Youtube mulai diterapkan oleh user.

Read More

Syarat Dapat Uang dari Youtube

Terlepas dari persoalan batasan pembahasan yang kerap digunakan pada video dengan durasi panjang, platform satu ini juga telah menetapkan syarat dapat uang dari Youtube. Itu artinya, meskipun cara hasilkan uang dari nonton Youtube bisa dilakukan oleh siapapun. Tetapi, ada peraturan yang tidak dapat kalian hiraukan begitu saja. Apa sajakah aturan tersebut? Check it!

Dikutip dari laman resmi website support.google.com. inilah beberapa persyaratan yang perlu kalian patuhi:

  1. Pemilik channel Youtube yang mendapatkan pendapatannya dari iklan yang tayang di video hasil unggahannya, minimal berusia 18 tahun
  2. Pembuatan konten, harus disesuaikan dengan panduan yang mengacu untuk penayangan iklan
  3. Konten juga harus ditonton oleh para pengguna lainnya yang sudah berlangganan YT Premium
  4. Fitur super chat & stickers, bisa kalian peroleh apabila lokasi tempat tinggal atau negaramu menyediakan layanan tersebut.

Selain itu, ada juga pertanyaan yang muncul terkait dapat uang dari Youtube minimal berapa subscribe? Nah, ini masih termasuk ke dalam persyaratan yang telah disebutkan di atas ya.. Jawabannya adalah, pemilik channel harus memiliki minimalnya sekitar 10.000 subscriber di akun profil Youtube. Baik untuk yang sudah berlangganan, atau masuk ke galeri merchandise.

Cara Hasilkan Uang dari Youtube

Cara Hasilkan Uang dari Youtube
Cara Hasilkan Uang dari Youtube

Cara hasilkan uang dari Youtube untuk pemula, tidak perlu memusingkan perhitungan uang dari Youtube terlebih dahulu. Kalian bisa fokus untuk mempelajari apa saja proses yang perlu dilalui pada tahap awal. Untuk itu, simak penjelasan di bawah ini:

  1. Buat profil akun Youtube
  2. Setelah itu, tentukan oleh kalian topik seperti apa yang akan dijadikan bahan materi di dalam channel Youtube
  3. Mulai monetisasi dengan masuk ke menu Account Information yang ada di sisi kanan bagian atas aplikasi
  4. Lanjut ke Creator Studio
  5. Selanjutnya, di bagian kiri menu kalian klik opsi Channel
  6. Pilih menu Status and Features
  7. Lalu, klik Enable Monetisation untuk beralih ke laman persetujuan.

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube dengan Android

Cara mendapatkan uang dari Youtube dengan android yang sangat cocok untuk kaum starter. Kalian yang baru saja mengawali karir sebagai seorang content creator, bisa mendapatkan cuan Penasaran? Berikut awal tahapannya:

  1. Pastikan kalian sudah berhasil mengikuti tahapan untuk melakukan monetisasi di channel Youtube
  2. Mulai bergabung ke YPP atau Program Partner Youtube bagi para kreator
  3. Kemudian, pilih Approve AdSense pada akun Youtube yang kalian miliki
  4. Barulah, terlihat layanan Youtube Analytic sebagai tools pelacak perkembangan hasil pendapatan yang diraih oleh pemilik akun
  5. Ikuti juga program Youtube Payment Treshold.

Program Youtube Payment Treshold ini, memungkinkan para Youtuber untuk mendapatkan gaji atau pendapatan dari usaha yang dilakukannya dengan membuat konten ke dalam bentuk video melalui akun YT yang ia miliki. Kedepannya, kalian pasti akan bertanya berapa lama video Youtube menghasilkan uang. Tentunya, itu semua sudah diatur oleh pihak perusahaan.

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube Tanpa Upload Video

Cara mendapatkan uang dari Youtube tanpa upload video, pastinya sangat sulit untuk dicoba. Karena, perusahaan telah menetapkan ketentuan kepada para Youtuber agar bisa mencairkan uang yang diperolehnya dengan minimum waktu tontonan mencapai 4.000 jam. Selain itu, hal tersebut diakumulasikan setelah melalui waktu 12 bulan terlebih dahulu. Ini hitungannya:

  1. Gunakan RPM atau Revenue Per Impression untuk melakukan perhitungannya, yakni RPM = (penghasilan/jumlah dari tampilan laman) x 1000
  2. Mulai lakukan perhitungan
  3. Tunggu kurang lebih selama 12 bulan untuk merasakan hasilnya.

Kalian yang penasaran dan masih bingung dengan rumus perhitungan RPM. Berikut adalah simulasi penjelasan kalkulasi yang dikutip dari idxchannel.com. Simak disini:

RPM= (0.12/30) x 1000 = 4 USD atau bila dirupiahkan sekitar Rp 57.332

Adapun perumpamaannya, buat kalian menjadi seorang Youtuber dan telah memiliki minimal jumlah penonton sebanyak 30 dengan penghasilan sebesar 0,12 USD. Maka, jumlah dari nilai keseluruhan pendapatan yang diraih oleh orang tersebut sebesar Rp 57.332.

Perhitungan Uang dari Youtube

Perhitungan uang dari Youtube yang sudah dijelaskan di atas, menggambarkan kalau cara dapat uang dari internet bisa dilakukan melalui platform tersebut. Asalkan, kalian sudah tahu apa saja persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan gaji sebagai seorang Youtuber. Dikutip dari support.google.com, inilah tinjauan yang difokuskan terhadapa kanal konten:

  • Video harus up to date atau memiliki postingan video terbaru di akun profilmu
  • Memiliki tema yang sesuai dengan arahan channel Youtube kalian
  • Data-data video seperti thumbnail, judul, hingga deskripsi harus sesuai dengan isi konten yang kalian upload
  • Meninjau video mana yang memiliki jumlah viewers terbanyak
  • Peninjuan terhadap keseluruhan waktu tontonan di channel kalian yang paling tertinggi.

Oleh karena itu, video yang dimuat di channel kalian harus dikemas sekreatif dan semenarik mungkin agar banyak orang yang tertarik untuk menontonnya. Di sisi lain, kalian juga dapat melakukan live streaming untuk meningkatkan hubungan antara pemilik channel dengan para subscriber. Cara ini dinilai positif, karena mampu mempromosikan isi konten di akunmu.

Cara Hasilkan Uang dari Youtube Short

Cara hasilkan uang dari Youtube Short sangat mungkin dipraktekan oleh kalian yang masih masuk kategori sebagai pemula. Dikutip dari penjelasan yang dimuat oleh channel Youtube Adnyana Putra. Ini dia tips untuk upload video shortsnya!

  1. Masuk ke akun Youtube melalui perangkat HP atau laptop
  2. Klik ikon Buat Video yang terdapat di pojok kanan atas tepat di sebelah kiri ikon notifikasi bertanda lonceng
  3. Tambahkan Konten Video yang sudah kalian buat dengan durasi 60 detik ke bawah
  4. Pastikan saat meng-upload videonya ke akun YT, rasio yang digunakan adalah 9:16
  5. Sertakan tagar Shorts di bagian judul, dan deskripsi. Contoh: kucing lucu terbaru #shorts
  6. Tetapi, kalau perangkatmu sudah muncul menu Shorts, maka tidak perlu lagi tambahkan hashtag tersebut
  7. Hindari file Video yang di dalam kontennya memuat unsur eksplisit serta terlihat ada tanda watermark-nya.

Hal tersebut dikarenakan, apabila kalian melalukan re-upload pada konten video yang sudah diunggah melalui akun TikTok dan lain sebagainya. Maka, ketika hendak melakukan upload ulang secara otomatis tanda watermark dari masing-masing platform akan terilhat di video. Dampak yang akan kalian rasakan, videonya tidak bisa membantumu dapatkan gaji dari YT.

Sekian pembahasan mengenai cara hasilkan uang dari Youtube di kesempatan kali ini. Baca juga artikel cara hasilkan uang dari TikTok untuk informasi lebih lanjut. Semoga bermanfaat. See you on the next topis. Have a nice days, and bye bye!

Related posts