Cara Crop Gambar di Photoshop

Cara crop gambar di Photoshop tentu saja tidak sesulit cara crop di PDF. Mengingat aplikasi Photoshop, ialah aplikasi khusus editing foto yang banyak digunakan para editor foto atau pencinta dunia fotograi. Photoshop banyak digemari karena menawarkan fitur editing foto yang sangat lengkap. Adapun salah satu fitur yang paling banyak digunakan ialah crop foto.

Sebenarnya cara crop gambar di Photoshop sendiri bisa dikatakan sangat mudah dipelajari. Photoshop menawarkan beberapa versi software yang dapat Kamu pilih untuk editing foto. Meskipun memiliki beberapa perbedaan, tapi cara penggunaannya sendiri hampir mirip pada tiap versi.

Bagi pengguna awam, Kamu bisa menggunakan teknik cropping melalui tutorial yang akan Kami bagikan dibawah ini!

Cara Crop Gambar di Photoshop

Cara Crop Gambar di Photoshop
Memotong Gambar di Photoshop

Memotong Gambar di Photoshop Mudah

Ada beberapa langkah cara memotong gambar di Photoshop mudah yang bisa Kamu ikuti berikut ini :

1. Import Gambar ke Aplikasi Photoshop

Untuk crop gambar di Photoshop yang pertama, silahkan import gambar dari folder gambar kePhotoshop. Adapun caranya tinggal drag lalu tarik gambar ke tempat yang tersedia. Atau bisa juga dengan mengklik pilihan “FIle” dan “Open”.

2. Akses Menu Crop Tool

Cara crop gambar di Photoshop selanjutnya dengan membuka opsi Crop Tool. Setelah gambar yang Kamu ingin edit sebelumnya sudah ada di Photoshop. Langkah berikutnya tinggal akses Crop tool, di samping kiri worksheet. Dalam menu ini ada beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan, seperti Slice Select tool, Slice Tool, Perspective Crop Tool, dan Crop Tool.

Jika Kamu ingin memotong gambar yang berbentuk kotak atau persegi, silahkan pilih Crop Tool.

3. Lakukan Pengaturan Ribbon Bar

Jika Kamu memilih Crop Tool, selanjutnya akan ditampilkan menu Ribbon Bar di bagian atas gambar. Dari sana Kamu bisa mengatur pilihan cropping gambar sesuai kenginan.

Adapun penjelasan tentang fungsi dari tiap-tiap Ribbon Bar yang ada di Crop Tool ini, diantaranya :

  • Width dan Height, pada bagian ini Kamu akan mengatur ukuran tinggi dan lebar pada gambar, baik dalam ukuran pixel, cm, maupun inchi (in).
  • Dropdown Preset, berfungsi untuk mengatur rasio ukuran pada gambar yang akan di cropping. Biasanya menu ini bisa membantumu menentukan bentuk gambar dengan cepat. Misalnya rasio 1:1 yang digunakan untuk di upload ke dalam feed IG, dan rasio 16:9 digunakan untuk upload stori IG.
  • Overlay, pada menu ini Kamu bisa melihat tingkat keakuratan gambar yang telah dipotong. Apakah gambar sudah presisi atau belum.
  • Clear, dalam menu clear ini Kamu bisa melakukan reset nilai di kolom height dan width.
  • Delete Cropped Pixels, menu ini berfungsi untuk menghapus atau menghilangkan bagian yang tidak terdapat dalam area pemotongan atau cropping.

4. Pengaturan Ukuran Gambar

Tutorial cara crop gambar di Photoshop berikutnya ialah pengaturan ukuran gambar yang akan dipotong. Pada langkah ini, Kamu bisa mengimport nilai pada kotak width and height. Selain itu, bisa juga dengan cara menarik bagian samping foto dengan cara manual.

5. Mengklik Tombol Centang

Cara memotong gambar pada Photoshop berikutnya ialah klik centang, jika ukuran pada gambar sudah sesuai keinginan. Selain klik centang, Kamu juga bisa menekan enter untuk menyimpan foto tersebut.

6. Menyimpan Gambar

Selanjutnya, Kamu tinggal menyimpan gambar yang sudah di crop saja. Adapun caranya cukup tekan tombol di keyboard, atau shortcut Ctrl+Alt+Shift+S. Jika sudah, akan muncul tampilan popup. Setelah itu, tinggal pilih format gambar yang ingin disimpan.

Memotong Gambar di Photoshop Melalui Shape Tool

Selain memotong gambar di Photoshop dalam bentuk persegi, Kamu juga bisa memotong foto tersebut dalam bentuk lainnya. Melalui pilihan Shape Tool ini, Kamu bisa memilih foto ke dalam berbagai macam bentuk, baik itu berbentuk polygon maupun bentuk elips.

Adapun cara crop gambar di Photoshop memakai Shape Tool, ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan klik kanan di menu yang bertuliskan Shape Tool, tepatnya di samping kiri  pada lembar kerjamu. Setelah itu, Kamu akan ditampilkan beberapa pilihan bentuk, silahkan pilih bentuk yang Kamu ingikan.
  • Setelah itu, Kamu bisa melakukan pengaturan ukuran shape yang telah dipilih. Sesuaikan dengan objek gambar yang Kamu miliki.
  • Jika sudah, silahkan lakukan pengaturan opacity dalam shape tersebut. Kamu bisa menurunkan layer pada Opacity supaya gambar  bisa terlihat jelas.
  • Selanjutnya tinggal pilih opsi pen tool, cukup menekan tombol P saja pada keyboard.
  • Silahkan klik kanan di shape tersebut, kemudian pilih Make Selection. Lalu tampilan jendel popup pun akan muncul. Tekan Ok setelahnya.
  • Kemudian tekan kombinasi Ctrl+J di keyboard komputer millikmu untuk pembuatan layer yang baru.
  • Lalu Kamu bisa menghilangkan ikon tanda mata yang ada di layer shape dan background.
  • Jika sudah simpan gambar di perangkat komputer.

Memotong Gambar di Photoshop Memakai Magnetic Lasso Tool

Sama seperti Shape Tool, fitur yang ada di Photoshop ini juga bisa dipakai untuk memtong foto sesuai bentuk pada objek gambar. Hanya saja tool ini dapat memberikan hasil yang lebih bagus dan rapi. Cara crop  gambar di Photoshop dengan Magnetic Lasso Tool bisa mempercepat penyeleksian gambar. Selain itu, bisa menyeleksi gambar secara halus dan rapi.

Adapun cara memotong gambar di Photoshop memakai Magnetic Lasso Tool ialah sebagai berikut :

  • Silahkan buka foto atau gambar yang Kamu inginnkan, caranya pilih “File” lalu klik “open”. Bisa juga memakai shorcut dari Ctrl+O.
  • Jika gambar sudah terbuka, Kamu bisa memillih Magnetic Lasso Tool di menu samping lembar kerja.
  • Kamu bisa klik kiri dalam penyeleksian awal, dan arahkan kursor untuk menyeleksi. Kamu bisa buat seleksi sampai terhubung antara satu titik awal dengan titik akhir.
  • Jika objek sudah terseleksi, silahkan tekan kombinasi Ctrl+N. Lalu atur ukuran pada canvas sesuai kebutuhan.
  • Jika canvas baru sudah terbuka, tinggal tekan Ctrl+V agar objek yang sudah terseleksi sebelumnya ditempelkan pada canvas baru.

Nah, itulah tutorial cropping gambar di aplikasi Photoshop. Cara crop gambar di Photoshop sebenarnya masih banyak. Tapi tutorial di atas dirasa sudah cukup mewakili teknik cropping yang dapat dilakukan oleh pemula. Bagi yang baru pertama kali menggunakan aplikasi Photoshop mungkin merasa rumit, tapi bagi yang sudah memahami tentu saja teknik ini sangat mudah dilakukan.

Untuk memotong gambar di Photoshop melalui berbagai macam bentuk atau shape, Kamu bisa juga bisa melakukan custom bentuk sesuai keinginan. Jadi, nantinya tampilan objek gambar yang Kamu crop ditampilkan dengan bentuk yang sesuai keinginan, bisa berbentuk persegi/kotak, bulat/lingkaran, love dan masih banyak lagi.

Silahkan pilih mana metode yang Kamu sukai dan paling mudah menurutmu. Teknik cropping di Ph0toshop sendiri masih teknik mendasar dalam dunia editing foto. Jadi ingin menjadi editor foto profesional, maka Kamu pun harus sudah menguasai cara crop gambar di photoshop ini!

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019