Cara Crop File PDF

Apakah Kamu ingin memotong file PDF? Atau mungkin halaman di berkas PDFmu mempunyai margin tambahan atas, bawah atau bahkan samping? Kini tak perlu khawatir, karena di sini Kami akan membantumu tentang bagaimana cara crop file PDF dengan mudah. Sebenarnya File PDF banyak digunakan karena menawarkan keunggulan tersendiri. Namun ada beberapa masalah yang sering dialami pengguna terkait berkas PDF, salah satunya ialah sulit menyesuaikan margin halaman untuk menghindari ruang berlebih di bagian bawah, atas, atau sisi halaman file PDF.

Selain itu, jika berkas PDF yang Kamu miliki mempunyai informasi yang tidak diperlukan, maka Kamu bisa memotong halaman file PDF.  Memang untuk mengedit file ini memerlukan aplikasi pihak ketiga, sama seperti cara copy file PDF ke Word. Lalu, bagaimana sih cara crop file PDF itu sendiri?

Cara Crop File PDF

Cara Crop FilePDF
Cara Memotong File PDF

Memotong File PDF Menggunakan PDF Element Pro

Mengedit file PDF memang lebih mudah dengan bantuan PDF element Pro untuk Windows. Bahkan prosesnya pun hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja. Jadi Kamu bisa memotong file PDF tanpa mengubah ukuran teks dan font-nya.

Jika Kamu ingin tahu cara crop file PDF termudah di Windows PC, Kamu tinggal unduh PDFelementPro sekarang juga. Nah, PDFElement Pro ini dirancang untuk mempermudah semua tugas yang Kamu lakukan terkait file PDF. Sebut saja tugas-tugas di PDF berikut, seperti mengamankan file PDF, editing file PDF, menandatangani PDF,  memisahkan berkas PDF dan masih banyak lagi.

Jadi bisa dikatakan bahwa PDFelementPro adalah perangkat lunak paling multifungsi, karena bisa melakukan semua tugas dengan mudah dalam satu perangkat lunak saja.

Oke, langsung saja simak panduan caranya di bawah ini :

1. Import File PFD ke Dalam Program PDFelement Pro

Pertama-tama, silahkan unduh dan install software PDFelementPro untuk Windows di PC dan jalankan programnya. Pada tampilan interface awal, di sana ada pilihan “Open File”, tugasmu cukup pilih opsi tersebut. Klik tab tersebut dan cari di perangkatmu file PDF yang akan di crop. Lalu import atau masukkan file PDF tersebut. Jika file tadi sudah diimpor, selanjutnya masuk ke langkah berikutnya.

2.  Mulai Edit File PDF

Biasanya file akan langsung terbuka secara otomati dan menampilkan semua halaman dan isi konten PDF Kamu bisa mengkliknya untuk melihat berkas PDF tersebut. Selanjutnya navigasi ke tab “Edit” di sudut kiri atas halaman untuk melihat banyak pilihan file editing PDF.

Setelah itu, pilih opsi untuk menambahkan teks, menambahkan gambar, menambahkan link, menambah watermark file PDF atau melakukan pengeditan sederhana pada header/footer atau latar belakangnya. Silahkan lakukan sesuai kebutuhan.

3. Crop Halaman PDF Dalam Dokumen PDF

Untuk langkah ketiga, silahkan navigasi ke halaman PDF yang ingin Kamu potong atau crop, lalu tekan “Crop” di bagian bawah tab “Edit”. Sekarang waktunya Kamu untuk memotong bagian pada halaman file PDF dengan menyeret salah satu ujung kotak persegi panjang.

Sesudah Kamu memilih posisi pada kotak persegi panjang yang akan di crop, Kamu akan diminta memilih pengaturan lain, seperti margin dan lainnya. Selanjutnya klik Ok, lalu halaman file PDFmu akan dipotong sesuai ukuran yang Kamu inginkan.

Kamu bisa menggunakan tab “Page Boxes” untuk memotong halaman PDF. Untuk melakukannya, klik “Page Boxes” di bawah menu “Pages”. Kemudian Kamu bisa memilih kotak halaman PDF berbeda sesuai kebutuhan.

Bagaimana, simpel kan? Semua proses cara crop file PDF yang disajikan di atas memang cukup sederhana. Jadi, Kamu hanya perlu mengandalkan PDFelement Pro untuk pemotongan file PDF yang Kamu miliki. Kamu bisa mencobanya untuk mengetahui seberapa efisien software tersebut memotong gambar, tekss dan margin tambahan pada file PDF.

Kenapa Memakai PDFelement Pro Untuk Crop File PDF?

PDFelement Pro telah menawarkan para pengguna barunya lewat uji coba sotfware gratis untuk menguji efektifitas sekaligus memahami cara kerjanya dengan pengalaman yang praktis. PDFelement Pro ini sepenuhnya kompatible dengan sistem operasi Windows 10. Selain itu, memungkinkan  para pengguna untuk bisa mengedit PDF File sebelum memotong halaman file PDF.

Jika ditanya, apa saja sih keunggulan PDFelement Pro? Berikut ulasannya :

  • Dapat memangkas margin ekstra sekaligus memotong file PDF sesuai kebutuhan.
  • Memungkinkan mengedit berkas PDF sebelum di crop dengan menambahkan komentar, catatan, gambar, teks dan lain sebagainya.
  • Teknologi OCR-nya membantu membuat PDF yang dipindai bisa diedit.
  • Dapat menambahkan kata sandi untuk keamanan dan berbagi file PDF secara aman.

Ya, itulah beberapa keunggulan dan cara memotong file PDF menggunakan PDFelement Pro yang bisa Kamu unduh di Windows. Nah, jika ingin metode lainnya Kamu bisa simak ulasan di bawah ini!

Cara Memotong File PDF di Sistem Operasi Mac

Bagi pengguna komputer Mac, sebenarnya Kamu tak perlu lagi menginstal aplikasi pihak ketiga di PC yang Kamu gunakan untuk melakukan crop file PDF. Sebab aplikasi Pratinjau atau Preview yang sudah disediakan di komputer secara default bisa membantumu memotong file PDF yang Kamu miliki. Untuk mempelajari cara crop file PDF memakai tools Pratinjau di Mac OS, Kamu tinggal ikuti langkah-langkah praktis di bawah ini :

  • Silahkan buka file PDF di Pratinjau. Nah jika Pratinjau tadi sudah dijadikan penampil file PDF secara default, Kamu hanya tinggal melakukan double klik di dokumen PDF saja. Atau bisa juga dengan mengklik Pratinjau di Mac OS lalu pilih “File” kemudian pilih lagi “Open” dan temukan berkas PDF yang diinginkan, lalu pilih. Setelah itu tekan open atau buka.
  • Jika file sudah terbuka, silahkan tekan toolbox (yang terletak di sudut kanan atas) untuk melihat alat cropping PDF. Setelah itu, silahkan pilih cropping tool.
  • Kamu bisa melihat gambar file PDF versi mininya dengan cara mengklik edit gambar dan pilih “Thumbnails“. Silahkan pilih semua thumbnails dengan mengklik salah satunya dan tekan tombol Home+A.
  • Lalu seret kotak di sekitar area yang akan dipotong, kemudian tekan tombol Home+K di keyboard untuk memotong dokumen. Kamu mungkin mendapatkan pop up peringatan yang memberitahukan bahwa crop dokumen PDF tidak akan menghapus konten di luar pilihan tapi hanya menyembunyikannya di Pratinjau. Silahkan centang dikotak peringatan yang tersedia, dan klik OK. Jika Kamu sudah mengklik OK di pop up peringatan tadi, maka semua halaman PDF yang Kamu pilih harus dipotong.
  • Untuk menghindari masalah di atas, Kamu harus mengekspor file PDF yang sudah dipotong. Caranya cukup masuk ke “File” lalu “Export as PDF” kemudian beri nama dokumen dan simpan di lokasi favoritmu. Kini, bagian yang dipotong pada berkas PDF tidak akan terlihat.

Cara memotong file PDF melalui Mac OS juga sangat mudah, bukan? Dengan begitu, Kamu tak  perlu repot-repot mengunduh aplikasi lainnya untuk memotong halaman dokumen PDF.

Silahkan pilih cara crop file PDF di atas sesuai perangkat yang Kamu gunakan. Selamat mencoba!

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019