Cara Hapus Akun Gojek

Sebagai pengguna layanan transportasi online seperti Gojek, kita harus terlebih dulu tahu tentang cara hapus akun Gojek. Kenapa cara ini perlu untuk diketahui? Karena mungkin ada beberapa alasan yang mengharuskan kita untuk menghapus akun Gojek.

Salah satunya adalah mungkin karena pengguna, sudah tak lagi aktif dan ingin mengganti data-data yang tak bisa diubah, di dalam aplikasi Gojek.

Sebagaimana kita tahu, Gojek sendiri merupakan salah satu layanan transportasi online yang sangat populer di Indonesia. Gojek sendiri berdiri di bangun oleh PT Karya Anak Bangsa, yang mana merupakan salah satu kebanggaan dari negara Indonesia itu sendiri.

Ditambah dengan perkembangan zaman, saat ini Gojek sudah tersebar di hampir ke seluruh kota di pelosok Indonesia, dengan beragam layanan yang disajikan oleh Gojek.

Jika awalnya kita hanya mengetahui Gojek sebagai layanan transportasi online seperti motor, maka saat ini kita sudah bisa menikmati layanan lain. Mulai dari layanan go-car, kemudian go-food, setelah itu ada go-send, go massage, go cleaning, go Auto, go pulsa, dan masih banyak lagi.

Untuk metode pembayaran dari Gojek sendiri, kita bisa menggunakan dua metode yang berlaku. Pertama ada dengan menggunakan uang tunai atau cash, kemudian ada go-pay atau Gojek payment.

Gojek payment atau go-pay inilah yang pada akhirnya, bisa digunakan sebagai metode pembayaran yang sah baik di aplikasi Gojek itu sendiri, ataupun di beberapa merchant lainnya yang mendukung pembayaran Via go-pay.

Walaupun begitu, nyatanya seperti yang kita tulis di atas tadi, bahwa tidak sedikit dari pengguna Gojek yang ingin menghapus akun mereka baik secara permanen ataupun temporer.

Hal ini juga tidak hanya dari segi penumpang atau customer saja, melainkan juga kadang ada beberapa driver dari Gojek, yang turut ingin menghapus akun Gojek mereka.

Namun dari segi driver, biasanya Hal ini dikarenakan mereka tak lagi berprofesi sebagai driver Gojek. Meskipun begitu, ketika para driver yang menghapus akun Gojek, mereka tetap bisa menggunakan akun Gojek customer untuk memesan layanan Gojek.

Lantas, bagaimana cara hapus akun Gojek? Tentunya ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan. Baik dari segi customer atau penumpang, dan juga segi driver Gojek.

Cara Hapus Akun Gojek

Hapus Akun Gojek
Hapus Akun Gojek

Cara Hapus Akun Gojek Secara Temporer Atau Sementara

Cara pertama yang bisa kalian lakukan, adalah dengan menghapus akun Gojek secara temporer atau sementara.

Cara ini bisa dilakukan dari dua sisi, baik dari sisi customer atau penumpang Gojek, ataupun dari driver Gojek itu sendiri.

Dan maksud dari temporer atau sementara disini adalah, pengguna bisa kembali menggunakan akun Gojek, namun harus melalui login terlebih dahulu. Nah caranya adalah

  • Buka terlebih dahulu aplikasi Gojek customer ataupun driver yang kalian miliki, setelah itu login seperti biasa dengan menggunakan data akun yang sudah didaftarkan sebelumnya
  • Jika Mungkin kamu sudah melakukan login, maka langkah selanjutnya adalah kamu harus melakukan log out pada aplikasi Gojek driver ataupun Gojek customer
  • Kemudian, kamu bisa masuk ke dalam pengaturan atau setting dari HP kalian masing-masing, dan pilih menu aplikasi atau Apps
  • Lalu, pilih pada aplikasi Gojek, dan klik pada clear cache dan clear data
  • Terakhir, kamu bisa merestart smartphone kalian, untuk menyelesaikan proses penghapusan cache dan data.

Nah dengan cara ini, kamu tak akan lagi menerima notifikasi dari Gojek ataupun Gojek driver. Karena akun kalian sudah ter log out, dan data-data yang ada di dalamnya sudah ikut terhapus. Walaupun demikian, kamu tetap bisa kok login kembali ke dalam aplikasi Gojek customer ataupun Gojek driver, ketika mungkin diinginkan.

Cara Hapus Akun Gojek Permanen

Kemudian pada cara kedua, kamu bisa melakukan penghapusan akun Gojek secara permanen, dan tak lagi bisa melakukan login, menggunakan data-data yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Karena, data yang sebelumnya disimpan dalam database Gojek akan dihapus sesuai dengan permintaan kalian. Di sini, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan, yaitu

1. Melalui CS Gojek

Cara pertama adalah kamu bisa menghubungi CS atau customer service dari Gojek, yang bisa kamu temukan di Twitter. Namun sebelum menghapus akun Gojek secara permanen, pastikan dulu kamu sudah benar-benar yakin dan melakukan log out pada aplikasi Gojek, seperti cara sebelumnya.

Dan jika sudah siap, maka kamu tinggal membuka ataupun login kedalam Twitter dan menghubungi CS dari Gojek, dengan mengirimkan direct message atau DM ke akun @Gojekindonesia. Pada pesan DM tersebut, jelaskan jika kamu meminta bantuan, untuk menghapus akun Gojek secara permanen.

Nantinya pihak Gojek akan membalas pesanmu, dan melakukan verifikasi data terlebih dahulu untuk memastikan jika akun yang dihapus adalah benar milik kalian.

2. Melalui Call Center Gojek

Selanjutnya kamu bisa menghubungi call center dari Gojek, dengan membuat panggilan ke nomor 0215 0525 1110. Nomor ini adalah nomor dari kantor pusat bantuan Gojek. Setelah kamu terhubung, kamu bisa meminta berbicara kepada call center Gojek, dan jelaskan Jika kamu ingin melakukan penghapusan akun Gojek.

Nantinya pihak call center akan memverifikasi data, dengan menanyakan identitas yang kalian miliki apakah sudah sesuai atau belum. Jika proses verifikasi berjalan dengan lancar, maka proses penghapusan akan diproses kurang dari 2 x 24 jam.

3. Mendatangin Kantor Gojek

Selanjutnya untuk cara yang terakhir, kamu bisa mendatangi kantor Gojek terdekat sesuai dengan wilayah atau daerah mu. Untuk kantor pusatnya sendiri, kamu bisa menemukannya di sekitaran Blok M Jakarta Selatan. Namun untuk mempermudah, kamu bisa mencari informasi tentang kantor cabang Gojek yang tersebar di seluruh Indonesia.

Setelah menemukan informasi tentang kantor cabang Gojek terdekat, maka kamu perlu mempersiapkan diri, serta data diri yang sekiranya diperlukan seperti KTP, serta nomor telepon yang masih aktif. Dan setelah sampai kantor cabang, kamu bisa bertanya kepada petugas perihal penghapusan akun.

Tunggu beberapa saat, sampai nantinya kamu akan diarahkan ke bagian teller ataupun customer service dari Gojek, dan nantinya kamu tinggal menceritakan keperluanmu datang ke kantor Gojek yakni adalah untuk menghapus akun Gojek.

Sama seperti melalui Twitter ataupun call center, nantinya kamu harus melakukan verifikasi data mengenai akun Gojek kalian. Jangan lupa untuk memberikan alasan, kenapa kamu ingin menghapus akun Gojek.

Untuk proses sendiri tidak terlalu lama, tergantung dari banyaknya antrian yang ada di kantor Gojek. Tetapi pada umumnya, waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 15 sampai 30 menit.

Nah setelah kalian berhasil menghapus akun, bukan berarti kalian tak lagi bisa menggunakan akun Gojek ya. Kamu masih bisa kok membuat akun baru untuk menikmati layanan Gojek, dengan menggunakan perangkat lain, serta nomor telepon dan identitas yang berbeda. Dengan begitu, nomor telepon utama kalian yang sudah terdaftar tak akan lagi menerima notifikasi dari Gojek, dan tak bisa digunakan untuk mendaftar ke dalam Gojek kembali.

Sebagai penutup, itulah tadi beberapa cara hapus akun Gojek yang bisa kamu gunakan, silakan pilih cara yang menurutmu paling mudah, dan semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu. Semoga bermanfaat

Faiz Dawami
suka diajak ngopi