Cara Mengembalikan Video Tiktok yang Terhapus

Apa jadinya jika video Tiktok yang akan kalian upload hilang? Apakah harus membuatnya lagi? Tentu saja hal ini sangat merepotkan, sebab kalian harus membuat ulang video yang sama. Atau kalaupun video tersebut diposting ulang tidak berpotensi ditonton lebih banyak orang. Jika sudah seperti ini, kalian harus coba cara mengembalikan video Tiktok yang terhapus.

Aplikasi Tiktok adalah sebuah platform media sosial untuk pembuatan konten atau video anak muda. Akan tetapi seringkali, video Tiktok yang sudah dibuat serta diupload bisa terhapus sendirinya. Biasanya video terhapus akibat pengguna yang sudah melanggar aturan Tiktok. Akan tetapi, jangan khawatir karena ada cara mengembalikan video Tiktok yang terhapus dan bisa dipulihkan kembali.

Read More

Seputar Tiktok

Tiktok adalah aplikasi jejaring sosial yang sangat populer saat ini karena selain berfungsi sebagai jejaring sosial, juga berfungsi sebagai platform berbagi video musik yang sangat unik. Awal kehadirannya pada tahun 2016 tentu saja langsung viral dan melejit tersebar ke seluruh dunia hingga di pakai oleh jutaan orang. Beberapa diantaranya, mulai dari influencer, content creator, public figure, sampai orang biasa pun menggunakan aplikasi ini.

Bagi yang belum bergabung dengan Tiktok pastinya akan berpikir bahwa Tiktok hanyalah aplikasi untuk joget-joget, tapi sebenarnya ada banyak konten kreatif yang mengedukasi ketimbang aktivitas tersebut. Oleh karena itu, Tiktok sangat cocok bagi kalian yang senang mengedukasi atau yang ingin mencari ilmu dengan cara berbeda menggunakan media Tiktok.

Terkait:  Cara Mengaktifkan Android System Webview

Penyebab Video Tiktok Terhapus

Ada beberapa faktor yang perlu kalian ketahui kenapa video Tiktok yang telah di upload tiba-tiba hilang begitu saja, diantaranya :

1. Kesalahan Pengoperasian

Mungkin bagi kalian yang baru pertama kali menggunakan Tiktok akan merasa kesulitan ketika mengakses fitur-fitur yang ada di dalamnya. Bukan tidak mungkin, jika kalian salah dalam mengoperasikan Tiktok bisa-bisa video yang sudah kalian upload sebelumnya akan terhapus begitu saja.

2. Mengupload Konten yang Berbau Sara

Pada Tiktok ada kebijakan tersendiri mengenai video yang di upload, terutama tidak boleh mengandung sara. Hal ini dikarenakan bisa menggiring opini publik ke arah negatif yang menyebabkan kerugian salah satu pihak yang dituju.

Jika hal ini kalian lakukan baik di sengaja maupun tanpa disengaja, maka video kalian akan di hapus sepihak oleh pihak Tiktok.

3. Pemberian Tag yang Dianggap Provokatif

Pemberian tag pada sebuah video tentu akan memperlebar jangkauan video yang kalian buat setelah di upload pada Tiktok. Bahkan tanpa harus banyak pengikut pun, kalian masih bisa mendapatkan banyak viewer hanya dengan mengandalkan sebuah tag saja.

Namun apa jadinya jika tag yang ditulis di anggap provokatif dan sangat sensitif? Bukan tak mungkin video yang telah susah-susah kalian buat dan upload bisa dihapus begitu saja.

4. Usia Pemilik Akun Belum Memenuhi Syarat

Tiktok adalah paltform yang digunakan oleh banyak orang, namun bukan berarti tidak ada aturan dalam pembatasan usia. Tiktok memang cukup ketat memberikan peraturan terkait usia penggunanya.

Minimal usia yang berlaku sehingga bisa membuat akun Tiktok adalah 13 tahun ke atas. Jika ternyata Tiktok mendeteksi kalian masih berusia di bawah 13 tahun, maka video kalian akan di hapus begitu saja.

Terkait:  Cara Download Video Twitter

5. Diakses Oleh Orang Yang Tidak Bertanggung Jawab

Berhati-hatilah menggunakan perangkat di sembarang tempat apalagi ketika membuka sebuah akun yang belum di log out. Hal ini berlaku bagi akun Tiktok. Jika kebetulan di suatu tempat menggunakan perangkat bukan milik sendiri, pastikan kalian sudah log out terlebih dahulu sebelum meninggalkan perangkat tersebut.

Tujuannya tentu saja agar akun kalian aman dari tindakan kejahatan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Bisa saja akun kalian di pergunakan dengan tidak wajar dan mungkin video yang di dalamnya di hapus begitu saja. Tentu ini akan sangat merugikan bukan?

Cara Mengembalikan Video Tiktok Yang Terhapus

Cara Mengembalikan Video Tiktok yang Terhapus
Tutorial Mengembalikan Video Tiktok yang Terhapus

Jika video Tiktok kalian sudah terlanjur terhapus atau hilang, maka kalian perlu cara mengembalikan video Tiktok yang terhapus dengan tepat. Namun perlu kalian ketahui bahwa cara ini bisa dilakukan apabila video tersebut terhapus bukan adanya unsur kesengajaan. Apabila ada indikasi sebagai unsur kesengajaan, kemungkinan besar video kalian tidak akan kembali.

1. Masuk ke Akun Tiktok

Kalian bisa masuk ke akun Tiktok seperti biasanya, bisa memakai nomor telepon, akun Google atau Facebook. Kemudian lanjutkan!

2. Buka Menu Privacy and Setting

Setelah masuk ke akun Tiktok kalian, silahkan masuk ke menu Privacy and Setting. Langkah-langkahnya yaitu, masuk ke Profil, lalu pilih menu selanjutnya dengan memasuki Privacy and Settings. Di sini kalian akan menemukan beberapa opsi, namun yang berhubungan dengan video yang terhapus bisa memilih ‘Report a Problem’. Setelah klik opsi tersebut, selanjutnya klik opsi ‘Account Issue’.

3. Tulis Masalah Pada Kolom Yang Tersedia

Pada halaman selanjutnya akan ada kolom keluhan, pada kolom tersebut memungkinkan kalian utnuk mengisi permasalahan mengenai video yang terhapus. Saat mengisinya sebenarnya tidak perlu panjang lebar, cukup isikan permasalahan secara singkat.

Terkait:  Cara Duet di TikTok

Contoh pengisian yang tepat yaitu :  “Video yang sudah saya upload tiba-tiba terhapus.”

Namun sebaiknya sampaikan keluhan kalian menggunakan bahasa inggris karena Tiktok merupakan paltform yang memiliki server di luar negeri. Intinya adalah, semakin detail alasan yang kalian keluhkan, maka semakin besar juga tim support Tiktok mempertimbangkan kembali untuk mengembalikan video yang terhapus.

Selanjutnya tinggal klik ‘Send’ dan tinggal menunggu saja sampai tim Support Tiktok mengirim balasannya lewat email yang telah didaftarkan saat registrasi akun Tiktok.

4. Tunggu Balasan Dari Tiktok

Setelah mengirimkan keluhan kalian, tentunya harus menunggu balasan dari tim support Tiktok. Balasan dari tktok tidak menentu, ada yang cepat dan ada juga yang lambat. Mungkin bagi kalian yang beruntung akan mendapatkan balasan dengan cepat.

5. Klik Link Yang Tersedia

Email yang dikirimkan oleh Tiktok biasanya subjek nya yaitu : Video Export. Alamat email yang mengirimkan ke inbox kalian adalah [email protected]. Dengan inisial Tiktok.

Isi email tersebut merupakan informasi yang berisi link untuk mengembalikan video yang terhapus. Perlu diketahui bahwa link tersebut akan hilang dalam waktu 30 hari sejak email tersebut dikirimkan.

Penting Agar Video Tiktok Terhapus Dapat Dipulihkan

Agar cara mengembalikan video Tiktok yang terhapus di atas dapat dipulihkan dengan mudah, kalian harus mengikuti beberapa tips di bawah ini :

  1. Pastikan untuk mengisi laporan permasalahan dengan jelas dan ringkas.
  2. Pakai bahasa Inggris dengan benar saat melaporkan masalah, agar lebih mudah dipahami sistem Tiktok.
  3. Jangan lupa, beri identitas singkat dan salam pada awal pesan.
  4. Kalian juga harus memberi nama sebagai penutup.

Dengan memahami cara mengembalikan video Tiktok yang terhapus di atas, video kalian yang sudah diupload atau tersimpa di draft dapat dikembalikan asalkan tidak melanggar aturan Tiktok.

Related posts