Cara Ganti Password Instagram

Cara ganti password Instagram merupakan salah satu cara yang sangat dianjurkan oleh beberapa orang, untuk menjaga keamanan akun mereka. Sebagaimana kita tau, saat ini sedang marak sekali pencurian data atapun akun sosial media yang kita miliki. Hal ini dikarenakan, mungkin kita menggunakan password dengan tingkat keamanan atau tingkat kesulitan yang rendah, dan juga menggunakan password yang sangat mudah untuk ditebak.

Oleh sebab itu, ketika kamu memiliki akun sosial media seperti Instagram, kamu harus memastikan jika akun Instagram yang kamu miliki memang sudah menggunakan password yang aman.

Sehingga, ketika ada seseorang yang mungkin berniat jahat, mereka akan kesulitan untuk menebak ataupun mengetahui password yang kalian gunakan.

Sebab, mungkin saja akun Instagram yang kalian miliki mungkin tidak memiliki banyak followers. Tetapi tetap saja, para pengguna Instagram pasti memiliki privasi yang mana mungkin tidak seharusnya diketahui oleh orang lain.

Bahkan, bisa saja ada ulah pihak tidak bertanggung jawab yang justru malah menyebarkan ataupun membuat posting berupa foto ataupun video yang mungkin tidak senonoh.

Karena memang, Instagram sendiri merupakan platform sosial media yang mana digunakan untuk membagikan foto ataupun video milik penggunanya.

Selain itu, mereka juga bisa mengupdate foto ataupun video secara temporer yang akan hilang dalam 24 jam yang bernama Stories Instagram. Dan juga mungkin akun Instagram yang terbobol oleh orang tak bertanggung jawab tadi kerap digunakan untuk mengirimkan DM ataupun Direct Messages kepada followers ataupun pengikut dari pemilik akun, untuk meminta sejumlah uang dan melakukan penipuan.

Jika hal ini terjadi, tentunya akan ada banyak sekali pihak yang dirugikan. Baik dari pemilik akun yang terkena imbas buruk akibat perbuatan pihak tak bertanggung jawab, serta pemilik akun Instagram lain yang biasanya adalah ‘teman’ dari pemilik akun, yang merasa tertipu.

Tentunya, masih ada banyak lagi hal hal merugikan yang mungkin terjadi akibat akun Instagram kalian mudah dibobol karena menggunakan password dengan tingkat keamanan yang rendah. Maka dari itu, kamu bisa mengganti password Instagram secara berkala, dan juga menggunakan kombinasi password dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Sayangnya, mungkin ada beberapa pengguna Instagram baru yang belum mengetahui Cara Ganti password Instagram. Atau mungkin, mereka terlalu malas dan tidak perduli dengan keamanan akun. Tapi gak masalah, karena pada kesempatan kali ini kita akan memberikan informasi untuk kamu yang ingin mengganti password Instagram.

Cara Ganti Password Instagram

Cara Ganti Password Instagram
Ganti Password Instagram

Cara Ganti Password Instagram di Komputer atau Laptop

Untuk cara pertama kalian bisa menggunakan komputer ataupun laptop, nah disini kita akan menggunakan web browser untuk login ke dalam Instagram web. Caranya juga gampang banget kok

  • Kunjungi situs instagram.com lalu kemudian login dengan menggunakan akun Instagram kalian
  • Setelah itu kamu bisa meng klik pada icon profile yang ada di sebelah kanan atas dari tampilan Instagram
  • Lalu klik pada pilihan setting atau pengaturan, nantinya kamu akan diarahkan ke dalam laman akun kalian
  • Disini kamu akan melihat banyak sekali menu dan kita hanya perlu mengklik pada pilihan change password atau ganti password
  • Terakhir kamu tinggal mengisi pada old password atau password lama, lalu kamu bisa mengetik new password atau password baru beserta confirm new password atau konfirmasi password baru

Setelah itu kalian tinggal mengklik pada tombol change password, dan kamu sudah berhasil untuk mengganti password Instagram kalian menggunakan komputer ataupun laptop.

Pastikan disini kamu menggunakan password yang benar-benar aman, kami menyarankan kamu untuk menggunakan kombinasi antara karakter, angka, huruf besar atau kapital, beserta simbol-simbol lain yang bisa menggunakan.

Pastikan juga kamu mengingat dengan baik password yang sudah kamu ganti tadi, sehingga kamu tidak mengalami kesalahan ataupun kesulitan pada saat login.

Barulah kamu bisa melakukan logout dan login kembali dengan menggunakan password Instagram yang baru. Selain itu kamu juga disarankan untuk tidak melakukan login di sembarang perangkat, entah itu komputer ataupun laptop yang bukan milikmu.

Tetapi jika mungkin kamu berada dalam kondisi yang mendesak dan harus melakukan login pada Instagram di web browser, kamu bisa menggunakan mode penyamaran pada Browser untuk menghindari aktivitas keylogger yang ada pada komputer ataupun laptop, dan jangan lupa untuk melakukan logout ketika selesai mengakses Instagram.

Cara Ganti Password Instagram di HP

Kemudian untuk cara yang kedua juga tak jauh beda dengan cara yang pertama, hanya saja disini kita menggunakan aplikasi Instagram yang sudah kita install di Smartphone kita, baik itu Android ataupun iOS. Caranya juga gampang banget

  • Pertama-tama kamu bisa membuka aplikasi Instagram dan pastikan kamu sudah login dengan menggunakan akun Instagram kalian
  • Setelah itu kamu bisa mengklik pada tab profile yang ada di bagian bawah sebelah kanan dari aplikasi Instagram
  • Kemudian kamu bisa mengklik pada garis tiga yang ada di sebelah pojok kanan atas bagian profile, kamu bisa mengklik pada tombol settings atau pengaturan
  • Jika sudah maka kamu akan melihat banyak sekali menu dan disini kamu hanya perlu mengklik pada opsi, security atau keamanan
  • Nantinya kamu akan dibawa ke dalam laman Security dan disini kamu bisa mengklik pada opsi password
  • Terakhir kamu tinggal melakukan perubahan pada password dengan mengetikkan password lamamu pada tab current password, lalu mengisikan password baru pada kolom new password, serta melakukan pengulangan password baru di kolom confirm new password.

Jika sudah maka kamu tinggal mengklik pada change password, dan sudah berhasil untuk mengubah password dari akun Instagram kalian.

Sama seperti menggunakan komputer ataupun laptop, kami menyarankan kamu untuk terlebih dahulu melakukan logout dan kemudian login kembali dengan menggunakan akun Instagram yang sudah kamu ubah tadi.

Pastikan juga kamu menggunakan kombinasi password yang kuat serta mudah diingat. Untuk menggunakan password yang mudah ditebak seperti dengan pengulangan kata, menggunakan tanggal lahir, menggunakan kombinasi password yang memiliki tingkat keamanan yang rendah.

Pastikan juga kamu terus melakukan pengupdatean atau rutin melakukan pengubahan password secara berkala, dan juga mengaktifkan 2 auth verification, agar ketika ada seseorang yang melakukan login ke dalam akun mu, maka mereka harus terlebih dahulu mendapatkan kode yang dikirimkan melalui email ataupun SMS ke nomor dan email yang terdaftar.

Kamu juga bisa sekali mengecek pada tab login activity, untuk mengetahui aktivitas akun sudah login beberapa kali dimana saja dan kapan saja. Jika mungkin aktivitas yang muncul adalah normal, maka berarti akun kalian aman.

Sebagai penutup, itulah tadi beberapa cara ganti password Instagram yang bisa kamu coba. Semoga dengan menerapkan cara ini, kamu bisa mendapatkan keamanan akun dan juga menjaga akunmu terhindar dari aktivitas-aktivitas pencurian akun, semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi