Cara Mengembalikan DM IG yang Terhapus

Menawarkan fitur yang menarik, dan memungkinkan kalian untuk memposting gambar dan video kreatif, membuat Instagram banyak digemari. Selain berbagi video atau foto, kalian juga dapat saling berbagi Direct Message dengan followers kalian. Bahkan jika DM IG terhapus, kalian juga bisa mencoba cara mengembalikan DM IG yang terhapus.

DM merupakan singkatan dari Direct Message yang biasanya dikirimkan kepada orang lain secara personal dan biasanya hanya diketahui oleh pengirim pesan dan penerima pesan saja. Istilah DM sendiri muncul baru-baru ini pada aplikasi Instagram yang mengindikasikan saling berbalas pesan secara pribadi.

Sebenarnya jika ingin berkomunikasi dengan orang lain melalui Instagram (disingkat IG) dapat dilakukan melalui postingan yang di publish orang tersebut. Dengan begitu, kalian dapat mengirimkan pesan lewat postingan tersebut. Akan tetapi, mengingat mengirimkan pesan pada postingan orang lain bersifat publik, maka banyak orang yang mengurungkan niatnya untuk membicarakan sesuatu jika hal tersebut sifatnya privasi. Oleh karena itu, DM merupakan satu-satunya jalan agar seseorang lebih intens dalam menjaga pembicaraan yang sifatnya rahasia.

Ketika sudah selesai berkomunikasi dengan orang lain melalui DM, tentunya kalian sudah tidak membutuhkan percakapan tersebut lalu menghapusnya. Jika kalian menghapusnya dengan sadar atau mungkin karena sudah tidak terlalu penting, sebenarnya tidak masalah.

Akan tetapi, bagaimana jika ternyata DM tersebut tidak sengaja terhapus, padahal berisi informasi penting atau pesan penting kepada pengguna IG lain? Jika hal ini terjadi, untungnya Instagram sendiri telah menyajikan cara mengembalikan DM IG yang terhapus.

Daftar Isi

Cara Mengembalikan DM IG Yang Terhapus

Cara Mengembalikan DM IG yang Terhapus
Tutorial Mengembalikan DM IG yang Terhapus

Tutorial Mengembalikan DM IG yang Terhapus

Mungkin kalian merasa panik ketika DM IG yang berisi pesan penting terhapus begitu saja, sehingga kalian kesulitan untuk menemukan cara mengembalikan DM IG yang terhapus. Jangan risau, karena ada 2 metode yang mungkin bisa kalian lakukan :

Metode 1 : Lewat Data Instagram

Cara mengembalikan DM IG yang terhapus pertama adalah dengan memakai data Instagram. Maksud dari data Instagram adalah semua aktivitas yang dilakukan oleh pengguna akun masih bisa di akses pada server Instagram. Kalian bisa download semua data yang ada pada Instagram ke dalam penyimpanan h, baik menggunakan memori internal atau menggunakan memori eksternal. Cek ulasannya di bawah :

  • Akses web Instagram melalui browser, baik di PC ataupun di hp. Disini kita tidak memakai aplikasi IG.
  • Ketuk pilihan profile di ujung sebelah kanan pada bagian atas layar perangkat.
  • Klik ikon tersebut (Profile) dan tekan Settings.

  • Setelah itu, tekan Privacy and security pada tampilan jendela pop up.

 

  • Kemudian gulir sedikit ke bawah, kalian akan menemukan pilihan download data.

  • Tekan Request Download, kalian akan diminta melakukan verifikasi identitas Instagram, ketuk Login Again serta inputkan password seperti biasa.
  • Inputkan akun email, kalian akan mendapatkan tautan ke file yang berisi komentar, foto, informasi profil maupun data lainnya pada IG. Tekan Next.

  • Inputkan lagi password lalu tekan Request Download. Selanjutnya IG akan langsung mengirimkan pesan email berisi tentang data akun Instagram kalian.
  • Silahkan masuk ke inbox dan cek, temukan email yang berisi Your Instagram Data pada subjeknya. Silahkan tekan Download Data. Selanjutnya, data kalian akan diunduh dalam bentuk format file ZIP pada penyimpanan.
Terkait:  Cara Mengetahui Stalker Instagram

  • Lakukan ekstrak file dari hasil unduhan sebelumnya.
  • Silahkan buka folder tadi yang telah diekstrak, temukan file ekstensi messages.json. Pakai text editor untuk menemukan file berekstensi .JSON.

2. Memakai Fonelab Untuk Android

Kalian juga bisa mencoba cara mengembalikan DM IG yang terhapus dengan menggunakan aplikasi Fonelab untuk android. Fonelab merupakan salah satu software untuk pemulihan data-data perangkat android, bahkan kalian juga bisa mendapatkannya untuk Mac dan Windows. Untuk memulihkan direct message menggunakan Fonelab sangat mudah.

Tidak hanya pesan, kalian juga bisa memulihkan file lain berupa video, foto, pesan, kontak, file audio, dokumen, WhatsApp, dan riwayat panggilan pada perangkat.

2. Fone By Wondershare For Android

Fone By Wondershare for android juga dapat diandalkan untuk mengembalikan DM Instagram. Ini adalah aplikasi populer dalam memulihkan data-data yang terhapus pada perangkat android. Kalian hanya tinggal mendownloadnya saja lewat Google Play Store di hp. Aplikasi yang satu ini juga dapat dipakai untuk Mac dan Windows.

Dr. Fone by Wondershare bisa mengembalikan seluruh data yang terhapus secara tanpa sengaja, atau akibat faktor lainnya. Dengan aplikasi ini, ada beberapa file yang dapat dipulihkan selain pesan DM, diantaranya riwayat panggilan, video, foto dan dokumen. Namun, untuk memanfaatkan aplikasi ini kalian harus berlangganan terlebih dahulu agar bisa menikmati fitur lengkapnya.

3. Memakai iMyFone D-Back for iPhone

Bagi pengguna iphone jangan berkecil hati, karena kalian tetap dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk mengembalikan DM yang terhapus atau hilang di IG. Mengembalikan DM di aplikasi Instagram dengan aplikasi ini cukup mudah. iMyFone D-Back bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan video, foto, kontak, pesan, WhatsApp, log panggilan, Wechat, Viber, hingga LINE.

4. Melalui Akun Facebook

Cara mengembalikan DM IG yang terhapus berikutnya adalah dengan memanfaatkan akun Facebook. Jika kalian tidak sengaja kehilangan atau menghapus pesan DM IG penting, kalian bisa mengembalikannya memakai Facebook.

  • Masuk web browser dan akses Facebook web dari browser.
  • Login ke akun Facebook kalian yang telah terhubung pada akun IG.
  • Masuk ke Inbox di Facebook atau Messenger.
  • Kalian bisa akses panel kiri, lalu tekan Instagram Direct.
Terkait:  Cara Mengganti Tema DM Instagram

  • Silahkan mask ke Instagram Direct, kemudian kalian bisa mengecek semua pesan DM IG.

5. Meminta Teman yang Dikirimi DM Untuk Mengirimkan Pesan DM Ulang

Cara mengembalikan DM IG yang terhapus ini bisa dijadikan cara paling terakhir dan paling ampuh, apalagi jika teman yang kalian kirimi DM adalah teman akrab. Berbeda halnya dengan rekan atau klien yang mungkin membuat kalian kesulitan untuk meminta pesan DM ulang karena beberapa alasan.

Metode ini juga dapat dilakukan dengan catatan, teman kalian juga masih menyimpan pesan DM tersebut, minta mereka mengirimkan pesan DM ulang. Baik itu dengan cara di screen shot atau diteruskan kembali.

Prosesnya cukup mudah, yang paling utama adalah bermodalkan keberanian kepada orang yang dituju dengan mengirimkan DM kembali yang isinya meminta riwayat DM yang sebelumnya pernah dilakukan.

Memulihkan pesan DM sangat penting terutama bagi kalian yang memang merasa pesan tersebut penting. Oleh karena itu, alangkah baiknya sebelum menghapus pesan-pesan Instagram harus dicek terlebih dahulu agar kalian tidak kehilangan pesan penting.

Namun, kalaupun terlanjur kehilangan pesan DM di Instagram, kalian masih tetap bisa mencoba salah satu dari 5 cara mengembalikan DM IG yang terhapus di atas. Bonusnya, beberapa platform di atas bahkan ada yang menawarkan pemulihan file-file terhapus lainnya tidak hanya di IG saja.

Related posts