Cara Baca Buku Di Goodreads

Bagi penggemar membaca buku, Goodreads sudah bukan situs asing lagi. Di situs ini terdapat berbagai review dan referensi buku-buku menarik. Selain itu juga ada cara baca buku di Goodreads tersendiri yang harus diketahui.

Membaca buku memang kegiatan dan hobi menyenangkan. Kebiasaan membaca buku bahkan bukan hanya mampu mencerdaskan dan menambah ilmu pengetahuan. Melainkan juga meningkatkan kerja otak melalui kreativitas dan imajinasi. Tidak mengherankan sama sekali bila sampai sekarang, membaca masih menjadi hobi yang disarankan.

Untuk mendukung hobi membaca, saat ini sudah ada berbagai situs dan aplikasi menarik. Salah satunya Goodreads. Di situs dan aplikasi ini, pengguna dapat membaca review, mendapat referensi, sampai bergabung di komunitas pembaca buku. Pengguna juga bisa baca buku di Goodreads secara gratis.

Agar semakin jelas mengenai situs dan aplikasi ini, di bawah ini akan diulas mendalam mengenai Goodreads. Termasuk juga bagaimana cara baca buku di Goodreads yang mudah dan gratis! Berikut ini ulasannya.

Apa Itu Goodreads?

Situs Goodreads merupakan komunitas jejaring sosial untuk pembaca buku yang dirilis resmi pada 30 Januari 2007. Seperti juga komunitas untuk jaringan sosial lain, Goodreads menawarkan fitur yang memudahkan penggunanya saling berkomunikasi. Hanya saja fokus sosialisasi dan komunikasi antar pengguna di Goodreads mengenai buku.

Goodreads mengkhususkan situs mereka sebagai katalogisasi buku. Sehingga bisa ditemukan daftar berbagai buku rilisan penulis dari seluruh dunia. Mulai dari buku-buku modern sampai klasik. Pengguna juga bisa baca buku bahasa Inggris.

Para anggota Goodreads dapat bersosialisasi melalui sederet fitur yang ada. Seperti di grup, diskusi, sampai dengan saling menambah teman. Konten Goodreads sebagai jaringan sosial membuat pengguna mereka dapat menampilkan daftar buku favorit.

Selain itu pengguna juga bisa memperlihatkan daftar buku yang sedang dibaca dengan keterangan Currently Reading. Kemudian ada tanda Read untuk buku yang sudah dibaca pengguna, dan To Read untuk buku yang akan dibaca.

Situs dan aplikasi Goodreads juga memudahkan pengguna untuk memberikan rekomendasi buku. Baik itu melalui komentar tentang isi buku tersebut sampai menuliskan review.

Fungsi Situs Goodreads

Beberapa fungsi situs dan aplikasi Goodreads diantaranya:

  1. Pengguna bisa membuat akun pribadi melalui situs dan aplikasi
  2. Setelah terdaftar sebagai anggota, pengguna bisa memberikan review, peringkat, dan juga komentar pada buku yang dibaca
  3. Goodreads menyediakan buku gratis untuk dibaca, baik itu dalam bentuk excerpt atau download
  4. Pengguna dapat menambah teman dan mengetahui buku apa yang sedang dibaca
  5. Memperoleh rekomendasi buku melalui peringkat, komentar dan review yang ada

Fitur dan Menu Situs Goodreads

Sebagai situs dan aplikasi katalogisasi buku sekaligus komunitas jaringan sosial pembaca, Goodreads memiliki beberapa fitur. Salah satu fitur ini memudahkan pengguna yang ingin baca buku di Goodreads. Meski memang tidak semua buku bisa dibaca secara gratis di aplikasi ini.

Agar lebih jelas, berikut merupakan fitur dan menu situs Goodreads yang bisa dimanfaatkan pengguna.

1. Profil

Menu profil akan menampilkan:

  1. Nama pengguna
  2. Foto atau Avatar
  3. Alamat website atau sosial media
  4. Penulis favorit
  5. Keterangan diri atau bio
  6. Daftar bacaan
  7. Buku yang sedang dibaca
  8. Update terbaru dari pengguna
  9. Group
  10. Review dari anggota lain

2. Friends

Pengguna bisa menambahkan teman di Goodreads melalui fitur ini.

3. Mybooks

Fitur ini akan memperlihatkan buku yang pernah dibaca, sedang dibaca, dan akan dibaca. Juga akan diperlihatkan review yang dibuat pengguna.

4. Find books

Pengguna dapat dengan mudah menemukan buku yang dicari melalui fitur Find books. Pencarian buku bisa menurut genre, nama penulis, sampai judul. Pada menu ini ada sub-menu Swap yang memudahkan pengguna untuk bertukar, membeli, sampai membagikan buku secara cuma-cuma. Fitur ini juga menjadi cara baca buku di Goodreads yang cukup mudah.

5. Explore

Fitur satu ini memberikan informasi lebih lengkap mengenai sebuah buku. Ada trivia, kuis, sampai menu yang berisikan quotes dan video yang diunggah pengguna mengenai sebuah buku. Ada events yang menjadi penunjuk acara berkaitan dengan buku pula di fitur ini.

6. Group

Pengguna Goodreads bisa bergabung dengan berbagai group yang ada. Group di situs ini dibagi berdasarkan demografi, geografi sampai genre buku.

Cara Baca Buku di Goodreads

Cara Baca Buku Di Goodreads
Cara Baca Buku Di Goodreads Gratis dan Gampang

Seperti disebutkan di atas, ada beberapa cara baca buku di Goodreads. Meski memang tidak semua buku di situs aplikasi ini menyediakan versi untuk di-download atau dibaca secara gratis. Untuk beberapa buku, pengguna harus membayar atau bahkan bertukar dengan anggota lain.

Agar lebih jelas, berikut ini langkah yang dilakukan untuk baca buku di Goodreads.

1. Cari Buku di Goodreads

Langkah pertama merupakan mencari buku di situs atau aplikasi Goodreads. Buku aplikasi maupun situs lebih dulu. Kemudian cari buku yang diinginkan.

Untuk mencari buku bisa menggunakan menu Explore atau Find Books. Sebaiknya pastikan sudah mendaftar atau login menjadi anggota untuk memudahkan pencarian.

2. Cari e-Book di Goodreads

Bila secara khusus mencari e-book untuk baca di Goodreads, pilih menu eBooks pada fitur Explore. Di pencarian hanya akan muncul pilihan e-book saja. Sehingga memudahkan mencari buku yang ingin dibaca.

3. Baca Buku di Goodreads Gratis

Goodreads menyediakan beberapa buku yang bisa dibaca dengan gratis. Pada hasil pencarian di fitur Explore atau Find Books, akan terlihat buku dengan penanda khusus yang bisa dibaca secara gratis.

Buku yang bisa dibaca gratis di Goodreads akan memiliki tombol dengan tulisan Read Book. Ini berarti buku tersebut bisa dibaca secara gratis di aplikasi Goodreads.

Agar memudahkan pencarian, sortir hasil pencarian pada menu Readable lebih dulu. Sehingga hasil pencarian hanya akan memunculkan hasil untuk baca buku di Goodreads gratis.

4. Baca Preview Buku di Goodreads

Tidak semua buku bisa dibaca secara menyeluruh dengan gratis. Beberapa buku hanya akan menyediakan versi preview, yang tetap gratis untuk dibaca. Meski mungkin hanya beberapa puluh halaman atau chapter saja.

Cara cara preview buku di Goodreads ini juga mudah. Cari dan temukan buku yang diinginkan lebih dulu. Kemudian pada bagian bawah sampul buku akan ada tombol Open Preview. Klik tombol ini dan preview akan muncul.

5. Cara Baca Buku di Goodreads Gampang

Cara baca buku di Goodreads gampang lain bisa dengan mengakses daftar buku yang bisa dibaca. Pada daftar ini akan ada deretan buku yang bisa dibaca secara gratis oleh pengguna.

Pengguna bisa memilih untuk Download Excerpt untuk membaca preview dari buku tersebut. Bisa juga langsung klik pada tombol Read Now untuk membaca buku tersebut. Bila buku tersebut bisa diunduh, juga dapat langsung klik tombol Download eBook. Mudah, bukan?

Wuthering Heights, karangan penulis Emily Brontë merupakan salah satu buku yang bisa dibaca gratis di Goodreads.

Goodreads merupakan komunitas untuk para penggemar dan pembaca buku. Sederet buku bisa dibaca dengan gratis di situs ini. Cara baca buku di Goodreads juga sangat mudah. Tidak perlu langkah-langkah sulit untuk bisa membaca buku melalui situs dan aplikasi. Menu situs Goodreads juga memudahkan pengguna saling bersosialisasi satu sama lain.

Aluna N. Nayaka
fulltime dreamer, parttime writer | write something that gonna worth while