Cara Download Video di Facebook di Android

Berbicara soal cara download video di Facebook di android, tentunya ada banyak sekali pengguna yang ingin mengetahui cara ini. sebab, sebagaimana kita tau facebook sendiri merupakan salah satu layanan sosial media yang pertama kali muncul, sebelum hadirnya instagram, Whatsapp, LINE, dan lain lain. Karena memang sebelumnya facebook sendiri merupakan salah satu tempat dimana kita bisa membagikan posting berupa status, foto, video, atau bahkan membagikan sebuah artikel atau link dari berbagai situs yang ada.

Seiring berkembangnya zaman, saat ini facebook sudah menjadi tempat yang banyak digunakan para pengguna untuk melakukan beragam hal. Tak hanya sekedar chatting atau mengupdate status galau atau foto narsis saja. Melainkan juga banyak pengguna yang membagikan video video informatif serta unik ataupun menghibur.

Oleh karena itu, banyak pengguna yang berusaha mendownload video tersebut untuk kemudian disimpan pada internal storage mereka, ataupun dibagikan ulang melalui sosial media lainnya, salah satunya adalah status whatsapp ataupun story instagram.

Walaupun begitu, ternyata facebook tidak memiliki layanan downlaod video yang mana bisa dilakukan secara langsung, baik melalui komputer ataupun aplikasi facebook itu sendiri. Karena memang, facebook dikhususkan untuk media sharing saja, dimana ketika pengguna melihat video yang menurut mereka menarik, maka mereka harus terlebih dahulu membagikan ulang postingan tersebut, baik ke beranda pengguna lain, ataupun di private untuk diri mereka masing-masing.

Maka dari itu, tak jarang dari mereka menggunakan beragam cara untuk bisa menyimpan video tersebut, bukan sekedar kedalam aplikasi facebook itu sendiri ataupun kedalam beranda profil mereka, melainkan untuk bisa disimpan kedalam bentuk video yang nantinya bisa disimpan ke gallery mereka untuk dibagikan ulang.

Sebenarnya ada banyak sekali Cara Download Video di Facebook di Android yang bisa digunakan. Baik melalui bantuan situs untuk mendownload Video, ataupun dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu unduh di play store.

Cara Download Video di Facebook di Android

Cara Download Video di Facebook di Android
Download Video di Facebook di Android

Cara Download Video di Facebook di Android lewat Video Downloader for Facebook

Pertama, kita bisa menggunakan bantuan aplikasi Video Downloader for Facebook, yang mana aplikasi ini di developer atau dikembangkan oleh Rima Capital. Caranya juga gampang banget kok.

  • Buka Google Play Store di perangkat android kalian
  • Kemudian, ketikkan kata kunci ‘Video Downloader for Facebook’ dan pastikan developernya adalah Rima Capital, ya
  • Setelah itu, install aplikasinya seperti biasa hingga selesai
  • Dan jika sudah, kalian tinggal membuka aplikasi tersebut dan lakukan login seperti biasa dengan menggunakan akun facebook kalian
  • Kemudian, kamu bisa mencari video yang ingin kamu unduh
  • Lalu, klik tombol play atau ketuk pada bagian tengah video, dan klik pada menu ‘Download’.

Terakhir, kamu tinggal menunggu prosess downloadnya selesai, dan kamu bisa memeriksanya pada gallery ponsel kalian masing-masing, untuk menonton video yang sudah di downlaod tadi.

Cara Download Video di Facebook di Android dengan Video Downloader dari InShoot

Kedua, kita juga akan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang mirip dengan Video Downloader for Facebook, namun aplikasi yang kita gunakan adalah Video Downloader for Facebook by InShoot. Caranya juga tak jauh berbeda kok.

  • Download terlebih dahulu aplikasi ‘Video Downloader for Facebook’ yang mana di developeri oleh InShoot. Inc
  • Kemudian, install aplikasi tersebut seperti biasa hingga selesai
  • Lalu, kamu bisa membuka aplikasi tersebut dan login seperti biasa dengan menggunakan akun Facebook yang kalian miliki
  • Jika sudah, maka kamu tinggal mengklik tombol ‘browse by facebook’ dan kamu bisa mencari video mana yang ingin kamu download
  • Lalu, kamu bisa mengklik pada video tersebut, dan nantinya kamu bisa memilih 2 opsi dari kualitas video yang akan di download, diantaranya
    • SD : untuk kualitas standar dengan ukuran yang kecil
    • HD : untuk kualitas High dengan ukuran yang agak besar
  • Silahkan pilih salah satu kualitas video tersebut, dan tunggu sampai prosess downloadnya selesai.

Untuk kamu yang mungkin tidak ingin penyimpanan atau internal storagenya cepat penuh, kami menyarankan kalian untuk mendownlaod video dari facebook dengan kualitas SD atau standar. Namun jika kamu memiliki penyimpanan atau internal storage yang masih cukup besar, maka kamu bisa mendownloadnya dengan kualitas HD.

Cara Download Video di Facebook di Android lewat SaveFrom

Ketiga, disini kita tidak akan menggunakan aplikasi tambahan. Melainkan, kita hanya perlu mengaksess situs dari SaveFrom yang mana memang kerap digunakan untuk mendownload video dari beragam sumber, salah satunya adalah Facebook. Nah, caranya juga gampang banget loh

  • Silahkan kamu buka aplikasi Facebook di Android, dan kemudian pilih video mana yang ingin kamu download
  • Setelah itu, kamu bisa mengklik pada titik 3 yang ada dibagian atas video, atau kamu bisa mengklik pada tombol share, lalu pilih copy link / salin link
  • Lalu, silahkan kamu buka browser yang ada di perangkat android kalian masing masing
  • Setelah itu, kamu bisa mengunjungi situs https://id.savefrom.com
  • Kemudian, kamu bisa menempelkan atau mempaste link dari video tadi, kedalam kolom yang tersedia, lalu klik pada tombol ‘unduh’ atau ‘download
  • Tunggu beberapa saat, sampai prosess convertingnya selesai, dan kamu bisa memilih format dari video serta kualitas video yang diinginkan.
  • Terakhir, kamu tinggal menunggu prosess downloadnya dimulai, dan video akan otomatis terunduh kedalam internal storage kalian masing-masing.

Jika mungkin ketika menggunakan aplikasi Facebook di Android kalian mengalami kesulitan, maka kamu bisa juga kok melakukan login kedalam facebook melalui browser, dan kemudian mencari video mana yang ingin kamu unduh, dengan memutar video tersebut.

Lalu, kamu bisa menyalin link dari video tersebut yang ada di address bar, atau kamu juga bisa kok melakukan tap agak lama pada video, lalu pilih ‘copy video url’ atau ‘salin video url’ dan kemudian mempastekannya kedalam situs savefrom tadi.

Adapun situs yang tak jauh berbeda dengan savefrom adalah https://www.dredown.com/facebook, caranya juga tak jauh berbeda kok. Kamu hanya perlu menyalin link dari video tersebut, dan kemudian mempastekannya kedalam kolom yang disediakan, lalu mengklik tombol ‘dredown’ dan tunggu sampai muncul pilihan kualitas video, beserta ukuran dari videonya.

Catatan : ketika menggunakan situs dredown, kamu sangat dianjurkan untuk berhati-hati. Bukan karena situsnya berbahaya, melainkan akan ada banyak sekali iklan yang mengganggu. Oleh karena itu, kamu juga bisa kok menggunakan bantuan dari Adguard ataupun Adblock yang bisa kamu unduh pada perangkat android kalian masing-masing.

Sebagai penutup, itulah tadi beberapa cara download video di facebook di android yang bisa kamu coba. silahkan gunakan cara yang menurutmu paling mudah. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi