Cara Merawat Dompet Kulit

Bagi Kamu penggemar aksesoris berbahan kulit, seperti halnya dompet kulit tentu saja harus tahu gimana cara merawat dompet kulit. Dompet atau tas berbahan kulit memang banyak disukai karena tampilannya yang elegan dan mewah. Bahkan harganya pun sebenarnya tidaklah murah. Mengingat harganya cukup fantastis terutama dari bahan kulit asli, pastinya sayang jika Kamu tidak merawat dompet kulitmu dengan baik.

Biasanya produk berbahan dasar kulit membutuhkan perhatian khusus supaya kualitasnya tetap awet dan terjaga. Akan tetapi, yang terjadi justru kebanyakan semakin lama usia kulitnya akan semakin rentan pula bahan ini terkena debu, minyak bahkan rusak akibat sinar UV.

Cara Merawat Dompet Kulit

Cara Merawat Dompet Kulit
Merawat Dompet Kulit Mudah

Merawat Dompet Kulit Agar Tetap Awet

Kamu juga harus tahu bahwa dompet kulit bisa lebih gampang rusak apabila tak dibersihkan dengan berkala. Kotoran, noda dan debu akan semakin menumpuk setiap saat. Maka dari itu, Kamu harus melakukan pembersihkan dompet kulitmu secara rutin. Ada beberapa panduan yang harus Kamu ikuti dalam cara merawat dompet kulit dengan mudah, di bawah ini :

1. Memakai Kain Mikrofiber

Jika Kamu memiliki banyak aksesoris berbahan kulit asli termasuk dompet kulit, sebaiknya wajib mempunyai kain mikrofiber di rumah. Hal ini dikarenakan kain selain mikrofiber umumnya mempunyai serat yang kurang cocok apabila terkena aksesoris yang berbahan kulit.

Untuk membersihkan dompet berbahan dasar kulit memakai kain mikrofiber sendiri sangat mudah. Kamu tinggal menggosokkan kain mikrofiber ke dompet kulitmu secara rutin. Sebenarnya tak perlu dilakukan setiap hari, namun lakukanlah minimal keitka weekend atau ketika Kamu sedang senggang.

Terkait:  Cara Merawat Lovebird

Adapun caranya, basahi kain berbahan mikrofiber menggunakan air bersih. Lalu peras kainnya sampai tak terlalu basah, karena yang Kamu lakukan cukup membuat kain mikrofiber lembab. Kemudian lap dompetmu sampai bersih. Setelah itu, lap kembali dompetmu menggunakan sisi kain mikrofiber yang kering.

2. Menggunakan Air

Selain mikrofiber, media yang digunakan untuk membersihkan dompet kulit dalam cara merawat dompet kulit lainnya ialah air. Sama seperti tutorial di poin nomor 1, dimana kain mikrofiber dengan air digunakan untuk mengelap permukaan  dompet kulit. Karena air bisa membersihkan semua noda ringan, misalnya debu, lecet, bedak hingga sidik jari.

Tapi jika Kamu tidak memiliki kain mikrofiber, Kamu dapat memakai cotton bud atau kapas. Apabila Kamu memakai tisu, sebaiknya jangan menggosokkan tisu ke dompet, melainkan cukup menekan-nekan tisu tersebut dengan lembut. Sebab tisu basah bisa rontok apabila Kamu menggosok-gosoknya. Tentu saja hal ini bukannya membuat dompetmu bersih, justru membuatnya semakin kotor.

3. Menggunakan Pembersih Khusus

Kamu tentu tahu jika ada beberapa produk pembersih khusus untuk aksesoris kulit yang dijual di pasaran. Produk tersebut biasanya berbentuk gel, krim hingga cairan. Untuk membersihkan dompet berbahan kulitmu menggunakan pembersih khusus tentunya lebih mudah dan dapat dijadikan pilihan ideal.

Karena caranya hanya perlu meneteskan pembersih tersebut ke kain yang lembut, kemudian lap dompetmu memakai kain yang sudah ditetesi cairan tersebut. Apabila pembersihnya dalam bentuk spray, lebih mudah lagi. Kamu tinggal menyemprotkan cairan secukupnya ke permukana dompet, kemudian lap sampai bersih memakai kain.

Kamu bisa membeli produk cairan khusus untuk membersihkan dompet kulit di toko yang menjual peralatan dari bahan kulit. Selain itu, Kamu juga bisa membelinya via online agar barangnya langsung tiba ke rumahmu tanpa repot.

4. Pembersih Jendela

Memakai pembersih jendela juga bisa dilakukan untuk merawat dompet berbahan kulitmu. Pasalnya cairan pembersih jendela ini bisa mengangkat kotoran dan debu dengan lebih baik jika dibandingkna memakai air dan kain lap saja. Tuangkan cairan pembersih jendela atau semprotkan langsung ke dompetmu, kemudian seka memakai tisu atau kain sampai bersih.

Terkait:  Cara Merawat Mesin Cuci

5. Memakai Detergen

Cara merawat dompet kulit selanjutnya ialah dengan menggunakan detergen. Adapun caranya, Kamu tinggal menuang larutan detergen ke dalam kain kemudian lap semua permukaan dompet secara perlahan. Di samping detergen, Kamu juga bisa memakai sabun khusus dengan kandungan lilin dan minyak. Detergen bisa membantu mempertahankan agar dompetmu tetap mengkilat.

Namun pastikan Kamu hanya menggunakan detergen cair. Sebab konsentrat pada detergen cair sendiri lebih lembut dibandingkan detergen bubuk. Apalagi jika memakai detergen pakaian pada bayi, sebab formulanya memang sangat lembut.

6. Memakai Bahan Alami

Cara merawat dompet kulit supaya tetap awet dan tidak kusam lainnya ialah dengan memakai bahan-bahan alami. Kamu bisa memakai perasan lemon, minyak zaitun, cuka, maupun minyak kelapa jika ingin membersihkan serta membuat dompetmu tetap tahan lama.

7. Memakai Petroleum Jelly

Petroleum jelly sangat baik untuk bahan kulit. Untuk membersihkan dompet berbahan kulit memakai petroleum jelly ialah dengan mencelupkan tisu atau cotton bud pada krim petroleum jelly tersebut. Kemudian gosok ke permukaan dompet kulit yang kotor melalui gerakan melingkar. Adapun untuk perawatan, Kamu tinggal menggosokkan krim petroleum jelly.

8. Menggunakan Uap

Cara merawat dompet kulit selanjutnya ialah bisa dengan memakai uap. Tak hanya kulit wajah yang harus diuap, tetapi Kamu juga bisa menggunakan metode uap pada dompet kulit. Ternyata uap bisa dipakai sebagai  media pembersih dompet. Uap tak akan merusak kulit pada dompetmu. Akan tetapi, uap inilah yang nantinya mematikan kuman dan bakteri yang hinggap. Selain itu dapat mengangkat noda dan kotoran yang menempel pada dompet.

9. Menggunakan Selotip

Apabila kotoran atau noda yang menempel pada dompetmu tak terlalu serius, Kamu bisa mengangkatnya memakai selotip. Pakailah jari telunjuk dan tengah untuk mempermudah proses pengangkatan kotoran pada dompet. Silahkan potong selotip seperlunya saja, kemudian gulung selotipnya ke bagian belakang lalu tempelkan pada kedua ujungnya.

Terkait:  Cara Merawat Kamera DLSR

Sehingga, kedua jarimu akan menyentuh selotip pada bagian yang tidak memiliki perekat, namun jarimu tetap dapat memegang selotip tersebut dengan kokoh. Kemudian, tempelkan selotip tadi ke seluruh bagian permukaan dompet. Selanjutnya kotoran dan noda yang ada pada permukaan dompet pun bisa menempel ke selotip. Silahkan ganti selotip baru apabila selotip lama sudah kotor.

Itulah 9 langkah cara membersihkan dompet kulit dengan tepat agar tetap membuat dompet kulitmu awet dan tidak kusam. Selain itu, Kamu harus memperhatikan beberapa hal terkait perawatan dompet kulit di bawah ini!

Tips Untuk Merawat Dompet Kulit

Agar dompet kulitmu lebih awet serta tak mudah rusak, beberapa cara merawat dompet kulit berikut ini bisa Kamu coba :

  • Pastikan Kamu untuk tidak mengisi dompet sampai penuh, sesuaikan saja dengan kapasitasnya. Karena jika Kamu mengisi dompet terlalu penuh bisa merusak jahitannya.
  • Bahan kulit bersifat bisa menyerap air. Maka dari itu, Kamu harus menjauhkan dompet dari air, apalagi air dengan kandungan klorin. Sebab penyerapan air ini bisa merusak permukaan pada bahan kulit.
  • Menyimpan dompet di kantong belakang justru bisa merusak dompet lebih cepat. Sebaiknya simpan dompetmu pada kantong bagian depan untuk tetap mempertahankan kualitas jahitan dan bentuk dompet itu sendiri.

Dengan cara merawat dompet kulit dan membersihkannya secara rutin dan tepat, bisa mencegah kerusakan pada dompet kulit. Selain itu, dompetmu pun menjadi tetap bersih dan mengkilap setiap saat.

Related posts