Cara Download Play Store

  • Whatsapp

Bagaimana cara download Play Store? Kenapa kita harus Download Play Store? Bagaimana caranya?

Sebagai salah satu pengguna smartphone android, tentunya kita tak lagi asing dengan play store. Yap, aplikasi ini merupakan tempat dimana kita bisa mendownload aplikasi dan juga game yang bisa dimainkan di smartphone android kalian masing masing.

Read More

Ketika smartphone tidak memiliki layanan google play store, maka tentunya kita tidak bisa mendownload ataupun menginstall semua aplikasi yang dibutuhkan smartphone android kita. Walaupun begitu, sebenarnya kita bisa saja mendownload aplikasi yang diinginkan melalu google.

Hanya saja, mungkin akan ada sebuah celah keamanan yang nantinya akan menyebabkan kerusakan ataupun masalah pada perangkat kita.

Oleh sebab itu, ketika mungkin kita sudah memiliki layanan Google Play Store, kita harus juga memantau tiap update dari play store melalui menu, hal ini juga bertujuan agar kompatibilitas aplikasi dan perangkat bisa tetap seimbang, dan juga tidak mengalami masalah ketika aplikasi dijalankan.

Namun bagaimana ketika kita tidak memiliki play store? Dan apakah ada smartphone android yang memang tidak memiliki play store didalamnya? Jawabnya adalah iya. Seperti yang kita tau, saat ini ponsel android yang tidak bekerja sama dengan layanan google adalah Huawei P40, yang mana mereka memilih tidak memasukkan layanan google, kedalam brand atau ponsel mereka.

Walaupun begitu, ada juga kok perangkat lain yang memang tidak include dengan play store. Salah satu contohnya adalah Xiaomi Mi 5C yang mana menggunakan Rom asli dari Xiaomi (China). Maka dari itu, pengguna ponsel dengan tipe ini harus menginstall play store nya dari pihak ketiga.

Terkait:  Cara Login Google Play Store

Tapi ga cuma Mi 5C aja sob, beberapa custom rom untuk perangkat ponsel juga kadang ada kok yang tidak include dengan layanan google dan juga Google Play Store.

Maka dari itu, kamu perlu tau nih, cara download Play Store, jika mungkin ternyata ponsel mu tidak ada play store didalamnya.

Cara Download Play Store

Cara Download Play Store
Download Play Store

Download Google Play Store dari Komputer

Cara pertama, disini kita akan menggunakan bantuan komputer ataupun laptop, dengan melakukan pencarian di google. Tentu, cara ini bisa berguna untuk kita mendownload file apk dari play store, untuk bisa diinstall seperti biasa. Caranya

  • Buka browser yang ada di komputer atau laptop kalian
  • Kemudian, ketikkan kata kunci ‘Download Play Store Apk’
  • Nanti, kamu akan menemukan beberapa situs yang memang nenyediakan aplikasi untuk Android (apk), salah satunya adalah ApkPure
  • Klik pada hasil pencarian tersebut, dan silahkan download aplikasi google play store seperti biasa, sesuai dengan instruksi yang ada di website tersebut.
  • Terakhir, kamu tinggal memindahkan file yang sudah didownload tadi, ke dalam perangkat kalian masing masing, dan menginstallnya seperti biasa.

Kenapa harus menggunakan komputer? Jawabannya sederhana. Sebab ketika pengguna tidak memiliki ‘core’ dari android itu sendiri (google play store) tentunya pengguna tidak dapat melakukan download ataupun mengaksess browser seperti google chrome, dll. Maka dari itu, kita menggunakan bantuan komputer saja agar lebih mudah.

Kenapa ketika menginstall ternyata gagal? Nah, biasanya versi atau jenis apk yang kamu unduh mungkin tidak kompatibel dengan perangkatmu. Maka dari itu, ketika mencari aplikasinya, kamu bisa menambahkan kata kunci yang lebih spesifik. Misalnya ‘download google play apk for redmi note 5 pro android 10’.

Terkait:  Cara Download Video di Whatsapp

Download Google Play dari HP

Selain menggunakan komputer, kamu juga bisa kok menggunakan ponselmu sendiri, ketika mungkin tidak ada play store didalamnya. Tapi perlu diingat, disini kamu diharuskan sudah atau memiliki browser bawaan dari ponselmu sendiri. Caranya juga gampang

  • Buka browser bawaan pada ponselmu masing masing
  • Kemudian, ketikkan pencarian di Google dengan menuliskan kata kunci ‘download play store apk for (tipe hp kalian)’ dan kemudian tekan ‘go’ atau ‘enter’
  • Setelah itu, kamu tinggal memilih beragam situs yang menyediakan aplikasi untuk android, termasuk play store
  • Lalu, setelah prosess downloadnya selesai, kamu tinggal menginstall file apk tadi seperti biasa hingga selesai
  • Terakhir, kamu tinggal login menggunakan akun google yang kamu miliki, untuk bisa mendownload aplikasi dari google play store tadi

Perlu diingat ya sob, ketika selesai installasi, kami menyarankan kalian untuk me-restart perangkat kalian, agar seluruh komponen dari play store terpasang dengan baik.

Download Play Store lewat Situs Opengapps

Terakhir, ada cara yang sangat mudah dan banyak digunakan oleh pengguna ponsel android namun yang sudah melakukan root dan juga sudah menginstall TWRP. Sebab, cara ini tuh tak hanya digunakan untuk mendownload play store saja, melainkan juga untuk semua aplikasi dari google, seperti Gmail, google music, google contact, google calendar, google lens, dan lain sebagainya. Maka dari itu, dengan cara ini kamu akan mendapatkan seluruh layanan google secara lengkap dan praktis, hanya dengan mendownload satu file.zip saja. Caranya adalah

  • Buka browser kalian baik di ponsel ataupun komputer dan laptop. namun kami menyarankan menggunakan komputer atau laptop agar prosess download jadi lebih mudah
  • Setelah itu, kunjungi situs https://opengapps.org dan pilih semua spesifikasi, sesuai ponsel kalian. Misal versi ARM, Versi Android, dan Versi Play Store (pilih versi play store dengan Full)
  • Lalu, klik pada tombol ‘Download’ dan tunggu sampai selesai. Jika sudah, pindahkan atau simpan hasil download tadi (dengan format .zip) ke internal storage kalian.
  • Kemudian, matikan ponsel kalian dan masuk ke TWRP dengan menenkan tombol Power + Volume Up
  • Di TWRP, pilih menu ‘install’ dan pilih file gapps yang sudah kamu unduh tadi
  • Terakhir, lakukan ‘swipe to install’ dan tunggu sampai prosessnya selesai, dan reboot ke system
Terkait:  Cara Download Video Youtube di Android

Nah, sampai sini, kamu tinggal melakukan login dengan menggunakan akun Gmail yang sudah kamu miliki. Dengan begitu, kamu sudah mendapatkan semua layanan google dan juga Play Store tanpa harus menginstall aplikasi lain satu per satu. Sebab didalam file .zip tadi, semua aplikasi akan otomatis terinstall lewat TWRP. Pastikan juga kamu memiliki kuota lebih dari 1 GB, karena memang ukuran dari file gapps.zip ini memiliki ukuran yang besar. Atau, kamu juga bisa kok menggunakan jaringan wifi yang stabil.

Selain itu cara ini juga bisa kok dipakai untuk pengguna ponsel root ketika akan berganti Custom ROM atau menggunakan ROM yang memang tidak memiliki layanan google dan Google Play Store. Pastikan juga kamu mengupdate versi dari play store, serta rutin mengupdate layanan google play services, agar aktivitas download menjadi semakin lancar lagi. Gampang kan?

Nah, itulah tadi beberapa cara download Play Store yang bisa kamu gunakan, semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Related posts