Cara Mengunci Jaringan 4G Vivo

Kamu sebagai pengguna smartphone mungkin belum tahu cara mengunci jaringan 4G Vivo. Internet telah menjadi kebutuhan primer bagi semua orang di era digital seperti sekarang. Hal ini dikarenakan apa saja yang kalian lakukan pasti selalu membutuhkan jejaring sosial supaya lebih mudah.

Kendati demikian, kecepatan internet yang cepat dan stabil tidak bisa didapatkan begitu saja, lantaran ada faktor-faktor yang menunjang kualitas internet tersebut.

Seperti kalian ketahui bahwa internet dan smartphone adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Apabila kalian menggunakan HP Vivo, maka bisa menganalisa cara mengunci jaringan 4G Vivo terkini secara mendalam.

Ulasan yang dibuat tentu saja ada alasan tersendiri, tepatnya menjamin kualitas internet lebih cepat agar kalian dapat pakai dengan nyaman. Kamu pasti bisa mengikuti pembahasannya dengan seksama dalam hitungan menit.

HP Vivo sendiri sudah menjadi salah satu merek smartphone terkemuka di Indonesia. Selain itu, kualitasnya tidak berbeda dengan ponsel berbasis android mana saja yang telah menjamur di Indonesia.

Siapa saja tidak asing dengan HP asal Cina tersebut karena sudah dibekali fitur beragam dengan daya tahan lebih lama. Sinyalnya sudah mendukung standar 4G untuk semua tipe dan pengunciannya bisa dipastikan membuat koneksi lebih stabil.

Cara Mengunci Jaringan 4G Vivo

Cara Mengunci Jaringan 4G Vivo
Mengunci Jaringan 4G Vivo

Sebelum membahas soal menonaktifkan jaringan 4G pada HP Vivo kalian, alangkah baiknya kamu perlu memahami sekaligus mengetahui syarat-syarat mutlak yang harus dimiliki ponsel masing-masing. Umumnya semua tipe ponsel merek Vivo yang mendukung jaringan 4G mampu dikunci sinyalnya.

Namun, banyak orang tidak menyadari beberapa syarat agar prosesnya dapat diselesaikan secara efektif. Ketentuan yang harus diperhatikan antara lain :

Syarat Mengunci Jaringan 4G Vivo

  • SIM card atau kartu seluler yang kalian pakai sudah mendukung kualitas sinyal 4G.
  • Apabila belum, maka kalian bisa upgrade kartunya ke gerai operator kartu seluler terkait yang berada di lokasimu masing-masing.
  • Pengaturan kunci sinyal 4G hanya bisa dilakukan pada wilayah yang menjangkau jaringannya dengan stabil.
  • Kartu SIM punya kuota data internet yang memadai.
  • Kartu SIM yang ingin dikunci sinyal 4G sudah terdaftar dengan NIK dan Nomor KTP yang berlaku. Apabila kartunya belum didaftarkan, segera gunakan NIK dan Nomor KTP yang aktif.

Kalian tidak boleh melanggar salah satu syarat di atas. Hal ini dikarenakan semuanya penting dan berpengaruh terhadap kualitas sinyal yang kalian dapatkan setelah kartu SIM terkunci otomatis.

Selain itu, perhatikan lokasi yang kamu tempati saat ini karena tidak semua provider seluler bisa menjangkau sampai kawasan tertentu. Kartu SIM yang dipakai juga perlu mempunyai kuota data internet agar prosesnya dapat terselesaikan dalam hitungan menit.

Cara Mengunci Jaringan 4G Vivo Semua Tipe

Untuk mengunci jaringan internet pada HP Vivo, kalian harus paham soal beberapa panduan yang bakal dibahas selanjutnya. Kamu perlu tahu bahwa pengguna Vivo tidak perlu mengandalkan satu panduan yang sama, lantaran smartphone kalian bisa memasang beberapa aplikasi ketiga untuk menonaktifkan sinyalnya.

HP Vivo sudah dibekali kapasitas ruang yang besar dan bisa memuat puluhan aplikasi. Beberapa panduannya antara lain :

1. Mengunci Jaringan 4G Vivo Lewat Dial Phone

  • Pertama, bukalah menu panggilan atau dialpad dari HP Vivo kalian.
  • Kamu bisa memasukkan kode angka rahasia yang terdiri dari *#*#4838#*#* dan tekan tombol Call atau OK.
  • Kalian akan melihat tampilan layar yang menunjukkan informasi petunjuk penguncian sinyalnya.
  • Kemudian, tekan tombol Informasi Telepon atau Phone Information.
  • Geser layar ke bawah dan ubahlah Pengaturan Jaringan yang diinginkan ke LTE Only.
  • Selesai.

2. Mengunci Jaringan 4G Vivo Lewat Engineer Mode

  • Pertama, bukalah menu Pengaturan atau Setting dari HP Vivo kalian terlebih dahulu.
  • Tekan tombol Pengaturan Lainnya, lalu pilihlah menu Developers Option.
  • Aktifkan tombol tersebut, lalu tekan tombol Buka Kunci OEM.
  • Kamu bisa kembali halaman utama, lalu tekan kode angka *#*#3646633#*# dari menu Dial Phone.
  • Kemudian, kamu akan masuk ke menu Engineer Mode secara otomatis.
  • Geser layar ke bawah dan pilih menu Network Selecting.
  • Tentukan salah satu kartu SIM yang akan diubah ke 4G Only.
  • Ubah menu Set Preferred Network Type ke LTE Only.
  • Selesai.

3. Mengunci Jaringan 4G Vivo dengan Force LTE Only

Force LTE Only sudah menjadi aplikasi pengunci jaringan ponsel terbaik saat ini. Kamu bisa mengunduhnya lewat Google Play Store secara gratis. Aplikasinya juga tidak butuh memori besar dan tetap menjaga performa gadget kalian.

Langkah awal yang harus dilakukan adalah pasangkah aplikasinya seperti biasa, lalu masuk ke halaman utama. Kamu juga bisa melihat pilihan menu yang terlihat dengan menekan tombol Select Phone Index.

Kalian harus menentukan kartu SIM mana yang bakal dikunci jaringan internetnya. Selain itu, tekan tombol SIM 1 LTE/3G/2G dan pilih Phone 0 untuk SIM 1 dan Phone 1 untuk SIM 2 yang bakal kalian kunci.

Kemudian, tekan tombol Set Preferred Network Type dan pilih opsi LTE Only. HP Vivo kalian akan mengunci sinyal 4G dan secara otomatis ponselnya hanya akan menerima sinyal LTE saja, bukan 3G maupun di bawahnya saat dipakai.

4. Mengunci Jaringan 4G Vivo dengan 4G LTE Switcher

Aplikasi selanjutnya yang perlu kalian coba adalah 4G LTE Switcher. Sebagian besar pengguna android sudah membuktikan kinerjanya yang efektif dan efisien. Meski begitu, kamu perlu tahu bahwa aplikasi ini hanya bekerja untuk menonaktifkan sinyal 4G pada SIM 1 saja.

Oleh sebab itu, kalian harus memperhatikan kartu seluler mana yang paling sering digunakan untuk internet, bila ditempatkan pada SIM 2 maka bisa diubah dulu.

4G LTE Switcher menyediakan petunjuk pemakaian yang mudah dan ringkas bagi para penggunanya. Kalian bisa mengunduhnya via Google Play Store secara gratis dengan kapasitas ruang yang sangat rendah. Hal ini membuat performa smartphone kamu tidak akan menjadi lambat.

Kendati demikian, pengaturan aplikasinya akan kembali seperti sebelumnya bila ponselmu dimatikan atau restart sehingga sinyal 4G dapat dibuka lagi.

Kelebihan dan Kelemahan Mengunci Jaringan 4G Vivo yang Belum Diketahui

Kamu pasti sudah memahami cara mengunci jaringan 4G Vivo di atas, bukan? Hal selanjutnya sekaligus penutup yang perlu diperhatikan adalah kelebihan dan kelemahan menonaktifkan sinyalnya.

Seperti diketahui bahwa kalian akan mendapat kualitas sinyal lebih baik bahkan lebih cepat saat pakai internet atau lainnya. Kamu juga bisa menonton film atau video via YouTube tanpa buffering

Sementara itu, risiko umum yang pasti didapatkan adalah ponsel akan mudah panas dan berdampak terhadap ketahanan daya (baterai) saat digunakan.

Baterainya lebih cepat habis akibat suhu panas dari ponsel yang sinyalnya sudah dikunci. Hal ini disebabkan jaringan ponsel hanya menerima sambungan 4G dibandingkan 3G yang masih bisa diakses lewat pencaringan sinyal secara manual atau otomatis.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...